15 Spot Foto di Bali dengan Lanskap Visual Menakjubkan

15 Spot Foto di Bali dengan Lanskap Visual Menakjubkan
Spot Foto di Bali, photo by tawatchai07/freepik

Sebagai salah satu destinasi liburan populer di Indonesia, Bali memang dikenal dengan keindahan alamnya yang memikat. Mulai dari pantai, gunung, pura, hingga pusat kuliner yang ada di Pulau Dewata semuanya menawarkan ambience luar biasa yang jarang kamu temukan di tempat lainnya. Nggak heran kalau beberapa lokasi tersebut punya panorama eksotis yang cocok untuk dijadikan spot foto. Nah, buat kamu yang berencana ingin berkunjung ke Bali, jangan lupa untuk mampir ke deretan spot foto di Bali yang menawarkan panorama ciamik ini, ya. Cek rekomendasinya, yuk!

15 Spot Foto di Bali

1. Pantai Kelingking

Pantai Kelingking, photo by diana.grytsku

Spot foto di Bali yang pertama adalah Pantai Kelingking. Ini merupakan salah satu pantai di Bali yang eksistensinya sudah sangat populer di kalangan warga lokal maupun mancanegara. Terletak di ujung selatan Nusa Penida, Pantai Kelingking begitu menarik perhatian lewat bentuk tebingnya yang menyerupai jari kelingking dan menjorok ke laut lepas.

Meskipun tebing ini memiliki kemiringan yang cukup curam, yakni sekitar 70 - 80 derajat, hal tersebut tidak menghalangi para wisatawan untuk datang berbondong-bondong demi mengambil foto terbaik mereka. Untuk mencapai Pantai Kelingking, kamu bisa menggunakan transportasi laut seperti kapal, fast boat, ataupun perahu tradisional.

2. Paperhills Kintamani

Paperhills Kintamani, photo via wisatainfo.com

Paperhills adalah sebuah cafe kekinian yang terletak di kawasan Kintamani, Bali. Desain arsitekturnya yang mengusung konsep minimalis serba putih membuat ambience dari cafe ini terasa Instagramable dan cocok untuk jadi tempat spot foto. Areanya pun sangat luas dengan banyak bukaan lebar yang mengarah langsung pada keindahan alam bebas dan persawahan hijau. Poin plus lainnya, Paperhills juga menyuguhkan fasilitas hidden door yang bisa membawa kamu untuk sampai ke spot foto di Bali paling privat dengan kemegahan Gunung Batur. Cantik sekali, ya?

3. Lahangan Sweet

Lahangan Sweet, photo by digitaltravelcouple.com

Objek wisata alam Lahangan Sweet yang terletak di Kabupaten Karangasem ini juga termasuk ke dalam spot foto di Bali yang patut kamu perhitungkan. Pasalnya, Lahangan Sweet berada di area perbukitan yang berseberangan langsung dengan Gunung Agung. Untuk mendapatkan landscape foto terbaik, kamu bisa mengunjungi beberapa spot foto buatan yang letaknya ada di atas pohon seperti ini. Pihak pengelola Lahangan Sweet memang sengaja membuat spot-spot foto dari kayu agar mampu menarik banyak wisatawan. Apakah kamu salah satunya?

4. Pantai Tanah Barak

Pantai Tanah Barak, photo by berniegourley.com

Mungkin kamu sudah sering melihat spot foto tebing terbelah yang satu ini di berbagai media sosial. Ternyata, destinasi hits tersebut merupakan milik Pantai Tanah Barak yang lokasinya ada di Desa Kutuh, Kuta Selatan, Bali, lho. Sebelum memasuki area pantai, para wisatawan akan melewati jalur bawah tebing dari bukit yang dibelah terlebih dahulu.

Kamu bisa berhenti sejenak di tepi jalan untuk sekedar mengambil foto dengan latar belakang tebing yang menakjubkan. Sangat disarankan untuk datang di pagi hari agar kamu bisa mendapatkan momen jalanan yang sepi. Karena tempat ini akan sangat ramai oleh lalu lalang kendaraan ketika sudah siang atau sore hari.

