15 Pusat Oleh-oleh Bandung, Mesti Mampir ke Sini!

15 Pusat Oleh-oleh Bandung, Mesti Mampir ke Sini!
Kartika Sari, photo from Money.id

Bagi kamu yang tinggal di daerah Jabodetabek, kota Bandung memang seringkali dijadikan sebagai destinasi berlibur di akhir pekan. Selain lokasi yang strategis dan dilengkapi dengan wisata alam juga kafe-kafe estetik, Bandung memiliki jarak yang cukup dekat dari Jabodetabek sehingga bisa didatangi untuk liburan singkat.

Nah, jika kamu berencana atau sedang liburan di Bandung dan ingin membawa oleh-oleh untuk kerabat terdekat, maka kamu sedang membaca artikel yang tepat! Di sini, Cove punya 15 rekomendasi pusat oleh-oleh Bandung yang bisa kamu datangi. Baca sampai habis untuk lengkapnya, ya!

Brownies Amanda

Brownies Kukus Amanda, photo from Menu Kuliner

Pusat oleh-oleh Bandung pertama yang wajib kamu kunjungi adalah Brownies Amanda. Brownies Amanda merupakan salah satu makanan yang banyak digemari orang sejak tahun 1999 dan sudah menjadi oleh-oleh khas Bandung. Meskipun sudah tersedia di berbagai kota besar, namun, pusat oleh-oleh ini tetap ramai dikunjungi.

Jika kamu berencana untuk membeli brownies legend ini, Cove rekomendasikan untuk membeli rasa original!

Alamat: Jl. Rancabolang No.29, Manjahlega, Kec. Rancasari, Kota Bandung, Jawa Barat 40286
Jam Buka: 07.00 - 21.00 WIB

Primarasa

Primarasa, photo from Agoda

Nggak cuma Brownies Amanda, kamu bisa juga nih mampir ke Primarasa yang terkenal akan kue-kue lezatnya! Beberapa menu yang populer di sini adalah brownies panggang, serta banana roll yang digemari banyak orang. Jika kamu berencana mampir ke sini, pastikan kamu datang di pagi hari untuk menghindari antrian yang panjang.

Alamat: Jl. Pasir Kaliki No.163, Pamoyanan, Kec. Cicendo, Kota Bandung, Jawa Barat 40173
Jam Buka: 06.00 - 20.30 WIB

Tahu Susu Lembang

Tahu Susu Lembang, photo from DetikFood

Tidak hanya menjadi pusat oleh-oleh yang bisa dibawa pulang, Tahu Susu Lembang juga merupakan destinasi wisata di mana kamu bisa melihat proses pembuatan berbagai jenis tahu; tahu susu, tahu kuning, hingga tahu mentega. Tak sempat untuk mampir dalam waktu yang lama? Kamu bisa menggunakan layanan drive thru, untuk pelayanan yang lebih cepat! Keren banget, ya?

Alamat: Jl. Raya Lembang - Bandung No.177, Jayagiri, Kec. Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat 40391
Jam Buka: 09.00 - 18.00 WIB

Kawasan Cibaduyut

Kawasan Cibaduyut, photo from Agen Tour Travel

Jika kamu sedang mencari tas atau sepatu kulit handmade, kamu bisa datang ke kawasan Cibaduyut, nih! Kawasan ini merupakan sentra sepatu dan tas kulit yang menjadi spot favorit wisatawan untuk mencari sepatu, tas, jaket, dan aksesoris lainnya yang terbuat dari kulit serta diproduksi langsung oleh pengrajin lokal. Jika kamu tidak ingin membeli produk terbuat dari kulit asli, ada pilihan produk yang menggunakan kulit sintetis juga, kok!

Alamat: Jl. Cibaduyut No.7, Kb. Lega, Kec. Bojongloa Kidul, Kota Bandung, Jawa Barat 40235
Jam Buka: 09.00 - 21.00 WIB

Pasar Baru Bandung

Pasar Baru Bandung, photo from Detik

Dikenal juga dengan Pasar Baru Trade Center, tempat ini merupakan destinasi yang tepat jika kamu mencari pakaian dengan harga yang murah. Mulai dari pakaian untuk di rumah hingga acara formal, semua ada di sini dengan diskon besar-besaran! Siap-siap kalap deh, kalau ke sini.

Alamat: Jl. Otto Iskandar Dinata, Kb. Jeruk, Kec. Andir, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat 40181
Jam Buka: 10.00 - 21.00 WIB

Batagor Kingsley

Batagor Kinsley, photo from Detik

Batagor Kingsley menjadi salah satu destinasi oleh-oleh yang populer di Bandung. Tempat ini, terkenal karena cita rasa yang lezat dan kualitasnya yang konsisten. Hidangan ini disajikan dengan bumbu kacang yang kaya dan gurih, serta ditemani dengan kerupuk sebagai pelengkap. Batagor Kingsley memiliki tekstur yang kenyal dan rasanya yang enak, sehingga menjadi favorit banyak orang dan cocok dijadikan sebagai oleh-oleh.

Oh ya, tempat ini juga memiliki variasi menu lainnya, seperti siomay, baso ikan kuah, dan baso ikan panggang, lho.

Alamat: Jl. Veteran No.25, Kb. Pisang, Kec. Sumur Bandung, Kota Bandung, Jawa Barat 40112
Jam Buka: 08.30 - 18.30 WIB

Ambrogio Patisserie

Ambrogio Patisserie, photo from TripAdvisor

Penggemar pastry, wajib banget mampir ke Ambrogio Patisserie sebagai oleh-oleh! Patisserie di sini terkenal karena produk-produknya yang berkualitas tinggi dan terbuat dari bahan-bahan terbaik. Ambrogio Patisserie menggunakan teknik pembuatan yang cermat dan resep-resep yang teruji, sehingga menghasilkan kue-kue yang lezat dan lembut.

