10 Kuliner Malam di Bandung yang Wajib Kamu Coba!

10 Kuliner Malam di Bandung yang Wajib Kamu Coba!
Kuliner Malam di Bandung, photo by beritasatu.com

Kota Bandung memiliki daya tarik yang tidak ada habisnya untuk para wisatawan. Selain wisata alamnya yang indah, tempat wisata kuliner di Bandung juga dikenal ย enak dan wajib dicoba. Tidak hanya di siang hari, kuliner malam di Bandung pun ramai dan digandrungi banyak orang.

Tidak heran kalau kota Bandung menjadi salah satu kota favorit para pecinta kuliner. Siang dan malam, selalu ada tempat yang bisa dikunjungi. Penasaran di mana saja tempat wisata kuliner malam di Bandung yang sudah terkenal kelezatan makanannya? Ini dia 10 rekomendasi tempat wisata kuliner malam di Bandung yang bisa kamu coba!

10 Rekomendasi Kuliner Malam di Bandung

Perkedel Bondon

Perkedel Bondon, photo by idntimes.com

Pergi ke Bandung rasanya kurang afdol kalau belum mencoba perkedel Bondon yang sudah ada sejak tahun 1994 ini. Meskipun hanya memiliki menu utama perkedel, tapi antreannya selalu panjang, lho!

Buka pada malam hari, tidak membuat pembeli berkurang. Justru sebaliknya, menjadi ciri khas tersendiri menikmati perkedel Bondon di malam hari. Lokasinya yang tidak jauh dari Stasiun Bandung pun membuat Perkedel Bondon mudah diakses. Ciri khas dari perkedel Bondon adalah cara masaknya yang masih menggunakan tungku tradisional, sehingga memberikan aroma dan citarasa yang khas.

Kamu bisa menikmati perkedel Bondon di tempat yang outdoor. Memang tampilannya sangat sederhana. Namun di situlah yang menambah sensasi nikmat, dengan suasana keramaian di sekitarnya, makan perkedel bisa menjadi sesuatu yang menyenangkan. Kalau sudah malam, tempat ini akan sangat ramai dengan antrean yang panjang.

Alamat: Jl. Stasiun Timur No.26, Kb. Jeruk, Kec. Andir, Bandung
Jam Buka: 20.00-02.00 WIB
Kisaran Harga: Rp2000/biji

Nasi Kuning Pungkur 216

Nasi Kuning Pungkur 216, photo by pergikuliner.com

Ada banyak sekali penjual nasi kuning di kota Bandung. Tapi salah satu nasi kuning legendaris, kamu harus mencoba Nasi Kuning Pungkur 216. Seakan menjadi penolong lapar ketika begadang, Nasi Kuning Pungkur 216 bisa didatangi tengah malam.

Ada banyak lauk yang melengkapi nasi kuningnya. Beberapa menu lauk favorit antara lain telur balado, bala-bala, dan semur jengkol. Merasakan hangat dan lezatnya nasi kuning di malam hari kota Bandung adalah pengalaman yang tidak akan terlupakan.

Dari segi tempat, Nasi Kuning Pungkur cukup nyaman dan bersih, meskipun sederhana dalam tenda. Membuat pembelinya bisa menikmati nasi kuning sambil duduk mengemper di lantai pertokoan. Tempatnya juga selalu ramai karena banyaknya peminat menu makanan Nasi Kuning Pungkur 216 ini.

Alamat: Jl. Ancol Barat Jl. Pungkur No.216, Ciateul, Kec. Regol, Kota Bandung, Bandung
Jam Buka: 21.30-03.00 WIB
Kisaran Harga: Rp20.000-Rp50.000

Nasi Goreng Aeps

Nasi Goreng Aeps, photo by tripadvisor.com

Nasi goreng sudah terkenal di mana pun sebagai kuliner malam, termasuk di Bandung. Salah satu kuliner malam nasi goreng yang enak di Bandung adalah Nasi Goreng Aeps. Bahkan, nasi goreng yang ada di kawasan Setiabudi ini sudah masuk dalam daftar lima nasi goreng paling enak di Bandung. Jadi, sudah tidak heran lagi kalau tempatnya selalu ramai.

Rekomendasi menu di Nasi Goreng Aeps adalah nasi goreng seafood. Satu porsinya berukuran jumbo, sehingga kamu pasti akan merasa kenyang dan puas. Hal ini jadi ciri khas tersendiri di Nasi Goreng Aeps. Selain nasi goreng seafood, di sini kamu juga bisa mencoba kwetiau, capcay, dan lainnya.

Tempat makan di Nasi Goreng Aeps memang sederhana. Tetapi yang datang selalu banyak, terutama ketika jam makan. Selama 24 jam buka, tidak pernah sepi pengunjung. Jika makan di tempat, kamu akan menikmati nasi goreng di tengah suasana rumah makan sederhana yang ramai.

