10 Tempat Makanan Halal di Bali yang Bisa Jadi Pilihan

10 Tempat Makanan Halal di Bali yang Bisa Jadi Pilihan
Tempat Makanan Halal di Bali, photo by freepik.com

Bali memiliki kekayaan kuliner yang sangat beragam. Ciri khas bumbunya menambah kelezatan makanan dan memberikan kenangan tidak terlupakan bagi para wisatawan. Liburan akan terasa lebih sempurna kalau kamu juga menikmati makanan khas Bali.

Namun sudah menjadi rahasia umum kalau di Bali ada banyak makanan nonhalal yang tidak bisa dimakan oleh kaum Muslim. Namun itu bukan menjadi masalah besar bagi wisatawan Muslim yang liburan ke Bali dan tetap ingin merasakan makanan khas di sana. Ada banyak tempat makan halal di Bali yang aman untuk kamu.

Penasaran di mana saja tempat makan halal di Bali yang bisa kamu coba? Ini dia 10 rekomendasi yang bisa menjadi pilihan tempat makan halal kalau kamu liburan di Bali!

Nasi Ayam Kedewatan Bu Mangku

Nasi Ayam Kedewatan Bu Mangku, photo by liburanbali.net

Salah satu langganan para wisatawan muslim yang sedang berlibur ke Bali adalah Nasi Ayam Kedewatan Bu Mangku. Wisatawan bisa menikmati makanan yang lezat di tengah restoran yang berkonsep pendopo rumah khas Bali. Feel yang menenangkan dan syahdu akan sangat terasa. Kamu bisa datang ke Nasi Ayam Kedewatan Bu Mangku bersama teman atau keluarga. Selain makanan dan tempatnya yang nikmat, tentu juga halal sehingga aman bagi para wisatawan Muslim.

Rekomendasi Menu

Restoran satu ini sudah sejak lama terkenal memiliki menu rekomendasi nasi ayam yang enak di seantero Bali. Satu porsi makanannya juga berisi sate lilit khas Bali, telur, ayam sisit, ayam goreng, sayur lawar, dan sambal. Citarasanya yang kaya akan bumbu rempah dan ayamnya yang empuk membuat siapa pun akan ketagihan.

Alamat: Jl. Raya Kedewatan No.18, Kedewatan, Kecamatan Ubud, Kabupaten Gianyar, Bali
Jam Buka: 07.00-21.00 WITA
Kisaran Harga: Mulai dari Rp15.000

Ayam Betutu Ibu Nia

Ayam betutu merupakan makanan khas Bali yang tidak boleh kamu lewatkan ketika liburan. Terbuat dari ayam utuh yang diisi dengan bumbu rempah, lalu dipanggang dalam sekam. Tentu ada banyak sekali restoran di Bali yang menjual ayam betutu. Β Tapi kalau ingin makan di restoran dengan sertifikasi halal dari MUI, kamu bisa datang ke Ayam Betutu Ibu Nia. Berada di kawasan Denpasar, Ayam Betutu Ibu Nia sudah ada sejak tahun 2013 lalu.

Rekomendasi Menu

Menu utamanya adalah ayam betutu original yang memakai kuah, ayam betutu goreng, dan nasi campur ayam betutu. Semuanya memakai ayam kampung. Tidak lupa dilengkapi dengan tiga varian sambal, yaitu sambal terasi, sambal embe, dan sambal matah. Ayam Betutu Ibu Nia adalah salah satu ayam betutu terenak di Bali yang tidak boleh kamu lewatkan.

Alamat: Jl. Merdeka No.1, Renon, Kec. Denpasar Tim., Kota Denpasar, Bali
Jam Buka: 10.00-22.00 WITA
Kisaran Harga: Mulai dari Rp25.000

Warung Mak Beng

Warung Mak Beng, photo by liburanbali.net

Ingin makan sambil menikmati pemandangan laut? Kamu bisa datang ke Warung Mak Beng yang tepat berada di pinggir pantai wisata Sanur. Warung Mak Beng menjadi salah satu restoran legendaris di Bali karena sudah ada sejak tahun 1941. Sampai sekarang, penggemarnya tetap banyak karena rasa makanannya sudah terkenal lezat.

Rekomendasi Menu

Warung Mak Beng menyediakan menu olahan ikan yang halal dan aman untuk wisatawan Muslim. Meskipun hanya menyediakan satu jenis paket menu, namun tidak pernah membuat pelanggan merasa bosan. Kamu bisa menikmati satu porsi nasi putih dengan ikan goreng, sop ikan segar, serta sambal yang pedasnya nampol.

