15 Restoran di Bali yang Dikenal Nikmat dan Populer

15 Restoran di Bali yang Dikenal Nikmat dan Populer
Restoran di Bali, photo by neverneverlandinbali.com

Apakah kamu tengah merencanakan liburan ke Bali? Pulau yang satu ini memang seolah sudah menjadi primadona bagi semua orang, baik itu turis asing maupun pelancong lokal, untuk memulihkan energi sekaligus refreshing. Selain dipenuhi oleh beragam tempat wisata menarik yang memiliki panorama eksotis, Bali juga begitu kaya akan pilihan kuliner istimewa yang tersebar di setiap sudut jalan, mulai dari restoran, cafe, hingga warung makan berestetika unik semuanya bisa dengan mudah kamu temukan di sini. Nah, berbicara tentang tempat makan, ada banyak sekali rekomendasi restoran di Bali yang hits dan dikenal punya hidangan ternikmat. Apa sajakah itu? Simak ulasannya berikut ini, yuk!

15 Restoran di Bali

1. Brasserie Republique

Brasserie Republique, photo by brasserierepublique.com


Rekomendasi restoran di Bali yang pertama adalah Brasserie Republique. Kamu yang menyukai suasana paris wajib datang ke sini. Dari sisi luar saja, kamu akan disambut dengan sebuah bangunan serba putih yang memiliki aksentuasi kekayuan dan sarat akan sentuhan vintage. Brasserie Republique hadir dengan mengadaptasi konsep brasserie & bar klasik Paris di awal abad ke-20.

Untuk mendukung ambience yang penuh atmosfer romantis layaknya City of Love, restoran di Sanur ini tentu saja menyajikan hidangan brasserie klasik, internasional klasik, dan pilihan koktail yang khas. Tidak terlalu menyukai sajian Eropa? Jangan khawatir, kamu tetap bisa mencicipi masakan Indonesia yang menjadi andalan di sini, yaitu Kare Ayam dan Rendang lengkap dengan lalapan yang siap memanjakan lidahmu.

Sementara itu, makanan pencuci mulut berupa Chocolate Lava Cake dengan paduan selai kacang dan ice cream yang lembut menjadi menu penutup yang sering dipesan oleh pelanggan di restoran ini.

Alamat: Jl. Danau Tamblingan No. 144 Sanur, Denpasar Selatan, Bali
Jam operasional: Setiap hari (07.00 - 23.00)  
Kisaran harga: Rp100.000 - Rp200.000 per orang

2. Pitaloka

Pitaloka, photo by Dessy B

Masih terletak di kawasan Sanur, kali ini ada tempat makan bergaya kolonial klasik yang sangat luas dan cocok untuk dipakai acara gathering dalam ukuran besar, namanya Pitaloka. Restoran di Bali yang satu ini memang dikenal dengan arsitekturnya yang menakjubkan dan penuh estetika seni layaknya istana kerajaan zaman dahulu. Kamu yang gemar mengabadikan momen dijamin tidak akan kehabisan spot untuk berfoto!

Uniknya lagi, inspirasi menu Pitaloka bersumber dari buku resep makanan warisan Presiden RI pertama, yaitu Ir. Soekarno, yang berjudul “Mustika Rasa”. Alhasil, variasi hidangan yang ditawarkan pun didominasi oleh masakan Nusantara populer, contohnya seperti Rawon Sapi, Tongseng Kambing, Ayam Betutu, sampai Mangut Mujair. Tak hanya itu saja, kamu juga bisa memesan kreasi slice cake dan gelato ala Pitaloka dengan banyak varian rasa.

Alamat: Jl. Batur Sari, No 90, Sanur Kauh, Denpasar, Bali
Jam operasional: Setiap hari (10.00 - 22.00)  
Kisaran harga: Rp100.000 - Rp200.000 per orang

3. Alchemy

Alchemy, photo by Alchemy Uluwatu

Alchemy menawarkan pengalaman bersantap yang berbeda dari restoran di Bali pada umumnya. Kalau kamu seorang vegan yang tidak mengonsumi produk hewani sama sekali, maka Alchemy adalah pilihan tepat untuk memperoleh hidangan sehat yang sepenuhnya berbahan dasar tanaman dan bebas gluten. Restoran ini juga mengadaptasi gaya semi-outdoor yang dikelilingi pepohonan hijau nan asri sebagai poin plus.

Sebagian besar menu dari Alchemy masuk dalam kategori mentah, artinya tidak dimasak atau dipanaskan di atas suhu 43 derajat celcius atau 110 fahrenheit. Meski demikian, kamu tetap masih bisa memilih makanan yang dimasak dengan hati-hati. Variasi main course yang ditawarkan meliputi Protein Bowl, Green Curry, sampai Pasta Primavera.

