10 Wisata Hidden Gem Bali, Belum Banyak Orang Tahu!

10 Wisata Hidden Gem Bali, Belum Banyak Orang Tahu!
Hidden Gem Bali, photo by lagobali.com

Memilih tempat liburan di Bali yang pas untuk melepas penat memang cukup menantang. Pasalnya, Pulau Dewata sudah dikenal sebagai destinasi populer yang memiliki banyak sekali objek wisata terbaik. Kamu mungkin juga sudah sering mendengar istilah hidden gem untuk mendeskripsikan sebuah tempat, bukan? Nah, sebutan hidden gem merujuk kepada tempat yang memiliki nilai keindahan luar biasa, tetapi belum mendapat perhatian dan diakui oleh banyak orang. Kamu bisa dengan mudah menemukan tempat wisata hidden gem Bali apabila ingin mencari suasana tenang yang jauh dari keramaian.

Siap untuk memasukkannya ke dalam bucket list? Gulir ke bawah untuk cek rekomendasinya, yuk.

10 Wisata Hidden Gem Bali

1. Teluk Pantai Geger

@maghfirarifki Resmi ini the best tempat untuk mememan di Bali✨ #pantaigeger #puragegerbeach #pantaigegernusadua #telukpantaigeger #hiddengembali #baliviral #destinasibali #fyp #wisatabali ♬ original sound - justvinylvibes

Rekomendasi wisata hidden gem Bali yang pertama adalah Teluk Pantai Geger. Berlokasi di kawasan pariwisata ITDC Nusa Dua, salah satu pantai di Bali ini memiliki surga tersembunyi yang begitu cantik dan belum banyak orang tahu, lho! Teluk Pantai Geger bisa jadi opsi private healing space yang ciamik lantaran punya perairan dangkal yang sangat jernih dengan warna biru kehijauan. Di sisi kanan dan kirinya terdapat bebatuan besar yang pas untuk duduk-duduk santai sambil menghirup udara segar. Kamu bisa berendam di sini sambil menikmati panorama pantai yang lebih eksklusif dan tenang.

Pengalaman Berkunjung ke Teluk Pantai Geger

Karena letaknya yang tersembunyi, kamu tidak akan menemukan banyak pengunjung yang bertandang ke Teluk Pantai Geger. Airnya yang dangkal dan sebening kristal memungkinkan kamu untuk bisa berenang santai di antara atmosfer yang tenang dan bersih. Sangat disarankan untuk datang sekitar jam 10 pagi dengan kondisi pantai sedang high tide atau air laut pasang sebelum datang ke sini, ya, agar kamu bisa mendapat panorama air laut terbaik.

Alamat: 56JF+QR9, Jl. Pantai Geger Street, Benoa, Kec. Kuta Sel., Kab. Badung, Bali
Jam buka: 24 jam
Tiket masuk: Rp5.000 per orang

2. Blue Lagoon Sambangan

Blue Lagoon Sambangan, photo by Traveloka

Air terjun puncak sari atau yang dikenal dengan Blue Lagoon adalah tempat wisata hidden gem Bali selanjutnya yang wajib masuk bucket list kamu. Berlokasi di Desa Ambengan, Kabupaten Buleleng, tempat wisata di Bali ini berada di dasar lembah sedalam kurang lebih 300 meter.

Istimewanya, Blue Lagoon memiliki air terjun berukuran mini di antara tebing tinggi dan tumbuhan hijau yang asri, air kolamnya pun begitu jernih dengan warna kebiruan yang eksotis. Kamu bisa bebas berenang atau bermain air sambil ditemani suara gemericik air dan kicauan burung yang menentramkan.

