20 Tempat Liburan di Bali yang Tidak Boleh Dilewatkan

20 Tempat Liburan di Bali yang Tidak Boleh Dilewatkan
Tempat Liburan di Bali

Bali menjadi salah satu destinasi wisata yang banyak diminati masyarakat. Pulau seribu pura ini bahkan sudah terkenal di dunia sebagai tempat liburan. Tidak heran kalau kamu datang ke Bali, akan ada banyak turis asing di sana. Banyak sekali tempat yang bisa kamu datangi untuk menambah pengalaman. Berikut ini adalah rekomendasi tempat liburan di Bali yang tidak boleh dilewatkan kalau kamu datang ke sana!

Pantai di Bali

Pantai Kuta

Pantai Kuta, photo by tempatwisata.pro

Tempat liburan di Bali pertama yang tidak boleh dilewatkan tentu saja pantai Kuta. Pantai yang menjadi tujuan banyak wisatawan lokal dan mancanegara. Pantai ini memiliki hamparan pasir putih dengan bentangan garis pantai yang sangat panjang. Pemandangan sunset di sini sangat indah dan romantis.

Lokasi: Kec. Kuta, Kabupaten Badung, Bali
Jam Buka: 24 jam
Tiket masuk: Free

Pantai Tanjung Benoa

Pantai Tanjung Benoa, photo by regional.kompas.com

Selanjutnya kamu bisa mengunjungi pantai Pantai Tanjung Benoa kalau suka dengan aktivitas water sports. Ada banyak sekali pilihan water sports yang bisa kamu coba, mulai dari jet ski, banana boat, rolling donut, snorkeling, parasailing, dan lain-lain.

Lokasi: Bali
Jam buka: 09.00-16.00 WITA
Tiket masuk: Free

Pantai Pandawa

Pantai Pandawa, photo by disparda.baliprov.go.id

Pantai Pandawa juga jadi salah satu tempat liburan di Bali yang populer, terutama bagi wisatawan lokal. Daya tarik dari pantai ini adalah bentangan pasir putih dan ombaknya yang tenang. Anak-anak bisa berenang di pantai ini. Di sini juga ada jasa penyewaan kano di tepi pantainya.

Lokasi: Bali
Jam buka: 07.00-18.00 WITA
Tiket masuk: Rp15.000

Pantai Jimbaran

Pantai Jimbaran, photo by viva.co.id

Pantai Jimbaran adalah destinasi yang  tepat untuk menikmati sunset sambil menyantap seafood bakar. Keindahan pantainya berpadu dengan nikmatnya seafood akan membuat kamu tidak ingin pulang dari sana. Pantai ini menjadi salah satu tempat untuk menikmati sunset terbaik di pulau Bali. Di sini juga ada banyak kafe yang menyediakan seafood bakar.

Lokasi: Jimbaran, Kec. Kuta Sel., Kabupaten Badung, Bali
Jam buka: 24 jam
Tiket Masuk: Free

Pantai Sanur

Pantai Sanur, photo by denpasarkota.go.id

Pantai Sanur ada di Denpasar bagian Timur. Keistimewaan dari pantai ini adalah pemandangan matahari terbit yang sangat indah. Kamu bisa datang ke pantai ini kapan saja karena memang buka 24 jam. Suasana di pantai ini juga sangat menenangkan. Cocok sekali untuk kamu yang mencari ketenangan.

Lokasi: Bali
Jam buka: 24 jam
Tiket masuk: Free

Pantai Karma Kandara

Pantai Karma Kandara, photo by water-sport-bali.com

Selanjutnya, di wilayah Kuta Selatan, ada pantai yang suasananya sangat tenang dan jauh dari hiruk pikuk perkotaan. Lokasi pantai Karma Kandara ini cukup terpencil. Namun hamparan pasir putih dan air yang sangat jernih bisa menjadi alasan yang cocok bagi kamu yang ingin mencari ketenangan.

Lokasi: Desa Ungasan, Kuta Selatan, Kabupaten Badung, Bali
Jam buka: 09.00-21.00 WITA
Tiket masuk: Rp450.000

Pulau di Bali

Pulau Nusa Penida

Pulau Nusa Penida, photo by befreetour.com

Pulau Nusa Penida akhir-akhir ini menjadi populer di kalangan wisatawan. Kalau kamu ingin liburan di tempat dengan suasana alam yang indah, pulau ini memang sangat cocok untuk didatangi. Ada beberapa objek yang bisa kamu datangi di pulau Nusa Penida, mulai dari pantai Kelingking, Broken Beach, Angel's Billabong, dan pantai Atuh Nusa Penida.

