Inilah 10 Jajanan Khas Bali yang Ikonik dan Wajib Dicoba!

Inilah 10 Jajanan Khas Bali yang Ikonik dan Wajib Dicoba!
Jajanan khas Bali, photo by iNews

Selain memiliki pantai dan destinasi wisata yang indah, Bali juga dikenal sebagai salah satu destinasi kuliner. Ada banyak sekali pilihan restoran, tempat makan, hingga jajanan khas Bali yang wajib kamu coba saat sedang berlibur ke Pulau Dewata. Supaya kamu bisa mencicipi aneka jajanan khas Bali yang enak dan ikonik, berikut ini kami berikan rekomendasinya!

Pia Bali

Pia Bali, photo by Pia Eiji

Banyak sekali yang beranggapan bahwa tidak hanya Jogja saja yang memiliki kue Pia atau Bakpia. Pia merupakan salah satu jajanan khas Bali yang memiliki bentuk dan bahan yang menyerupai Bakpia Jogja. Yang menjadi pembeda antara Pia Bali dengan Bakpia Jogja adalah isian dari Pia Bali yang lebih bervariatif dan ukurannya yang relatif lebih besar. Selain berisi kacang hijau, Pia Bali ada juga yang memiliki isian seperti strawberry, cokelat, dan aneka rasa buah-buahan lainnya. Tertarik ingin mencoba Pia Bali? Berikut ini adalah rekomendasinya!

Laklak

Laklak, photo by Suara

Laklak adalah jajanan khas Bali yang terbuat dari tepung beras dan memiliki bentuk menyerupai serabi. Bahan dasar dari laklak adalah tepung, kayu sugih dan campuran kapur sirih. Laklak biasanya disajikan dengan siraman kuah yang terbuat dari gula merah, garam dan ditaburi dengan parutan kelapa untuk memberikan rasa manis yang dipadu dengan sedikit sentuhan rasa gurih.

Secara penampilan, laklak sangat mirip sekali dengan kue serabi. Yang membuat laklak menjadi unik adalah proses memasaknya yang menggunakan kendi tradisional dan diletakkan di atas api besar, lalu kendi ditutup hingga adonan mengembang dan matang sempurna. Laklak yang dimasak di dalam kendi akan menghasilkan kue yang tebal, dengan tekstur crispy di luar dan lembut pada bagian dalamnya. Berikut adalah rekomendasi penjual Laklak yang bisa kamu coba.

Pie Susu

Pie Susu, photo by Berita Sukoharjo

Nah, buat kamu yang sering berlibur ke Bali tentu sudah mengetahui bahwa pie susu merupakan salah satu jajanan khas Bali yang sangat ikonik dan sering dijadikan oleh-oleh. Pie susu ini merupakan salah satu jenis kue kering yang bagian tengahnya berisi custard yang terbuat dari campuran susu dan krim. Rasanya yang manis, lembut dan crunchy menjadikan pie susu favorit dan disukai oleh banyak orang. Berikut adalah pie susu di Bali yang wajib kamu beli!

Jaje Klepon

Jaje Klepon, photo by Cookpad

Jaje Klepon adalah salah satu jajanan khas Bali yang bisa kamu temui dengan mudah di pinggir jalan. Jajanan basah yang enak ini terbuat dari bahan dasar tepung ketan murni tanpa adanya campuran apapun dan membuat jaje klepon menjadi sangat lembut. Saat disajikan, jaje klepon akan ditaburi oleh parutan kelapa, isian dalamnya menggunakan gula merah Bali cair yang akan lumer apabila kue digigit. Berikut adalah rekomendasi penjual jaje klepon Bali yang bisa kamu coba.

Sumping

Sumping, photo by Kompas

Berlibur ke Bali tidak lengkap rasanya apabila kamu belum pernah mecicipi jajanan khas Bali, salah satunya adalah sumping. Jajanan ini bisa kamu temukan dengan mudah di pagi hari. Salah satu yang menjadi ciri khas dari sumping adalah rasa legit dan manis yang berasal dari campuran labu kuning dan kelapa muda parut. Sumping biasanya disajikan saat masih panas supaya pembeli bisa makan sambil menikmati aroma daun pisang yang sangat wangi.

Nah, sumping biasanya bisa kamu temukan di berbagai pasar. Tertarik ingin mencoba? Berikut adalah beberapa pasar di mana jajanan ini ditemukan.

