12 Tempat Pemandian Air Panas di Bandung Paling Terbaik

12 Tempat Pemandian Air Panas di Bandung Paling Terbaik
Tempat Pemandian Air Panas di Bandung, photo by tiket.com

Berjalan-jalan di Kota Kembang tidak lengkap rasanya kalau belum mengunjungi deretan pemandian air panasnya yang ikonik. Apalagi, Bandung memang tergolong sebagai daerah dengan udara yang cukup dingin lantaran terletak di dataran tinggi. Selain diketahui dapat meredakan nyeri otot dan sendi, manfaat berendam air hangat lainnya adalah mampu meningkatkan pola tidur agar lebih nyenyak. Itulah mengapa tubuh dan pikiranmu cenderung lebih rileks setelah melakukannya. Nah, siap untuk berkelana di tengah sumber air panas? Berikut adalah tempat pemandian air panas di Bandung yang wajib kamu sambangi.

12 Tempat Pemandian Air Panas di Bandung

1. Onsen Ranca Upas

@chicowens 📍Onsen Ranca Upas Ciwidey, Jawa Barat - - - #fyp #foryoupage #bandung #hiddengems #hiddengemsbandung #visitbandung #wisatabandung #ciwidey #bandung #jawabarat #onsenbandung #onsen #pemandianairpanas #wisatajawabarat ♬ original sound - Chico Wens

Tempat pemandian air panas di Bandung yang pertama datang dari Onsen Ranca Upas. Lokasinya berada di daerah Ciwidey yang memang dikenal memiliki kualitas udara sejuk, bahkan bisa sangat dingin dalam waktu tertentu sehingga cocok untuk menjadi destinasi wisata berendam di tengah cuaca yang bersuhu rendah. Onsen Ranca Upas berdiri di atas lahan terbuka hijau yang dikelilingi pepohonan alami.

Destinasi berendam ini mengusung konsep pemandian air panas ala Jepang, di mana terdapat pilihan kolam pribadi atau VIP seharga Rp300 ribuan per room dan kolam pemandian umum yang dibanderol Rp28 ribu per orang. Kamu yang memilih kolam VIP berpeluang untuk merasakan ambience yang lebih privasi dengan hanya diisi oleh 1-5 orang. Setiap pengunjung pun dibatasi untuk berendam selama 45 menit.

Alamat: Jl. Camp Ranca Upas, Patengan, Kec. Rancabali, Kabupaten Bandung, Jawa Barat
Jam buka: 24 jam
Tiket masuk: Rp300.000 (VIP) dan Rp28 ribu (reguler)

2. Gracia Spa Resort

Gracia Spa Resort, photo by tiket.com

Selain menjadi tempat penginapan eksotis yang dikelilingi kebun teh nan asri, Gracia Spa Resort juga menawarkan tempat pemandian air panas yang menyegarkan dan cocok untuk momen quality time bersama kerabat dekat ataupun keluarga. Di sini terdapat 3 buah kolam pemandian berukuran besar dengan penataan desain yang dibuat lebih modern.

Menariknya, kolam pemandian air panas Gracia Spa yang memiliki kisaran suhu 38-41 derajat celcius ini diambil langsung dari sumber mata air Gunung Tangkuban Parahu, sehingga mengandung belerang alami yang dipercaya mampu melancarkan peredaran darah dan meningkatkan metabolisme tubuh. Tertarik untuk mencobanya?

Alamat: Jalan Blok Dawuan, Desa Cikondang, Ciater, Nagrak, Kec. Ciater, Kabupaten Subang, Jawa Barat
Jam buka: 24 jam
Tiket masuk: Rp60.000 per orang

3. Maribaya Hot Spring Resort

Maribaya Hot Spring Resort, photo by dadangoray.com

Maribaya Hot Spring Resort juga menawarkan tempat pemandian air panas di Bandung yang mengusung konsep onsen ala Jepang, lho. Kolam pemandiannya berwarna biru kehijauan dengan sumber mata air alami yang bermanfaat bagi kesehatan dan kebugaran tubuh. Sangat disarankan untuk berendam di private pool VIP agar kamu bisa mendapatkan privasi lebih dengan suhu air yang jauh lebih hangat dan menyenangkan.

Selama berendam, kamu akan dimanjakan dengan aneka tumbuhan hijau dan bisikan suara natural yang dihasilkan oleh alam. Pihak pengelola juga sudah menyediakan handuk dan fasilitas kamar mandi dengan sabun dan shampo. Untuk mengakses resor ini, kamu perlu membayar tiket masuk sebesar Rp35.000 untuk weekday atau Rp45 ribu untuk weekend, lalu membayar biaya tambahan Rp90 ribu jika ingin berendam di pemandian air panas VIP.

