15 Tempat Nongkrong di Bandung untuk Kumpul Seru

15 Tempat Nongkrong di Bandung untuk Kumpul Seru
Tempat Nongkrong di Bandung, photo by Instagram @/150coffeegarden

ota Kembang memang selalu memiliki daya tarik tersendiri bagi setiap orang. Selain dikenal dengan udaranya yang sejuk dan punya pemandangan alam memukau, kota ini juga diselimuti oleh banyak tempat nongkrong yang asyik dan kekinian. Ada begitu banyak pilihan cafe, restoran, ataupun creative compound yang cocok untuk dijadikan sebagai spot berkumpul bareng teman-teman. Nah, dalam artikel ini, Cove telah merangkum 15 tempat nongkrong di Bandung paling terbaik yang tidak hanya menyajikan hidangan lezat saja, tetapi juga memberikan pengalaman unik yang tak terlupakan.

15 Tempat Nongkrong di Bandung

1. Lapinea Cafe & Resto

Rekomendasi tempat nongkrong di Bandung yang pertama adalah Lapinea Cafe & Resto. Mengusung konsep garden cafe di tengah hutan pinus yang tenang, Lapinea didesain menyerupai rumah kaca dengan lanskap taman yang dihiasi berbagai jenis bunga segar bak negeri dongeng. Terdapat sejumlah meja dan kursi yang tertata rapi di area indoor dan outdoor, lengkap dengan hamparan tanaman hias dan jalur setapak yang seolah begitu lekat dengan alam. Cocok untuk kamu yang sedang ingin makan-makan cantik bersama sahabat dekat.

Kamu bisa bersantai sore di sini sembari merasakan suasana syahdu khas Kota Kembang yang mungkin jarang bisa kamu temukan di tempat lainnya. Selain menyuguhkan aneka makanan berat, Lapinea Cafe & Resto juga punya pilihan dessert yang cukup bervariasi, mulai dari Cromboloni, Mac and Cheese Pastry, hingga Crookie yang merupakan kombinasi unik antara croissant dan cookie. Ada juga kreasi kopi dan non kopi yang pas untuk jadi teman ngemil.

Alamat: Raya Subang, Cikole, Kec. Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat
Jam buka: Senin - Jumat (09.00 - 21.00), Sabtu - Minggu (09.00 - 22.00)
Kisaran harga: Rp50.000 - Rp100.000 /orang

2. Gadis Desa

@adillanurul17 (NEW) ini bukan di desa yaa tapi ditengah kota bandung loh 🥰🍃 viewnya bisa secakep ini kan, bukan bandung namanya kalo ga ada coffeeshop dengan view cakep ✨ yu yg mau ngopi sambil liatin aliran air dan adem 🍃 . . . . . #cafeaesthetic #coffee #placetogobandung #placetovisit #explorebandung #coffeeshopaesthetic ♬ sour grapes bridge - ‘•.¸♡♡¸.•’

Tempat nongkrong di Bandung selanjutnya adalah Gadis Desa Cafe and Bar yang berlokasi tepat di tepi sungai nan eksotis. Kafe bertema industrial alami ini memang sudah dikenal dengan suasananya yang nyaman dan pas buat kumpul-kumpul seru. Kamu bisa memilih untuk duduk di area outdoor dengan meja panjang yang menghadap langsung ke aliran sungai dan pepohonan hijau, ataupun di dalam ruangan yang memadukan gaya pedesaan kontemporer dengan aksen kayu dan dinding bata ekspos.

Cafe ini juga menyuguhkan live music yang bisa kamu nikmati saat akhir pekan, lho. Gadis Desa termasuk ke dalam salah satu cafe murah di Bandung lantaran memiliki pilihan main course dengan rentang harga Rp35 ribu - Rp47 ribuan saja per porsinya, mulai dari Nasi Goreng Kampung, Chicken Katsu Mentai, Spaghetti Neopolitan, hingga Mie Godog Jawa yang pastinya menggugah selera.

Alamat: Jalan Pinus Raya Barat, Perumahan Jl. Pd. Hijau Indah No.73A, Kota Bandung, Jawa Barat
Jam buka: Senin - Kamis (11.00 - 22.00), Jumat - Minggu (11.00 - 24.00)
Kisaran harga: Di bawah Rp50.000 /orang

3. Umanari

Ada tempat makan enak yang begitu lekat dengan nuansa Bali di tengah kota Bandung, lho, namanya Umanari Cafe & Resto. Keberadaan cafe ini bagaikan sebuah oasis tropis yang menawan di tengah hiruk-pikuk kota. Karena begitu memasuki area cafe, kamu akan langsung disambut dengan beragam ornamen unik layaknya sedang memijakkan kaki di kedai makanan yang ada di tepi pantai. Umanari mengusung desain semi terbuka yang menawarkan kesegaran alami dengan focal point berupa kolam renang berwarna biru yang berada di tengah-tengah kafe untuk menghubungkan dua bangunan utama.