Tidak hanya dijadikan tempat bersantap, seluruh pelanggan yang datang ke sini juga bisa berbelanja produk-produk signature organik persembahan dari Alchemy, mulai dari natural shampoo, essential oil, herbal powder, biji-bijian, hingga bubuk teh.

Alamat: Jl. Pantai Bingin No.8, Pecatu, Kec. Kuta Sel., Kabupaten Badung, Bali 80361
Jam operasional: Setiap hari (07.00 - 21.00)
Kisaran harga: Rp50.000 - Rp100.000 per orang

4. Smoke

Smoke, photo by Smoke Bali

Mencari restoran di Bali khusus barbeque yang bisa dinikmati bersama keluarga besar maupun sahabat dekat? Saatnya untuk menjatuhkan pilihan di Smoke Bali Restaurant. Tempatnya yang didesain semi terbuka membuat seluruh pengunjung bisa dengan bebas barbeque-an sambil membaur satu sama lain. Sangat cocok kamu yang berencana membuat private-party berskala intim di sore hari.

Smoke memang sudah dikenal sebagai tempat bersantap yang menawarkan berbagai menu daging panggang berkualitas. Restoran ini bahkan menjamin kualitas makanan yang segar dengan hanya memasok kebutuhan daging dari supplier lokal. Nah, kalau mau berkunjung ke sini, jangan lupa untuk memesan Crispy Chicken Burger mereka dengan tekstur dagingnya yang juicy dan well-cooked, ya!

Alamat:  Jl. Pantai Batu Mejan No.69, Canggu, Kec. Kuta Utara, Kabupaten Badung, Bali 80361
Jam operasional: Setiap hari (11.00 - 23.00)
Kisaran harga: Rp100.000 - Rp200.000 per orang

5. Margot Riverside

Margot Riverside, photo by prometheus

Tempat makan berikut ini benar-benar direkomendasikan untuk kamu yang sedang membutuhkan ketenangan ekstra di tengah hiruk-pikuk kota Denpasar. Margot Riverside adalah sebuah restoran di Denpasar yang dikelilingi lahan terbuka hijau dan bersebelahan langsung dengan aliran sungai.

Areanya yang sangat luas didukung pepohonan rindang yang melimpah membuat restoran ini mampu menghadirkan atmosfer sejuk sekaligus syahdu. Karena letaknya yang cukup tersembunyi, biasanya tidak banyak orang yang datang ke restoran ini dalam satu waktu. Jadi, cocok untuk kamu yang lebih mendambakan suasana tentram tanpa interupsi dari pelanggan lain.

Nah, tidak hanya menjamin makanan khas Bali yang lezat, seluruh menu yang ada di restoran ini juga ramah kantong. Menikmati Sup Ayam Bunga Kecombrang dengan cita rasanya yang gurih sambil ditemani kicauan burung pasti akan terasa menenangkan.

Alamat: Jl. Padang Galak No.3, Kesiman, Kec. Denpasar Timur, Kota Denpasar, Bali
Jam operasional: Setiap hari (10.00 - 22.00)  
Kisaran harga: Rp50.000 - Rp100.000 per orang

6. Cork

Cork, photo by Cork Bali

Terletak di jantung Sanur dengan ambience pantai, Cork Bistro & Wine Bar menjadi salah satu rekomendasi restoran di Bali selanjutnya yang tidak boleh kamu lewatkan. Pasalnya, resto ini menyuguhkan beragam pilihan anggur impor untuk melengkapi santapan yang istimewa. Mulai dari menu breakfast, brunch, lunch, dan dinner, semuanya disajikan dengan cita rasa dan presentasi terbaik.

Variasi menu yang dihidangkan mengadaptasi sentuhan Prancis, Belgia, Spanyol, dan Indonesia, sebut saja Yellow Fun Tuna Steak, Bebek Goreng, sampai Cork Burger dengan kentang Belgia.

Alamat: Jl. Danau Tamblingan No. 140, Sanur, Denpasar Selatan, Kota Denpasar, Bali
Jam operasional: Setiap hari (06.30 - 22.00)  
Kisaran harga: Rp100.000 - Rp200.000 per orang

7. Yema Kitchen

Yema Kitchen, photo by Yema Kitchen

Saat menginjakkan kaki di sini, suasana ala tropical lengkap dengan meja dan kursi bermaterial rotan menjadi elemen yang akan mencuri perhatianmu untuk pertama kali. Sudah menjadi rahasia umum bila area outdoor dari Yema Kitchen merupakan lokasi favorit bagi mayoritas customer untuk bersua. Hal ini lantaran setiap pengunjung bisa menikmati makanan sembari ditemani view kolam renang yang super cozy.

