Staycation: Inilah Arti & Manfaatnya!

"Staycation adalah liburan singkat di lokasi dekat rumah yang menawarkan pengalaman baru dan hemat biaya."

Staycation: Inilah Arti & Manfaatnya!
Arti Staycation

Setelah seminggu penuh beraktivitas hingga sibuk, tentu kita membutuhkan waktu untuk refreshing secara sejenak, sehingga bisa kembali menjalani hari Senin dengan semangat. Nah, akhir-akhir ini, muncul istilah staycation, kegiatan yang kerap digemari oleh banyak orang untuk dilakukan di akhir pekan.

Lalu sebenarnya, apa sih arti staycation itu sendiri? Biar nggak gagal paham, yuk simak informasi seputar apa itu staycation, rekomendasi tempat untuk staycation, hingga aktivitas apa saja yang bisa kamu lakukan saat staycation bersama teman-teman atau sendiri!

Arti Staycation

Liburan Singkat dengan Staycation, photo by Kompas 

Staycation merupakan kegiatan di mana seseorang berlibur ke lokasi yang relatif dekat dengan tempat tinggal mereka. Dengan staycation, setiap orang masih dapat pergi ke suatu tempat baru yang pada umumnya dilakukan secara singkat mulai dari semalam hingga tiga malam di akhir pekan. Dengan kata lain, staycation memiliki konsep di mana seseorang bisa berlibur dalam waktu singkat tanpa mengeluarkan biaya lebih dari tiket pesawat, paspor, hingga visa ke lokasi tujuan liburan.

Staycation sendiri didapatkan dari kata-kaya stay yang berarti tinggal, serta cation dari kata vacation yang berarti liburan. Itu artinya, dalam praktiknya, biasanya, orang-orang pergi staycation hanya untuk mencari suasana baru tanpa bepergian ke manapun. Nggak heran deh, kegiatan ini banyak banget digemari oleh kalangan muda karena tidak membutuhkan biaya yang besar serta waktu yang lama, namun pikiran dapat kembali jernih setelah lelah beraktivitas selama seminggu penuh.

Melakukan staycation sendiri bisa dilakukan bersama siapa saja. Sama dengan liburan pada umumnya, kamu bisa mengajak sahabat, keluarga, atau kolega untuk melakukan staycation bersama di tempat tujuan.

Trend Staycation di Indonesia

Istilah staycation pertama kali digunakan di dunia pada tahun 1980-an, tetapi menjadi populer pada tahun 2000-an sebagai akibat dari krisis ekonomi global yang terjadi saat itu. Staycation menjadi pilihan yang lebih terjangkau bagi banyak orang yang tidak dapat melakukan perjalanan jauh untuk berlibur.

Staycation mulai menjadi trend di Indonesia pada tahun 2010-an. Hal ini dikarenakan oleh beberapa faktor, di antaranya adalah:

  • Perkembangan teknologi yang membuat orang lebih mudah untuk mencari informasi dan memesan tempat akomodasi.
  • Kesadaran akan pentingnya kesehatan dan kesejahteraan mulai meningkat.
  • Beberapa influencer yang mulai menjadikan staycation sebagai sarana refreshing sejenak.

Sejak saat itu, staycation menjadi pilihan yang lebih praktis bagi orang-orang yang tidak memiliki banyak waktu & biaya untuk berlibur.

Manfaat Staycation

Manfaat Staycation, photo by Pexels

Mencari waktu libur yang relatif panjang memanglah tidak mudah. Oleh karena itu, alih-alih pergi ke luar kota atau luar negeri dengan jarak yang jauh, kamu bisa melakukan staycation jika ingin mencari suasana baru. Aktivitas ini juga dinilai memiliki banyak manfaat bagi kita, lho. Apa saja itu?

Refreshing dan Bersantai

Bekerja dan berkegiatan selama seminggu penuh memaksa kita untuk terus-menerus menjaga pikiran tetap fokus demi goal yang tercapai. Hal ini memang baik, namun jika dilakukan secara berlebihan, tidak hanya fisik yang akan lelah, namun juga mental kamu. Nah, untuk menyegarkan kembali pikiran serta “recharge” energi kamu, melakukan staycation di akhir pekan bisa menjadi solusi untuk menyegarkan kembali pikiran dan tubuh secara bersamaan.

Menjaga Produktivitas

Tubuh yang dibiarkan bekerja secara terus-menerus tentu akan menemukan titik lelahnya. Nggak cuma berdampak bagi kesehatan fisik kamu, hal ini juga bisa menurunkan produktivitas kamu dalam bekerja. Melakukan staycation dengan suasana baru bisa menjadi jawaban kamu untuk menjaga produktivitas tetap tinggi di saat kembali bekerja.

Menjelajahi Tempat Baru

Tidak harus berpergian ke tempat jauh, kamu  bisa melakukan staycation di dalam kota tempat tinggalmu atau kota lain dengan jarak yang relatif dekat untuk menjelajahi tempat baru. Walaupun memiliki jarak yang cukup dekat, melakukan staycation juga tetap bisa membawamu ke tempat baru yang sebelumnya belum pernah kamu kunjungi, kok.

