Me Time: Pengertian, Manfaat, & Rekomendasi Kegiatan!

"Me time adalah waktu untuk diri sendiri untuk melepas penat dan meningkatkan kesehatan mental."

Me Time: Pengertian, Manfaat, & Rekomendasi Kegiatan!
Apa Itu Me Time, photo by Unsplash/Micheile Dot Com

Bagi kamu para pekerja yang sering merasakan kesibukan yang terus menumpuk, pasti pernah mendengar istilah me time, bukan? Me time merupakan suatu hal yang dibutuhkan banyak orang terutama mereka yang punya kesibukan berlebih serta tugas kerja yang menumpuk.

Baca Juga: 10 Pilihan Cafe di Fatmawati, Pas untuk Nongkrong atau Kerja!

Me time sendiri mengacu pada momen di mana kamu bisa meluangkan waktu meski hanya singkat hanya untuk diri sendiri. Walau kesannya sepele, tetapi inisiatif dari me time dapat meningkatkan konsentrasi, ketajaman daya ingat dengan ampuh, serta menjaga kestabilan kesehatan mental kamu, loh.

Lalu, apa sih yang sebenarnya dimaksud dengan me time ini? Apa saja yang bisa kamu lakukan di waktu yang ringkas tersebut? Simak pemaparan lengkapnya yang sudah Cove rangkum untuk kamu, ya!

Semua yang Perlu Kamu Ketahui Tentang Me Time

Apa Itu Me Time, photo by Pexels/Taryn Elliott

Apa Itu Me Time?

Me time adalah sebuah upaya dalam menghabiskan waktu dengan durasi yang tidak terlalu lama khusus untuk diri sendiri. Kegiatan ini dapat kamu dilakukan untuk melepas penat dan mengembalikan suasana hati yang baik kemabli setelah sibuk bekerja.

Aktivitas ini dapat dilakukan dalam berbagai cara yang sesuai dengan kebutuhan dan hobi masing-masing pribadi. Hal ini bahkan dapat direalisasikan dengan kegitan yang sederhana, seperti mandi dan luluran, membaca buku sambil menikmati minuman segar, membersihkan kamar, menata rambut dan penampilan, serta berbagai kegiatan ringan lainnya.

Berdasarkan hal tersebut, kegiatan yang satu ini cocok untuk dilakukan khususnya untuk kamu yang sedang bekerja dengan sistem Work From Home (WFH), terlebih lagi karena sistem kerja ini memang terkesan santai namum ternyata menguras banyak pikiran, waktu dan tenaga lebih.

Selain itu, dengan bekerja melalui sistem Work From Home, kamu tak perlu repot-repot untuk menghabiskan waktu sendiri tersebut di luar rumah. Kamu memiliki waktu lebih untuk memperhatikan kebutuhan serta kesehatan fisik dan mental diri sendiri dengan cara menghabiskan me time yang berkualitas di rumah atau di kamar.

Baca Juga: 10 Tempat Menarik di Karawaci & Sekitarnya yang Paling Hits

Manfaat Me Time

Manfaat Me Time, photo by Pexels/Ylanita Koppens

Setelah mengetahui pemaparan di atas, rasanya jelas bahwa me time dapat menjadi pilihan yang tepat untuk mengambil rehat sejenak dari hiruk pikuk. Di tengah-tengah banyaknya tuntutan dan kesibukan aktivitas kerjaan, waktu khusus untuk diri sendiri tentunya dibutuhkan demi kesehatan fisik dan mental kamu.

Bagi kamu yang selama ini merasa belum sempat menyisikan waktu untuk diri sendiri, cobalah menandai kalender di meja kerja kamu dengan catatan lengkap serta waktu yang tepat untuk kamu bisa melakukan me time, sebab aktivitas dijamin ini punya banyak manfaat. Apa saja itu?

1. Reboot Otak dan Bersantai

Karena bekerja membuat otak kamu terus-menerus “aktif” dan tidak memberi kesempatan untuk beristirahat, maka me time merupakan cara tepat yang bisa kamu lakukan untuk mengisi kembali daya tersebut.

Dengan mengambil waktu sejenak seorang diri tanpa gangguan tanggung jawab pekerjaan memberikan kesempatan lebih untuk kamu menjernihkan pikiran dan fokus. Me time merupakan cara yang tepat untuk kamu merevitalisasi pikiran dan tubuh secara bersamaan.

