15 Tempat Healing di Bali, Tenang dan Bikin Rileks!

15 Tempat Healing di Bali, Tenang dan Bikin Rileks!
Tempat Healing di Bali, photo by lifeforstock/freepik

Kita mengenal istilah healing vacation untuk mendeskripsikan sesi liburan singkat yang dirancang khusus demi memulihkan tubuh dan pikiran agar lebih rileks. Sebagian orang cenderung akan memilih tempat berlibur yang tenang dan dekat dengan alam ketika healing, seperti area pegunungan, pantai, hutan, hingga pulau terpencil. Karena dengan begitu, mereka bisa mendapatkan manfaat refleksi diri yang maksimal saat tengah dilanda stres berlebih. Nah, jika kamu berencana liburan di Pulau Dewata, beberapa rekomendasi tempat healing di Bali berikut ini menawarkan keindahan alam luar biasa yang cocok untuk melepas penat. Check this out!

15 Tempat Healing di Bali

1. Peninsula Island

@jjihsj best for healing, jogging, workout, cycling, the beach also looks very good Lokasinya di Peninsula ITDC, Nusa Dua HTM: Free #balirecommendation #hiddengembali #mustvisitbali #bali #wheretogoinbali #fyp #wheretogoinbali #explorebali #rekomendasiwisatabali ♬ original sound - <3

Rekomendasi tempat healing di Bali yang pertama adalah Peninsula Island. Berdiri di atas lahan seluas 7,4 hektar, Peninsula Island merupakan sebuah pulau kecil yang letaknya ada di kawasan ITDC, Nusa Dua, Bali. Tempat wisata ini menjadi sangat menarik lantaran dipenuhi hamparan bunga bougenville berwarna merah muda yang menjorok langsung ke arah laut.

Kamu bisa bebas duduk-duduk di bawah pohon sambil melakukan kegiatan favoritmu di sini, mulai dari piknik, jogging, workout, bersepeda, sampai menikmati suara deburan ombak dan segarnya semilir angin yang berhembus dari segala arah. Overall, Peninsula Island adalah tempat yang sangat ideal untuk healing.

Alamat: Pulau Peninsula Nusa Dua, Nusa Dua, Benoa, Kec. Kuta Sel., Kabupaten Badung, Bali
Jam buka: 06.00 sampai 22.00 WITA
Harga tiket masuk: Gratis (kendaraan membayar parkir Rp5.000)

2. Bukit Asah

Bukit Asah, photo by tripadvisor

Bukit Asah menjadi tempat healing di Bali selanjutnya yang wajib kamu sambangi. Terletak di Desa Bugbug, Kecamatan Karangasem, Bukit Asah menyajikan keindahan alam dari atas bukit berupa panorama laut lepas yang menakjubkan. Kualitas udara di sini pun benar-benar teduh dan segar. Ditemani hamparan hijaunya rumput, kamu yang berencana melakukan solo trip bisa duduk sejenak di atas tebing sembari membaca buku, merenung, ataupun melakukan meditasi.

Tidak sampai di sana, pihak pengelola Bukit Asah juga menawarkan paket wisata yang bisa kamu coba untuk memaksimalkan waktu healing kamu, mulai dari berkemah, boat trip, jalan lintas alam pagi, hingga foto sesi ritual cinta. Tertarik untuk mencobanya?

Alamat: Bukit Asah, Desa Bugbug Karangasem (80851), Bali
Jam buka: 24 jam
Harga tiket masuk: Rp5.000 per orang

3. Tirta Bhuwana Waterfall

Tirta Bhuwana Waterfall, photo by salsa wisata

Objek wisata Tirta Bhuwana Waterfall and Natural Pool perlu kamu masukkan ke dalam bucketlist ideal untuk tempat healing di Bali. Pasalnya, surga tersembunyi di Kabupaten Buleleng ini menyimpan lanskap aliran air terjun yang memesona lewat tiga buah mata air alami yang mengalir di sepanjang tebing bebatuan miring.

Tempatnya pun bersih dan terawat dengan sangat baik, begitu pula dengan kualitas air terjunnya yang benar-benar jernih dan segar. Kamu yang ingin healing sejenak di sini bisa berendam di bawah air terjun sambil menikmati indahnya pemandangan gunung, bukit, dan pepohonan yang rindang. Dijamin, tubuh dan pikiranmu akan kembali rileks setelah berkunjung ke sini!

