10 Makananan Khas Bali yang Enak dan Wajib Kamu Coba!

10 Makananan Khas Bali yang Enak dan Wajib Kamu Coba!
Makanan khas Bali, photo by Pexels

Bali dikenal sebagai salah satu surga dunia untuk berwisata. Pulau Dewata memiliki pesona laut dan pantai yang sangat indah. Tidak hanya itu saja, ada banyak sekali pilihan destinasi wisata menarik yang bisa dikunjungi saat kamu sedang berlibur ke Bali. Nah, banyak orang berkata tidak lengkap rasanya apabila berlibur tanpa kulineran dan mencicipi makanan khas Bali.

Ada beraneka ragam makanan khas Bali yang enak dan wajib kamu coba, mulai dari hidangan yang dimasak dan kaya akan rempah, hingga kue yang manis dan disajikan sebagai makanan penutup. Apa saja pilihan makanan khas Bali tersebut? Cek rekomendasinya berikut ini!

Nasi Campur Bali

Nasi Campur Bali, photo by cookpad

Rekomendasi makanan khas Bali yang wajib kamu coba pertama kali adalah nasi campur Bali. Hidangan satu ini terdiri dari nasi putih yang pulen, yang dilengkapi dengan suwiran ayam sisit, sate lilit, sayur urap, bumbu Basa Genep, hingga lawar ayam. Tidak ketinggalan juga sambal matah atau sambal embe khas Bali yang menjadi pelengkap rasa dari Nasi Campur. Kedengarannya enak, ya? Berikut ini adalah rekomendasi restoran Nasi Campur Bali yang wajib kamu coba!

Ayam Betutu

Ayam Betutu, photo by Pikiran Rakyat

Saat sedang berlibur ke Bali, kamu pasti akan menemukan menu ayam betutu di hampir semua tempat makan. Makanan khas Bali ini terbuat dari bahan yang bernama bumbu betutu, yang terbuat dari campuran rempah, daun jeruk, bawang, kemiri, jahe dan lainnya. Bumbu tersebut memiliki cita rasa yang khas, dengan aroma yang sangat lezat. Supaya rasanya bisa menyerap dan memiliki rasa yang lezat, ayam dimasak dalam waktu yang lama dengan bumbu betutu. Di bawah ini adalah rekomendasi restoran ayam betutu di Bali yang wajib kamu coba!

Serombotan

Serombotan, photo by IDN Times

Buat para foodies yang menyukai sayur-sayuran, perlu mencicipi makanan khas bali yang bernama serombotan. Makanan yang mirip dengan urap ini berisi kangkung, tauge, bayam, buncis, pare, hingga terong lalu disiram dengan kuah kacang yang pedas. Untuk menjadi pelengkap, serombotan biasanya disajikan bersama nasi panas dan potongan tahu putih. Apakah kamu tertarik ingin mencoba makan serombotan? Berikut rekomendasinya!

Sate Lilit

Sate lilit, photo by Okezone

Sate lilit adalah salah satu makanan khas Bali yang sangat populer dan disukai oleh banyak orang. Berbeda dari sate umumnya, potongan daging pada sate lilit tidak ditusuk, melainkan dililit pada batang daun serai atau bambu untuk memberikan aroma yang lezat. Daging yang digunakan juga bermacam-macam, mulai daging ayam, babi, atau ikan tenggiri. Apakah kamu ingin mencoba makan sate lilit? Cek dulu rekomendasi restoran sate lilit di Bali berikut ini!

Lawar

Lawar, photo by Tribun Wiki

Salah satu makanan khas Bali yang sangat ikonik dan disukai oleh banyak orang adalah Lawar. Makanan ini terbuat dari sayur-mayur seperti nangka, kacang panjang, dan parutan kelapa, lalu dicampurkan dengan bumbu khas Bali untuk memberikan aroma dan rasa yang nikmat. Untuk lawar sendiri ada berbagai macam pilihan, mulai dari lawar ayam, lawar babi, hingga lawar entog, semuanya tergantung berdasarkan isi dari lawar itu sendiri. Tertarik ingin mencoba? Berikut rekomendasi restoran yang menyajikan lawar di Bali.