Hemat Biaya

Membuat pikiran menjadi jernih dan semangat kembali tidak perlu mengeluarkan biaya yang mahal. Dengan melakukan staycation di dekat tempat kamu tinggal, kamu tidak hanya akan mendapatkan suasana baru, namun juga ketenangan, dengan biaya yang minim.

Tidak Perlu Pusing Menyusun Rencana

Tinggal selama beberapa hari tanpa tuntutan mengunjungi berbagai destinasi wisata adalah esensi utama dari melakukan staycation. Dengan kegiatan seperti ini, kamu tidak perlu pusing menyusun rencana perjalanan yang biasanya dilakukan ke luar kota atau luar negeri yang memiliki jarak cukup jauh dari tempat tinggal.

Rekomendasi Aktivitas saat Staycation

Rekomendasi Kegiatan Staycation, photo by The Week

Memahami arti dari staycation sudah, rekomendasi tempat untuk staycation juga sudah. Lantas, aktivitas apa sih yang bisa kita lakukan ketika sedang staycation? Sejatinya, kamu bisa melakukan hal apapun yang dapat menjernihkan pikiranmu agar dapat kembali semangat saat beraktivitas normal seperti biasa. Berikut beberapa rekomendasi aktivitas saat staycation dari Cove:

Membaca Buku

Staycation juga bisa menjadi momen tepat bagi kamu untuk menyelesaikan bacaanmu yang belum diselesaikan. Kamu bisa membawa buku fiksi atau non-fiksi untuk menghiburmu selama staycation.

Gym & Kolam Renang di Cove The Day

Berolahraga

Walaupun judulnya staycation, bukan berarti kamu harus bermalas-malasan sepanjang hari, ya! Di pagi atau sore hari, kamu bisa melakukan gerakan olahraga sederhana seperti pilates atau yoga untuk menjaga tubuhmu tetap segar.

Beberapa tempat staycation juga memiliki fasilitas gym dan kolam renang seperti Cove The Day. Jadi, kamu bisa coba alat gym & berenang jika kamu mulai bosan beraktivitas di dalam kamar.

Menonton Film atau Series

Untuk kamu yang hobi menghabiskan waktu untuk nonton film atau series, melakukannya saat staycation juga bisa menjadi pilihan bagi kamu. Sudah banyak tempat staycation yang menyediakan Smart tv dengan layar yang besar untuk meningkatkan pengalaman cinematic saat kamu menonton. Jangan lupa siapkan cemilan supaya pengalaman menonton kamu semakin seru!

Baca Juga: Apa Itu Me Time? Ini Pengertian, Manfaat, Hingga Rekomendasi Kegiatan!

Mencoba Resep Baru

Jika tempat staycation kamu punya fasilitas dapur, tidak ada salahnya untuk membuat masakan bersama teman-teman atau keluarga di area dapur tempat staycation kamu. Selain bisa meningkatkan skill memasak, ternyata mengonsumsi makanan yang kita buat sendiri juga akan terasa lebih enak, lho.

Tidur

Tidak ada salahnya untuk tidur saat sedang staycation. Tidur nyenyak dapat membantu menghilangkan stres dan meningkatkan mood. Ketika kamu bangun, kamu akan merasa lebih segar dan berenergi sehingga kamu bisa mulai menjalankan rutinitas dengan bersemangat.

Itu dia arti staycation, hingga manfaat, rekomendasi tempat, serta aktivitas yang bisa kamu lakukan selama menjalaninya. Ingat, jika kamu sudah mulai lelah menjalani aktivitas yang itu-itu saja, artinya kamu membutuhkan suasana baru sejenak untuk menyegarkan kembali tubuh dan pikiran.

Staycation Nyaman di Karawaci

Cove Hillcrest

Cove punya rekomendasi tempat staycation yang bisa kamu kunjungi bersama teman atau keluarga di Karawaci, yaitu Cove Hillcrest. Terletak di kawasan Karawaci dengan jarak yang cukup dekat dengan Universitas Pelita Harapan serta Supermal Karawaci, Cove Hillcrest merupakan hunian berupa kamar loft dengan desain modern industrialis.

Dengan menginap di Cove Hillcrest, kamu bisa menikmati pemandangan indah lewat jendela besar yang ada di setiap kamar, serta mengakses fasilitas umum mulai dari dapur, ruang makan, longue, hingga lobby dan tempat parkir gratis. Semua ini, bisa kamu dapatkan hanya dengan menghabiskan Rp400.000/malam saja. Cocok banget bagi kamu yang ingin staycation di tengah kota dengan berbagai fasilitas dan akses yang mudah.

Jika kamu tertarik untuk staycation di Cove Hillcrest, langsung saja hubungi tim Cove melalui WhatsApp dan tentukan tanggal menginapmu, ya!