Lokasi: Kec. Nusa Penida, Kabupaten Klungkung, Bali
Jam buka: 08.00-16.00 WITA
Tiket masuk: Rp5.000-Rp10.000

Pulau Nusa Lembongan

Pulau Nusa Lembongan, photo by water-sport-bali.com

Kalau kamu liburan di Bali cukup lama, jangan sampai melewatkan pulau Nusa Lembongan. Di sini, ada banyak sekali hal menarik yang bisa dilakukan atau dilihat. Di sini ada goa alam dan tebing laut yang sangat menantang untuk dikunjungi. Ada rute yang sangat disukai para wisatawan, yaitu Yellow Bridge atau Jembatan Kuning. Jembatan ini menjadi penghubung antara Nusa Ceningan dengan Nusa Lembongan.

Lokasi: Jungutbatu, Kec. Nusa Penida, Kabupaten Klungkung, Bali
Jam buka: Kondisional
Tiket masuk: Free

Pura di Bali

Pura Besakih

Pura Besakih, photo by backpackerjakarta.com

Bali memang dikenal sebagai pulau seribu pura. Ada banyak pura yang bisa kamu kunjungi. Salah satunya adalah Pura Besakih yang terletak di kaki gunung Agung. Arsitektur Pura Besakih sangat megah dan luas. Dari sini, kamu bisa melihat pemandangan persawahan dan perbukitan. Waktu yang paling baik untuk mengunjungi Pura Besakih adalah di pagi hari karena kabut belum turun. Sehingga pemandangan Gunung Agung dan area Pura akan terlihat jelas.

Lokasi: Besakih, Rendang, Kabupatèn Karangasem, Bali 80863 Denpasar, Bali 80235
Jam buka: 08.00-18.00 WITA
Tiket masuk: Rp30.000

Pura Ulun Danu

Pura Ulun Danu, photo by denpasar.kompas.com

Selanjutnya, ada Pura Ulun Danu yang tidak pernah sepi dari kunjungan wisatawan. Keunikan Pura Ulun Danu adalah seperti mengapung di atas danau. Udara di sekitar pura sangat sejuk dan nyaman. Selain itu, penataan kebun di sekitar Pura yang rapi dan indah juga menambah ketenangan bagi siapa pun yang datang ke sini.

Lokasi: Danau Beratan, Candikuning, Baturiti, Tabanan Regency, Bali 82191
Jam buka: 07.00-19.00 WITA
Tiket masuk: Rp30.000

Pura Uluwatu

Pura Uluwatu, photo by befreetour.com

Pura Uluwatu juga menjadi salah satu pura paling populer di Bali. Menariknya, pura ini berada di ujung atas sebuah tebing yang tinggi. Arsitekturnya sangat unik. Kalau kamu datang ke sini, kamu akan bertemu banyak kera dengan ekor panjang. Dari atas tebingnya, akan terlihat hamparan samudra Hindia yang luas. Keindahan samudra itu semakin indah lagi ketika matahari terbenam.

Lokasi: Pecatu, Kuta Selatan, Badung, Kabupatèn Badung, Bali
Jam buka: 07.00-19.00 WITA
Tiket masuk: Rp30.000

Pura Tanah Lot

Pura Tanah Lot, photo by denpasar.kompas.com

Selanjutnya, ada juga Pura Tanah Lot yang sangat ikonik di Bali. Tanah Lot sendiri memiliki arti daratan yang ada di tengah laut. Artinya, pura ini seperti berada di tengah laut karena dibangung di atas batu karang besar. Latar belakang dari pura ini adalah laut selatan yang luas. Ketika air pasang, Pura Tanah Lot akan terpisah dari daratan. Jadi seperti pura yang mengapung di atas lautan.

Lokasi: Beraban, Kec. Kediri, Kabupaten Tabanan, Bali 82121
Jam buka: 06.00-19.00
Tiket masuk: Rp20.000

Pura Tirta Empul

Pura Tirta Empul, photo by denpasar.kompas.com

Satu lagi pura yang sudah terkenal di kalangan wisatawan, yaitu Pura Tirta Empul. Pura yang dekat dengan lokasi Istana Kepresidenan Tampaksiring ini memiliki kolam yang dialiri sumber mata air suci. Masyarakat Hindu sering melakukan ritual penyucian dengan air pancuran di kolam utama. Kalau kamu memasuki area pura ini, wajib memakai selendang ya. Kain sarong dipakai di pinggul sampai kaki, sedangkan selendang dipakai untuk mengikat kain tersebut di bagian pinggang.

Lokasi: Sanur Kauh, Denpasar Selatan, Kota Denpasar, Bali
Jam buka: 08.00-18.00 WITA
Tiket masuk: Rp30.000

Pegunungan dan Alam Bali

Air Terjun Sekumpul

Air Terjun Sekumpul, photo by gotravelaindonesia.com

Kamu yang senang datang ke air terjun, jangan sampai melewatkan Air Terjun Sekumpul yang ada di Bali. Air terjun ini jadi salah satu yang paling terkenal dari semua air terjun yang ada di Bali. Kamu memerlukan waktu 2,5 Jam dari Bali Selatan untuk bisa sampai ke air terjun ini. Tapi pemandangan alam di sini akan membuatmu takjub dan terpesona.