Supaya tidak terasa panas, disarankan untuk berkunjung ke Yema Kitchen saat pagi atau sore hari. Kamu bisa mencoba sajian ala Mediterania dan Timur Tengah yang menjadi signature dari restoran ini, sebut saja Turkish Cheese Pide, Arabian Mandi Rice, dan Ginger Gnocchi.

Yema Kitchen juga secara rutin menghadirkan movie night setiap rabu malam. Pastikan untuk melakukan reservasi terlebih dahulu melalui laman Instagram Yema Kitchen sebelum ikut nobar, ya!

Alamat: Jl. Tanah Barak No.31, Canggu, Kec. Kuta Utara, Kabupaten Badung, Bali
Jam operasional: Setiap hari (09.00 - 23.00)
Kisaran harga: Rp100.000 - Rp200.000 per orang

8. Moonlite Kitchen & Bar

Moonlite Kitchen & Bar, photo by Moonlite Kitchen & Bar

Moonlite Kitchen & Bar termasuk ke dalam restoran di Seminyak, Bali yang menawarkan konsep rooftop dining berpemandangan indahnya laut lepas. Terbagi menjadi area indoor dan outdoor, kamu bisa memilih tempat sesuai dengan suguhan latar belakang yang kamu inginkan. Jika ingin melihat matahari terbenam, maka waktu yang paling tepat untuk berkunjung ke restoran ini adalah saat sore hari.

Ambience-nya yang begitu elok dan menakjubkan akan sangat cocok untuk kamu yang berencana makan malam romantis bersama pasangan. Moonlite Kitchen & Bar berada di Anantara Seminyak Bali Resort lantai 5. Beef Rendang ala Karangasem yang disajikan dengan tumisan daun singkong dan nasi yang harum wajib kamu pesan di sini.

Alamat: Jl. Abimanyu (Dhyana Pura), Seminyak, Kec. Kuta, Kabupaten Badung, Bali
Jam operasional: Setiap hari (06:30 - 10:00) & (16:30 - 23:00)
Kisaran harga: Rp100.000 - Rp200.000 per orang

9. Sensorium

Sensorium, photo by sensoriumbali.co.id

Sensorium menjadi restoran di Bali yang paling populer di kawasan Canggu. Pasalnya, tempat makan ini memiliki daya pikat yang tak terelakkan lewat desain interior bernuansa Jepang yang elegan dan minimalis. Jendela kaca berukuran besar di kedua sisinya pun memungkinkan cahaya alami dapat langsung masuk ke seluruh ruangan.

Sensorium terbagi menjadi area indoor dan outdoor. Kamu bisa menikmati pemandangan sawah yang membentang di sepanjang dinding kaca sambil menyantap salah satu menu best seller mereka, yaitu Kimchi Ramen Dry. Tekstur ramennya yang kenyal dengan rasa pedas manis dijamin membuatmu ketagihan!

Alamat: Jl. Pantai Batu Mejan - Canggu, North Kuta, Badung Regency, Bali, 80361
Jam operasional: Setiap hari (09.00 - 16.00)
Kisaran harga: Rp50.000 - Rp100.000 per orang

10. Santanera

Santanera, photo by asiadreams.com

Masih di daerah Canggu, ada restoran unik hasil kolaborasi dua koki asal Kolombia dan Jerman yang berhasil membawakan konsep farm-to-plate ke dalam setiap kreasi masakannya, yaitu Santanera. Farm-to-plate merupakan istilah yang menggambarkan bahan-bahan organik makanan diambil langsung dari kebun ke piring pelanggan.

Restoran di Bali bergaya kontemporer smart-casual ini menghadirkan berbagai variasi makanan asal Eropa dan Amerika Latin. Untuk rekomendasi main course, kamu bisa memesan Yellowfin Tuna yang dipadukan dengan kacang, asam jawa, dan krim almond. Tersedia juga aneka anggur dan cocktail pilihan untuk mendukung suasana matahari terbenam di puncak gedung La Terraza.

Alamat: Jl. Tanah Barak No.55-57, Canggu, Kec. Kuta Utara, Kabupaten Badung, Bali
Jam operasional: Setiap hari (12.00 - 00.00)
Kisaran harga: Rp100.000 - Rp200.000 per orang

11. Kori Restaurant & Bar

Kori Restaurant & Bar, photo by korirestaurantbali.com

Kori Restaurant & Bar merupakan restoran di Kuta yang mengadaptasi gaya interior tradisional Bali dengan nuansa intim yang pekat. Telah berdiri sejak tahun 1998 membuat Kori digadang-gadang sebagai restoran hidden gem legendaris yang ada di jantung Kuta, Bali. Buat kamu yang ingin bekerja sambil menyesap kopi, terdapat fasilitas coworking space lengkap dengan WiFi.

