5 Tempat Makan Ayam Betutu Terenak di Bali dan Legendaris

5 Tempat Makan Ayam Betutu Terenak di Bali dan Legendaris
Ayam Betutu Terenak di Bali, photo by www.gotravelly.com

Dari banyaknya makanan khas Bali yang enak, salah satu yang paling populer di kalangan wisatawan adalah ayam betutu. Jenis lauk-pauk berdaging lembut ini berpadu sempurna dengan bumbu yang meresap.

Penggunaan berbagai rempah tradisional seperti jahe, kemiri, kunyit, bawang, ketumbar, cabai, terasi, hingga gula merah membuat cita rasa ayam betutu sangat menggugah selera. Buat kamu yang lagi main di Bali, yuk mampir ke beberapa tempat makan ayam betutu terenak di Bali berikut ini!

Ayam Betutu Terenak di Bali

1. Ayam Betutu Men Tempeh

Ayam Betutu Men Tempeh, photo by Instagram/@makanber2

Sudah berjualan sejak 1978, kelezatan Ayam Betutu Men Tempeh sudah nggak perlu diragukan. Para turis yang masuk wilayah Bali via Pelabuhan Gilimanuk sudah pasti pernah mampir ke tempat makan ayam betutu terenak ini.

Meskipun ayamnya terbilang kecil karena memakai ayam kampung yang masih muda, kamu bakal terkesima dengan bumbunya yang diracik menggunakan bumbu base genep yang komplet. Menu ayam betutunya dijual dengan beberapa pilihan, yaitu per 1/4 ekor, 1/2 ekor, dan 1 ekor. Tersedia pula paket ayam betutu yang lebih hemat bagi pengunjung rombongan atau keluarga.

Alamat: Jl. Rajawali, Gilimanuk, Kec. Melaya, Kabupaten Jembrana, Bali
Jam buka: Setiap hari pukul 07.00 - 21.30 WITA
Harga: Di bawah Rp50.000/porsi

2. Ayam Betutu Khas Gilimanuk

Ayam Betutu Khas Gilimanuk, photo by Instagram/@danggood_eating

Dari pertama kali buka pada tahun 2003 lalu, Ayam Betutu Khas Gilimanuk cukup digemari. Minat masyarakat terhadap kuliner Ayam Betutu lumayan baik dan banyak yang mampir saat mengunjungi Gilimanuk untuk tangkil (sembahyang) ke pura. Sekarang pelanggan Ayam Betutu Khas Gilimanuk tidak hanya masyarakat lokal, tapi juga wisatawan internasional.

Ayam Betutu Khas Gilimanuk menyediakan pilihan ayam betutu kuah, goreng, dan bakar. Kamu juga bisa pilih berbagai jenis sambaL, mulai dari sambal matah, cabai krinyi, dan embe. Rasanya enak dan harganya juga terjangkau, pasti bikin kamu mau balik lagi.

Alamat: Jl. Raya Tuban No.2X, Tuban, Kec. Kuta, Kabupaten Badung, Bali
Jam buka: Setiap hari pukul 08.00 - 22.00 WITA
Harga: DI bawah Rp50.000/porsi

3. Warung Liku Gandapura

Warung Liku Gandapura, photo by denpasarkota.go.id

Kalau mau mampir ke Warung Liku Gandapura, sebaiknya kamu tidak bawa kendaraan mobil karena bakalan susah parkir. Salah satu tempat makan ayam betutu terenak di Bali ini berlokasi di gang kecil sehingga lebih baik kamu naik ojek online atau bawa kendaraan roda dua saja.

Meskipun tempatnya sederhana, kamu nggak perlu khawatir soal cita rasa ayam betutunya. Warung Liku Gandapura cuma menjual satu menu, yaitu Nasi Ayam Betutu sehingga sudah pasti rasanya maknyus.

Alamat: Jalan Gandapura III F, Kesiman Kertalangu, Denpasar Timur, Kesiman Kertalangu, Denpasar, Bali
Jam buka: Setiap hari pukul 06.00 - 20.00 WITA
Harga: Di bawah Rp50.000/porsi

4. Warung Ayam Betutu Mek Nengah

Warung Ayam Betutu Mek Nengah, photo by detik.net.id

Selanjutnya ada Warung Ayam Betutu Mek Nengah yang menawarkan sajian ayam betutu dengan racikan base genep (bumbu dasar masakan khas Bali). Kamu bisa menikmati daging ayam kampung dengan pilihan, dada, paha, atau sayap. Satu porsinya sudah dilengkapi dengan abon, daun singkong, kering tempe, tum ayam, dan jukut undis sehingga dijamin mengenyangkan.

Alamat: Jl. Laksamana, Baktiseraga, Kec. Buleleng, Kabupaten Buleleng, Bali
Jam buka: Selasa-Minggu pukul 07.00 - 20.00 WITA
Harga: Di bawah Rp50.000/porsi

5. Ayam Betutu Pak Man Kuta

Ayam Betutu Pak Man Kuta, photo by www.kintamani.id

Ayam Betutu Pak Man Kuta menawarkan sensasi makan ayam betutu yang cukup spesial karena bumbunya meresap sempurna pada ayam. Sekali makan di sini, kamu pasti bakalan kangen dengan tekstur ayam kampungnya yang lembut. Semakin enak karena satu porsi ayam betutunya sudah dilengkapi dengan sambal matah dan urap.

Suasana tempatnya memang sederhana seperti warung makan bisa, tapi soal kualitas rasanya kamu nggak perlu khawatir. Sudah banyak yang review kelezatan Ayam Betutu Pak Man Kuta jadi pasti worth it, deh. Selain Ayam Betutu, kamu juga bisa cobain menu bebek betutu atau bebek betutu goreng.

Alamat: Jl. Kubu Anyar No.72x, Kuta, Kec. Kuta, Kabupaten Badung, Bali
Jam buka: Setiap hari Selasa-Sabtu pukul 08.00 - 21.00 WITA dan Minggu-Senin pukul 08.00 - 22.30 WITA
Harga: Di bawah Rp50.000/porsi

Jadi tempat makan ayam betutu terenak di Bali mana, nih, yang paling menggugah selera kamu? Jangan lupa mampir untuk cobain sendiri kelezatannya, ya!


Kost Bali Mulai dari Rp3,3 juta/bulan

Kamu sedang mencari kost di Bali? Yuk, cek berbagai pilihan kost eksklusif dari Cove! Kamu bisa temukan berbagai hunian dengan desain aesthetic, fasilitas lengkap, dan lokasi strategis sehingga memberikan kenyamanan yang maksimal.

Harga mulai dari Rp3,3 juta/bulan

Cek Sekarang!