Nah, di bagian belakang, kamu akan menemukan sebuah pendopo besar yang berdiri megah beratapkan jerami, sangat sempurna untuk menyesap secangkir kopi sambil menikmati pemandangan kolam. Atmosfer tropis dari cafe ini juga diperkuat melalui meja dan kursi bermaterial rotan, serta dinding yang dihiasi dengan batuan alam berwarna putih untuk menciptakan kontras yang indah dengan pepohonan hijau di sekitarnya. Umanari menawarkan menu makanan yang sangat beragam, mulai dari Mie Laksa, Buntut Sapi Bakar, Ayam Cabe Ijo, hingga opsi Artisan Coffee dan kreasi minuman Cokelat.

Alamat: Jl. Naripan No.36, Kecamatan Sumur Bandung, Bandung
Jam buka: Setiap hari (07.00 - 10.00)
Kisaran harga: Rp50.000 - Rp100.000 /orang

4. Opera Courtyard

@dani_abcdef Cafe estetik dan mewah di Dago yang baru mulai opening. Enak buat nongkrong sambil foto2 karena tempatnya emang instagramable banget. 📍Opera Courtyard . #operacafe #dago #bandung #kafe #estetik #placetogo #kuliner #operacourtyard #hangout #ghibli #resto #viral #fyp ♬ Boccherini / Minuet / Violin(813507) - 松本一策

Berlokasi strategis di wilayah Dago Atas, Opera Courtyard menawarkan sebuah cafe instagramable yang cocok untuk dijadikan sebagai tempat nongkrong di Bandung. Pasalnya, cafe ini dikelilingi pepohonan hijau dan memiliki area halaman belakang yang luas dan tertata rapi. Desain interiornya pun memberikan kesan hangat dengan banyak bukaan lebar yang membuatnya nyaman untuk berbincang.

Opera Courtyard juga dilengkapi dengan area playground anak dan fasilitas photobox untuk kamu yang suka foto-foto. Memasuki lantai satu, kamu akan disambut dengan sofa-sofa panjang dan kursi kekayuan yang ideal untuk dining, sementara di lantai dua, kamu bisa menyeruput secangkir kopi di tengah suasana yang asri sambil ngobrol santai bersama teman-teman. Menu makanan di Opera Courtyard meliputi Scrambled Egg Croissant, Oxtail Soup, Steak Opera, hingga Basmati Fried Rice dan Ifumi.

Alamat: Jl. Bukit Pakar Utara No.47, Ciburial, Kec. Cimenyan, Kabupaten Bandung, Jawa Barat 40198
Jam buka: Senin - Kamis (10.00 - 21.00), Jumat - Minggu (08.00 - 10.00) Kisaran harga: Rp50.000 - Rp100.000 /orang

5. Delulu Cafe

Masih satu area dengan Sarae Hills yang merupakan salah satu tempat wisata di Lembang Bandung ala Eropa, Delulu Cafe memang menyuguhkan banyak spot foto cantik yang bisa memperindah laman media sosial kamu. Kafe ini mengimplementasikan konsep desain arsitektur yang mirip dengan negara-negara Nordik, di mana banyak sekali motif seni mozaik yang diterapkan ke dalam setiap sudut cafe. Delulu Cafe memiliki tiga lantai yang menyediakan berbagai pilihan area makan, termasuk indoor, outdoor, dan ruangan privat yang dapat dipilih sesuai preferensi.

Namun, spot terbaik di kafe ini tentu saja adalah area outdoor, di mana pengunjung bisa menikmati panorama perbukitan hijau dan udara dingin khas Bandung. Hampir semua makanan dan minuman yang ada di Delulu bisa kamu nikmati dengan harga yang terjangkau, mulai dari Rp19 ribu - Rp50 ribuan. Sebut saja Nasi Ayam Geprek, Seblak Komplit, Batagor Bandung, Bihun Laksa, hingga Nasi Goreng Kecombrang Saus Ebi. Sementara untuk minumannya tersedia berbagai kreasi kopi, teh, hingga jus yang tak kalah menyegarkan.