Pengalaman Berkunjung ke Blue Lagoon Sambangan:

Untuk mencapai lokasi Blue Lagoon, kita harus berjalan sekitar 10-15 menit dengan menuruni ratusan anak tangga terlebih dahulu sebelum sampai ke dasar. Lokasi ini aman untuk kamu yang tidak terlalu pandai berenang selama tidak bergerak terlalu ke tengah, mengingat bagian tersebut memiliki ukuran yang cukup dalam. Jadi, kamu tetap bisa bermain air di tepi kolam sedalam 1 meter. Sedikit tips, sebaiknya datang saat musim kemarau karena warna air sedang berada dalam kondisi terbaiknya, kemudian jangan buang sampah sembarangan dan jaga selalu sopan santun, ya. Kamu juga bisa menyewa local guide agar lebih aman saat berkunjung ke sini.

Alamat: Sambangan, Sukasada, Buleleng Regency, Bali 81161
Jam buka: 08.00 - 17.00 WITA
Tiket masuk: Rp10.000 (lokal), Rp25.000 (turis asing)

3. Pantai Soan Galuh

Pantai Soan Galuh, photo by Instagram @/mitapradnyapara

Satu lagi wisata hidden gem Bali dalam kategori pantai yang masih sangat jarang disambangi wisatawan, yaitu Pantai Soan Galuh. Destinasi tersembunyi di Tabanan ini memiliki spot ikonik berupa tebing goa berukuran besar yang menjorok langsung ke bibir pantai. Kualitas airnya pun begitu jernih dengan warna kebiru-biruan.

Tak sampai di situ saja, jajaran batu karang dan tepian pantai berpasir hitam juga akan senantiasa menyelimuti kamu saat me time sambil berjalan-jalan di sini. Pantai Soan Galuh dikenal dengan panorama matahari terbenamnya yang menakjubkan bila disaksikan dari dalam goa. Jadi, pastikan untuk tidak melewatkan momentum yang indah ini dengan mengunjungi Pantai Soan Galuh.

Pengalaman Berkunjung ke Pantai Soan Galuh:

Pantai Soan Galuh cocok untuk kamu yang gemar mencari spot sunset eksotis untuk berfoto. Suasananya benar-benar sepi saat sore hari, hanya ada beberapa nelayan dan penduduk setempat. Sebagai catatan, pastikan kamu datang ke sini saat perairan sedang surut agar bisa masuk ke dalam goa, ya, mengingat jika sedang pasang, kondisi air laut bisa sangat tinggi sehingga kamu tidak akan bisa mengakses spot foto di Bali ini dan menyusuri pantai dengan bebas.

Alamat: FXRF+5X6, Antap, Selemadeg, Tabanan Regency, Bali
Jam buka: 24 jam
Tiket masuk: Gratis

4. The Pontoon at Lago

The Pontoon at Lago, photo by 2cupsoftravel

Bisa dibilang, The Pontoon at Lago adalah permata tersembunyi berupa floating bar yang berada di tengah lautan dengan menawarkan experience berbeda dan masih sangat jarang disinggahi oleh wisatawan. Kamu bisa menyaksikan momen golden hour dari tempat hidden gem Bali ini sembari menikmati sajian bir dan cocktail yang menyegarkan. Ada juga beberapa bean bag yang ditata rapi menghadap ke lautan untuk pengunjung yang ingin bersantai di bar.

@alignwithalanna A hidden gem in Bali- Nusa Lembongan🏄‍♀️🌸 #southeastasia #balilivin #explore#travel #explorebali #traveltok #indonesiatiktok #balilife #nusaislands #baliguide #traveldestination #asia ♬ One and Only - AseMix - ASE

Pengalaman Berkunjung ke The Pontoon at Lago:

Bar ini menyajikan aneka cocktails, beers, champagne, hingga wine berkualitas premium. Untuk bisa mencapai floating bar ini, kamu bisa mengunjungi Beach Cafe at Lago yang berada di tepi pantai, kemudian tanyakan langsung kepada staf cafe setempat. Mereka akan memberi tahu petugas kapal untuk segera menjemput kamu menuju Pontoon dengan menggunakan perahu antar-jemput gratis. Overall, The Pontoon at Lago menjadi salah satu bar di Bali yang sempurna untuk melihat sunset dari tengah laut.