Pelayanannya yang ramah membuat Kori tidak pernah sepi oleh pengunjung. Tersedia deretan menu Indonesia dan Internasional dengan cita rasa autentik ala bintang lima, mulai dari Semur Daging, Sate Lilit, Spaghetti Bolognaise, sampai Australian Prime Beef Fillet. Suguhan live music dengan irama yang tenang juga semakin menambah poin plus untuk restoran ini.

Alamat: Jl. Raya Legian, Poppies Lane II, Kuta, Badung, Bali 80361
Jam operasional: Setiap hari (10.00 - 23.00)
Kisaran harga: Rp100.000 - Rp200.000 per orang

12. Wedja

Wedja, photo by Alexander Alles

Bagaimana dengan rekomendasi restoran di Bali yang benar-benar berdiri megah di tengah area persawahan? Kamu dapat mengunjungi Wedja yang letaknya ada di kawasan Ubud ini. Wedja menyajikan pemandangan alam memukau yang jauh dari hiruk-pikuk kota lewat sentuhan wooden house yang dikelilingi oleh persawahan subur dan kolam bunga teratai.

Rangkaian menu yang disuguhkan meliputi perpaduan masakan otentik Indonesia dan Barat. Sedangkan menu paling favorit pengunjung Wedja jatuh kepada Bebek Rempah-Rempah, Nasi Goreng, dan Chicken Parmigiana.

Alamat: Jl. Ambarwati No.1, MAS, Kecamatan Ubud, Kabupaten Gianyar, Bali 80571
Jam operasional: Setiap hari (09.00 - 16.00)
Kisaran harga: Rp50.000 - Rp100.000 per orang

13. Monsieur Spoon

Monsieur Spoon, photo by rixwoe

Siapa yang tidak kenal dengan brand restoran populer berikut ini? Monsieur Spoon cabang Petitenget baru saja melakukan reopening di awal tahun 2023. Kali ini, mereka mengambil lahan yang jauh lebih luas dengan panorama area persawahan nan teduh. Monsieur Spoon sudah lama dikenal sebagai tempat makan yang menyuguhkan hidangan ala Prancis, mulai dari pastries, cakes, roti artisan, dan aneka makanan gurih lainnya yang hanya bisa kamu temukan di Monsieur Spoon. Cocok untuk kamu yang sedang ingin mengisi waktu brunch sebelum memulai hari.

Alamat: Petitenget St No.112-A, Kerobokan, Kuta Utara, Badung Regency, Bali
Jam operasional: Setiap hari (07.00 - 21.00)
Kisaran harga: Rp100.000 - Rp200.000 per orang

14. Calla

Calla, photo by Calla Resto & Coffee

Restoran di Bali ini bisa dimasukkan ke dalam wishlist untuk kamu yang berencana mengunjungi daerah Denpasar. Calla Resto & Coffee merupakan restoran bergaya Yunani pertama di Bali yang memadukan rona earthy tone dengan unsur batuan alam. Makanan dan minuman yang disuguhkan oleh Calla meliputi kreasi hidangan khas Indonesia, Western, maupun Asia. Chicken Spicy Calla adalah menu signature yang wajib kamu coba saat bertandang ke sini. Tersedia opsi private room untuk kamu yang menginginkan pengalaman bersantap lebih tertutup.

Alamat: Jl. Tukad Batanghari No.40, Panjer, Kec. Denpasar Bar., Kota Denpasar, Bali
Jam operasional: Setiap hari (10.00 - 23.00)
Kisaran harga: Rp50.000 - Rp100.000 per orang

15. Al Jazeerah Signature Bali

Al Jazeerah Signature Bali, photo by mamansoleman

Rekomendasi restoran di Bali terakhir yang dapat kamu kunjungi adalah Al Jazeerah Signature. Berlokasi di tepi Jl. Sunset Road membuat tempat makan yang satu ini begitu strategis dan mudah ditemukan. Al Jazeerah merupakan restoran Arab yang menyajikan fusion orisinil khas Timur Tengah dari bahan-bahan lokal. Tempatnya pun cukup luas dan terdiri dari tiga lantai yang mampu menampung hingga 500 tamu.

Restoran ini menawarkan sajian spesial seperti Kaware Soup, kaki domba yang dimasak lambat dalam kaldu bumbu tradisional Arab, dan Mandhi Chicken, nasi tradisional Yaman atau nasi basmati asap yang dimasak dengan rempah-rempah aromatik dan sedikit kunyit.

Alamat: Jl. Sunset Road, Seminyak, Kec. Kuta, Kabupaten Badung, Bali 80361
Jam operasional: Setiap hari (10.00 - 00.00)
Kisaran harga: Rp100.000 - Rp200.000 per orang

Demikian kelima belas rekomendasi restoran di Bali yang patut kamu sambangi saat sedang berlibur di Pulau Dewata. Jangan lupa lakukan reservasi terlebih dahulu sebelum datang ke tempat tujuanmu, ya.