Alamat: Sarae Hills Jl. Pagermaneuh No. 57, Ciumbuleuit, Bandung
Jam buka: Senin - Jumat (10:00 - 21:00), Sabtu - Minggu (09:00 - 21:00)
Kisaran harga: Di bawah Rp50.000 /orang 

6. 150 Coffee Garden

Tempat ngopi di Bandung ini dijamin menyuguhkan suasana yang berbeda. Mengangkat tagline "Tranquility Nature and Cup of Coffee”, 150 Coffee Garden seolah menjadi tempat yang ideal untuk menikmati suasana alam yang tenang sambil menyeruput secangkir kopi. 150 Coffee berdiri di atas lahan yang sangat luas dan menawarkan area taman outdoor yang asri sebagai spot ikoniknya. Halaman rumput ini biasanya digunakan untuk berbagai event seru atau sekadar piknik santai, dilengkapi pula dengan banyak bean bag untuk lesehan. Cocok buat tempat nongkrong dalam jumlah besar.

Beralih ke area indoor, 150 Coffee Garden menerapkan elemen kekayuan yang sarat dengan nuansa pedesaan. Sangat disarankan untuk datang menjelang sore hingga malam hari untuk mendapatkan ambience terbaik. Cafe ini menyuguhkan aneka signature coffee, mulai dari 150 Coffee, Popcorn Sea Salt, hingga Butterscotch Latte. Ada pula variasi main course seperti Sapi Lada Hitam, Bistik Ayam, dan Grilled Oxtail Maranggi.

Alamat: Jl. Sulaksana No.50, Cicaheum, Kec. Kiaracondong, Kota Bandung, Jawa Barat
Jam buka: Setiap hari (07.00 - 11.00)
Kisaran harga: Di bawah Rp50.000 /orang

7. Kinokimi Backyard

Mencari tempat nongkrong di Bandung yang punya suasana tenang dan cozy? Coba saja datang langsung ke Kinokimi Backyard. Sesuai namanya, cafe ini menonjolkan area halaman belakang sebagai spot andalan mereka, di mana penataannya dirancang menyerupai halaman belakang rumah yang dikelilingi oleh rindangnya pepohonan hijau. Skema warna monokromatik yang mendominasi bagian interior pun seolah memberikan kesan maskulin yang elegan.

Berbicara soal minuman yang ditawarkan, Kinoki Backyard menyuguhkan kreasi kopi terbaik yang memang sudah dikenal nikmat di Kota Bandung, mulai dari variasi ice coffee seperti Tokyo Latte, Aren, Milano, Japanese, Caramel, dan Mocha, hingga opsi hand brew V60 yang terdiri dari biji kopi lokal dan impor. Sementara untuk makanannya ada Nasi Lemak Melayu, Aglio Olio, sampai Swedish Beef Meatballs.

Alamat: Jl. Buah Batu No.132, Cijagra, Kec. Lengkong, Kota Bandung, Jawa Barat Jam buka: Setiap hari (07.00 - 22.00)
Kisaran harga: Rp50.000 - Rp100.000 /orang

8. Cups Coffee

Salah satu faktor yang membuat Cups Coffee menjadi menarik adalah cara penyajian Dreamy Latte mereka yang diberi torch marshmallow  tepat di bagian tepi gelasnya. Saking uniknya, minuman yang terdiri dari rasa cokelat dan matcha ini bahkan sempat viral dan diliput sama salah satu stasiun televisi, lho. Salah satu pelopor coffee shop di Bandung ini memang baru saja direnovasi dengan tampilan yang lebih kekinian dan minimalis.

Meski terbagi menjadi dua area, yaitu indoor dan outdoor, namun space untuk area outdoor dibuat lebih besar sehingga bisa menampung banyak pengunjung yang ingin nongkrong beramai-ramai. Satu hal yang perlu diingat, kini Cups Coffee hanya menyediakan menu minuman saja tanpa makanan berat, yaitu berupa kopi, non kopi, dan aneka kue.

Alamat: Jl. Trunojoyo No.25, Citarum, Kec. Bandung Wetan, Kota Bandung, Jawa Barat
Jam buka: Setiap hari (08.00 - 23.00)
Kisaran harga: Di bawah Rp50.000 /orang

9. Arah Coffee

Arah Coffee, photo by Herdiana Surachman

Arah Coffee menjadi salah satu cafe di Sukajadi yang kerap dijadikan andalan bagi anak-anak muda untuk berkumpul saat senggang. Tempat nongkrong di Bandung ini menjadi unik lantaran mengusung desain interior bergaya Japandi, yaitu perpaduan antara estetika Jepang dan Skandinavia. Ini dapat terlihat dari banyaknya bukaan lebar serta penataan furniture yang minimal dan terbuat dan material alami.