2. Meningkatkan Konsentrasi dan Produktivitas

Kamu akan lebih berkonsentrasi saat mengesampingkan atau menghilangkan sejenak gangguan dari hari kamu. Karena itu, dengan kembalinya konsentrasi dan produktivitas, diharapkan dapat membantu kamu menyelesaikan lebih banyak pekerjaan dalam waktu yang lebih singkat ke depannya.

3. Memberi Kesempatan Mendengar Suara Hati

Ketika kamu menjadi bagian dari suatu kelompok misalnya di kampus atau tempat kerja, kamu cenderung terbiasa mengikuti apa yang dipikirkan atau dilakukan oleh kelompok tersebut. Padahal, tidak selalu tindakan yang kelompok kamu ambil sejalan dengan keputusan atau suara hati kamu.

Dengan melakukan me time, kamu dapat bertenang diri dan berdamai dengan perbedaan yang ada di sekitar kamu, yang terkadang tidak bisa kamu ubah itu. Selain itu, kamu juga bisa punya pandangan atau perspektif pribadi tentang banyak hal di sekitarmu dengan cara berkomunnikasi dengan diri sendiri dan mendengar suara hati.

Baca Juga: Deretan Tempat Makan Instagramable di Menteng, Wajib Ke Sini!

4. Membantu Mengatasi Masalah Lebih Efektif

Me time dipercaya dapat membantu kamu mengatasi secara efektif masalah besar yang sedang dialami, atau ketika sedang berada dalam situasi yang sulit. Dengan demikian, Kamu jadi punya ide atau jalan keluar baru yang terbaik untuk masalah tersebut setelah menyisikan waktu sendri.

5. Meningkatkan Kualitas Hubungan dengan Orang Lain

Dengan mendapatkan pemahaman yang lebih baik tentang diri sendiri dan menghabiskan waktu bersama diri sendiri pula, apa yang kamu inginkan dalam hidup terasa lebih mungkin untuk dicapai berkat pilihan yang lebih baik yang kamu buat saat sedang me time.

Kegiatan Me Time Anak Kost

Kegiatan Me Time Anak Kost, photo by Pexels/Miriam Alonso

Aktivitas selama me time setiap orang tentu berbeda-beda caranya. Pada umumnya, cara terbaik untuk menghabiskan waktu khusus untuk sendiri tersebut adalah dengan melakukan hobi atau sekadar melepaskan diri dari hiruk pikuk sosial media.

Kalau kamu salah satu anak kost yang belum pernah meluangkan waktu untuk me time, bisa jadi menentukan aktivitas yang tepat bisa menjadi sebuah challange tersendiri. Karena itu, agar tidak membingungkan kamu, berikut rekomendasi dari Cove untuk kegiatan me time anak kost yang bisa kamu dilakukan.

1. Jalan Santai

Jalan santai merupakan salah satu aktivitas yang menyenangkan dan tentu sehat untuk kamu jalankan selama memutuskan untuk me time sejenak. Kegiatan jalan santi ini dapat membantu kamu menenangkan pikiran dan mengurangi stres akibat pekeraan secara ampuh.

Tak hanya itu, jalan santai juga memiliki manfaat bagi kebugaran fisik pekerja yang selama ini wajib bekerja dari rumah atau WFH, loh. Untuk dapat memulainya, kamu bisa meluangkan waktu di pagi atau sore hari untuk berjalan santai di sekitar tempat tinggal selala 20 hingga 30 menit saja.

2. Olahraga

Selain demi kesehatan tubuh, olahraga juga ternyata bisa menjadi salah satu cara untuk mengekspresikan me time. Kamu hanya perlu keluar untuk berlari atau sekedar berjalan kaki sejenak, pergi ke gym, atau mengikuti kelas olahraga seperti yoga dan lain sebagainya.

3. Baca Buku

Membaca buku juga dapat menjadi aktivitas me time yang cocok untuk kamu yang Work From Home. Tak hanya jitu untuk mengalihkan pikiran dari pekerjaan kantor, tetapi membaca buku juga ternyata dapat menjadi cara yang tepat untuk tingkatkan konsentrasi.

