Liburan di Bali: Rekomendasi Tempat & Biaya yang Dibutuhkan

Liburan di Bali: Rekomendasi Tempat & Biaya yang Dibutuhkan
Liburan di Bali

Liburan di Bali tentu menjadi salah satu impian banyak orang. Pulau Dewata itu menyimpan banyak sekali pesona yang membuat betah wisatawan. Ada banyak sekali tempat liburan di Bali yang bisa didatangi. Ciri khas Bali yang berbeda dari tempat lainnya menjadi daya tarik tersendiri untuk liburan di sini. Kamu juga tidak perlu bingung mau liburan berapa lama karena ada banyak rekomendasi penginapan di Bali yang murah dan nyaman.

5 Alasan Liburan di Bali Selalu Istimewa

Pemandangan Alam Bali Super Indah

Pemandangan Alam Bali, photo by alacasa.id

Kalau ada seseorang bilang Bali, pasti yang langsung terbayang adalah pemandangan pantainya yang indah atau area persawahan yang segar. Pemandangan alam di Bali memang selalu bikin kangen. Mulai dari pantainya, persawahan, danau, air terjun, bahkan gunung. Kalau kamu ingin menikmati sinar matahari, tinggal liburan di sekitar pantai. Kalau mau merasakan udara sejuk, tinggal liburan di dataran tingginya. Inilah alasan pemandangan alam di Bali sepur indah dan tidak pernah bikin bosan.

Wisata Spiritual yang Sangat Kental

Wisata Spiritual, photo by travel.kompas.com

Pulau Bali memiliki julukan sebagai pulau Dewata. Alasannya adalah karena kebanyakan masyarakat Bali menganut agama Hindu. Tidak hanya itu, dalam keseharian masyarakat Bali, mereka sangat menerapkan penghormatan kepada dewa-dewi yang mereka percaya. Tidak heran kalau hal ini membuat suasana di Bali sarat dengan spiritual yang kental. Kamu akan menemukan banyak pura, canang, atau lainnya. Festival dan upacara keagamaan adalah hal sehari-hari yang ada di Bali.

Kebudayaan yang Lestari sampai Sekarang

Kebudayaan Bali, photo by goodnewsfromindonesia.id

Kebudayaan Bali adalah salah satu daya tarik yang membuat wisatawan lokal dan mancanegara datang ke pulau Dewata ini. Wisatawan pasti akan dibuat takjub dengan berbagai pertunjukan budaya di sana. Ada banyak tempat yang rutin mengadakan pertunjukan tari atau kebudayaan lain. Terkadang, wisatawan juga bisa melihat masyarakat melakukan upacara keagamaan atau ritual tertentu bila beruntung. Selain itu, bangunan di Bali juga sangat khas. Tidak akan ditemukan di daerah lainnya. Bangunan ini menjadi penanda identitas yang hanya ada di Bali.

Ada Banyak Sekali Makanan Enak di Bali

Makanan Khas Bali, photo by detik.com

Tidak afdol ke Bali kalau tidak berburu kuliner khas pulau ini. Ada banyak sekali makanan yang bisa kamu coba di pulau Bali. Menjadi ciri khas jika berlibur ke sini. Kamu bisa coba sate lilit, nasi campur, kacang disco, nasi tempong, bahkan gelato yang rasanya sangat enak pun ada. Makanan enak Bali akan menjadi alasan kamu untuk selalu merindukan tempat wisata yang satu ini. Baru membayangkan makanannya saja bikin mau berlibur ke sana.

Kerajinan Tangan Khas Bali untuk Oleh-Oleh

Kerajinan Tangan Bali, photo by travel.detik.com

Masyarakat Bali membuat berbagai jenis kerajinan tangan. Kerajinan tangan ini bisa menjadi oleh-oleh untuk para wisatawan yang datang ke sana. Dengan membeli kerajinan tangan khas Bali, secara tidak langsung kita telah membantu menggerakkan roda perekonomian di Bali. Kerajinan tangannya sangat bervariasi. Mulai dari patung, ukiran, lukisan, kain khas Bali, sandal, tas rotan, gelang, dan masih banyak lagi. Terkadang wisatawan akan merasa kebingungan karena semua kerajinan tangan bagus dan unik. Rasanya ingin memborong semuanya untuk oleh-oleh.

5 Tempat Liburan di Bali yang Wajib Dikunjungi

Pantai Kelingking Nusa Penida

Pantai Kelingking, photo by bluecornerdive.com

Ada banyak sekali pantai indah di Bali. Salah satu pantai yang tidak boleh kamu lewatkan ketika datang ke sini adalah Pantai Kelingking Nusa Penida. Keindahan alamnya sudah sangat terkenal di kalangan wisatawan lokal maupun mancanegara. Lokasinya terkenal dengan tebing yang membentuk T-Rex dan pantai indah bagaikan surga yang tersembunyi.

Pura Ulun Danu

Pura Ulun Danu, photo by travel.detik.com

Pura Ulun Danu juga sudah sangat terkenal di kalangan wisatawan. Sebuah Pura ikonik yang seakan berdiri di atas danau yang indah. Lokasinya yang strategis karena berada di tengah, membuat wisatawan tidak melewatkan tempat wisata yang satu ini. Atmosfer di sekitar pura sangat membuat hati tenang.

Terasering Tegalalang

Terasering Tegalalang, photo by kabarwisatabali.com

Kalau kamu ingin menikmati indahnya persawahan, kamu bisa datang ke wilayah Ubud, terutama Terasering Tegalalang. Di sini, kamu akan disuguhkan pemandangan sawah yang megah dan memukau. Hamparan sawah di antara perbukitan akan menyegarkan mata dan pikiran. Udaranya yang segar akan membuat kamu merasa nyaman. Kalau datang ke sini, dijamin kamu akan cepat merasa betah.