Tipat Cantok

Tipat Cantok, photo by TripAdvisor

Makanan khas Bali selanjutnya yang wajib kamu coba adalah tipat cantok. Secara penampilan, tipat cantok ini menyerupai ketupat campur khas Jawa, namun dengan cita rasa yang berbeda. Tipat cantok memiliki bumbu kacang yang terbuat dari campuran kacang tanah yang sudah digoreng, gula merah, bawang putih, jeruk limau, dan kencur. Untuk memberikan rasa gurih, biasanya penjual akan menambahkan terasi udang ke dalam bumbu dari tipat cantok. Nah, buat kamu yang tertarik ingin makan tipat cantok, berikut adalah rekomendasinya!

Laklak

Laklak, photo by Kompas

Nah, buat pecinta makanan manis bisa mencoba salah satu makanan khas Bali yang bernama Laklak. Makanan ini merupakan salah satu jenis serabi khas Bali yang cara memasaknya menggunakan kendi tradisional yang diletakkan di atas api besar, lalu ditutup hingga adonan mengembang. Teknik memasak di dalam kendi ini akan menghasilkan laklak yang tebal, dengan tekstur yang crispy di luar dan lembut di dalam. Berikut adalah rekomendasi penjual laklak di Bali yang worth a try!

Bubur Mengguh

Bubur Mengguh, photo by Kulinear

Bubur mengguh adalah makanan khas Bali yang berasal dari kawasan Buleleng dan menjadi salah satu suguhan wajib untuk disajikan pada saat upacara adat. Bubuh mengguh terbuat dari bahan aneka rempah, ayam suwir, kacang dan seledri. Tidak jarang juga penjual bubur mengguh menyajikannya dengan kuah santan untuk memberikan rasa gurih yang sangat menggoda! Berikut adalah rekomendasi bubur mengguh di Bali yang wajib kamu kunjungi!

Nasi Tepeng

Nasi Tepeng, photo by Lifestyle Okezone

Rekomendasi makanan khas Bali yang wajib kamu coba selanjutnya adalah Nasi Tepeng. Makanan ini berasal dari daerah Gianyar dikenal memiliki tekstur yang lembut layaknya bubur. Bulir nasi yang lembek ini disiram dengan kuah rempah untuk memberikan aroma yang lezat. Biasanya nasi tepeng disajikan dengan ayam goreng, potongan telur rebus, sayur nangka, hingga potongan acar terong untuk menambahkan tekstur yang berbeda. Ingin mencoba nasi tepeng? Berikut adalah rekomendasinya!

Sate Plecing

Sate Plecing, photo by Kompas

Pergi berlibur ke Bali tidak lengkap rasanya apabila belum mencoba sate plecing. Makananan khas Bali yang satu ini berbeda dari sate ayam pada umumnya, karena akan disajikan dengan bumbu plecing yang gurih dan memiliki aroma yang menggoda nafsu makan. Bumbu ini dibuat dari bahan rempah seperti kemiri, terasi, lada, lalu ditambahkan dengan tomat dan bawang putih. Seluruh bahan tersebut diulek hingga halus dan tercampur merata. Jika kamu sedang berlibur ke Bali, berikut adalah rekomendasi tempat makan Sate Plecing yang harus kamu kunjungi.


Rekomendasi Kost Eksklusif yang Nyaman di Bali

Apabila memiliki rencana untuk berlibur atau pindah ke Bali, kamu bisa mencoba untuk tinggal di kost eksklusif yang modern dan nyaman di Bali. Desain kost yang memiliki sentuhan khas Bali akan memberikan sebuah suasana yang nyaman layaknya tinggal di villa atau resort. Tidak hanya itu saja, kost eksklusif di Bali ini juga memiliki banyak sekali fasilitas yang bisa kamu gunakan dan menunjang kenyamanan selama kamu tinggal.

Mulai dari Rp225.000/malam

Selengkapnya Tentang Kost Eksklusif di Bali