Alamat:  Jalan Hang Tuah No.45, Sanur Kaja, Denpasar Selatan
Jam Buka: 08.00-22.00 WITA
Kisaran Harga:  Mulai dari Rp45.000

Bebek Tepi Sawah

Bebek Tepi Sawah, photo by nibble.id

Selain bisa menikmati hidangan di pinggir pantai, kamu juga bisa menikmati makanan sambil memandangi keindahan terasering persawahan Bali yang membentang. Salah satu tempat makan halal di Bali yang berada di tepian sawah adalah Bebek Tepi Sawah. Sesuai namanya, restoran satu ini menyediakan menu olahan bebek yang nikmat.

Bebek Tepi Sawah berpusat di Ubud, Bali. Selain itu, ada beberapa cabang Bebek Tepi Sawah yang bisa kamu temui di wilayah lain, seperti Nusa Dua, Tuban, dan Beachwalk Kuta.

Rekomendasi Menu

Menu best seller yang menjadi rekomendasi di sini adalah bebek dan ayam betutu yang memiliki bumbu khas. Bumbunya meresap dan dagingnya empuk. Itulah yang membuat Bebek Tepi Sawah selalu ramai. Selain itu, makanan di sini juga sudah terjamin aman dan halal untuk wisatawan Muslim. Selain menu yang sudah disebutkan, ada juga bebek crispy, bebek panggang, dan mesuir yang tidak kalah menarik untuk dicoba.

Alamat: Jl. Raya Goa Gajah, Br Teges, Peliatan, Ubud, Bali
Jam Buka: 10.00-22.00 WITA
Kisaran Harga: Mulai dari Rp22.000

Nasi Tempong Pink

Tempat makan yang satu ini sangat hits di Bali. Keunikan dari Nasi Tempong Pink adalah seluruh ruangan dibuat berwarna pink. Tidak hanya dinding, tetapi meja, kursi, piring, gelas, bahkan pegawainya pun memakai pakaian pink. Slogan dari Nasi Tempong Pink adalah "Monyor Monyor", artinya kamu akan merasakan kepedasan yang mantap dari sambalnya hingga membuat bibir kamu terasa bengkak.

Rekomendasi Menu

Menu yang direkomendasikan di Nasi Tempong Pink adalah hidangan nasi yang dilengkapi ikan asin, tempe, tahu, rebusan sayur, dan sambal pedas yang menjadi ciri khasnya. Kemudian hidangan itu ditambahkan dengan lauk yang bisa kamu sesuaikan dengan selera, mulai dari ayam kampung, bebek, ikan lele, dan lainnya. Dagingnya lembut dan bumbunya meresap. Ditambah dengan sensasi pedas dari sambal akan membuat kamu makan dengan lahap. Menarik, kan?

Alamat: Jl. Teuku Umar No.172, Dauh Puri Kauh, Kec. Denpasar Bar., Kota Denpasar
Jam Buka: 10.30-21.00 WITA
Kisaran Harga: Rp14.000-Rp64.000

Bale Udang Bali

Bale Udang Bali, photo by nibble.id

Rekomendasi selanjutnya, kalau kamu ingin makan di tempat yang sudah terjamin memiliki sertifikat Halal dari MUI, bisa datang ke Bale Udang Bali di kawasan Denpasar. Memiliki konsep seperti restoran ala Sunda dengan danau di bagian tengahnya. Kamu bisa menikmati hidangan di bale-bale yang ada di sekeliling danau. Konsep bangunannya cantik dan tradisional, membuat siapa pun yang makan di sini akan merasa betah. Kamu bisa makan di Bale Udang Bali bersama teman atau keluarga besar.

Rekomendasi Menu

Menu makanan yang disediakan Bale Udang Bali adalah menu-menu khas Sunda yang sangat menggugah selera. Selain itu, menu udang bakar di sini menjadi favorit, mulai dari udang bakar madu, udang saus asam manis, saus telur asin, dan saus singapore. Ada juga gurame bumbu cobek, ayam goreng serundeng, cumi saus padang, dan lainnya.

Alamat: Jl. Nakula No.88, Pemecutan Klod, Kec. Denpasar Barat, Kota Denpasar, Bali
Jam Buka: 11.00-22.00 WITA
Kisaran Harga: Mulai dari Rp125.000/set

Nasi Jinggo Tutu

Nasi Jinggo Tutu, photo by liburanbali.net

Nasi jinggo juga merupakan salah satu makanan khas Bali yang sudah terkenal kelezatannya. Untuk kelezatan, tidak perlu diragukan lagi karena Nasi Jinggo Tutu memiliki banyak sekali penggemar, baik masyarakat lokal maupun wisatawan. Selain itu, kehalalannya juga sudah terjamin, jadi aman untuk pelanggan Muslim.

Rekomendasi Menu

Pilihan menu yang menjadi keunikan Nasi Jinggo Tutu adalah pilihan nasi putih atau kuning. Biasanya, nasi jinggo adalah sekepalan nasi dengan lauk tempe goreng, ayam suwir, mie, dan sambal yang dikemas dengan daun pisang. Namun di Nasi Jinggo Tutu, kamu bisa makan dengan sajian yang lebih besar di atas piring.

