10 Pantai di Bali yang Indah, Patut Dikunjungi saat Liburan!

10 Pantai di Bali yang Indah, Patut Dikunjungi saat Liburan!
Pantai di Bali, photo by Ayo Bali

Pesona wilayah Bali memang mengagumkan, kamu bisa menemukan pantai dan gunung di satu tempat. Tak heran kalau Bali menjadi destinasi liburan yang paling banyak dikunjungi oleh wisatawan domestik dan mancanegara. Wilayah ini sendiri punya ratusan pantai indah yang bisa kamu kunjungi. Karakteristik masing-masing pantainya pun berbeda. Kali ini, Cove sudah merangkum 10 pantai di Bali yang wajib untuk kamu kunjungi saat liburan. Check this out!

Pantai Kelingking

Pantai Kelingking, photo by TRIVINDO

Destinasi wisata Pantai Kelingking cukup populer di kalangan masyarakat. Saat lihat fotonya pun pasti kamu akan merasa familiar dengan tempat ini. Terletak di Pulau Nusa Penida, Pantai Kelingking memiliki daya tarik karena bentuknya mirip dengan jari kelingking. Hal ikonik dari pantai ini ialah tebing-tebing tinggi yang mengapit Pantai Kelingking. Bahkan, orang rela mengantre untuk foto selfie di spot ini, loh!

Untuk sampai ke pantai ini, kamu perlu menuruni tebing dengan kemiringan yang cukup ekstreme, yakni 70 - 80 derajat. Alternatif lainnya, kamu bisa menaiki kapal untuk sampai di pantai ini. Tenang saja karena perjalanan kamu tidak akan sia-sia, di Pantai Kelingking para wisatawan bisa menjajal diving bersama Pari Manta. Sangat seru, kan?

Alamat: Bunga Mekar, Kecamatan Nusa Penida, Kabupaten Klungkung, Bali
Tiket Masuk: Gratis

Pantai Echo

Pantai Echo, photo by KSM Tour

Ketika kamu berada di Canggu, wajib sekali mendatangi Pantai Echo atau Pantai Mejan. Lokasi ini digadang-gadang punya penampilan sunset cantik. Ombak di Pantai Echo cukup besar, sehingga memungkinkan banget untuk kamu mencoba surfing. Keunikan dari pantai ini terlihat dari pasirnya berwarna kecoklatan, berbeda dengan pantai di Bali pada umumnya. Selain itu, di Pantai Echo kamu bisa menikmati suasana lebih santai sambil berjemur atau hangout di Beach Club sekitar.

Alamat: Jalan Batu Mejan Canggu, Kecamatan Kuta Utara, Kabupaten Badung, Bali
Tiket Masuk: Gratis

Pantai Sanur

Pantai Sanur, photo by MyTrip

Bersantai sambil menikmati suara ombak tenang bisa kamu lakukan di Pantai Sanur. Memiliki lokasi yang mudah dijangkau, Pantai Sanur cukup ramai akan pengunjung. Kamu bisa datang ke pantai ini mulai dari pagi hari untuk menikmati sunrise atau sore hari untuk melihat sunset. Aktivitas yang bisa dilakukan di Pantai Sanur pun relatif banyak. Tak hanya berenang, kamu bisa snorkling, mendayung kano, berjemur, bersepeda, atau hanya sekadar menyusuri garis pantai sejauh 8 km.

Pantai Sanur juga dekat dengan beberapa penginapan, seperti kost ekslusif yang menyediakan fasilitas lengkap yakni Cove Griya Elite. Jaraknya hanya 2 km dengan fasilitas kasur, AC, lemari, nakas, TV, balkon, dapur, kamar mandi, dan rooftop area. Dengan desain ukiran khas Bali, kamu dijamin betah, deh!

