15 Tempat Makan Siang di Bali, Paling Enak dan Recommended

15 Tempat Makan Siang di Bali, Paling Enak dan Recommended
Tempat Makan Siang di Bali, photo by baleudang.com

Kalau kamu berencana liburan di Pulau Dewata, jangan lupa berburu wisata kulinernya yang dikenal nikmat dan mampu menyuguhkan masakan khas Bali paling otentik. Ada banyak sekali restoran di Bali yang tersebar di setiap sudut kota dan bisa dijadikan sebagai tempat untuk mengisi perut saat siang hari sebelum kembali melanjutkan aktivitas. Apa sajakah itu? Berikut rekomendasi tempat makan siang di Bali yang wajib masuk wishlist kamu.

10 Tempat Makan Siang di Bali

1. Rumka

Rumka, photo by Instagram @/rumka.bali

Rumka menjadi tempat makan siang di Bali pertama yang wajib kamu sambangi saat berkelana di Kota Denpasar. Pasalnya, salah satu restoran di Denpasar ini punya ambience memikat lewat panorama 360 derajat area persawahannya yang tumbuh dengan subur. Itulah mengapa banyak sekali masyarakat sekitar yang sering bersantap siang di sini sembari menikmati semilir udara segar langsung dari pepohonan hijau yang melingkupinya.

Rumka menawarkan aneka makanan dan minuman dengan harga yang terjangkau mulai dari Rp15 ribuan saja. Ada hidangan Bali, Western, nusantara, snack, hingga rangkaian minuman segar yang menggugah selera. Sebut saja Chicken Katsu Rice Bowl, Ayam Panggang, dan Smoke Pork Belly. Kamu juga bisa menikmati Chocolate Mouse sebagai dessert sembari menyesap Strawberry Iced Tea yang menyegarkan.

Alamat: Jl. Kaswari, Penatih, Kec. Denpasar Tim., Kota Denpasar, Bali 80237  
Jam buka: Senin - Jumat (14.00 - 22.00), Sabtu & Minggu (11.00 - 23.00) Kisaran harga: Rp50.000 - Rp100.000 per orang

2. Warung Uma Taki

Warung Uma Taki, photo by Budi Santia

Atmosfer pedesaan yang berdampingan langsung dengan area persawahan hijau juga akan senantiasa menyelimuti kamu jika berkunjung ke sini. Warung Uma Taki menjadi tempat makan siang di Bali yang menawarkan pengalaman bersantap di tengah sawah yang menenangkan, lengkap dengan makanan khas Bali yang murah meriah. Tempatnya pun sangat luas, kamu bisa mengambil tempat duduk lesehan di saung-saung yang tersedia ataupun meja dengan kursi di tengah ruangan.

Warung Uma Taki juga ramah anak karena terdapat area playground yang cukup besar. Berbicara tentang menu, restoran ini menyuguhkan hidangan khas lokal dan Asia, mulai dari aneka Sushi, Chicken Katsu, dan Udon. Salah satu menu yang wajib kamu coba adalah Ikan Nila Bumbu Nyat Nyat yang kaya akan rempah lengkap dengan lalapan dan sambal matah. Tekstur ikannya benar-benar empuk dengan bumbunya yang meresap makin nikmat disantap bersama nasi merah. Wajib dicoba!

Alamat: Jl. Mudu Taki, Dalung, Kec. Kuta Utara, Kabupaten Badung, Bali 80361  
Jam buka: Senin - Minggu (11.00 - 22.00)  
Kisaran harga: Rp50.000 - Rp100.000 per orang

3. Kanishero

Kanishero, photo by Rizalita De Mesa

Kanishero adalah tempat makan all you can eat Bali dengan konsep self-service di mana kamu bisa makan sepuasnya selama 120 menit non stop, no pork no lard. Tarif paket yang ditawarkan juga sangat reasonable, yaitu mulai dari Rp109 ribuan saja per orangnya. Beberapa hidangan yang bisa kamu coba di sini meliputi menu suki dengan pilihan 7 jenis kuah, aneka seafood, surimi, sayuran, jamur, Japanese sushi, hingga BBQ Grill dengan pilihan daging istimewa.