The Bali Swing

The Bali Swing, photo by tiket.com

The Bali Swing adalah salah satu tempat wisata yang saat ini sangat populer, terutama di kalangan anak muda. Di sini, kamu bisa mencoba ayunan yang ada di ketinggian sambil menghadap lembah pohon palem yang indah. Suasananya sangat asri, jauh dari hiruk pikuk perkotaan. Pemandangannya juga menakjubkan. Kalau mau datang ke sini, pastikan cuacanya sedang cerah ya, agar kamu bisa menikmati The Bali Swing dengan maksimal.

Tirta Empul

Tirta Empul, photo by denpasar.kompas.com

Terakhir, ada kompleks pura yang menjadi salah satu warisan budaya nasional. Tirta Empul adalah mata air suci yang ada di dalam pura. Mata air ini mengalir ke area pemandian tempat masyarakat maupun wisatawan bisa memurnikan diri. Di sini juga dikelilingi oleh kolam ikan. Kalau kamu senang dengan mitos, sejarah, atau legenda, bisa datang ke Tirta Empul yang terletak di Desa Manukaya ini.

Rincian Biaya Liburan ke Bali

Sebelumnya, tentu kamu harus mengatur budget liburan ke Bali agar tidak terlalu menghabiskan banyak uang atau kalap selama di sana. Sebenarnya untuk mengatur rincian biaya liburan ke Bali itu sangat bervariasi. Tergantung pemilihan akomodasi serta berapa lama kamu akan berlibur. Tapi untuk gambaran, kita bisa menentukan kisaran pengeluaran dari penyedia jasa paket tour di Bali. Berikut ini adalah range biaya yang bisa menjadi gambaran kalau kamu mau liburan ke Bali.

Tiket Pesawat

Beli tiket pesawat ketika Low Season. Kamu juga bisa sering mengecek promo tiket pesawat di marketplace agar bisa mendapat harga yang lebih murah. Alokasi untuk pesawat bisa mencapai Rp1.500.000 untuk tiket pulang pergi.

Penginapan

Cove Tevana, photo by Cove

Selanjutnya, yang tidak boleh dilewatkan adalah memilih penginapan di Bali. Ada banyak rekomendasi penginapan di Bali. Tapi kamu juga harus memilih penginapan yang nyaman agar bisa membuatmu tenang ketika beristirahat. Cove menyediakan beberapa penginapan di lokasi strategis Bali. Untuk harga penginapan di Cove, hanya Rp200.000/malam, namun fasilitas yang disediakan sudah sangat nyaman dan lengkap. Klik di sini untuk tahu informasi lebih lengkap tentang Cove.

Tempat Makan

Untuk bisa berhemat, kamu harus bijak dalam memilih tempat makan. Jangan tergiur oleh makanan mewah yang harganya mahal/ Di Bali ada banyak tempat makan murah yang menyediakan makanan tak kalah enak dari restoran mahal. Budget untuk makan bisa Rp100.000/hari.

Tempat Wisata

Ada banyak tempat wisata murah namun tetap indah di Bali. Bahkan tempat wisata yang gratis pun ada. Misalnya kamu bisa bersantai di Pantai Jimbaran, Pantai Kuta, Pantai Suluban, atau Pura Taman Saraswati di Ubud. Sementara untuk tempat wisata berbayar, kamu bisa menyiapkan budget Rp100.000-Rp150.000/hari. Namun perlu diketahui, bahwa harga tiket masuk ke suatu tempat wisata bisa lebih sedikit atau lebih banyak dari ini. Tergantung tempat tujuan kamu.

Transportasi Umum

Kamu bisa menikmati liburan di Bali dengan berjalan kaki ke kawasan wisata terdekat. Atau kalau ingin lebih jauh, bisa memakai transportasi umum agar lebih hemat. Budget yang perlu disiapkan kurang lebih Rp150.000.

Jika dijabarkan, kira-kira seperti ini rincian kebutuhan dan alokasi dana.

Tiket pesawat: Rp1.500.000
Penginapan: Rp200.000/hari
Makanan: Rp100.000/hari
Transportasi: Rp150.000/hari
Oleh-oleh: Rp150.000

Budgeting ini penting sekali dibuat agar kamu bisa memperkirakan nominal uang yang harus disiapkan nantinya. Namun perlu diingat, ini hanyalah gambaran singkat. Budgeting setiap orang akan berbeda-beda. Alokasi dana yang diperlukan setiap orang bisa lebih sedikit atau lebih banyak dari perkiraan ini.

Nah, itulah sekilas gambaran tentang liburan di Bali. Pulau Dewata memang selalu mempesona bagi para wisatawan. Orang yang datang ke sana pasti rindu untuk kembali lagi. Mulai dari tempat-tempat wisatanya yang banyak, kulinernya yang nikmat, hingga kebudayaannya yang mengagumkan. Pokoknya kamu harus menyiapkan budget untuk liburan di Bali.

Kalau liburan di Bali, kamu tidak perlu khawatir mencari penginapan. Cove menyediakan banyak rekomendasi penginapan di Bali yang super nyaman. Fasilitasnya sudah lengkap dan lokasinya strategis. Harganya pun bersahabat, mulai dari Rp200.000/malam, kamu bisa beristirahat dengan nyaman setelah seharian jalan-jalan. Klik di bawah ini untuk informasi lebih lengkapnya.