Tampak kolam air berwarna kehijauan mengelilingi area cafe dengan suara gemericik yang menenangkan. Kamu bisa memilih untuk duduk di atas sofa panjang dengan meja rendah ataupun meja dan kursi biasa. Meski tanpa makanan berat, namun Arah Coffee menyajikan variasi kopi lokal dengan biji kopi berkualitas, termasuk kreasi Kopi Susu, Manual Brew, hingga berbagai jenis Mocktail. Sementara untuk non kopinya, kamu bisa mencoba segelas Red Velvet Latte, Cookies & Cream, ataupun Berries Frizz yang pastinya tak kalah nikmat.

Alamat: Jl. Sukajadi No. 204, Sukajadi, Bandung
Jam buka: Senin - Minggu (08:00 - 22:00)
Kisaran harga: Di bawah Rp50.000 /orang

10. Merindu Canteen & Coffee

Meski mengadaptasi konsep kantin, di mana para pelanggan bisa memesan makanan dengan lauk pauk terpisah layaknya etalase prasmanan, namun Merindu Canteen ditata apik melalui desain interior mewah berkat padu padan warna vibran. Cafe ini terbagi menjadi dua lantai dengan area indoor (non smoking), outdoor (smoking), dan semi outdoor. Cocok untuk dijadikan tempat nongkrong berlama-lama. Sebagai catatan, menu prasmanan Merindu biasanya sudah habis pada pukul 3 sore, jadi jika kamu ingin makan siang di sini, pastikan untuk datang lebih awal, ya.

Tidak hanya menjual aneka lauk pauk dengan jenis prasmanan, seperti Tumis Buncis, Telur Kecap, Perkedel Jagung, dan Sayur Lodeh, Merindu Canteen & Coffee juga menyediakan menu makanan komplit yang sudah tersedia ke dalam daftar menu, yaitu meliputi Salmon Ravioli, Nasi Campur Bali, Dori Jimbaran, sampai Iga Panggang Sambal Matah. Bangunan Merindu Canteen menyatu dengan boutique hotel dan sebuah toko baju yang berdiri di tepi Jl. Cimanuk.

Alamat: Jl. Cimanuk No.11, Citarum, Kec. Bandung Wetan, Kota Bandung, Jawa Barat
Jam buka: Senin - Minggu (07:00 - 21:00)
Kisaran harga: Rp50.000 - Rp100.000 /orang 

11. Bonfire

Membahas tempat nongkrong di Bandung belum lengkap rasanya kalau tidak memasukkan Bonfire Roast & Grill ke dalam daftar. Sebab, restoran ini sudah diakui sebagai salah satu lokasi bersantap terbaik yang ada di Kota Kembang oleh sebagian besar warga Bandung. Selain karena hampir semua menunya yang benar-benar nikmat dan disajikan dalam porsi besar, Bonfire juga punya ambience menawan lewat estetika tropis dan tanaman hias yang tersebar di seluruh penjuru ruangan, bahkan hingga ke area outdoor.

Sesuai namanya, tentu saja menu signature Bonfire terletak pada olahan daging yang dipanggang, seperti Peri Peri Chicken, Roasted Brisket, Beef & Reef, hingga Aussie Tenderloin Steak. Ada juga olahan seafood dan aneka makanan nusantara, termasuk Sop Buntut Kuah, Iga Bakar Rempah, dan Nasi Paru Sambal Hejo yang kaya akan bumbu. Bagaimana? Tertarik untuk mengajak temanmu makan beramai-ramai di sini?

Alamat: Jl. LLRE Martadinata No. 137, Riau, Bandung
Jam buka: Senin - Minggu (10:00 - 22:00)
Kisaran harga: Rp100.000 - Rp200.000 /orang 

12. Soeji

Meski lokasinya menyatu dengan sebuah resort, namun tempat nongkrong di Bandung yang satu ini terbuka untuk umum. Soeji merupakan cafe dan resto berkonsep santapan nusantara di mana kamu sebagai pengunjung bisa berkesempatan untuk melihat landscape Kota Bandung dari atas ketinggian. Ada banyak pilihan tempat duduk dengan meja panjang dan kursi sofa bagi kamu yang berencana mampir bersama teman dalam jumlah besar. Bagian outdoor-nya sudah dilengkapi dengan payung-payung lebar di setiap meja untuk melindungi para pengunjung dari teriknya sinar matahari.