Kamu juga bebas refil selama dua jam penuh, lho, pokoknya dijamin lezat dan mengenyangkan! Setelah menyantap sajian utama, jangan lupa untuk memesan variasi makanan pencuci mulut mereka yang tak kalah recommended, antara lain Soft Ice Cream, Slice Cake, Puding, dan masih banyak lagi aneka snack unik lainnya. Kanishero juga menyediakan fasilitas mushola, internet, dan baby chair untuk pengunjung yang membawa balita.

Alamat: Jalan Cokroaminoto No.48, Pemecutan Kaja, Kota Denpasar, Bali 80231
Jam buka: Senin - Minggu (11.00 - 22.00)  
Kisaran harga: Mulai dari Rp100.000 per orang

4. Warung Sederhana

Warung Sederhana, photo by Reza Nanda Iswara

Tempat makan siang di Bali selanjutnya adalah rumah makan prasmanan yang menyajikan rangkaian menu nusantara dan lauk pauk super lengkap yang dibanderol dengan harga bersahabat, mulai dari olahan Ayam, Ikan, Daging, Tempe, Tahu, dan sayur-sayuran seperti urap, pecel, dan tumisan semuanya ada di sini. Warung Sederhana mengadaptasi konsep self-service layaknya buffet dining di mana kamu bisa memilih sendiri makanan yang tersaji di atas meja hidang sesuai dengan selera dan porsi yang diinginkan.

Untuk pilihan nasinya sendiri bisa pilih nasi putih atau nasi merah. Satu porsi makanan seharga 12.000 saja, kamu sudah bisa mendapat seporsi Nasi, Telur Coklat, Perkedel Kentang, dan Sayur Sop dengan cita rasa otentik rumahan. Area makannya juga sangat luas dengan lokasi warung yang super strategis dan mudah ditemukan lantaran berada di tepi jalan utama, bahkan hanya hanya 3 menit saja dari Plaza Renon.

Alamat: Jalan Merdeka I No.1 Sumerta Kelod, Kec. Denpasar, Bali Jam buka: Senin - Minggu (08.00 - 19.00)
Kisaran harga: Di bawah Rp50.000 per orang

5. Bale Udang Mang Engking Kuta

Bale Udang Mang Engking, photo by baleudang.com

Warga Denpasar pastinya sudah tidak asing lagi dengan tempat makan siang di Bali yang satu ini. Bale Udang Mang Engking Kuta adalah pelopor restoran keluarga yang menyajikan rangkaian hidangan laut bercita rasa Sunda. Setiap pengunjung yang datang ke sini bisa mengambil tempat duduk di atas floating bale yang mengelilingi danau, lengkap dengan panorama kolam ikan yang sangat luas. Cocok untuk mengajak anggota keluarga dalam jumlah besar.

Bale Udang Mang Engking juga sudah mengantongi sertifikat halal MUI, lho, sehingga aman untuk kamu yang ingin mengonsumsi makanan halal di Bali. Di sini juga tersedia live seafood yang memungkinkan kamu untuk bisa pilih-pilih menu santapan sendiri. Nah, selagi menunggu makanannya matang, kamu bisa mengisi waktu dengan memberi makan ikan yang ada di area kolam. Salah satu menu andalan Mang Engking adalah Udang Bakar Madu-nya yang punya kombinasi rasa segar, manis, legit, dan juga gurih.

Alamat: Jl. Nakula No.88, Pemecutan Klod, Kec. Denpasar Bar., Kota Denpasar, Bali 80119
Jam buka: Senin - Minggu (11.00 - 22.00)  
Kisaran harga: Rp50.000 - Rp100.000 per orang

6. Gula Bali The Joglo

Gula Bali The Joglo, photo by Sutiah Ong

Gula Bali The Joglo menjadi tempat makan siang di Bali selanjutnya yang cocok untuk healing sejenak dari padatnya hiruk pikuk tengah kota. Hal ini lantaran Gula Bali berada cukup tersembunyi di tengah perkebunan hijau yang asri dan menenangkan, meskipun sebetulnya hanya terletak beberapa langkah saja dari kawasan tersibuk Sunset Road. Konsep bangunannya sendiri mengadaptasi elemen klasik dengan material kekayuan yang kental akan rumah adat Jawa.