Alamat: Jl. Dr. Setiabudi No.143, Gegerkalong, Kec. Sukasari, Bandung
Jam Buka: 24 jam
Kisaran Harga: Rp20.000-Rp50.000

Bubur Bejo

Bubur Bejo, photo by pergikuliner.com

Bagi para pencinta bubur di Bandung pasti sudah tidak asing lagi dengan Bubur Ayam Bejo. Sudah ada sejak 40 tahun lalu, sehingga Bubur Bejo menjadi salah satu tempat kuliner legendaris Bandung. Kamu bisa datang ke Bubur Bejo kapan saja, termasuk di malam hari karena buka 24 jam.

Menu favorit di Bubur Bejo ada bubur ayam dengan topping cakwe. Lalu kamu bisa memilih jenis bubur ayam spesial atau biasa. Untuk bubur ayam spesial, akan ada tambahan toping berupa telur. Selain itu, kamu juga bisa menambah kondimen lain sesuai selera seperti sate jeroan yang gurih.

Tempat makannya sebenarnya sederhana dan tidak ada yang spesial. Selayaknya rumah makan kecil yang tidak terlalu luas. Namun tempatnya selalu ramai, apalagi ketika jam makan tiba. Kamu akan melihat antrean orang untuk mendapatkan Bubur Bejo ini.

Alamat: Jl. Jenderal Ahmad Yani No. 173, Ahmad Yani, Bandung
Jam Buka: 24 jam
Kisaran Harga: Under Rp50.000

Nasi Kalong

Nasi Kalong, photo by radartarakan.com

Nasi Kalong, dari namanya saja kita sudah bisa mengetahui kalo tempat kuliner satu ini buka di malam hari. Ngalong adalah istilah Sunda untuk kata begadang. Kalau kamu lapar di malam hari, bisa datang ke Nasi Kalong yang berada di pusat kota ini.

Memiliki konsep prasmanan, kamu bebas mengambil makanan sesuai dengan porsi dan selera. Keunikan lain dari Nasi Kalong adalah menu-menunya yang selalu berubah setiap harinya. Kamu tidak akan bosan meskipun datang ke sini setiap hari.

Untuk menu favorit, Nasi Kalong memiliki Si Kalong, yaitu nasi merah yang warnanya dibuat agak gelap dengan bumbu kluwek. Nasi merah ini sengaja menjadi bahan utama agar hidangan menyehatkan.

Alamat: Jl. RE Martadinata No.102, Cihapit, Bandung Wetan, Bandung
Jam Buka: 11.00-22.00 WIB
Kisaran Harga: Under Rp50.000

Sate Bu Ngantuk

Satu lagi makanan yang banyak ditemui di malam hari adalah sate. Nah, sate legendaris di Bandung yang bisa kamu datangi salah satunya adalah Sate Bu Ngantuk. Konon, dinamakan Sate Bu Ngantuk karena penjualnya selalu terlihat mengantuk. Tidak heran, karena di malam hari pun tetap buka.

Keunikan dari Sate Bu Ngantuk adalah menyajikan sate ayam dengan bumbu kecap dan kacang serta taburan koya. Itulah yang membuat sate menjadi lebih gurih dan renyah. Sae ayam koya ini menjadi menu favorit yang membuat Sate Bu Ngantuk selalu ramai. Selain lezat, harga makanan di Sate Bu Ngantuk juga terbilang murah.

Sate Bu Ngantuk berada di belakang Universitas Parahyangan. Tempatnya memang kecil, namun pengunjungnya selalu penuh. Bahkan tidak jarang, sampai banyak orang yang makan di trotoar karena tempatnya yang tidak mencukupi. Akan lebih nikmat makannya jika pesan untuk dibungkus.

Alamat: Jl. Ranca Bentang III, Ciumbuleuit, Kec. Cidadap, Bandung
Jam Buka: 24 jam
Kisaran Harga: Rp1000/tusuk

Bebeke Om Aris

Kali ini adalah tempat kuliner malam di Bandung yang sedang hits, yaitu Bebeke Om Aris. Menemukan tempat makan bebek yang enak itu biasanya lebih susah. Nah, Bebeke Om Aris ini bisa menjadi andalan bagi para pencinta bebek. Bebeke Om Aris selalu ramai. Tidak jarang, antreannya sampai panjang sekali.

Gerainya cukup sederhana dengan konsep tenda kaki lima. Namun kebersihan dan pelayanannya cukup oke. Kamu bisa menikmati kelezatan olahan bebek di tengah suasana pinggir jalan kota Bandung yang ramai.