Alamat: Jl. Maribaya No.105/212, Langensari, Kec. Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat
Jam buka: 09.00 - 17.00 WIB
Tiket masuk: Rp35.000 weekday, Rp45.000 weekend

4. SanGria Resort & Spa

SanGria Resort & Spa, photo by homecare24

Mau menikmati tempat pemandian air panas di Bandung yang menjanjikan suasana lebih privasi? Saatnya untuk mampir ke SanGria Resort & Spa. Meski berada di dalam tempat penginapan, tetapi kamu bisa datang ke sini hanya untuk berendam di air panas, lho. Cukup membayar sebesar Rp60 ribuan saja, kamu sudah bisa menghabiskan waktu dengan berendam di jacuzzi terbuka milik SanGria yang akan membawa kamu seperti sedang berada di Pulau Dewata, terutama dengan lanskap alamnya yang menakjubkan dan visual bangunannya yang penuh dengan nilai estetika. Ada juga fasilitas berupa relaxing chair yang bisa digunakan untuk bersantai di tepi kolam renang sambil menikmati segarnya udara khas Lembang.

Alamat: Jl. Hortikultura No.88, Jayagiri, Kec. Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat 40391
Jam buka: 08.00 - 17.30 WIB
Tiket masuk: Rp60.000

5. Cibolang Hot Spring Water

@cibolang_official Pemandian Air Panas di Pangalengan Bandung nihh🥰 #cibolang #cibolanghotspring #pemandianairpanas #onsenbandung #airpanasbandung #fypシ #fypdongggggggg ♬ suara asli - Cibolang Hot Spring

Berjarak sekitar 56 kilometer dari pusat Kota Bandung, tepatnya di daerah Pangalengan, kamu akan menemukan Cibolang Hot Spring Water yang merupakan tempat pemandian air panas di Bandung dengan harga terjangkau, yaitu Rp25 ribuan saja. Lokasinya berada di tengah perkebunan subur dengan atmosfer alam yang asri.

Begitu sampai di area pemandian, setiap pengunjung akan disuguhkan dengan 3 buah kolam untuk berendam yang dibedakan berdasarkan tingkat kedalaman serta luasnya kolam. Ada yang memiliki kedalaman 1,5 meter dengan suhu air kolam sebesar 40 derajat celsius, dan ada pula pilihan kolam dengan kedalaman 80 cm yang bersuhu 35 derajat celsius. Kamu bisa berendam dengan tenang di sini sembari diselimuti asap tipis yang mengepul dari hangatnya air kolam.

Alamat: RT.4/RW.8, Wanasuka, Pangalengan, Bandung Regency, West Java 40378
Jam buka: 24 jam
Tiket masuk: Rp25.000 reguler, Rp40.000 VIP

6. Curug Cipanas

@explorecililin CURUG NAGRAK PAROMPONG LEMBANG #fyp #VIRAL #liburanlembang #BANDUNG ♬ suara asli - Explore Cililin official

Meski suhu air di Curug Cipanas tidak setinggi tempat pemandian air panas di Bandung lainnya, namun destinasi wisata ini masih menjadi primadona bagi warga sekitar untuk sekedar healing di tengah kolam yang hangat. Lokasi Curug Cipanas berada di daerah Kampung Nagrak, Lembang, Bandung Barat. Sesuai namanya, pemandian air panas ini memang terasa spesial lantaran air terjun yang mengalir bersumber langsung dari panas alami perut bumi, sehingga mengandung belerang yang mampu memberikan pengalaman relaksasi yang menyenangkan. Kedalaman kolam pemandian Curug Cipanas juga cukup dangkal dan dinilai aman untuk segala usia, yakni hanya sekitar 50 - 70 sentimeter saja.

Alamat: Jl. Nagrak Tengah, Sukajaya, Kec. Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat 40391
Jam buka: 24 jam
Tiket masuk: Rp25.000

7. Pemandian Air Panas Ciater

Pemandian Air Panas Ciater, photo by anekatempatwisata.com

Berbicara tentang rekomendasi tempat pemandian air panas di Bandung, tak lengkap rasanya kalau belum memasukkan Pemandian Air Panas Ciater ke dalam daftar. Pasalnya, destinasi yang satu ini memang sudah menjadi yang terpopuler bagi mayoritas warga Bandung dan Subang lantaran sumber mata airnya yang mengandung belerang alami dari Gunung Tangkuban Perahu, sehingga suhunya benar-benar terasa panas.

Tak tanggung-tanggung, para pengunjung akan disuguhi dengan 10 pilihan kolam pemandian air panas berbeda. Kamu bisa bebas berpindah tempat dari kolam yang satu ke kolam lainnya. Setiap sumber air yang ada di sini memiliki perbedaan dari segi suhu hingga kedalaman air yang cukup kontras. Beberapa jenis kolam bahkan diberi tumpukan bebatuan di bagian dasar yang berfungsi untuk terapi pijat tubuh demi melancarkan aliran darah.

Alamat: Jl. Raya Ciater, Nagrak, Kec. Ciater, Kabupaten Subang, Jawa Barat
Jam buka: 24 jam
Tiket masuk: Rp60.000 weekday, Rp70.000 weekend

8. Carita Alam Pangalengan

Carita Alam Pangalengan, via pikiranrakyat

Carita Alam Pangalengan termasuk ke dalam tempat wisata murah di Bandung yang wajib kamu kunjungi jika ingin berendam air panas. Cukup membayar Rp25 ribu saja, kamu sudah bisa mengakses 8 tipe kolam pemandian air panas yang ada di sini dengan bebas, suhunya airnya ditaksir mencapai 34 - 40 derajat celcius. Ada juga kolam khusus anak-anak yang dilengkapi ember tumpah dan perosotan.