Luas area Gula Bali terbilang spacious dan punya banyak spot foto. Selain menyajikan makanan halal nusantara, restoran ini juga dikenal dengan pilihan jajanan khas Bali-nya yang luar biasa lezat, mulai dari Rujak Kuah Pindang, Tipat Cantok, Es Daluman, Kolak Campur, Sumsum Hijau, dan masih banyak lagi. Sementara itu, main course favorit dari Gula Bali jatuh kepada Nasi Ayam Betutu yang kaya akan rempah tradisional dan dipadukan bersama nasi hangat. Cocok buat makan siang!

Alamat: Jl. Merdeka Raya No.6, Kuta, Kec. Kuta, Kabupaten Badung, Bali 80361
Jam buka: Senin - Minggu (09.00 - 17.00)
Kisaran harga: Rp50.000 - Rp100.000 per orang

7. HoiAn by MeVui

HoiAn by MeVui, photo by Instagram @/hoianbymevui

Bosan dengan variasi masakan lokal dan ingin mencoba sesuatu yang baru? Coba saja datang ke HoiAn by Mevui untuk mencicipi kuliner otentik Vietnam yang terletak di daerah Canggu ini. Konsep bangunannya sendiri begitu kental dengan nuansa Vietnam yang didominasi oleh warna kuning cerah. Sangat kontras dengan hamparan sawah yang membentang di sekelilingnya. Yup, penataan meja dan kursi di restoran ini didesain terbuka yang menghadap langsung ke area persawahan, bisa jadi spot lihat sunset juga, lho.

Berbicara tentang kuliner khas Vietnam, tentu HoiAn by MeVui tidak tanggung-tanggung dalam mengemas variasi menu yang ditawarkan. Salah satunya adalah Pho yang merupakan makanan berkuah kaldu sapi ala Vietnam, lengkap dengan kondimen berupa mi putih kenyal, irisan daging, bakso, dan sayur-sayuran. Rasanya benar-benar perpaduan yang seimbang antara gurih, pedas, asam, dan manis, sehingga mampu menciptakan pengalaman bersantap yang memuaskan.

Alamat: Jl. Padang Linjong, Canggu, Kec. Kuta Utara, Kabupaten Badung, Bali 80351  
Jam buka: Senin - Minggu (09.00 - 22.00)  
Kisaran harga: Rp50.000 - Rp100.000 per orang

8. Ulekan

Ulekan, photo by Bali.com

Ulekan menjadi salah satu restoran di Kuta paling favorit bagi wisatawan lokal dan mancanegara yang sering berburu tempat makan siang di Bali. Pasalnya, selain menyuguhkan estetika tradisional lewat konsep interiornya yang bernuansa rumah kayu, Ulekan juga menyajikan masakan khas Indonesia yang semuanya menggunakan bahan-bahan lokal dan berpedoman pada resep otentik warisan turun-temurun.

Suasana tempatnya benar-benar menjanjikan kenyamanan setiap pengunjung karena terletak di tepi jalan yang tenang dan jauh dari keramaian kota. Ulekan menyajikan variasi masakan tradisional Indonesia yang meliputi Ayam Bakar Belacan, Nasi Campur, Sate Domba, Kare Sari Laut, hingga olahan Rendang Sapi dengan teksturnya yang lembut dan super juicy!

