10 Kedai Gelato di Bali yang Enak dan Paling Favorit!

10 Kedai Gelato di Bali yang Enak dan Paling Favorit!
Gelato di Bali, photo by freepik

Berjalan-jalan di Pulau Dewata nggak lengkap rasanya kalau belum mengunjungi tempat yang menjual aneka gelato otentik dan pastinya nikmat untuk disantap saat cuaca panas. Tekstur gelato yang lembut, pekat, dan segar, memang selalu menjadi favorit bagi sebagian orang. Kamu bisa dengan mudah menemukan kedai gelato di Bali yang sudah tersebar di berbagai titik populer. Cek rekomendasinya berikut ini, yuk!

10 Kedai Gelato di Bali

1. Vilo Gelato Umalas

Vilo Gelato Umalas, photo by Vilo Gelato

Rekomendasi kedai gelato di Bali yang satu ini punya bangunan super besar dengan interior yang aesthetic, lho. Vilo Gelato Umalas mengadaptasi konsep greenhouse yang dikelilingi oleh dinding serba kaca dan suluran dedaunan hijau di setiap sudutnya. Kesan asri nan segar dengan keberadaan pepohonan rindang dan sungai kecil pun akan senantiasa menyelimuti kamu saat mencicipi beragam gelato di sini.

Bahkan, tempat ini juga menyediakan kids playground di area outdoor yang bisa dimanfaatkan untuk anak-anak bermain. Terdapat 50 varian gelato dengan cita rasa unik yang dibanderol mulai dari Rp35 ribu per cup, sebut saja Jeruk Kunci, Pistachio, Es Teler, sampai Asinan Bogor. Mereka juga menyajikan aneka pastry dan main course dengan harga bersahabat.

Alamat: Jl. Bumbak Dauh, Kerobokan, Kec. Kuta Utara, Kabupaten Badung, Bali 80361  
Jam operasional: Senin - Jumat (10.00 - 22.00), Sabtu & Minggu (08.00 - 22.00)
Kisaran harga: Rp35.000 - Rp135.000

2. Massimo Gelato

Massimo Gelato, photo by Liam Lendermann

Massimo Gelato resmi jadi salah satu kedai gelato di Bali yang paling legendaris karena sudah berdiri sejak lebih dari 25 tahun lamanya. Seluruh kreasi gelato di sini merupakan mahakarya dari chef asli asal Italia, lho! Itulah mengapa Massimo Gelato memiliki tagline 100% natural ingredient Italia lantaran setiap varian rasanya memang dibuat khusus dari bahan-bahan natural yang berasal dari negeri berjulukan ‘lo stivale’ tersebut.

Kedai ini terletak strategis di Jalan Danau Tamblingan, Sanur, serta masih menyatu dengan restoran di Bali yang bernama Massimo Italian Restaurant. Terdapat banyak sekali varian rasa yang bisa dikemas ke dalam wafer cup, crepes, cone, sampai baby cup. Harga gelato untuk dua scoop di dalam cone adalah Rp20 ribu, sementara untuk tiga rasa cup besar hanya dipatok sekitar Rp50 ribuan saja. Cukup murah, bukan?

Alamat: Jl. Danau Tamblingan No. 228, Sanur, Bali 80237
Jam operasional: Setiap hari (09.00 - 23.00)
Kisaran harga: Rp20.000 - Rp50.000

3. Gusto Gelato & Cafe

Gusto Gelato & Cafe, photo by Instagram @/gustobali

Nah, kalau pilihan kedai gelato di Bali berikut ini memang sudah menjadi andalan bagi warga lokal maupun turis mancanegara yang sedang berpelesir di daerah Kuta. Gusto Gelato & Cafe menawarkan berbagai cita rasa es krim dan sorbet yang tidak hanya segar, namun juga luar biasa nikmat.

Untuk varian rasa gelatonya meliputi Teh Hijau, Yogurt, Mascarpone, Kopi Espresso, Kemangi, sampai gelato dengan sentuhan pedas-manis seperti Cokelat Cabai juga ada di sini. Sementara pilihan rasa sorbet yang bisa kamu nikmati, yaitu Blackcurrant, White Mango, Guava, sampai Soursop.

Daftar harga gelato yang tersedia mulai dari Rp35 ribu untuk cone atau cup kecil dengan dua rasa, Rp65 ribu untuk cup ukuran medium dengan tiga rasa, Rp100 ribu cup ukuran besar dengan empat rasa, dan terakhir yakni cup ukuran x-large yang dibanderol Rp175 ribu dengan lima rasa.