Alamat: Bukit Asah, Desa Bugbug Karangasem (80851), Bali
Jam buka: 08.00 - 18.00 WITA
Harga tiket masuk: Rp15.000 per orang

4. Natya River Sidemen

Natya River Sidemen, photo by booking.com

Kalau kamu punya budget lebih, Natya River Sideman bisa jadi alternatif tempat healing di Bali yang sangat menjanjikan. Pasalnya, tempat penginapan ini menawarkan lanskap pegunungan yang mempesona dengan gemericik aliran sungai dari sisi bukit Desa Wangsean. Dengan biaya sekitar Rp400 ribuan per malam, kamu sudah bisa merasakan sensasi healing di pinggir sungai Bali dengan mengambil paket glamping.

Yup, Natya River Sideman menyediakan deretan tenda camping dan glamping yang letaknya tepat di atas tebing tepi sungai. Jadi, waktu healing kamu yang berkualitas akan selalu ditemani oleh suara air yang mengalir melewati bebatuan dan hutan yang berbisik secara alami. Terbayang bagaimana suasana tentram yang tersaji di dalamnya, bukan? Selain itu, kamu juga bisa mengikuti beragam kegiatan menarik, seperti kelas memasak, bersepeda, river tubing, hingga berjalan-jalan di sekitar sawah.

Alamat: Jl. Pura Dalam Banjar dinas, Jl. Wangsean - Klungah, Wismakerta, Kabupaten Karangasem, Bali
Jam buka: 24 jam
Harga penginapan: Rp400.000 per malam

5. Pantai Suluban

@ellchintya_ A Slice Of PARADISE at #sulubanbeach #Bali #tiktoktravel ♬ Paradise - Bazzi


Pantai Suluban menjadi salah satu objek wisata di Bali yang eksotis dan letaknya cukup tersembunyi dari keramaian, sehingga terasa ideal untuk dijadikan tempat healing. Nama Suluban diambil dari kata ‘melusub’ yang dalam bahasa Bali artinya berjalan di antara kepala manusia. Alasannya karena pantai ini dipenuhi oleh tebing-tebing karang yang menjulang tinggi seperti layaknya sebuah lorong nan eksotis.

Para pengunjung akan melewati jalur tebing ‘kepala manusia’ ini terlebih dahulu sebelum akhirnya tiba di bibir pantai. Kamu bisa mengisi waktu healing dengan duduk-duduk manis sambil menikmati matahari terbenam dan suara deburan ombak yang menghempas dari garis pantai.

Alamat: Desa Pecatu, Uluwatu, Kuta Selatan, Bali
Jam buka: 08.00 - 18.00 WITA
Harga tiket masuk: Gratis (parkir motor Rp3 ribu, mobil Rp5 ribu)

6. Rumah Pohon Batu Molenteng

Rumah Pohon Batu Molenteng, photo by ticmpu.id

Di sisi timur Pulau Nusa Penida, terdapat destinasi unik bernama Rumah Pohon Batu Molenteng yang menawarkan landscape alam luar biasa berupa pulau-pulau kecil dan tebing yang menjulang tinggi dari atas ketinggian. Rumah pohon berukuran 4 x 4 meter ini dinilai cocok sebagai tempat healing lantaran bisa dimanfaatkan untuk berdiam diri sambil menenangkan pikiran selama melakukan kontak langsung dengan alam.

Suasananya pun begitu tentram dan damai sehingga cocok untuk jadi tempat persembunyian dari penatnya kehidupan di tengah kota. Rumah Pohon Batu Molenteng juga kerap dijadikan sebagai spot foto di Bali paling menarik oleh para wisatawan. Jadi, jangan sampai melewatkan kesempatan untuk mendapatkan foto terbaik di sini, ya.

Alamat: Banjar Pelilit, Desa Pejukutan, Nusa Penida, Klungkung, Bali
Jam buka: 24 jam
Harga tiket masuk: Rp10.000 per orang

7. Pantai Geger

@greanzany HIDDEN GEMS Healing Place di Bali ! My favorite ❤️ #CLEARYourHeadKetombeChallenge #hiddengems #bali #beach #mustvisit #fyp #foryou ♬ Sesaat Kau Hadir - Gery Gany

Salah satu rekomendasi pantai di Bali yang pas untuk healing adalah Panta Geger yang letaknya berada di kawasan pariwisata ITDC Nusa Dua ini. Pantai Geger dinilai sebagai private healing place terbaik lantaran mampu menyajikan kualitas air yang jernih dengan warna biru kehijauan nan indah. Kamu pun bisa berenang dengan bebas sambil bersantai sejenak di atas bebatuan besar yang menjadi spot tercantik dari surga tersembunyi ini.

Selain dapat membantu meredakan stres, berenang di dalam air sejernih Pantai Geger juga diketahui mampu merangsang sistem syaraf untuk mengembalikan energi dalam diri. Suasana Pantai Geger juga terbilang sepi dan tidak begitu populer di kalangan wisatawan, sehingga memungkinkan kamu untuk bisa lebih terhubung dengan alam.