Alamat: Jl. Tegal Sari Jl. Pantai Berawa No.34, Tibubeneng, Kec. Kuta Utara, Kabupaten Badung, Bali
Jam buka: Setiap hari (12.00 - 22.00)
Kisaran harga: Rp50.000 - Rp100.000 per orang

9. KooD

KooD, photo by Stephany

Ada tempat makan siang di Bali yang menyuguhkan konsep berbeda dibanding restoran pada umumnya, nih, namanya KooD atau Kolaborasi Untuk Desa. KooD menyuguhkan variasi masakan sehat dengan bahan baku yang diolah sendiri dan 100% organik tanpa mengandung MSG, bahkan juga tidak ada kandungan hewani sama sekali di setiap hidangannya. Restoran ini mengadaptasi sistem self-service yang mengharuskan kamu untuk merapikan peralatan makan sendiri di tempat yang sudah tersedia.

Desain bangunan KooD cukup lekat dengan gaya industrial. Bagian dindingnya berkonsep unfinished dan terdiri dari batu bata merah yang dibuat berlubang sehingga bisa jadi spot foto yang ciamik. Kalau berkunjung ke sini, jangan lupa coba menu Yamin Noodle yang bercita rasa gurih dan jadi andalan bagi mayoritas pengunjung. Satu porsi mie Yamin sudah termasuk tempe, kubis, kubis, aneka sayuran, dan saus.

Alamat: Jl. Kutat Lestari No.2, Sanur Kauh, Denpasar Selatan, Kota Denpasar, Bali 80228  
Jam buka: Setiap hari (07.30 - 09.30)
Kisaran harga: Di bawah Rp50.000 per orang

10. Braya

Braya, photo by Ni Wayan Citra Widiasih

Ada restoran tersembunyi di daerah Sanur yang cocok buat WFC sekaligus menyantap makan siang, yaitu Braya Kitchen. Tempat ini terbagi menjadi area indoor dan outdoor dengan fasilitas stop kontak yang banyak untuk menunjang kegiatan bekerja. Bagian interiornya juga dibuat sangat menarik dengan sentuhan pop art dan padu padan warna bold. Braya Kitchen menyuguhkan sajian Indonesia dan Barat dengan harga murah meriah, seperti Nasi Goreng Bumbu Bali, Ayam Cabe Garam, Beef Tortilla Wrap, Pesto Pizza, dan Pork Ribs.

Alamat: Jl. Batur Sari No.24, Sanur, Denpasar Selatan, Kota Denpasar, Bali 80228  
Jam buka: Setiap hari (08.00 - 22.00)  
Kisaran harga: Rp50.000 - Rp100.000 per orang

11. Warung Mak Beng

tempat makan siang di bali
Warung Mak Beng, photo from live2makan.com

Warung Mak Beng menjadi salah satu tempat makan siang di Bali yang telah masuk ke dalam 150 restoran paling legendaris di dunia versi TasteAtlas. Tidak tanggung-tanggung, warung makan ini menduduki peringkat ketiga, loh!

Telah berdiri sejak tahun 1941, Warung Mak Beng menawarkan menu andalan, yakni sup ikan dan ikan goreng. Jenis ikan yang dimasak berasal dari tangkapan nelayan lokal di daerah Sanur maupun wilayah Bali lainnya. Jadi, bisa dipastikan jaminan kesegarannya.

Ciri khas masakan Warung Mak Beng adalah penggunaan bumbu-bumbu tradisional khas Balinya. Bumbu-bumbu ini membuat cita rasa yang dihasilkan dari berbagai olahan ikan yang disajikan tidak amis sama sekali.

Bagi kamu yang ingin menikmati masakan Warung Mak Beng, kamu hanya perlu merogoh kocek sebesar Rp55.000 saja untuk satu porsi hidangan.

Alamat: Jalan Hang Tuah No.45, Sanur, Denpasar.
Jam Operasional: 08.00-22.00 WITA
Kisaran Harga: Mulai dari Rp55.000 per porsi.

12. Ayam Betutu Khas Gilimanuk

Ayam Betutu Khas Gilimanuk juga merupakan salah satu tempat makan legendaris di Bali. Tak heran jika banyak wisatawan yang memadati tempat ini hanya untuk mencicipi bagaimana hidangan yang diklaim tidak berubah rasanya sejak puluhan tahun lalu.

