10 Rekomendasi Spot Sunset di Bali yang Super Indah

10 Rekomendasi Spot Sunset di Bali yang Super Indah
Photo from The Ungasan Clifftop Resort

Bali, pulau surga di Indonesia, tidak hanya terkenal dengan keindahan alamnya yang memesona, tetapi juga dengan sunset yang super cantik. Setiap golden hour di Bali menawarkan pengalaman yang luar biasa dengan warna-warna yang memukau dan pemandangan yang tak terlupakan.

Yuk, intip 10 rekomendasi spot sunset di Bali yang wajib kamu kunjungi!

Pura Tanah Lot

Photo from Museum Nusantara

Pantai Pura Tanah Lot adalah destinasi yang ideal untuk menikmati matahari terbenam dengan pemandangan pura di tengah laut. Terletak di Beraban, Kecamatan Kediri, Kabupaten Tabanan, Bali, pantai ini beroperasi dari pukul 06.00 hingga 19.00 WITA. Harga tiket masuk dimulai dari Rp 15.000 untuk anak-anak dan Rp 20.000 untuk orang dewasa, sementara biaya parkir berkisar antara Rp 2.000 untuk motor, Rp 5.000 untuk mobil, dan Rp 10.000 untuk bus.

Selain menikmati keindahan pulau karang, kamu dapat melihat ular suci, berburu foto, bermain di air laut, dan menyaksikan upacara keagamaan. Oh ya, saat ke sini, pastikan kamu tidak memukul atau melempari batu pada ular suci yang mungkin ditemui di pantai ini, sesuai dengan aturan kebudayaan setempat, ya.

Alamat: Beraban, Kediri, Tabanan Regency, Bali 82121
Jam Buka: 06.00 - 19.00 WITA

Pura Uluwatu

Photo from Klook

Pura Uluwatu, atau dikenal juga sebagai Pura Luhur Uluwatu terletak di Pecatu, Kuta Selatan, Kabupaten Badung, merupakan salah satu destinasi populer bagi para wisatawan yang ingin menikmati matahari terbenam di Bali. Di sini, kamu bisa melihat matahari terbenam dari atas tebing sekaligus menikmati pertunjukan tari kecak. Buat kamu yang belum tau, tari kecak adalah pertunjukan drama-tari yang menceritakan kisah Ramayana, di mana peran utamanya dimainkan oleh para penari laki-laki. Saat menyaksikan pertunjukkan tari ini, kamu akan melihat para penari duduk melingkar dan berseru "cak" sambil mengangkat kedua lengannya, menggambarkan salah satu episode penting dalam Ramayana, yaitu ketika barisan kera membantu Rama dalam pertarungan melawan Rahmana. Dijamin, seru banget!

Alamat: Pecatu, South Kuta, Badung Regency, Bali
Jam Buka: 07.00 - 19.00 WITA

Pantai Batu Bolong Canggu

Photo from YourTrip 

Berikutnya, Pantai Batu Bolong Canggu bisa menjadi salah satu lokasi terbaik untuk menikmati pemandangan matahari terbenam di Bali. Pasalnya, di sepanjang tepi pantai Batu Bolong Canggu, kamu bisa mampir ke banyak beach club yang ada seperti Sand Bar, Sunset Point Canggu, atau The Lawn Canggu.

Letak pantai Canggu yang menghadap ke arah barat daya memungkinkan kamu untuk menikmati matahari terbenam tanpa adanya gangguan. Pada waktu senja, warna langit membentuk gradasi yang memukau, dan perubahan warna langit terjadi dengan sangat cepat.

Alamat: Jl. Pantai Batu Bolong, Canggu, Kec. Kuta Utara, Kabupaten Badung, Bali
Jam Buka: 24 Jam

Pantai Melasti

Photo from Phinomo

Pantai Melasti di Desa Ungasan menjadi destinasi selanjutnya yang tepat untuk menyaksikan matahari terbenam di Bali. Di lokasi ini, kamu dapat menikmati pemandangan matahari tenggelam di balik tebing kapur yang memukau. Oh ya, untuk mencapai tepi pantai berpasir putih, kamu perlu melintasi tebing-tebing kapur yang menantang terlebih dahulu. Tapi tenang aja, semuanya akan terbayarkan dengan pemandangan yang kamu dapatkan, kok!

Alamat: Bali, Badung Regency, South Kuta, Ungasan, Unnamed Road
Jam Buka: 24 Jam

Pantai Mesari Seminyak

Photo from The Ungasan Clifftop Resort

Spot sunset di Bali selanjutnya ada Pasar Mesari Seminyak, atau juga dikenal dengan Pantai Double Six. Di sini, kamu bisa menikmati matahari terbenam di berbagai tempat hangout, salah satunya La Plancha Beach Restaurant yang memiliki banyak bean bag langsung menghadap pantai. Jadi, kamu bisa menikmati matahari terbenam sambil membaca buku, bersantai, atau menikmati berbagai hidangan yang lezat.

Psst, selain memiliki banyak pilihan tempat santai, pantai ini juga memiliki pantai yang cukup luas dan landai, jadi, meskipun area pantai ramai, pasti kamu tetap bisa dapatkan spot sunset terbaik!

