10 Oleh-oleh Khas Bali untuk Kamu Bawa Pulang!

10 Oleh-oleh Khas Bali untuk Kamu Bawa Pulang!
Oleh-oleh Khas Bali, photo by Krisna Bali

Jalan-jalan kemana pun kurang lengkap rasanya jika tak membawa buah tangan alias oleh-oleh. Sangat lumrah bagi masyarakat Indonesia untuk membawa oleh-oleh khas daerah yang dikunjungi, termasuk ketika pergi ke Bali. Nah, Bali menjadi salah satu destinasi favorit di Indonesia karena keindahan alam dan keragaman budayanya. Eits, bukan cuma itu, wisatawan Bali pun sangat senang belanja oleh-oleh khas Bali.

Pie susu, Pia Legong, Baju Barong merupakan beberapa oleh-oleh khas Bali. Supaya kamu tidak kebingungan saat ingin membeli buah tangan, cek ragam oleh-oleh khas Bali lewat artikel Cove kali ini ya!

10 Oleh-Oleh Khas Bali

1. Pie Susu

Pie Susu Bali, photo by Sweet Trip

Camilan terkenal dari Bali dengan cita rasa manis dan gurih sudah menjadi oleh-oleh khas Bali ketika kamu berkunjung. Tekstur dari Pie Susu ini renyah di pinggir dan manis pada bagian tengah karena menggunakan fla yang creammy. Varian Pie Susu pun sangat beragam, bukan hanya sekadar original susu, ada juga rasa coklat, stroberi, keju, kacang, serta blueberi. Harga Pie Susu cukup terjangkau, per 10 pcs biasanya dibanderol dengan harga mulai dari Rp20.000. Beberapa merk Pie Susu Bali terkenal yang bisa kamu coba ialah, Pie Susu Dian, Pie Susu Chandra, dan Pie Susu Enak.

2. Pia Legong

Pia Legong, photo by Harga Menu

Kalau di Jogja ada Bapkia, di Bali punya Pia Legong sebagai oleh-oleh khasnya. Pia Legong merupakan salah satu merk bakpia terkenal di Bali. Ciri khas dari bakpia satu ini dibuat fresh setiap hari. Oleh karena itu, stok Pia Legong di pasaran terbilang terbatas. Namun, jumlah terbatas inilah yang membuat cita rasa Pia Legong lebih khas. Kamu bisa menemukan Pia Legong dengan berbagai rasa seperti keju, coklat, dan kacang hijau. Ketiganya sama-sama memiliki tekstur renyah dari pastry luarnya serta isian tebal.

3. Topeng Bali

Topeng Bali, photo by Wikipedia

Bali terkenal dengan beberapa kebudayaan serta karya seni, termasuk di bidang seni ukir. Bagi yang mencintai seni, kamu bisa membeli Topeng Bali sebagai oleh-oleh. Cukup menjadi incaran wisatawan, ciri khas dari Topeng Bali ini terlihat dari warna dan bentuknya yang beragam. Jenis topeng yang paling diminati ialah Topeng Barong dan Topeng Leak. Beberapa topeng mungkin terlihat seram atau mengerikan, tetapi hal itu menjadi keunikannya. Apalagi filosofi topeng ini banyak yang berkaitan dengan budaya dan kepercayaan di Bali. Kamu bisa membeli Topeng Bali di pasar seni atau toko cinderamata terkenal.

4. Kain Bali atau Kain Pantai

Kain Pantai Bali, photo by Indonesia Travel

Selain batik, Bali punya kain khas yang banyak diperjual belikan di sana. Yap. Kain Pantai khas Bali akan banyak kamu temukan di sekitaran pantai. Fungsinya pun beragam, sebagai alas duduk, rok, kain untuk berjemur, dan lain-lain. Kamu bisa gunakan kain ini untuk apapun, termasuk sebagai pajangan di rumah. Nah, keunikan Kain Pantai Bali terletak pada warna dan coraknya yang kebanyakan menggunakan warna-warna cerah mencolok dengan corak bunga hingga abstrak. Kain Pantai Bali banyak digemari karena bahannya yang halus dan adem.

5. Kacang Disco

Kacang Disco, photo by Wikimedia Commons

Kacang disco merupakan kacang berbalut adonan tepung, telur, dan rempah khas sebagai bumbunya. Rempah itulah yang menjadi ciri khas dari rasa Kacang Disco Bali. Berbeda dengan kacang disco di daerah lain, Kacang Disco khas Bali memiliki variasi rasa lebih banyak, seperti pedas, rendang, pedas manis, pedas keju, asin, barbeque, hingga rasa ayam betutu. Camilan seperti Kacang Disco ini cocok untuk menjadi oleh-oleh kamu. Selain harganya terjangkau, isinya pun banyak. Bisa jadi teman nonton film sesampainya kamu di rumah!