Alamat: Jalan Kusuma Sari No. 1, Sanur, Denpasar Selatan, Kota Denpasar, Bali
Tiket Masuk: Gratis

Pantai Amed

Pantai Amed, photo by Pantainesia

Mencari surga bawah laut di Bali? Kamu bisa kunjungi Pantai Amed di Karangasem. Pantai Amed memiliki pemandangan bawah laut yang indah, surga bagi pecinta snorkling dan diving. Kalau ingin snorkling di Pantai Amed, kamu perlu merogoh kocek mulai dari Rp50.000 untuk menyewa perlengkapannya. Ketika sedang snorkling atau diving, kamu bisa melihat sejarah mengenai berbagai kapal perang di bawah laut.

Dari penampilannya, Pantai Amed berbeda dari pantai lain. Pasirnya bukan berwarna putih atau cokelat, melainkan hitam. Pantai Amed memiliki pasir berwarna hitam karena banyak menghasilkan garam. Kamu bahkan bisa belajar menjadi petani garam di kawasan Pantai Amed ini. Sebuah pengalaman menarik, ‘kan?

Alamat: Desa Amed Karangasem, Kecamatan Abang, Kabupaten Karangasem, Bali
Tiket Masuk: Gratis

Pantai Lovina

Pantai Lovina, photo by InfoPublik

Mirip seperti Pantai Amed, Pantai Lovina termasuk ke dalam lokasi pantai berpasir hitam di Bali. Letaknya di bagian Utara Pulau Bali, tepatnya di Desa Kalibukbuk, Kabupaten Buleleng, Bali. Pantai Lovina masuk ke dalam list favorit wisatawan. Kamu bisa bertemu lumba-lumba di pantai ini. Di pagi hari, sekitar pukul 06.00 - 08.00 lumba-lumba liar di Pantai Lovina biasanya muncul untuk menunjukkan kebolehannya. Atraksi alami ini tentu menarik minat pengunjung. Apalagi lumba-lumba terkenal sebagai hewan yang pintar dan menggemaskan.

Bagi kamu yang ingin datang melihat lumba-lumba, kamu perlu merogoh kocek sebesar Rp50.000. Sementara itu, untuk melihat lumba-lumba hingga ke tengah laut kamu perlu menyewa perahu sekitar Rp200.000 per perahu. Tidak ingin melihat lumba-lumba? Tenang saja karena area Pantai Lovina pun memiliki spot snorkling yang menarik bagu wisatawan.

Alamat: Desa Kalibukbuk, Kecamatan Buleleng, Kabupaten Buleleng, Bali
Tiket Masuk: Gratis

Pantai Berawa

Pantai Berawa, photo by Bali Getaway

Ombak besar Pantai Berawa menjadi pesona utama dari destinasi alam berikut. Digemari para peselancar domestik dan mancanegara, Pantai Berawa punya ombak yang cocok untuk olahraga air. Tak terbatas pada surfing, kamu bisa mencoba wahana kite boarding. Bahkan, menjadi penonton dari para peselancar yang sedang beratraksi di Pantai Berawa tetap seru, kok!

Bagi yang ingin bersantai, kamu bisa pilih berjemur di pinggir Pantai Berawa atau hangout di beach club dekat pantai, seperti Finns Beach Club Bali. Butuh tempat tinggal dekat Pantai Berawa? Ada dong tentunya. Cove memiliki unit Cove CG Coliving yang lokasinya hanya 1,4 km dari Pantai Berawa dan Finns Beach Club Bali. Coliving satu ini menawarkan fasilitas lengkap bak hotel seperti kolam renang, lobby, dapur, lounge area, balkon kamar, kulkas, dan fasilitas kamar lengkap. Tinggal di Cove CG Coliving jadi bisa hangout ke pantai setiap hari, deh!

Alamat: Jalan Berawa, Kelurahan Tibubeneng, Kecamatan Kuta Utara, Kab.Badung Bali
Tiket Masuk: Gratis

Pantai Green Bowl

Pantai Green Bowl, photo by IDN Times

Masuk ke dalam kategori pantai hidden gem di Bali karena sepi pengunjung, Pantai Green Bowl cocok untuk kamu yang tidak terlalu suka keramaian. Relatif sepi, pantai ini justru menyajikan pemandangan yang indah. Letaknya cukup tersembunyi, pengunjung perlu menuruni puluhan anak tangga untuk sampai ke lokasi. Namun, semua akan terbayarkan ketika kamu sampai di bibir Pantai Green Bowl.