Lokasi: Bebetin, Kec. Sawan, Kabupaten Buleleng, Bali
Jam buka: 08.00-17.00 WITA
Tiket masuk: Rp10.000

Terasering Tegalalang

Terasering Tegalalang, photo by indonesia.travel.id

Kalau kamu berlibur di kawasan Ubud, jangan sampai melewatkan pemandangan mempesona seperti lukisan di Terasering Tegalalang. Di sekitar terasering ini, ada banyak cafe berdiri. Kamu bisa menikmati makanan di sana sambil memandangi keindahan alam. Suasananya yang sejuk dan menenangkan akan membuatmu betah berlama-lama di sana.

Lokasi: Jl. Raya Tegallalang, Tegallalang, Kec. Tegallalang, Kabupaten Gianyar, Bali 80561
Jam buka: 24 jam
Tiket masuk: Rp10.000

Danau dan Gunung Batur Kintamani

Danau dan Gunung Batur, photo by travelspromo.com

Selain laut dan pantai, Bali juga punya banyak gunung yang tidak kalah indah. Salah satu yang terkenal adalah Gunung Batur di Kintamani. Di sini juga ada danau yang indah. Untuk bisa melihat pemandangan danau dan gunung Batur ini, kamu bisa datang ke desa Penelokan.

Lokasi: Songan B, Kec. Kintamani, Kabupaten Bangli, Bali
Jam buka: 24 jam
Tiket masuk: Rp15.000

Ubud Monkey Forest

Ubud Monkey Forest, photo by alayahotels.com

Selanjutnya, kamu juga bisa liburan di area hutan lindung seperti Ubud monkey Forest. Di sini ada banyak spesies kera ekor panjang yang siap menyambutmu. Di dalam Ubud Monkey Forest juga ada pura yang sangat khas. Biasanya tempat ini menjadi tempat wisata favorit yang tidak boleh dilewatkan ketika liburan di Bali.

Lokasi: Ubud, Kecamatan Ubud, Kabupaten Gianyar, Bali 80571
Jam buka: 09.00-17.00 WITA
Tiket masuk: Rp 60.000

Bukit Campuhan

Bukit Campuhan, photo by pegipegi.com

Selanjutnya, ada tempat wisata yang akhir-akhir ini viral di Instagram, yaitu Bukit Campuhan. Area perbukitan hijau yang dipenuhi oleh pohon-pohon tropis dan area persawahan. Tidak lupa lembah yang menambah keindahannya. Suasana di Bukit Campuhan begitu romantis sampai-sampai dijuluki Bukit Cinta. Lokasinya memang agak tersembunyi, sehingga belum banyak wisatawan yang datang ke tempat ini.

Lokasi: Jl. Bangkiang Sidem, Kelusa, Kec. Payangan, Kabupaten Gianyar, Bali 80571
Jam buka: 24 jam
Tiket masuk: Free

Danau Beratan

Danau Beratan, photo by ticpmu.id

Danau ini berada di kawasan Bedugul, Tabanan, Bali. Berada di ketinggian 1.240 mdpl, membuat udara di sekitar danau sangat sejuk. Ini menjadi danau terluas kedua di pulau Bali. Fungsi utamanya sebenarnya sebagai sumber irigasi masyarakat di sana. Namun keindahan alam di sekitarnya menjadikan Danau Beratan sebagai salah satu dari 20 danau terindah di dunia.

Lokasi: Kec. Baturiti, Kabupaten Tabanan, Bali
Jam buka: 07.00-19.00 WITA
Tiket masuk: Rp30.000

Kebun Raya Bedugul

Kebun Raya Bedugul, photo by detik.com

Kebun Raya Bedugul adalah salah satu tempat wisata edukasi yang ada di Bali. Di sini, ada banyak koleksi kekayaan alam yang memukau. Kamu bisa liburan sekaligus menambah pengetahuan seputar botani. Sangat cocok untuk liburan bersama keluarga dan anak-anak ke Kebun Raya Bedugul. Karena selain bisa liburan, anak-anak juga akan mempelajari banyak hal baru.

Lokasi: Candikuning, Kec. Baturiti, Kabupaten Tabanan, Bali 82191
Jam buka: 08.00-16.00 WITA
Tiket masuk: Rp30.000

Nah, itulah 20 rekomendasi tempat liburan di Bali yang bisa kamu kunjungi. Liburan di Bali memang adalah pengalaman yang tidak akan terlupakan bagi siapa pun. Pesona keindahannya akan selalu memikat semua orang yang datang ke sana. Ada ciri khas Bali yang tidak akan ditemukan di tempat lain. Kalau kamu liburan, jangan lupa untuk mengecek rekomendasi penginapan di Bali agar tidak salah pilih ya!