Walaupunn tidak ada aturan khusus perihal jenis buku yang bisa kamu baca, tetapi sebaiknya kamu meluangkan waktu untuk membaca buku yang penuh inspirasi demi kebaikan kamu dan pikiran kamu juga. Dengan begitu, kamu bisa membangkitkan lagi semangat kerjamu dan menjadi lebih produktif saat bekerja nantinya.

Baca Juga: 10 Cafe Hidden Gems di Tebet yang Menawarkan Nuansa Unik!

4. Nonton Sendiri

Kamu pastinya biasa ke bioskop bersama teman dekat, keluarga, atau pasangan pada hari-hari biasa, bukan? Namun, kamu juga bisa mencoba me time dengan pergi dan menonton film di bioskop sendiri dan merasakan sensasi serta kesenangannya tersendiri.

Jika kamu tidak ingin keluar jauh-jauh dari lingkungan kost, kamu pun dapat menonton beragam tayangan TV yang bermanfaat, drama atau jenis film series di kamar kost kamu seorang diri sebagai salah satu cara bentuk me time.

5. Membersihkan Kamar

Rekomendasi kegiatan yang terakhir yang bisa kamu lakukan saat me time adalah membersihkan rumah atau kamar. Mungkin, kegiatan yang satu ini terdengar sepele atau sederhana untuk dilakukan.

Akan tetapi, membersihkan rumah atau kamar sejatinya sangat bermanfaat untuk kesehatan mental dan fisikmu juga, loh. Tak hanya itu, hal ini juga bisa menjadi solusi tepat untuk kamu menjaga kebugaran tubuh.

Bahkan, rumah dan kamar yang lebih rapi akan sangat berpengaruh pada suasan hati dan produktivitas kamu. Oleh sebab itu, jangan lupa untuk meluangkan waktu sejenak guna merapikan rumah atau kamar, ya.

Baca Juga: Catat, Ini Cara Menentukan Luas Kamar Ideal dan Tepat!

Intinya, me time adalah saat di mana kamu bisa menghabiskan waktu sejenak untuk diri sendiri sebagai bentuk menghargai dan menyayangi diri kamu karena selama ini telah banyak menguras tenaga secara fisik dan juga mental dengan beragam aktivitas lain di luar.

Karena itu, apabila kamu sudah ada di titik di mana kamu merasa jenuh dan penat akibat sibuk bekerja, jangan lupa untuk meluangkan waktu sejenak untuk mengembalikan motivasi, sebab hal ini tidak ada salahnya.

Kost Nyaman untuk Me Time

Jika kamu adalah anak kost, tentu saja pemilihan kamar tidur merupakan hal yang sangat pribadi, karena di tempat itulah kamu melakukan hampir seluruh kegiatan kamu, termasuk jika sedang ingin me time.

Desain kamar tidur serta fasilitas kamar dan sekitar kost tentu menjadi hal yang harus diperhatikan dengan baik, bukan? Karena itu, Cove mengerti kebutuhan kamu dengan menghadirkan beragam hunian yang tersebar di beberapa daerah di Jakarta dan Tangerang, bagi kamu yang bekerja di ibu kota dan pastinya membuthkan me time suatu waktu.

Kost Nyaman untuk Me Time | Cove Laguna

Cove merupakan tempat beristirahat yang cocok setelah menghadapi ingar bingar kehidupan sehari-hari, yang hadir dengan nuansa minimalis dan fasilitas bersama yang lengkap. Kost eksklusif ini pas untuk siapapun yang mendambakan tempat tinggal nyaman di tengah kota.

Fasilitas bersama yang disediakan oleh Cove dan bisa kamu nikmati juga lengkap, loh. Mulai dari dapur bersama, tempat parkir, pembersihan kamar, dispenser air, laundry, hingga lounge. Bagi yang mobilitasnya tinggi, tidak perlu khawatir sebab Cove berlokasi di berbagai titik yang strategis untuk bisa akses ke mana pun, seperti ke kawasan bisnis hingga tempat kuliner.

Tertarik untuk tinggal di salah satu unit Cove? Segera cek semua listing property Cove dan booking kamar impian kamu sekarang juga, atau follow Instagram Cove Indonesia untuk melihat lebih banyak info serta update dari setiap Cove!


Temukan kost eksklusif di Jakarta lainnya hanya di Cove!