Ketika air surut, kamu bisa menyaksikan nelayan memancing. Pantai Green Bowl juga punya gua yang cocok sebagai spot foto instagramable. Sementara itu, ketika ombak sedang besar, kamu bisa manfaatkan untuk berselancar di pantai ini.

Alamat: Jalan Bali Cliff, Ungasan, Kecamatan Kuta Selatan, Kabupaten Badung, Bali
Tiket Masuk: Gratis

Pantai Nyang Nyang

Pantai Nyang Nyang, photo by Water Sport Bali

Berpasir putih, berair jernih, serta dikelilingi tebing megah merupakan potret pantai yang wajib dikunjungi karena keindahannya. Pantai di Bali punya yang seperti itu, yakni Pantai Nyang Nyang. Keindahan pantai ini seakan membuat para pengunjung ingin langsung menyelam ke dalamnya. Kamu bisa berenang di tepi pantai hingga melalukan olahraga selancar di Pantai Nyang Nyang.

Lokasi dari pantai yang sedikit tersembunyi menjadikan pantai ini relatif sepi pengunjung. Aksesnya pun cukup ekstreme sehingga kamu perlu berhati-hati. Namun, saat berkunjung ke pantai ini, rasanya seperti mendatangi pantai milik pribadi. Cocok untukmu yang ingin liburan dengan lebih private.

Alamat: Jalan Uluwatu, Br. Dinas Karang Boma, Pecatu, Kuta Badung, Bali
Tiket Masuk: Gratis

Pantai Diamond

Pantai Diamond, photo by Pegi-Pegi

Berada di area Nusa Penida? Selain bisa mengunjungi Pantai Kelingking, jangan lupa untuk mampir ke Pantai Diamond. Tak kalah indah, pantai ini dikelilingi tebing-tebing tinggi berbentuk mirip dengan diamond.

Dahulu, pengunjung hanya bisa menikmati keindahan Pantai Diamond dari jauh. Namun sekarang kamu bisa mengunjungi Pantai Diamond sampai bibir pantai melalui akses tangga di pinggir tebing. Tangga ini sekaligus menjadi spot foto instagramable karena langsung menyajikan hamparan pantai dan tebing.

Alamat: Desa Pejukutan, Kecamatan Nusa Penida, Kabupaten Klungkung, Bali
Tiket Masuk: Gratis

Pantai Karma

Pantai Karma, photo by Tempat Wisata

Pesona dari Pantai Karma tak perlu diragukan. Salah satu pantai di Bali dengan konsep private beach ini menjadi salah satu destinasi wajib ketika berkunjung ke Bali. Hanya pengunjung yang melakukan reservasi yang bisa masuk ke Pantai Karma sehingga lebih eksklusif. Kamu bisa menikmati pantai dengan berenang, snorkeling, ataupun bermain kano.

Keunikan dari pantai ini, kamu perlu menaiki lift untuk melewati tebing curam agar bisa sampai ke Pantai Karma. Namun, kalau kamu ingin sesuatu yang lebih menantang, bisa saja untuk mencapai Pantai Karma dengan menuruni 340 buah anak tangga. Selain itu, Pantai Karma pun dilengkapi berbagai fasilitas menarik dan cukup lengkap, seperti restoran, beach club, villa, spot foto instagramable, hingga resort. Untuk bisa datang ke Pantai Karma kamu perlu membayar tiket masuk Rp250.000 per orang.

Alamat: Ungasan, Kec. Kuta Selatan, Kabupaten Badung, Bali.
Tiket Masuk: Rp250.000 per orang

Yap, itu dia 10 pantai di Bali yang wajib dikunjungi. Pesona indah pantai Bali tentu bikin siapa saja terpukau. Berencana tinggal lebih lama di pulau Dewata? Yuk, cari kost di Bali yang cozy untuk pengalaman menetap di bali yang tak terlupakan!