  • Pasar Kuta Bali
  • Pasar Nyang Nyang Sari
  • Pasar Badung Baru
  • Pasar Wates Sesetan

Jaje Cerorot

Jaje Cerorot, photo by Sonora.id

Tahukah kamu bahwa Jaje Cerorot merupakan salah satu jajanan khas Bali yang selalu hadir pada saat perayaan Hari Raya Nyepi? Jajanan tradisional ini terbuat dari bahan utama yaitu gula kelapa yang dicampur dengan santan, daun pandan, air, lalu direbus hingga matang. Selanjutnya, campuran tersebut akan dituangkan di atas tepung beras, tapioka, atau tepung sagu.

Jaje Cerorot dibungkus dengan menggunakan janur pohon kelapa yang sudah dibersihkan dan digulung hingga berbentuk layaknya kerucut. Adonan cerorot dituangkan ke dalam wadah kerucut tersebut lalu dikukus hingga matang selama 15 menit. Tertarik ingin mencoba? Kamu bisa mengunjungi pasar-pasar terdekat untuk membeli jajanan khas Bali yang ikonik satu ini!

Bendu

Bendu, photo by IDN Times

Bendu merupakan jajanan khas Bali yang berasal dari Kabupaten Jembrana. Jajanan ini secara penampilannya mirip sekali dengan lumpia yang dibungkus dengan daun pisang dan memiliki isian berupa gula unti yang manis yang dibuat dari campuran gula merah, garam, dan parutan kelapa. Bagian luar dari bendu terbuat dari bahan tepung ketan. Salah satu yang membuat jajanan ini menarik adalah biasanya disajikan pada saat ada upacara adat di Bali.

Jika kamu tertarik ingin mencoba Bendu, jajanan ini bisa kamu temukan di berbagai pasar di Bali. Supaya tidak kehabisan, pastikan untuk datang di bawah pukul 9 WITA ya!

Kaliadrem

Kaliadrem, photo by Tribun Wiki

Jajanan khas Bali yang ikonik selanjutnya adalah kaliadrem. Jajanan ini biasa dijadikan sebagai sesajen pada saat Upacara Adat Galungan dan umumnya dijual di pasar tradisional. Kaliadrem sendiri terbuat dari bahan tepung beras yang sudah dicampur dengan gula merah, gula pasir, dan sedikit garam untuk memberikan rasa gurih. Campuran bahan tersebut dicampur menjadi satu, lalu dibentuk segitiga, ditaburi wijen untuk mempercantik dan digoreng kering. Berikut adalah salah satu penjual kaliadrem di Bali yang bisa kamu coba.

Pisang Rai

Pisang Rai, photo by detikFood

Rekomendasi jajanan khas Bali yang wajib kamu coba selanjutnya adalah Pisang Rai. Secara tampilan, sekilas pisang rai terlihat seperti Es Pisang Hijau khas Makassar. Yang membedakannya adalah pisang rai tidak diberi siraman kuah manis. Sesuai dengan namanya, pisang rai terbuat dari pisang tanduk atau pisang raja yang tidak terlalu lembek. Pisang tersebut dikupas kulitnya, lalu dibalut dengan adonan berwarna hijau yang terbuat dari tepung beras, tepung tapioka, dan santan. Pada saat penyajian pisang rai akan ditaburi dengan kelapa parut dan gula merah, tertarik ingin mencoba? Kamu bisa coba mampir ke penjaja pisang rai yang berada di pasar-pasar terdekat, ya!

Jaje Injin

Jaje Injin, photo by Tribun Wiki

Rekomendasi jajanan khas Bali selanjutnya yang ikonik dan wajib kamu coba selanjutnya adalah Jaje Injin. Jajanan ini terbuat dari bahan dasar ketan hitam yang dikukus hingga matang, lalu ditiriskan. Setelah mengering, barulah diberikan taburan kelapa parut dan kuah kinca yang terbuat dari gula merah, air dan pandan untuk memberikan kombinasi rasa manis dan gurih yang menggoyang lidah. Jaje injin ini biasanya bisa ditemui dengan mudah di pasar-pasar tradisional.


Rekomendasi Kost Eksklusif yang Nyaman di Bali

Apabila memiliki rencana untuk berlibur atau pindah ke Bali, kamu bisa mencoba untuk tinggal di kost eksklusif yang modern dan nyaman di Bali. Desain kost yang memiliki sentuhan khas Bali akan memberikan sebuah suasana yang nyaman layaknya tinggal di villa atau resort. Tidak hanya itu saja, kost eksklusif di Bali ini juga memiliki banyak sekali fasilitas yang bisa kamu gunakan dan menunjang kenyamanan selama kamu tinggal.

Mulai dari Rp225.000/malam

Selengkapnya Tentang Kost Eksklusif di Bali