Carita Alam berada di sekitar 40 kilometer sebelah selatan Bandung dengan ketinggian 1500 mdpl, di sekelilingnya terdapat banyak sekali hamparan kebun teh dan panorama alam yang menyejukkan. Kamu yang ingin healing di Bandung tipis-tipis bisa dengan tenang berendam air hangat di sini sembari menghirup udara segar dan menikmati suasana alam pegunungan di sekitar.

Alamat: Jl. Raya Kertamanah, Margamukti, Kec. Pangalengan, Kabupaten Bandung, Jawa Barat
Jam buka: 24 jam
Tiket masuk: Rp25.000 weekday, Rp30.000 weekend

9. Cibuni Rengganis Crater

Cibuni Rengganis Crater, photo by destinasibandung.co.id

Tempat pemandian air panas di Bandung selanjutnya yang tak kalah memesona adalah Cibuni Rengganis Crater. Kawah aktif dengan air panas alami yang mengandung belerang ini memiliki 3 jenis kolam pemandian berbeda, ada yang berbentuk hati, persegi panjang, dan kolam dengan bebatuan alam di bagian dasarnya.

Berendam di Kawah Rengganis akan membawa kamu ke dalam sesi relaksasi yang tenang dan damai dengan diselimuti semburan uap kawah. Kamu pun bisa mencari kesegaran yang lebih dengan duduk di bawah pancuran air panas yang merupakan saluran air langsung dari pegunungan. Cibuni Rengganis Crater terletak di antara hutan dan perkebunan teh yang tumbuh subur.

Alamat: Patengan, Rancabali, Bandung Regency, West Java 40973
Jam buka: 07.00 -17.00 WIB
Tiket masuk: Rp20.000

10. Ciwidey Valley

Ciwidey Valley, photo by ciwideyvalley.com

Ciwidey Valley bisa menjadi opsi tempat pemandian air panas di Bandung yang patut kamu perhitungkan. Sebab, destinasi wisata berupa resor ini menyajikan keindahan alam tanpa batas berkonsep back to nature yang begitu lekat dengan lingkungan hijau dan perkebunan teh.

Nah, berbeda dari yang lainnya, pemandian air panas milik Ciwidey Valley dirancang khusus ke dalam bentuk waterpark sehingga para pengunjung akan terasa seperti sedang berenang di taman rekreasi air modern. Kamu pun bisa mencoba aneka wahana air yang seru sekaligus menyewa balon air dengan berbagai bentuk.

Alamat: Jl. Barutunggul No.KM. 17, Alamendah, Kec. Rancabali, Kabupaten Bandung, Jawa Barat
Jam buka: 07.00 - 21.00 WIB
Tiket masuk: Rp20.000 untuk masuk ke kawasan resor, biaya tambahan Rp50.000 ke pemandian air panas

11. Ciwalini Ciwidey

Ciwalini Ciwidey, photo by tripadvisor

Kawasan Ciwidey memang tidak ada habisnya, terutama apabila menyangkut tempat wisata Bandung yang sejuk. Jika kamu ingin merasakan experience relaksasi yang mampu menyegarkan kembali kondisi tubuh dan pikiran, datang saja ke pemandian air panas Ciwalini Ciwidey. Selain memiliki air panas alami yang bersumber langsung dari Pegunungan Patuha, kamu juga berkesempatan untuk mencoba beragam wahana permainan yang seru, mulai dari ATV, flying fox, motor cross, sampai tour sepeda, semuanya ada di sini.

Alamat: Jl. Raya Ciwidey - Patengan Tenjolaya Ciwidey, Patengan, Kec. Rancabali, Kabupaten Bandung, Jawa Barat 40972
Jam buka: 07.00 - 16.00 WIB
Tiket masuk: Rp45.000

12. Hot Spring Bath Saguling

Hot Spring Bath Saguling, photo by pikiranrakyat

Tempat pemandian air panas di Bandung yang terakhir adalah Hot Spring Bath Saguling. Asal mula kehadiran mata air ini yaitu karena adanya aliran sumber air panas yg muncul di sekitar pemukiman warga. Kemudian, sumber-sumber air panas ini mulai dikelola dan disalurkan ke dalam beberapa spot pemandian berupa kamar-kamar kecil yang disewakan seharga Rp10 ribu untuk berendam selama 20 - 30 menit. Ada pula kolam air panas terbuka yang mengharuskan pengunjung untuk membayar Rp5 ribu dengan durasi tanpa batas.

Alamat: Kp, Cipanas Desa, Rajamandala Kulon, Kec. Cipatat, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat 40554
Jam buka: 05.00 - 22.00 WIB
Tiket masuk: Rp5.000

Berendam di air panas juga bisa menjadi sarana yang menjanjikan untuk menciptakan waktu pribadi yang lebih tentram tanpa gangguan. Jadi, manakah dari tempat pemandian air panas di Bandung tadi yang sudah masuk ke dalam wishlist kamu?