Alamat: Nusa Lembongan, Jungutbatu, Village, Kabupaten Jembrana, Bali 82218 Jam buka: 12.00 - 19.00 WITA
Kisaran harga: Rp100.000 - Rp200.000 per orang

5. Margot Riverside

Margot Riverside, photo by Prometheus

Merasa lelah usai menjelajahi tempat-tempat menarik di sekitar Kota Denpasar? Kamu bisa mampir dahulu untuk bersantap sore di Margot Riverside yang merupakan salah satu hidden gem Bali dengan ambience sejuk nan syahdu. Restoran di Bali yang memiliki nuansa cottagecore ala pedesaan ini berdiri di atas lahan terbuka hijau yang berseberangan langsung dengan aliran Sungai Ayung.

Atmosfernya yang cenderung tentram dan jauh dari hiruk-pikuk perkotaan dijamin membuat kamu lebih leluasa untuk menghabiskan waktu di sini. Waktu yang paling direkomendasikan untuk berkunjung adalah saat sore hari untuk mendapatkan view sunset. Kamu juga bisa keliling menyusuri area kebun Margot Riverside yang super luas sambil membawa anabul kesayangan.

Pengalaman Berkunjung ke Margot Riverside:

Margot Riverside menyajikan makanan khas Bali dengan harga yang terjangkau, yaitu mulai dari Rp35 ribuan saja. Hidangan yang paling direkomendasikan di sini adalah Pepes Daging Bumbu Rempah dengan tekstur dagingnya yang empuk dan bumbu rempah yang meresap hingga ke dalam, kemudian ada Ikan Bakar Jantung Pisang dengan kuah kaldu yang segar dan kaya akan rasa, cocok dimakan bersama nasi hangat.

Alamat: Jl. Padang Galak No.3, Kesiman, Kec. Denpasar Timur, Kota Denpasar, Bali
Jam buka: Setiap hari (10.00 - 22.00)
Kisaran harga: Rp50.000 - Rp100.000 per orang

6. Ulu Petanu Waterfall

@balipediaonline Watch the video to find out where to find this hidden waterfall in Ubud 👀💦 #balipedia #bali #canggu #travelingbali #canggu #ubud #uluwatu #eastbali #baliholiday #balivacation #baliholiday #balivacation #cheaptravel #baliholiday #balitips #traveltips #explorebali #holidayinbali #ubud #ubudbali #ubudhood #baliwaterfall #baliwaterfalls ♬ Walking up with You - Omar Enfedaque

Di wilayah Kecamatan Tegallalang, Gianyar, ada sebuah objek wisata hidden gem Bali berupa air terjun yang masih belum begitu populer di kalangan wisatawan lokal maupun mancanegara, yaitu Ulu Petanu Waterfall. Tempat healing di Bali ini termasuk ke dalam deretan air terjun terbaik yang ada di Gianyar lantaran memiliki atmosfer yang berbeda dibanding sumber mata air lainnya.

Dalam perjalanan menuju lokasi saja, kamu harus melewati jalan setapak yang dibangun di atas permukaan kolam ikan terlebih dahulu untuk bisa sampai ke titik air terjun. Di sisi kanan dan kiri bahkan diselimuti dengan eloknya hutan tropis yang memukau, persis seperti di negeri dongeng. Ulu Petanu Waterfall memiliki pesona air yang bersih dan cocok untuk merenung sembari berendam untuk menyegarkan tubuh.

Pengalaman Berkunjung ke Ulu Petanu Waterfall:

Jika ingin merasakan kualitas udara yang lebih segar dengan nuansa sunyi, akan lebih baik bila datang saat pagi hari, yaitu mulai pukul 06.00 WITA. Kedalaman kolam air terjunnya tidak terlalu dalam sehingga cukup aman bagi kamu yang tidak pandai berenang. Petugas yang berjaga bahkan sangat ramah. Secara keseluruhan, Ulu Petanu Waterfall punya kualitas air terjun yang bersih, asri, dan begitu lekat dengan alam.