Untuk menu makanannya, Bebeke Om Aris memiliki olahan bebek yang empuk dengan daging besar, tidak amis, dan bumbunya terasa meresap hingga ke daging. Nikmat sekali makan nasi panas dengan olahan bebek goreng atau bakar ditambah kremesan, lalapan, dan sambal. Kamu juga bisa memilih varian sambal tomat atau bawang dengan kepedasan yang nampol. Kalau masih kurang, bisa juga tambah menu lainnya seperti sate telur puyuh, atau kulit.

Alamat: Jl. LLRE Martadinata No. 86, Riau, Bandung
Jam Buka: 10.00-22.00 WIB
Kisaran Harga: Under Rp50.000

Iga Bakar Si Jangkung

Satu lagi tempat kuliner Bandung favorit sejak lama adalah Iga Bakar Si Jangkung. Bagi penyuka daging, tentu tempat satu ini tidak boleh sampai terlewat jika berkunjung ke Bandung.

Sebenarnya ada banyak varian menu di Iga Bakar Si Jangkung. Namun yang menjadi menu favorit adalah iga bakar yang disajikan di atas sebuah hot plate. Daging iganya sudah dilepaskan dari tulang, sehingga konsumen hanya tinggal menikmati kelembutan tagingnya saja. Dengan tambahan irisan bawang merah dan cabai rawit, iga bakar di sini akan membuat ketagihan.

Jika datang ke Iga Bakar Si Jangkung, kamu akan melihat tempatnya yang selalu ramai. Namun areanya yang luas dan banyak tempat duduk, mampu menampung banyak orang. Keunikan lainnya, tempat masaknya justru ada di luar, yaitu di dalam sebuah mobil van. Pemesanan teratur dengan rapi.

Alamat: Jl. Cipaganti No.75G, Pasteur, Kec. Sukajadi, Kota Bandung
Jam Buka: 11.30-20.30 WIB
Kisaran Harga: Mulai dari Rp35.000

Sate DJ

Sate DJ, photo by pergikuliner.com

Sate DJ adalah tempat makan sate yang sudah ada di Bandung sejak tahun 1940-an. Menjadi salah satu tempat wisata kuliner legendaris yang masih banyak peminatnya sampai sekarang. Nama DJ sendiri adalah singkatan dari "Disc Jockey" yang berasal dari nama langganannya, seorang pekerja klab malam di kawasan Sudirman.

Tempatnya ada di ruko, sehingga berbeda dari warung sate pada umumnya yang biasanya berupa gerobakan atau tenda. Tempatnya selalu ramai, apalagi ketika jam makan sudah tiba. Tidak jarang, pembeli harus menunggu cukup lama untuk mendapatkan menu pesanannya. Sehingga, tidak disarankan datang ke Sate DJ ketika perut sudah sangat kelaparan.

Menu favorit di sini adalah sate asin pedas. Bumbunya meresap dengan sangat baik, bahkan dagingnya dimakan tanpa saus kacang pun akan tetap terasa enak. Selain itu, ada juga sate dengan bumbu kacangnya.

Alamat: Jl. Jend. Sudirman No.276, Kb. Jeruk, Kec. Andir, Kota Bandung
Jam Buka: 09.00-01.00 WIB
Kisaran Harga: Rp1300/tusuk

Kangen Grill

Terakhir, mau coba makan steak pinggir jalan dengan harga bersahabat Kamu bisa datang ke Kangen Grill. Lokasinya yang ada tidak jauh dari SMAN 7 Bandung membuat warung steak kaki lima ini tidak sulit dicari. Meskipun hanya warung kaki lima pinggir jalan, tapi untuk rasa steak di sini tidak perlu diragukan lagi.

Ada beberapa paket makanan yang bisa kamu pilih di Kangen Grill, seperti paket "Bikin Kangen" dan paket "Ngangenin". Kapan lagi makan steak enak tapi harga bersahabat. Tempatnya berada di jalanan yang memang selalu ramai oleh orang-orang yang berburu kuliner malam Bandung. Kangen Grill menjadi salah satu tempat yang tidak pernah sepi.

Alamat: Jl. Lengkong Kecil No.55, Paledang, Kec. Lengkong, Bandung
Jam Buka: 17.00-22.30 WIB
Kisaran Harga: Rp35.000-Rp100.000

Nah, itulah 10 rekomendasi kuliner malam di Bandung yang bisa menjadi pilihan saat tengah malam. Kuliner-kuliner malam ini yang menjadikan kota Bandung selalu hidup meskipun di malam hari. Pesona wisatanya tidak akan ada habisnya, baik siang maupun malam. Kalau kamu sedang liburan di Bandung, jangan sampai melewatkan kuliner malam di Bandung yang tidak kalah menggoda lidah dan perut. Jadi, mau makan apa malam ini?