Jika kamu mencari tempat makan di Bali yang menyajikan aneka masakan ayam betutu, Ayam Betutu Khas Gilimanuk adalah pilihan terbaik untukmu. Di sini kamu bisa mencoba ayam betutu kuah, goreng, hingga bakar. Tentunya dengan aneka pilihan sambal matah, sambal embe, dan cabai krinyi.

Satu porsi ayam betutu yang berasal dari seperempat ekor ayam dihargai mulai dari Rp40.000 saja. Sangat terjangkau, bukan?

Alamat: Jalan Raya Tuban No.2X, Tuban, Kecamatan Kuta, Kabupaten Badung, Bali 80361
Jam Operasional: 08.30-22.00 WITA
Kisaran Harga: Mulai dari Rp40.000 per porsi.

13. Warung Nasi Bali Men Weti

Rekomendasi tempat makan siang di Bali selanjutnya adalah Warung Nasi Bali Men Weti. Warung makan yang sudah berdiri sejak 1970 ini menyediakan berbagai menu lezat dengan harga yang ramah di kantong anak kost di Bali.

Salah satu menu andalan Warung Nasi Bali Men Weti adalah nasi campurnya yang berisikan nasi, sayur urap bali yang terbuat dari tauge, bayam, kacang panjang, pare, kangkung, dan daun gonde. Kemudian terdapat pula ayam suwir bumbu betutu, telur pindang rebus, emping, benyuh, dan dilengkapi dengan kuah kaldu berwarna kuning, dan diberikan toping kulit ayam yang garing. Sangat menggugah selera, bukan?

Alamat: Jalan Segara Ayu, Sanur, Bali.
Jam Operasional: 08.00-habis.
Kisaran Harga: Mulai dari Rp20.000 per porsi.

14. Milu by Nook

Jika kamu ingin makan siang di Bali dengan masakan Italia, Asia, dan Indonesia sekaligus, kamu bisa memilih Milu by Nook. Di sini kmau bisa menikmati olahan daging, seafood, hingga pasta dan masakan barat lainnya.

Lokasinya yang terletak di dekat area persawahan menjadi poin plus bagi Milu by Nook. Sebab, pengunjung dapat menikmati hidangan lezat sekaligus bersantai dengan pemandangan yang memukau.

Dari segi harga, Milu by Nook juga cukup terjangkau. Kamu hanya perlu mengeluarkan uang mulai dari Rp40.000 saja per porsinya untuk makan siang di sini. Sangat affordable kan?

Alamat: Jalan Pantai Berawa No.90 XO, Canggu, Kuta Tibubeneng, Kecamatan Kuta Utara, Badung, Bali.
Jam Operasional: 08.00-22.00 WITA
Kisaran Harga: Mulai dari Rp40.000

15. Warung Pink Tempong

Ingin makan siang di tempat yang memiliki nuansa unik? Warung Pink Tempong bisa jadi alternatif untukmu. Seperti namanya, Warung Pink Tempong memiliki nuansa serba pink di dalamnya. Mulai dari warna cat bangunan hingga warna alat makan yang serba pink.

Warung Pink Tempong menyediakan nasi tempong khas Banyuwangi dengan berbagai lauk pauk dan sambal. Selain itu, terdapat pula aneka lauk pendamping seperti ayam kampung bakar, ikan gurame, ati ampela, udang, dan masih banyak lagi.

Berbagai menu di Warung Pink Tempong tergolong cukup terjangkau, yakni dibanderol mulai dari Rp10.000 hingga Rp45.000 saja. Sementara jika kamu ingin menambah sambal, kamu bisa mengambil sepuasnya secara gratis.

Alamat: Jalan Teuku Umar No.176, Denpasar, Bali.
Jam Operasional: 11.00-23.00 WITA
Kisaran Harga: Mulai dari Rp10.000 per porsi.

Rata-rata dari rekomendasi tempat makan siang di Bali tadi dibanderol dengan harga yang terjangkau dan pastinya punya rasa nikmat, baik dari segi tekstur maupun rasa. Jadi, manakah yang sudah jadi incaran kamu?