5. Hutan Pinus Glagalinggah Lestari

@hutanpinusglagahlinggah Hidden gem baru di kintamani nih, menawarkan keindahan alam kintamani dan menyajikan udara yang asri cocok banget buat foto foto kekinian dengan nuansa alam. Yuk jadikan Hutan Pinus Glagalinggah ini salah satu tujuan wisatamu 🤩 #bali #wisatabali #hutanpinus #kintamani #pecintaalam #destinasibaru #hiddengem #pariwisatabali #hutanpinusbali #wisataalambali #hutanbali #alambali #wisatabali #bucketlistbali #wisataalamkintamani #alamindahbali #infobangli #infokintamani #explorebali #explorekintamani #explorebangli ♬ suara asli - HutanPinusGlagahlinggah


Mengabadikan foto di tengah deretan hutan pinus yang memesona pasti akan terasa menyenangkan. Kamu bisa mengunjungi Hutan Pinus Glagalinggah Lestari yang letaknya ada di daerah Kintamani ini untuk mendapatkan pengalaman berwisata yang menakjubkan. Selain berpeluang untuk menikmati keindahan hutan pinus, kamu juga bisa menemukan banyak sekali kegiatan wisata alam untuk mengisi waktu berkualitasmu setelah berfoto ria. Fasilitasnya pun lengkap, mulai dari gazebo untuk beristirahat, toilet, hingga tempat parkir yang memadai.

6. Penny Lane

Penny Lane, photo by thesmartlocal.com

Setiap sudut dari Penny Lane seolah benar-benar dikhususkan untuk kamu yang senang berfoto OOTD. Salah satu spot foto di Bali ini mengusung konsep interior tropical layaknya rumah kaca yang dipenuhi oleh berbagai macam tanaman hias nan estetis. Keberadaan chandelier dan patung tangan berukuran besar sebagai focal point juga kian menambah pesona dari cafe fancy yang satu ini. Area taman belakang Penny Lane yang dipenuhi tumbuhan hijau dan payung sebagai ornamen dekorasi pun mampu menambah nilai estetika yang ada di dalam fotomu nanti.

7. Leke-Leke Waterfall

Leke-Leke Waterfall, photo by dailytravelpill

Ada permata tersembunyi berupa air terjun yang cantik di daerah Tabanan, Bali Utara, namanya Leke-Leke Waterfall. Suasananya yang tenang dan syahdu menjadikan destinasi wisata di Bali ini begitu menyenangkan untuk disambangi, tidak hanya untuk mengambil foto saja, tetapi juga cocok bagi kamu yang ingin melarikan diri sejenak dari ramainya hiruk-pikuk Pulau Dewata.

Cukup membayar Rp25 ribu per orang saja untuk bisa memasuki kawasan Leke-Leke Waterfall yang penuh dengan pepohonan rindang dan gemercik suara air yang menghantam bebatuan ini. Jangan lupa membawa kamera profesional untuk hasil foto yang lebih maksimal, ya.

8. Savana Tianyar

Savana Tianyar, photo by Kompas.com

Spot foto di Bali selanjutnya yang wajib kamu kunjungi adalah Savana Tianyar. Hamparan padang rumput yang terletak di kaki Gunung Agung ini menawarkan panorama eksotis yang jarang kamu temukan di daerah lainnya. Warna dari padang rumput Savana Tianyar juga bisa berubah-ubah, tergantung pada musimnya. Jika kamu ingin mengambil momen savana yang berwarna kuning-kecoklatan seperti di Afrika, kamu bisa berkunjung saat musim kemarau atau musim panas. Karena pada musim penghujan, seluruh padang rumput akan kembali menjadi warna hijau yang segar.

9. Desa Wisata Penglipuran

Desa Wisata Penglipuran, photo by okebali.com

Ini dia, spot foto di Bali yang wajib dimasukkan ke dalam bucket list kamu! Desa Wisata Penglipuran merupakan sebuah desa adat yang hingga kini masih menjadi primadona bagi wisatawan lokal maupun mancanegara untuk mengisi waktu berlibur mereka. Tidak hanya menarik dari segi tata ruang dan konsep bangunannya saja, namun Desa Penglipuran juga didaulat sebagai desa terbersih oleh Indonesia Sustainable Tourism Award (ISTA).

Lingkungannya yang hijau dengan deretan hutan bambu yang luasnya mencapai 45 hektare atau sekitar 40 persen dari luas keseluruhan desa ini membuat Desa Penglipuran kian digemari sebagai tempat untuk hunting foto. Tertarik untuk mampir?

10. Tree House Molenteng

Tree House Molenteng, photo by balitraveldiary.com

Bila kamu berencana untuk berlibur ke Nusa Penida, jangan lupa untuk mampir ke Tree House Molenteng. Destinasi wisata ini merupakan rumah pohon yang dibangun di atas tebing tinggi dengan pemandangan langsung Pantai Atuh yang memikat. Ada juga beragam pulau kecil dan deretan perbukitan menarik yang mampu menjadi latar belakang terindah untuk hasil fotomu nanti. Untuk memasuki kawasan ini, kamu akan dikenakan tiket masuk sebesar Rp10.000 per kunjungan.