Alamat: Jl. Mertanadi No.46B, Kerobokan Kelod, Kec. Kuta Utara, Kabupaten Badung, Bali
Jam operasional: Setiap hari (10.00 - 22.00)  
Kisaran harga: Rp35.000 - Rp175.000

4. Ubud Gelateria

Ubud Gelateria, photo by Instagram @/gelateria.koolkreme

Ubud Gelateria adalah tempat makan gelato di Bali yang baru saja dibuka bulan Juli 2023 lalu. Brand ini merupakan milik gelato shop terkenal asal Jakarta, yaitu Kool Kreme. Selain terdapat variasi rasa umum seperti Rum Raisin, Pistachio, dan Salted Caramel, Ubud Gelateria juga membawa signature rasa yang nggak akan bisa kamu temukan di gerai gelato lainnya, sebut saja Korean Honey Lemon, dan Mac & Cheese, dan Coldbrew Oatly Latte.

Nggak hanya berupa cone saja, tetapi menu gelato persembahan dari cafe ini juga disajikan ke dalam bentuk yang unik, mulai dari waffle, croissant, choux, hingga burger gelato. Mau take away untuk dimakan bersama keluarga di rumah, tapi takut cepat mencair? Jangan khawatir, karena Ubud Gelateria akan memberikan cooler box agar tekstur gelato kamu tetap aman sentosa sampai tujuan.

Alamat: Jl. Raya Andong No.88x, Peliatan, Kecamatan Ubud, Kabupaten Gianyar, Bali 80571  
Jam operasional: Setiap hari (09.00 - 21.00)  
Kisaran harga: Rp40.000 - Rp65.000

5. Kynd Creamery

Kynd Creamery, photo by Instagram @/kyndcommunity

Kynd Creamery adalah sebuah cafe gelato di Bali persembahan dari restoran Kynd Community yang dikenal dengan sajian makanan berbahan dasar tumbuhan. Meski hanya memiliki 12 varian rasa, seperti Matcha, Ferrero Rocher, sampai Vanilla Bean Oreo, tapi kreasi gelato dari Kynd Creamery ini juga dibuat dengan sumber bahan baku 100% plant based, lho, sehingga benar-benar vegan-friendly alias cocok untuk kamu para vegan! Uniknya lagi, Kynd Creamery punya banyak varian topping dengan bentuk unik yang bisa kamu pilih sesuai selera, dan dijamin mampu mempercantik tampilan gelato pesananmu!

Alamat: Jl. Petitenget No.88A, Kerobokan Kelod, Kec. Kuta Utara, Kabupaten Badung, Bali 80361
Jam operasional: Setiap hari (09.00 - 22.00)  
Kisaran harga: Rp25.000 - Rp77.000

6. Romano Gelato

Romano Gelato, photo by Instagram @/romanogelato.id

Mencari gelato otentik Italia berkualitas premium yang terbuat dari bahan-bahan alami? Yuk, segera kunjungi Romano Gelato yang lokasinya ada di Beachwalk Shopping Center, Bali ini. Kamu dapat menemukan sekitar 13 varian rasa yang meliputi Fragola, Blue Vanilla, Bubblegum, Choco Mint, dan lain-lain. Mau tambah topping di bagian atas? Romano Gelato juga menyediakan aneka topping menarik, seperti Caramel Crumbs, Almond Sliced, Oreo Crumbs, dan Sprinkles.

Alamat: Beachwalk Shopping Center, Kuta, Badung Regency, Bali 80361
Jam operasional: Setiap hari (09.00 - 22.00)
Kisaran harga: Rp39.500 - Rp60.000

7. Gaya Gelato

Gaya Gelato, photo by gayagelato.com

Gaya Gelato adalah sebuah brand gelato asal Pulau Dewata yang cabangnya sudah tersebar di hampir seluruh daerah terkenal yang ada di Bali. Semua sajian gelato hingga pastry yang dihidangkan di sini dibuat dengan bahan baku premium tanpa menggunakan emulsi atau bahan pengawet apa pun, sehingga bisa menghasilkan gelato artisan Italia berkualitas tinggi.

Salah satu cabang terbaiknya ada di Jalan Raya Petitenget yang terletak hanya sekitar 5 menit berjalan kaki dari Pantai Petitenget. Ada banyak sekali variasi rasa gelato yang bisa kamu cicipi di gerai Gaya Gelato, mulai dari Fragola, Tiramisu, Caffe, Sirsak, Panna Cotta, Mints Chocolate, dan masih banyak lagi. Harga gelato termurahnya yaitu Rp33 ribu untuk ukuran small cup, sementara yang paling besar adalah Rp110 ribu untuk ukuran 500 gram.