Selain itu, Soeji juga sering dijadikan sebagai opsi tempat makan siang lantaran menyuguhkan aneka masakan Indonesia yang diolah dari resep turun-temurun, seperti Nasi Bongkot, Iga Bakar, Tumis Genjer Bawang, Mie Yamin, sampai aneka makanan pencuci mulut seperti Asinan Jagung dan Singkong Goreng. Salah satu yang menjadi juara di sini adalah Es Tjampoer Sumsum-nya yang gurih dan cocok disantap saat cuaca panas.

Alamat: Jl. Dago Giri No.102, Mekarwangi, Kec. Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat
Jam buka: Setiap hari (07.30 - 21.00)
Kisaran harga: Rp50.000 - Rp100.000 /orang

13. Imago Hills

Satu lagi tempat nongkrong yang bisa kamu gunakan untuk menikmati city light Kota Bandung dari atas ketinggian, yaitu Imago Hills. Berlokasi di wilayah Dago yang memang sudah dikenal dengan udaranya yang sejuk dan ideal buat tempat healing, Imago Hills berdiri di atas lahan berundak yang diatur sedemikian rupa dengan penempatan meja yang sangat apik. Salah satu spot terfavorit di sini adalah di atas jembatan yang menjorok ke ujung bukit, di mana kamu dapat menikmati udara dingin dengan maksimal dan berswafoto di sini.

Harga makanan di Imago Hills juga terhitung murah meriah, yaitu mulai dari Rp25 ribu - Rp45 ribuan saja. Kamu bisa coba Chicken Nanban dengan teksturnya yang renyah dipadukan lumuran saus tartarnya yang creamy, Tahu Lada Garam dengan rasanya yang gurih dan asin, ataupun Hongkong Fried Rice untuk sekedar mengisi perut. Ada juga pilihan pastry yang pas untuk jadi teman minum kopi.

Alamat: Jl Dago Pakar Utara, Ciburial, Kec. Cimenyan, Kabupaten Bandung, Jawa Barat
Jam buka: Senin - Jumat (08.00 - 22.00), Sabtu - Minggu (07.00 - 23.00)
Kisaran harga: Di bawah Rp50.000 /orang

14. Kopi Kohi

Keunikan dari Kopi Kohi terletak pada bentuk bangunannya yang melingkar dan mengadaptasi estetika Jepang. Kesan open-air tercipta melalui bagian tengah bangunan, di mana terdapat bulatan terbuka yang memungkinkan cahaya alami masuk dengan sirkulasi udara yang baik. Kopi Kohi terdiri dari empat lantai yang dapat diakses melalui tangga melingkar berukuran besar. Tangga ini tidak hanya berfungsi sebagai penghubung antar lantai, tetapi juga menjadi salah satu spot foto favorit para pengunjung karena desainnya yang estetis.

Ada banyak colokan dan fasilitas internet berkecepatan tinggi untuk kamu yang ingin nongkrong dalam waktu lama di sini. Selain menyajikan berbagai kopi, seperti Cappucinno, Latte, Mocha, hingga Manual Brewing, kamu bisa mencoba variasi kue panggang dan cookies mereka yang kaya akan rasa.

Alamat: Jl. L. L. R.E. Martadinata No.193, Cihapit, Kec. Bandung Wetan, Kota Bandung, Jawa Barat
Jam buka: Setiap hari (08.00 - 22.00)
Kisaran harga: Di bawah Rp50.000 /orang

15. Nagawarna

Nagawarna merupakan sebuah creative compound space yang terletak strategis di pusat kota Bandung. Di satu tempat yang sama, kamu sudah bisa menemukan tiga brand populer asal Bandung, yaitu Kopi Toko Djawa, Bakmi Tjo Kin, dan es krim Sweet Cantina. Bangunannya cukup luas luas dengan pilihan tempat duduk indoor ataupun outdoor, cocok untuk kamu yang sedang mencari tempat nongkrong di Bandung bersama keluarga atau teman-teman. Selain tersedia makanan dan minuman, ada juga toko suvenir yang menjual berbagai pernak-pernik lucu, seperti kaos, tote bag, dan masih banyak lagi. Jadi, kamu bisa sekaligus berbelanja oleh-oleh di sini sembari menyantap hidangan bakmi ataupun es krim saat siang hari.

Alamat: Jl. Progo No.22, Citarum, Kec. Bandung Wetan, Kota Bandung, Jawa Barat
Jam buka: Setiap hari (08.00 - 22.00)
Kisaran harga: Di bawah Rp50.000 /orang

Bandung memang selalu punya cara untuk membuat setiap kunjunganmu menjadi berkesan, terutama dengan pilihan tempat nongkrongnya yang beragam. Jadi, tunggu apa lagi? Yuk, segera jelajahi rekomendasi deretan kuliner tadi sebagai spot ngumpul ideal bersama teman-temanmu.