Alamat: Desa Adat Peminge, Sawangan, Kawasan Pariwisata ITDC Nusa Dua
Jam buka: 24 jam
Harga tiket masuk: Rp5.000 per orang

8. Bukit Teletubbies

Bukit Teletubbies, photo by ladypinem.com

Sebagai salah satu daerah Bali yang terkenal, Nusa Penida memang seolah tidak ada habisnya dalam menarik banyak wisatawan, seperti inspirasi tempat healing di Bali yang satu ini. Bukit Teletubbies merupakan sebuah perbukitan hijau dengan gundukan-gundukan bukit yang membentuk layaknya tempat tinggal dari keempat tokoh animasi Teletubbies.

Hamparan hijau dari Bukit Teletubbies menawarkan sejuta keindahan lewat panorama alamnya yang memukau sejuknya udara di sekitar. Kamu yang ingin healing juga berkesempatan untuk berjelajah di atas bukit sambil merebahkan tubuh sejenak di tengah atmosfer yang tenang dan damai. Keindahan momentum matahari terbenam juga menanti kamu

Alamat: Unnamed Rd, 80771, Tanglad, Kec. Nusa Penida, Kabupaten Klungkung, Bali 80771
Jam buka: 24 jam
Harga tiket masuk: Rp10.000 per orang

9. Banyumala Twin Waterfalls

Banyumala Twin Waterfalls, photo by befreetour.com

Banyumala Twin Waterfalls terletak di Desa Wanagiri, Sukasada, Kabupaten Buleleng, Bali. Ini adalah kawasan wisata alam yang menawarkan mahakarya air terjun kembar dengan begitu indah dan memesona. Lokasinya yang berada tepat di tengah pepohonan rindang dan area perbukitan yang asri membuat air terjun Banyumala kian digemari untuk menjadi alternatif tempat sesi healing singkat.

Ketinggian air terjun Banyumala diperkirakan mencapai hampir 20 meter, termasuk yang cukup tinggi dibanding wisata air terjun lainnya. Kamu bisa memanfaatkan kolam di bawah air terjun Banyumala untuk sekedar berendam sambil mendengarkan suara gemuruh air terjun yang jatuh dengan ritme teratur. Aroma segar yang tercipta dari hujanan air ini dipastikan mampu meningkatkan suasana hati kamu.

Alamat: Wanagiri, Sukasada, Buleleng Regency, Bali 81161
Jam buka: 08.00 - 18.00 WITA
Harga tiket masuk:  Rp20.000 per orang untuk wisatawan lokal dan Rp30.000 untuk WNA

10. Tegalalang Rice Terrace

Tegalalang Rice Terrace, photo by charliepauly.com

Keindahan ribuan hektar sawah hijau yang subur bisa kamu rasakan saat mengunjungi Tegalalang Rice Terrace. Area persawahan ini menawarkan panorama terasering dan lanskap hijau yang menakjubkan di kawasan Ubud, sehingga dianggap menjadi tempat healing di Bali yang cocok untuk bersantai ria dengan suasana tentram dan damai. Kamu pun bisa menikmati pemandangan dari atas ketinggian sembari menyeberangi sungai kecil untuk bisa sampai ke area persawahan di bagian seberang. Udaranya yang sejuk juga dijamin mampu membuat kamu merasa lebih tenang dan rileks.

Alamat: Jl. Raya Tegallalang, Tegallalang, Kec. Tegallalang, Kabupaten Gianyar, Bali 80561
Jam buka: 08.00 - 18.00 WITA
Harga tiket masuk: Rp15.000 per orang

11. Danau Buyan

Danau Buyan, photo by sonne & wolken

Berlokasi di daerah Pancasari, Buleleng, Danau Buyan menjadi destinasi healing selanjutnya yang wajib kamu pertimbangkan. Pasalnya, mengunjungi Danau Buyan yang menawarkan lingkungan tenang dan cenderung sepi bisa membuatmu lebih nyaman untuk melakukan sederet kegiatan me time sekaligus merenung.

Sebagian besar pengunjung yang datang ke sini juga gemar mendirikan tenda untuk berkemah di tepi danau. Sangat disarankan datang ke sini saat pagi hari jika kamu ingin menghirup udara sejuk sambil ditemani suara kicauan burung yang beterbangan. Untuk kamu yang senang menjelajahi hutan, kamu bisa coba trekking di sekitar pegunungan Danau Buyan. Jika beruntung, sekumpulan monyet akan melompat dari pohon ke pohon untuk menyapa kamu selama perjalanan.