Alamat: Jl. Camplung Tanduk, Seminyak, Kec. Kuta, Kabupaten Badung, Bali
Jam Buka: 24 Jam

Pantai Suluban

Photo from IDN Times

Berikutnya adalah Pantai Suluban, yang sering disebut sebagai Blue Point Beach Uluwatu oleh wisatawan internasional. Pesona pantainya tersembunyi di balik tebing karang, namun inilah yang menjadi daya tarik khusus dari Pantai Suluban.

Kamu dapat mengunjungi Pantai Suluban yang terletak di Desa Pecatu, Uluwatu, Kecamatan Kuta Selatan, Kabupaten Badung, Bali, dengan menggunakan kendaraan bermotor atau mobil karena lokasinya agak jauh dari pusat destinasi wisata lainnya.

Di sini, kamu bisa menikmati pemandangan matahari terbenam ditemani dengan suara deburan ombak yang menghantam karang. Kalau ke sini, jangan sampai lupa membawa cemilan untuk dinikmati sambil bersantai, ya!

Alamat: Pantai Suluban St No.18, Pecatu, South Kuta, Badung Regency, Bali 80361
Jam Buka: 24 Jam

Pantai Petitenget

Photo from Shutterstock 

Pantai Petitenget terletak di Seminyak, Kecamatan Kuta, Kabupaten Badung, Bali, secara spesifik berada di Desa Kerobokan, Kecamatan Kuta Utara, dengan jarak hanya 15 menit menggunakan kendaraan dari Denpasar. Mirip dengan pantai lainnya, pantai ini beroperasi 24 jam, dan pengunjung hanya perlu membayar biaya parkir sebesar Rp5.000 untuk sepeda motor dan Rp10.000 untuk mobil, jika membawa kendaraan.

Pesona utama yang membuat Pantai Petitenget terkenal adalah keindahan matahari terbenamnya yang luar biasa. Di sini, kamu dapat menyaksikan matahari terbenam dengan keindahan sempurna, perlahan tenggelam di ufuk Barat. Pada hari yang cerah, kamu akan melihat kombinasi warna pink, ungu, dan oranye secara bersamaan, disertai dengan suara deburan ombak dan gerombolan burung yang kembali ke sarangnya. Pastikan membawa kamera untuk menangkap momen keindahan ini, ya!

Alamat: Seminyak, Kuta, Badung Regency, Bali
Jam Buka: 24 Jam

Dreamland Beach

Photo from Flickr

Tempat rekomendasi selanjutnya adalah Dreamland Beach. Pantai ini, awalnya merupakan proyek perumahan dan objek wisata yang tertunda. Akhirnya, pantai ini dinamakan Dreamland Beach karena banyak petani yang berharap agar tanah impian itu dapat segera diselesaikan.

Dreamland Beach terletak di Desa Pecatu, di ujung selatan Kabupaten Badung, tepatnya di kompleks resort Bali Pecatu Graha (Kuta Golf Resort). Jarak tempuhnya mencapai 28 km dari Bandara I Gusti Ngurah Rai. Kamu dapat mengambil jalur melalui by-pass Ngurah Rai, lalu beralih ke jalan Uluwatu menuju Jalan Griya Alam Pecatu di Ungasan, dan melanjutkan dengan mengikuti jalan ke arah Jalan New Kuta Raya ke Pecatu.

Di pantai ini, kamu dapat menikmati berbagai aktivitas seperti berselancar, berjemur, berolahraga, menikmati kuliner lokal, hingga mencoba memancing. Untuk menikmati matahari terbenam, disarankan mengunjungi pantai antara pukul 16.00 hingga 18.00 WITA, ya.

Alamat: Jl. Pantai Balangan No.54, Pecatu, Kec. Kuta Sel., Kabupaten Badung, Bali 80361
Jam Buka: 24 Jam

Pantai Berawa

Photo from dewata.id

Pantai Berawa memiliki lokasi yang cukup terpencil. Meskipun pantai ini memiliki akses yang cukup sulit karena jalan yang kecil dan macet, namun, Pantai Berawa memiliki  daya tariknya sendiri yang mampu menarik perhatian para wisatawan dengan suasana pantai yang lebih tenang dengan pemandangan matahari terbenam yang memukau.

Di sini, kamu bisa menikmati matahari terbenam sambil berselancar, karena pantai ini memiliki ombak yang cukup besar, ideal untuk kegiatan selancar. Selain itu, kamu juga dapat bersantai di Finns Beach Club yang menyediakan kolam renang dan menawarkan berbagai pilihan makanan, minuman, dan hiburan musik dari DJ.

Alamat: Jl. Pemelisan Agung, Tibubeneng, Kec. Kuta Utara, Kabupaten Badung, Bali 80361
Jam Buka: 24 Jam

Sayan House

Photo from Klook

Jika sebelumnya rekomendasi spot sunset di Bali berada di pantai atau tebing, namun, rekomendasi terakhir ini spesial, nih. Sayan House terletak di Ubud, Kabupaten Gianyar, yang merupakan dataran tinggi dengan pemandangan pepohonan. Di Sayan House, kamu bisa nongkrong sambil menikmati masakan fusion Indonesia - Jepang hingga cocktail sambil menikmati pemandangan matahari terbenam dari atas tebing dengan pemandangan pepohonan rimbun dan sungai mengalir. Dijamin, cantik banget!

Alamat: Jl. Raya Sayan No.70, Sayan, Kecamatan Ubud, Kabupaten Gianyar, Bali 80571
Jam Buka: 12.00 - 23.00 WITA