Alamat: Jalan Raya Petitenget No.2002 Seminyak, Kerobokan Kelod, Badung, Kabupaten Badung, Bali, 80361  
Jam operasional: Setiap hari (10.00 - 23.00)  
Kisaran harga: Rp33.000 - Rp110.000

8. Mad Pops

Mad Pops, photo by Instagram @/madpopsbali

Pernah viral berkat spot Instagramable yang dimilikinya membuat kehadiran Mad Pops selalu menjadi incaran bagi para pelancong yang sedang berjalan-jalan di sekitar Seminyak, Bali. Desain interior dari cafe gelato ini didominasi oleh potongan ubin bersih, padu padan warna cerah, dan neon sign yang ikonik. Kamu bisa menemukan berbagai rasa gelato yang nikmat dan otentik, mulai dari Stracciatella, Pandan Coconut, sampai Salted Caramel Popcorn dengan cita rasa manisnya yang pas.

Harga satu scoop gelato Mad Pops dihargai Rp35 ribu dan yang termahalnya ada di kisaran Rp95 ribu untuk empat buah scoop. Jika kamu ingin menambahkan topping, maka kamu perlu mengeluarkan Rp10 ribu hingga Rp25 ribu lagi. Es krim Mad Pops dibuat dengan bahan dasar kelapa yang segar dan berkualitas tinggi.

Alamat: Jl. Kayu Aya No.48, Seminyak, Kec. Kuta, Kabupaten Badung, Bali 80361
Jam operasional: Setiap hari (09.00 - 22.00)
Kisaran harga: Rp35.000 - Rp95.000

9. Gelato Factory

Gelato Facotory, photo by Instagram @/gelatofactorybali

Satu lagi tempat makan gelato di Bali yang selalu menjadi favorit dan nggak pernah sepi oleh para pengunjung, yaitu Gelato Factory. Paling spesial dari cafe ini adalah menu gelatonya yang sudah terbukti sehat dan enak. Nggak hanya bebas gluten, tetapi juga bebas dari lemak terhidrogenasi dan pewarna buatan. Hingga saat ini, Gelato Factory sudah punya tujuh cabang yang tersebar di sejumlah wilayah Bali.

Terdapat total 25 varian rasa gelato dan sorbet yang terdiri dari Coffee, Fior di latte, Oreo, Peanut Butter, Dark Choco, hingga Passion Fruit Sorbet. Kamu cukup membayar Rp35 ribuan saja untuk bisa mendapatkan satu buah cup berisi dua rasa, dan Rp38 ribu untuk satu cone yang juga berisi dua rasa.

Alamat: Jl. Kayu Aya No.32, Kerobokan Kelod, Kec. Kuta Utara, Kabupaten Badung, Bali 80361
Jam operasional: Setiap hari (08.00 - 23.30)
Kisaran harga: Rp35.000 - Rp75.000

10. Vilo Gelato Kuta

Vilo Gelato Kuta, photo by Instagram @/vilogelato

Kalau tadi ada Vilo Gelato cabang Umalas yang punya desain interior menawan, kali ini rekomendasi outlet Vilo Gelato cabang Discovery Mall Kuta juga nggak kalah memesona sehingga wajib untuk masuk ke dalam wishlist kamu. Tempat makan gelato di Bali ini bersisian langsung dengan panorama Pantai Kuta yang membentang dengan indah. Terdapat banyak seating spot super luas yang dikelilingi dinding kaca serta terbagi menjadi area indoor dan outdoor.

Kamu juga berpeluang untuk bisa melihat megahnya matahari terbenam sambil menikmati aneka dessert segar khas Vilo Gelato di area daybed sofa. Pilihan gelatonya berjumlah lebih dari 40 rasa yang beberapa di antaranya yaitu Strawberry Cheesecake, Bourbon & Brownies, Roasted Smores, sampai Black Vanilla.

Alamat: Jl. Bumbak Dauh, Kerobokan, Kec. Kuta Utara, Kabupaten Badung, Bali 80361
Jam operasional: Setiap hari (10.00 - 22.00)
Kisaran harga: Rp35.000 - Rp135.000

Nah, itu dia rekomendasi kedai gelato di Bali yang bisa kamu cicipi saat cuaca panas untuk melepas dahaga. Selain dikenal punya cita rasa yang nikmat, rata-rata gelato dalam daftar di atas juga masih sangat terjangkau, sehingga dijamin nggak akan menguras isi dompetmu. Selamat mencoba!