11. Diamond Beach

Diamond Beach, photo by allisonbuckley

Pantai Diamond, Nusa Penida menawarkan banyak sekali spot foto dengan latar belakang luar biasa yang sayang jika kamu lewatkan. Mengutip laman travelagency, pantai ini dinamakan sebagai Diamond Beach lantaran di sekitarnya terdapat sebuah tebing karst yang menjulang tinggi. Tebing tersebut memiliki bentuk yang runcing serupa bongkahan berlian.

Untuk mengunjungi bibir pantai, kamu harus melewati akses jalan berupa tangga dari tepian bukit yang diberi batas tali tambang terlebih dahulu. Nah, tangga inilah yang kerap dijadikan sebagai spot foto di Bali paling populer. Opsi lainnya, kamu juga bisa mengambil gambar sambil bermain ayunan raksasa di atas ketinggian 10-15 meter. Berani mencoba?

12. Tegalalang Rice Terraces

Tegalalang Rice Terraces, photo by charliepauly.com

Selanjutnya, ada rekomendasi spot foto di Bali bernama Teras Sawah Tegalalang yang menawarkan lanskap bentang alam berupa areal persawahan hijau dengan desain berundak atau terasering. Kamu bisa berjalan menelusuri area persawahan sambil melihat-lihat para petani yang sedang membajak sawah dan menanam padi.

Ingin mengambil foto sembari mengenakan properti khas petani seperti keranjang anyaman atau topi kerucut? Kamu bisa meminjamnya sebentar dari para petani yang sedang beraktivitas di sana, mereka biasanya akan memberikan izin, tetapi jangan lupa untuk memberi sedikit ‘rezeki’ setelah menggunakan properti mereka sebagai tanda terima kasih, ya.

13. Taman Dedari

Taman Dedari, photo by Instagram @/biancaguler

Mencari latar belakang berbeda dibanding spot foto di Bali lainnya? Saatnya untuk mengunjungi Taman Dedari yang letaknya ada di kawasan restoran dan hotel The Royal Pita Maha, Gianyar ini. Taman Dedari adalah sebuah ruang terbuka hijau yang dikelilingi oleh 50 patung bidadari cantik serta dialiri oleh Sungai Ayung yang merupakan sungai terpanjang di Bali.

Empat buah patung di antaranya memiliki ketinggian raksasa hingga 10 meter, sementara empat patung lainnya berada di kisaran 4 - 5 meter, sisanya didominasi oleh patung-patung dalam ukuran yang lebih kecil. Nah, deretan patung berukuran besar inilah yang menjadi daya tarik paling ikonik dari Taman Dedari. Karena benar-benar cocok sangat cocok untuk digunakan sebagai objek foto.

14. Bali Handara Gate

Bali Handara Gate, photo by handaragolfresort.com

Bali Handara Gate adalah salah satu tempat berfoto paling ikonik yang terletak di kawasan Handara Golf and Resort. Gerbang ini sudah menjadi landmark populer bagi para wisatawan yang ingin mencari lokasi Instagramable terbaik di Bali untuk hasil potret media sosial yang maksimal. Dikelilingi oleh pemandangan hijau yang menakjubkan sebagai latar belakang, Gerbang Handara memang terlihat begitu megah berkat ukiran tradisionalnya yang unik.

15. Taman Air Tirta Gangga

Taman Air Tirta Gangga, photo by puriganggaresort.com

Pilihan spot foto di Bali yang terakhir adalah Taman Wisata Air Tirta Gangga. Kawasan Tirta Gangga dibangun di atas lahan seluas 1,2 hektar yang berbentuk memanjang dari timur ke barat. Letaknya yang berada di kaki Gunung Agung semakin menambah keasrian dan ketentraman dari obyek wisata ini.

Saat memasuki kawasan Taman Air Tirta Gangga, kamu akan disambut dengan sebuah kolam ikan berukuran besar, di mana pada bagian atas permukaan airnya terdapat beberapa batu yang tersusun rapi seperti rangkaian jembatan. Kamu bisa memijak rangkaian batu ini dengan memanfaatkan latar belakang patung-patung yang ada di kolam jika ingin mengabadikan foto.

Demikian rekomendasi spot foto di Bali yang menawarkan pemandangan menakjubkan. Jangan lupa siapkan busana terbaikmu, ya!