Alamat: Manik Sawang, Jl. Raya Bayad, Kedisan, Tegallalang, Gianyar Regency, Bali
Jam buka: 06.00 - 17.00 WITA
Tiket masuk: Rp20.000 per orang

7. D Khaylas Kintamani

@anahzanatunn Membalas @travelistta Nama tempat nya ada di akhir video ya🫶🏻🍃 #kintamanibali #kintamani #glamping #honeymoon #bali #balivibes #baliholiday #balirecommendation ♬ 初光 (golden hour 中文版) - 刘宪华/JVKE

Berencana liburan di Bali bersama keluarga atau pasangan, namun belum juga menemukan tempat bermalam yang dirasa menenangkan dan sesuai dengan preferensi? D Khaylas Kintamani mungkin bisa menjadi salah satu opsi yang menjanjikan. Bagaimana tidak? Akomodasi penginapan berupa cottage dan glamping ini terletak tepat di atas tebing dengan view Danau Batur dan pegunungan yang menakjubkan. Ada juga fasilitas kolam renang yang menjorok langsung ke arah danau sehingga membuat tempat ini semakin apik, cocok juga untuk kamu yang sekedar ingin staycation atau solo trip.

Pengalaman Berkunjung ke D Khaylas Kintamani:

D Khaylas Kintamani berada jauh dari pusat keramaian dengan deretan tenda glamping yang dekat dengan telaga. Suasananya sangat tenang dan pas untuk menenangkan pikiran. Terdapat pula sumber pemandian air panas alami yang bejarak sekitar 5 menit dari lokasi penginapan. Pelayanan seluruh staf yang ada di sini pun benar-benar professional, ramah, dan responsif. Pastikan untuk melakukan reservasi sejak jauh-jauh hari, ya, mengingat tempat ini hanya memiliki slot penginapan yang terbatas.

Alamat: Songan A, Kec. Kintamani, Kabupaten Bangli, Bali
Jam buka: 24 jam
Harga: Mulai dari Rp425 ribu per malam

8. Tukad Arca

@balipluslife Dijaman sekarang ternyata masih ada sungai yang sangat jernih, bahkan dasar sungai bisa terlihat sangat jelas lho! 😍🥰 Apa sungai ini bisa dinobatkan sebagai terjernih yang ada di Bali? 🤗✨ #sungaiterjernih #sungaijernih #sungaibali #tukadarca #tukadbali #sungaiarca #serunyabelajar ♬ Relaxing Japanese-style piano song inviting nostalgia - Akiko Akiyama

Tempat hidden gem Bali selanjutnya yang wajib kamu sambangi adalah destinasi wisata air Tukad Arca. Ini merupakan tempat pemandian umum berupa saluran irigasi yang cukup lebar dengan kedalaman air 1 meter. Sumber air yang mengalir di sepanjang Tukad Arca masih sangat alami karena berasal dari kaki Gunung Agung. Tak heran bila kualitas airnya begitu jernih, dingin, dan segar sehingga cocok untuk berenang sambil healing santai demi melepas penat.

Pengalaman Berkunjung ke Tukad Arca:

Tempat pemandian Tukad Arca benar-benar alternatif yang menarik untuk menyegarkan tubuh dan pikiran. Kualitas airnya sangat bersih dan terbagi menjadi beberapa segmen kolam, juga ada air terjun mininya. Tersedia penyewaan ban yang dihargai Rp5 ribu saja bagi kamu yang ingin berkesplorasi saat berenang, tak ketinggalan dengan fasilitas ruang ganti dan kamar bilas. Setiap pengunjung juga tidak akan dipungut biaya apa pun alias gratis.