Alamat: Jl. Raya Wanagiri, Wanagiri, Kec. Sukasada, Kabupaten Buleleng
Jam buka: 24 jam
Harga tiket masuk: Rp10.000 per orang

12. Air Terjun Sekumpul

Air Terjun Sekumpul, photo by Instagram @/jordhammod

Satu lagi pilihan air terjun di Bali yang menyuguhkan pesona berbeda dan bisa diandalkan untuk sesi healing, yaitu Air Terjun Sekumpul. Di sini, kamu akan dimanjakan dengan tujuh buah air terjun yang letaknya tersembunyi di antara tebing-tebing tinggi dan dikelilingi pepohonan hijau yang menyejukkan mata.

Air Terjun Sekumpul ditaksir memiliki ketinggian sekitar 40 meter yang bersumber dari mata air berbeda. Kamu juga bisa melihat keindahan air terjun dari atas bebatuan ataupun bukit yang berada di seberang air terjun. Suasana seperti ini dapat membantu kamu untuk lebih dekat dengan alam sekaligus meresapi ketenangan.

Alamat: Bebetin, Sawan, Buleleng Regency, Bali
Jam buka: 08.00 - 17.00 WITA
Harga tiket masuk: Rp10.000 per orang untuk wisatawan lokal dan Rp20.000 untuk turis asing

13. Bendungan Yeh Aya Hulu Jatiluwih

@odikabayu Main tubing modal 10K ajaaa 🥹 #bali #tubing ♬ suara asli - sadvibes🥀 - Sadvibes🥀


Bendungan Yeh Aya Hulu Jatiluwih menjadi tempat rekreasi air gratis yang menawarkan efek relaksasi dengan menyusuri saluran air sepanjang satu kilometer menggunakan ban bekas. Kamu bisa bebas main air di sini hanya dengan membayar sewa ban Rp10 ribu saja, tersedia juga ban berukuran yang lebih kecil dengan harga sewa Rp5 ribu. Kualitas airnya yang bersih dengan panorama alam hijau yang memikat akan senantiasa menemani kamu selama bermain air di sepanjang bendungan ini.

Alamat: Bendungan yeh Aya hulu, Jatiluwih, Kec. Penebel, Kabupaten Tabanan, Bali 82152
Jam buka: 08.00 - 18.00 WITA
Harga tiket masuk: Gratis (sewa ban Rp10.000)

14. Lazy River Penarungan

Lazy River Penarungan, photo by jadesta.kemenparekraf.go.id

Kalau kamu suka rafting, rekomendasi tempat healing di Bali yang satu ini wajib masuk ke dalam bucketlist! Hanya dengan membayar Rp30 ribu, kamu sudah bisa menyusuri sejuknya aliran air Subak yang berarus pelan dengan perahu karet yang tersedia. Aliran sungai ini memiliki jarak rute sekitar 1,5 kilometer yang dapat ditempuh selama 30 menit hingga sampai di titik akhir. Kamu juga akan mendapatkan perlengkapan pengaman berupa jaket pelampung dan helm seperti layaknya rafting. Kualitas airnya yang jernih dan terawat bisa menjadi obat penghilang penat di kala padatnya kesibukan sehari-hari.

Alamat: F52W+FCM, Penarungan, Mengwi, Badung Regency, Bali 80352
Jam buka: 09.00 - 17.00 WITA
Harga tiket masuk: Rp30.000 per orang

15. Gatep Lawas Ambengan

@yobalaa Replying to @Siskadhiva yuk healing #gateplawasambengan #buleleng #bali #jalanjalandibali #backtonature ♬ Bercinta Lewat Kata - OST Jatuh Cinta Seperti di Film-Film - Donne Maula


Gatep Lawas Ambengan menawarkan segarnya rekreasi air dari atas ketinggian yang bisa digunakan untuk berendam sambil menikmati pemandangan alam di sekitar. Dengan tarif Rp10 ribu per orang, kamu sudah bisa puas bermain air sambil menjernihkan pikiran dan menghirup udara segar di tengah alam menakjubkan yang jarang kamu temukan tempat lainnya. Tersedia juga wahana river tubing untuk menjelajah aliran sungai Gatep Lawas yang cukup deras dengan jarak total sekitar 600 meter dari hulu sungai.

Alamat: Unnamed Road, Sambangan, Sukasada, Buleleng Regency, Bali 81161
Jam buka: 08.00 - 17.00 WITA
Harga tiket masuk: Rp10.000 per orang

Itulah rekomendasi tempat healing di Bali yang bisa membantu kamu untuk memulihkan kondisi tubuh dan pikiran.