Alamat: Jl. Raya Kuta No.108X, Kuta, Kec. Kuta, Kabupaten Badung
Jam Buka: 11.00-22.00 WITA
Kisaran Harga: Rp19.000

Warung Makan Nikmat

Warung Makan Nikmat, photo by nibble.com

Satu lagi tempat makan halal yang bisa kamu temukan di wilayah Kuta adalah Warung Makan Nikmat. Menyediakan masakan rumahan yang nikmat seperti namanya. Rumah makannya sederhana, namun bisa menjadi pilihan yang tepat ketika kamu sedang berlibur ke Bali. Harganya juga sangat pas di kantong dan rasa makanannya seakan menjadi zona nyaman karena cocok di lidah siapa pun.

Warung Makan Nikmat menyediakan berbagai makanan khas Jawa dengan konsep prasmanan. Kamu bisa memilih dan mengambil sendiri menu sesuai dengan selera dan porsi yang cocok.

Rekomendasi Menu

Beberapa menu yang bisa kamu temukan di sini antara lain nasi rames, nasi pecel, nasi rawon, nasi rendang daging, soto ayam, soto daging, hingga sayur bening. Ada juga tambahan seperti tempe, tahu, perkedel, kentang balado, ayam goreng, dan lainnya. Pasti sangat cocok di lidah kamu, kan?

Alamat: Gg. Biduri No.6A, Kuta, Kec. Kuta, Kabupaten Badung, Bali
Jam Buka: 08.00-21.00 WITA
Kisaran Harga: Rp12.000-Rp20.000

Ayam Bakar Taliwang Baru

Ayam Bakar Taliwang Baru, photo by medium.com

Ingin merasakan nikmatnya makanan khas Lombok, tapi kamu sedang berada di Bali? Tenang saja. Kamu bisa datang ke Ayam Bakar Taliwang Baru yang ada di Denpasar. Restoran Ayam Bakar Taliwang Baru juga menjadi salah satu tempat makan halal di Bali yang sudah legendaris. Berdiri sejak tahun 1986 dan masih eksis sampai saat ini.

Restoran Ayam Bakar Taliwang Baru bisa menampung sampai 100 pelanggan. Jadi sangat cocok makan di sini kalau kamu datang ke Bali bersama keluarga besar atau rombongan dengan jumlah orang yang banyak.

Rekomendasi Menu

Menu utama di Ayam Bakar Taliwang Baru adalah ayam bakar taliwang dan plecing kangkung. Kepedasannya yang khas akan menjadi momen tidak terlupakan ketika makan di Bali. Selain menu tersebut, masih ada menu lain yang tidak kalah lezat, di antaranya sate pusut, sate rembige, beberuk terong, serta sambal terasinya yang mantap. Mau coba?

Alamat: Jl. Teuku Umar No.8, Dauh Puri Kauh, Kec. Denpasar Bar., Kota Denpasar, Bali
Jam Buka: 10.00-21.30 WITA
Kisaran Harga: Rp45.000

Warung Mami

Warung Mami, photo by tripadvisor.co.id

Terakhir, ada rekomendasi tempat makan seafood di wilayah Jimbaran yang terjamin halal, yaitu Warung Mami. Terlihat seperti warung makan sederhana, namun tempatnya sangat bersih dan rapi. Tidak heran kalau datang ke sini, antreannya selalu panjang.

Bagi wisatawan, Warung Mami sudah terkenal menyediakan berbagai olahan seafood dan ikan laut yang segar dan berkualitas. Jika stok seafood hari itu sudah habis, Warung Mami akan tutup. Jadi, sebaiknya kamu datang ke sini lebih cepat agar tidak kehabisan.

Rekomendasi Menu

Menu utama yang bisa kamu nikmati dan menjadi rekomendasi di Warung Mami adalah ikan, karang, dan udang bakar yang ditambahkan aneka pilihan sambal, seperti sambal terasi, matah, atau kecap. Nikmat sekali makan seafood sambil menikmati suasana tepian pantai Jimbaran.

Alamat: Jl. Uluwatu II No.30X, Jimbaran, Kec. Kuta Sel., Kabupaten Badung, Bali
Jam Buka: 13.00-19.00 WITA
Kisaran Harga: Mulai dari Rp50.000

Nah, itulah 10 rekomendasi makanan halal di Bali yang bisa menjadi pilihan yang aman bagi kamu para wisatawan Muslim. Jadi, meskipun di Bali ada banyak tempat yang menjual makanan nonhalal, kamu tidak perlu khawatir karena tidak sedikit pula tempat yang menjual makanan halal. Liburan akan tetap terasa menyenangkan tanpa rasa waswas salah makan.