Alamat: HCRH+XV6, Menanga, Rendang, Karangasem Regency, Bali
Jam buka: 24 jam
Tiket masuk: Gratis

9. Lilly by The Sea

@imdepan Memilih bertuju ke sebuah cafe tepi pantai ialah tempat melarikan diri paling sempurna. Waktu terasa berhenti sejenak dan sekeliling seketika ingin diperhatikan; kesegaran angin laut, bisikan ombak, serta matahari yang mulai melambaikan tangan. Pun juga, didampingi oleh secangkir minuman segar dengan campuran sedikit alkohol serta beragam sajian yang memeluk lidah. Tidak ada batasan terkait minimum order atau apapun itu, cukup datang & nikmatilah!💌 #LilyByTheSeaBali #LilyByTheSeaCafeBali #cafebali #beachcafe #cafetepipantaibali #hiddengembali #hiddengemcafebali #cafebeachbali #beachcafebali #rekomendasicafebali ♬ Saat Kau Hadir (Sped Up!) - Family Affair's

Lily by The Sea menjadi salah satu beach club di Bali yang punya segudang pesona dari indahnya panorama air laut, suara gulungan ombak, serta matahari yang menghiasi cakrawala. Meski berstatus sebagai klub pinggir pantai, namun Lilly by The Sea rupanya masih termasuk hidden gem Bali lantaran belum diketahui oleh banyak orang. Permata ini terletak di tepi Pantai Pasut yang begitu khas dengan pasir hitamnya. Menu yang disajikan pun cukup bervariatif, mulai dari hidangan tradisional Bali sampai Eropa modern lengkap dengan koleksi minuman beralkohol dan non-alkohol yang premium.

Pengalaman Berkunjung ke Lilly by The Sea:

Spot yang paling menarik dari Lilly by The Sea adalah keberadaan kolam renang tanpa batas dan jacuzzi pribadi yang menghadap langsung ke laut biru. Faktor ini menjadikannya destinasi sempurna sebagai tempat berkumpul yang ideal bagi keluarga dan kerabat dekat. Kamu bisa datang saat sore hari untuk sekedar bersantai di tepi kolam renang ataupun relaksasi sambil berjemur di bawah sinar matahari.

Alamat: Banjar Pasut, Tibubiu, Kec. Kerambitan, Kabupaten Tabanan, Bali 82161
Jam buka: 07.00 - 21.00 WITA
Kisaran harga: Rp100.000 - Rp200.000 per orang

10. Jaran Hill

Jaran Hill, photo by Jonny Melon

Tempat wisata hidden gem Bali yang terakhir adalah Jaran Hill. Surga tersembunyi yang terletak di daerah Uluwatu ini bisa kamu capai dalam waktu kurun 40 menit berkendara dari Bandara I Gusti Ngurah Rai. Harga tiket masuk ke Jaran Hill sampai saat artikel ini dibuat adalah gratis, bahkan kamu juga tidak perlu membayar parkir. Jaran Hill menyajikan panorama garis pantai Bukit Penisula yang memukau dari atas ketinggian, termasuk momentum matahari terbenam yang tak kalah menarik jika dibandingkan dengan spot sunset lain yang ada di bali.

Pengalaman Berkunjung ke Jaran Hill:

Salah satu tempat terbaik untuk menikmati sunset di Pulau Dewata. Menghabiskan waktu berkualitas di Jaran Hill juga akan membuka kesempatan bagi kamu untuk bertemu langsung dengan monyet-monyet yang berkeliaran di objek hidden gem ini. Kamu yang ingin piknik di atas tebing pun bisa, lho, tetapi pastikan untuk tetap membuang sampah pada tempatnya, ya!

Alamat: 53GP+C3G, Pecatu, South Kuta, Badung Regency, Bali 80361
Jam buka: 24 jam
Tiket masuk: Gratis

Demikian rekomendasi tempat wisata hidden gem Bali yang bisa kamu kunjungi saat liburan. Manakah yang berhasil menarik perhatianmu untuk mampir sejenak?