Di Ambrogio Patisserie, kamu dapat menemukan berbagai macam kue seperti croissant, macaron, tart, cake, dan lain-lain. Setiap kue di sini juga memiliki karakteristiknya sendiri dan diproduksi dengan keahlian tinggi. Dijamin jadi oleh-oleh yang pas untuk orang-orang tercinta!

Alamat: Jl. Banda No.26, Citarum, Kec. Bandung Wetan, Kota Bandung, Jawa Barat 40115
Jam Buka: 08.00 - 21.00 WIB

Jalan Cihampelas

Jalan Cihampelas, photo from Tempat Wisata Indonesia

Jalan Cihampelas merupakan salah satu kawasan yang paling sering dipadati oleh wisatawan. Karena keramaiannya ini, saat menyusuri Jalan Cihampelas, kamu bisa menemukan berbagai macam buah tangan yang bisa dibawa pulang mulai dari makanan, pernak-pernik, serta pakaian. Lengkap banget, deh.

Alamat: Cipaganti, Kecamatan Coblong, Kota Bandung, Jawa Barat
Jam Buka: 24 jam

Pasar Kosambi

Pasar Kosambi, photo from Detik

Pasar Kosambi adalah salah satu pasar tradisional yang terletak di kota Bandung. Pasar ini terkenal sebagai pusat oleh-oleh khas Bandung dan merupakan tujuan belanja yang populer bagi wisatawan maupun penduduk lokal.

Pasar Kosambi yang panjang dan telah menjadi ikon kota Bandung sejak lama. Bangunan pasar ini memiliki arsitektur klasik dengan atap yang tinggi dan corak yang indah, menciptakan suasana yang unik dan menarik. Di sini, kamu bisa mendapatkan baju dan kain batik, makanan khas Bandung, hingga souvenir.

Alamat: Jl. A. Yani No.221-223, Kb. Pisang, Kec. Sumur Bandung, Kota Bandung, Jawa Barat 40112
Jam Buka: 05.00 - 19.30

Rumah Sosis

Rumah Sosis Bandung, photo from Detik

Rumah Sosis merupakan salah satu tempat yang terkenal di Bandung sebagai pusat oleh-oleh khas kota tersebut. Rumah Sosis menawarkan berbagai jenis sosis dengan rasa dan varian yang beragam, menjadi pilihan yang populer bagi wisatawan yang ingin membawa oleh-oleh unik dari Bandung. Oh ya, nggak hanya membawa oleh-oleh berbagai jenis sosis, di sini kamu juga bisa menaiki beragam wahana yang seru!

Alamat: 3J5R+HW4, Jl. Terusan Kiaracondong, Binong, Kec. Kiaracondong, Kota Bandung, Jawa Barat 40275
Jam Buka: 08.00 - 19.30

Batagor Riri

Batagor Riri, photo from TripZilla

Batagor Riri adalah salah satu tempat yang terkenal di Bandung sebagai pusat oleh-oleh khas kota tersebut. Batagor merupakan singkatan dari Bakso Tahu Goreng, makanan yang terdiri dari bola-bola bakso ikan yang digoreng dan disajikan dengan tahu kukus serta saus kacang yang khas. Batagor Riri telah lama menjadi ikon kuliner di Bandung dan merupakan destinasi yang wajib dikunjungi bagi pecinta kuliner.

Alamat: Jl. Burangrang No.41, Malabar, Kec. Lengkong, Kota Bandung, Jawa Barat 40262
Jam Buka: 08.00 - 20.00

Abadi Bagelen

Abadi Bagelen, photo from Abadi Bagelen

Pecinta kue kering wajib mampir ke Abadi Bagelen! Di sini, kamu bisa membeli oleh-oleh beragam bagelen basah dan kering dengan rasa yang bervariasi, seperti vanilla, keju, roombutter, cokelat, dan masih banyak lagi.

Alamat: Jl. Purnawarman No.49, Tamansari, Kec. Bandung Wetan, Kota Bandung, Jawa Barat 40116
Jam Buka: 08.00 - 17.00

Bawean Sweetheart Bakery

Bawean Sweetheart Bakery, photo from Bawean Sweetheart Bakery

Toko Kue Bawean adalah surganya oleh-oleh Bandung yang telah melampaui batas waktu. Sejak berdirinya pada tahun 1946, toko ini telah menjadi legenda di kalangan pecinta kue. Di sini, kamu akan menemukan ragam kue yang menggiurkan, menawarkan variasi tak terbatas untuk dipilih.

Alamat: Jl. Bawean No.4, Merdeka, Kec. Sumur Bandung, Kota Bandung, Jawa Barat 40113
Jam Buka: 07.00 - 15.00

Toko Iteung

Toko Iteung, photo from Trip Advisor

Selanjutnya ada Toko Iteung yang bisa kamu kunjungi. Dengan harga yang cukup terjangkau, di sini kamu bisa membeli makanan ringan, pajangan lucu seperti miniatur mobil antik, dan lainnya.

Alamat: Gg. Sayuran No.51, Cijaura, Kec. Buahbatu, Kota Bandung, Jawa Barat 40287
Jam Buka: 08.00 - 17.00

Kawasan Riau

Kawasan Riau, photo from Kompas

Kawasan Riau bisa menjadi tempat untuk mencari oleh-oleh, karena serba ada. Mulai dari makanan ringan, souvenir dan pajangan lucu, hingga baju-baju branded di berbagai factory outlet, semua bisa kamu temukan di sini.

Alamat: LLRE Martadinata St No.20, Citarum, Bandung Wetan, Bandung City, West Java
Jam Buka: 24 jam