6. Kopi Kintamani

Kopi Kintamani Bali, photo by diKemas

Kintamani merupakan salah satu daerah yang terletak di dataran tinggi (pegunungan) di Bali. Pemandangan dan kesejukan daerah Kintamani memang sangat terkenal. Untuk kamu yang bosan berkunjung ke pantai, bisa mendatangi Kintamani untuk menikmati nuansa berbeda. Selain terkenal akan kesejukan udaranya, wilayah ini kerap menjadi tempat bercocok tanam para petani sekitar. Salah satu hasilnya ialah Kopi Kintamani. Jenis kopi ini terkenal karena cita rasa serta aroma unik yang dihasilkan, yakni rasa kopi masam dan aroma jeruk.

Kerennya, Kopi Kintamani telah terkenal di kancah internasional dan menjadi salah satu kopi terbaik. Nggak diragukan lagi kalau Kopi Kintamani patut untuk kamu jadikan buah tangan. Tersedia dalam bentuk biji kopi serta bubuk, kamu bisa dapatkan Kopi Kintamani dengan datang ke daerahnya langsung ataupun pergi ke toko oleh-oleh khas Bali.

7. Kebaya Bali

Kebaya Bali, photo by Majalah Bali

Indonesia memang punya banyak jenis kebaya di seluruh daerahnya. Begitupun dengan Bali yang punya ciri khas pada model kebaya. Untuk model brukat biasanya memiliki motif bunga dengan ikat pinggang, Kebaya di Bali secara umum digunakan masyarakat sekitar untuk sembahyang. Namun, bagi kamu yang ingin membeli Kebaya Bali untuk oleh-oleh pun sangat diperbolehkan. Kamu bisa temukan model Kebaya Bali di toko oleh-oleh ataupun di pasar ya!

8. Cokelat Bali

Heavenly Chocolate khas Bali, photo by Woke ID

Selain memproduksi kopi terbaik seperti Kopi Kintamani, Bali pun terkenal akan kualitas cacao atau cokelat terbaik. Meski tidak dijual mentah, salah satu hasil produksi olahan cokelat Bali yang melejit dan menjadi incaran wisatawan ialah Heavenly Chocolate. Cokelat ini memiliki tekstur yang lembut dan meleleh di mulut. Selain cokelat, terdapat varian rasa lain seperti, matcha, dark, milk caramel, dan taro. Apabila kamu malas mengantre membeli Heavenly Chocolate, kamu bisa coba alternatif olahan cokelat lain seperti Pod Chocolate dengan rasa yang tak jauh berbeda.

9. Kaos Barong dan Joger

Kaos Barong, photo by Loker Bali

Kurang lengkap pergi ke Bali tanpa membeli stok Kaos Barong dan Joger. Barong merupakan tokoh paling terkenal di Bali, baik lewat tarian, ukiran kayu, hingga baju. Motif singa barong ini sangat khas karena gambarnya dilukis secara manual. Selain dari gambar, kaos Barong dan Joger disukai sebab berbahan kain yang adem sehingga nyaman untuk digunakan dalam aktivitas sehari-hari. Harganya pun terjangkau, serta tersedia untuk segala usia mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Oleh karena itu, barang satu ini cocok dijadikan oleh-oleh.

10. Tas Rotan

Tas Rotan, photo by Kumparan

Bali punya banyak pengrajin. Salah satu barang yang banyak dihasilkan oleh para pengrajin lokal ialah tas rotan. Kerajinan ini banyak menarik minat para wisatawan, terutama wisatawan asing karena keunikannya menghasilkan tas cantik dari rotan. Kamu bisa temukan tas ini di pasar seni Bali ataupun toko oleh-oleh. Harganya pun sangat variatif, dari puluhan ribu hingga ratusan tergantung dengan ukuran yang kamu pilih.

Itulah dia 10 rekomendasi oleh-oleh khas Bali yang bisa kamu beli untuk dibawa pulang. Deretan cinderamata tersebut dapat dibeli di toko oleh-oleh seperti Krisna Bali. Tidak perlu repot untuk mendatangi toko berbeda, cukup datang ke salah satu toko oleh-oleh terbesar saja kamu bisa membeli hampir seluruh cinderamata dari Bali.


Kost dekat dengan Toko Oleh-Oleh Krisna Bali

Cove Matahari dekat dengan toko Oleh-Oleh Krisna Bali, yakni hanya 5 menit. Selain itu, dekat dengan berbagai tempat wisata sekitar Kuta, seperti Pantai Legian hingga Trans Studio Mall Bali. Memiliki desain khas rumah Bali yang nyaman dan sejuk, bikin kamu merasa seperti tinggal di resort. Dilengkapi dengan fasilitas penunjang yang cukup lengkap, fully furnished dengan balkon untuk bersantai. Ada juga fasilitas bersama seperti dapur dan lobby.

Harga mulai dari Rp200 ribu per malam atau Rp3,2 juta per bulan.

Selengkapnya tentang Cove Matahari