15 Cafe Murah di Bandung, Dijamin Enak dan Ramah Kantong!

15 Cafe Murah di Bandung, Dijamin Enak dan Ramah Kantong!
Cafe di Bandung, photo via Pergikuliner

Berbicara tentang wisata kuliner di Bandung, pasti yang selalu menjadi incaran adalah tempat makan yang mampu menawarkan hidangan nikmat, namun tetap dibanderol dengan harga yang terjangkau. Kota Kembang punya banyak sekali pilihan kuliner menarik yang sayang jika dilewatkan, terutama untuk kamu yang ingin nongkrong santai tanpa harus menguras isi dompet. Nah, rekomendasi cafe murah di Bandung berikut ini bisa banget untuk masuk ke dalam wishlist destinasi yang patut kamu kunjungi.

15 Cafe Murah di Bandung

1. Khoe Pek Goan Bloemenstad

Khoe Pek Goan Bloemenstad, photo by @acaffeinman

Masa, sih, ada bakery shop yang menjual aneka dessert super nikmat dengan presentasi menarik, tapi tetap dibanderol dengan harga murah meriah? Tentu saja ada! Kamu bisa langsung membuktikannya sendiri dengan mengunjungi Khoe Pek Goan Bloemenstad. Cafe murah di Bandung ini pada dasarnya merupakan toko kue asal Garut dengan spesialisasi bagelan yang sudah melegenda sejak tahun 1885.

Nah, mereka akhirnya membuka cabang di daerah Bandung berupa cafe estetik yang menyajikan aneka pastry dan makanan berat. Suasana tempatnya benar-benar cozy dengan limpahan pepohonan hijau yang asri, cocok untuk afternoon tea bareng sahabat kamu. Khoe Pek Goan disebut sebagai cafe murah lantaran koleksi croissant mereka hanya dibanderol antara Rp12 ribu - Rp23 ribuan saja, lho, sementara untuk kreasi slice cake-nya juga masih berkisar di bawah Rp30 ribu. Masih bisa hemat, deh.

Alamat: Jl. Cendana No.16, Cihapit, Kec. Bandung Wetan, Kota Bandung, Jawa Barat 40114
Jam buka: Senin - Minggu (07:30 - 21:00)
Kisaran harga: Rp50.000 - Rp100.000 /orang

2. The Bloei

The Bloei, photo by Alfech

The Bloi menjadi salah satu cafe murah di Bandung yang punya ambience juara layaknya tempat makan pricey, padahal seluruh menu yang ada di sini nggak lebih dari Rp50 ribu. Ini terbukti dari konsep bangunannya yang mengadaptasi arsitektur klasik bergaya kolonial Belanda. Nah, nama The Bloei diambil dari bahasa Belanda yang artinya blossom atau bermekaran. Itulah mengapa suasana di cafe ini benar-benar terasa bersih, comfortable, dan homey.

Bila di bagian indoor kamu akan disuguhkan dengan konsep open kitchen di bagian tengah, maka di bagian outdoor-nya, kamu bisa bebas ngemil cantik di area taman berbangku panjang sambil ditemani angin sepoi-sepoi. Selain minuman kopi dan non kopi, kamu juga bisa mencicipi aneka masakan Nusantara, seperti Nasi Goreng Jawa, Soto Ayam,Nasi Lengko, hingga Mie Ayam.

Alamat: Jl. Patuha No. 26, Gatot Subroto, Bandung
Jam buka: Senin - Minggu (08:00 - 22:00)
Kisaran harga: Di bawah Rp50.000 /orang

3. Third Space

@adillanurul17 Tempat baru lagi dibandung, tempatnya luas cocok banget buat wfc, harga makanannya murah banget jadi cocok yg kalo kerja harus seharian dicafe ga akan bikin kantong jebol, yg lagi nyari tempat wfc boleh dicoba yaa . 📍Third Space, Jl A Yani No 258 . . . . . . #kuliner #kulinerbandung #bandung #kulinertiktok #fyp #foryou #fy #cafe #coffeetiktok #kopibandung #coffeeaddict #coffee #kopi #space #wfc ♬ Bercinta Lewat Kata feat. Yura Yunita - Donne Maula

Ada tempat ngopi di Bandung dengan harga murah meriah yang ditawarkan mulai dari Rp13 ribuan saja, lho, namanya Third Space. Mengambil konsep kekinian dan punya luas yang cukup spacious, cafe murah di Bandung ini menjadi salah satu yang terfavorit lantaran lokasinya berada tepat di pinggir jalan dan bisa jadi alternatif untuk dipakai nongkrong sambil WFC.

Setiap sudutnya juga dibuat Instagramable dengan aksen modern yang timeless, termasuk penataan meja dan kursi kekayuan yang sangat eye-catchy. Third Space menawarkan tiga menu andalan, yaitu mie, kopi, dan dimsum yang dihargai mulai dari Rp13 ribu - Rp14 ribuan saja. Meski murah, menu-menu yang ditawarkan di sini dijamin enak dan nggak murahan sama sekali. Langsung coba saja, yuk!

Alamat: Jl. Jenderal Ahmad Yani No. 258, Ahmad Yani, Bandung
Jam buka: Senin - Minggu (08:00 - 22:00)
Kisaran harga: Di bawah Rp50.000 /orang

4. Layung Coffee

@sheyputrir Punya budget 20ribuan tapi pengen nongkrong? Disini tempatnya. Save ya dijamin gakan nyeselll!! #placetogobandung #placetogo #cafebandung #cafebandungmurah #kulinerbandung #layungcoffee ♬ Feather - Sped Up - Sabrina Carpenter

Cafe murah di Bandung selanjutnya yang bisa kamu sambangi untuk sekedar nongkrong asik adalah Layung Coffee. Meski berstatus sebagai coffee shop, namun seluruh menu makanan dan minuman yang disajikan di sini benar-benar terlihat premium dan super niat, lho. Pasalnya, Layung Coffee dikenal punya sajian main course yang enak dengan porsi yang melimpah dan platting tercantik layaknya sebuah restoran keluarga.

Sebagai contoh, menu Iga Bakar Layung dengan oseng keciwis yang segar serta kentang balado dan sambal hanya dihargai Rp35 ribuan, begitu pula dengan Chicken Katsu Sambal Matah yang dikenal pedas dan punya wangi serai yang menggugah selera yang dibanderol Rp28 ribuan saja. Nggak sampai di sana, setiap pagi hari, mulai dari jam 8 - 10 pagi, kamu bisa memesan hot white dan black coffee hanya dengan membayar Rp10 ribu, lho. Murah banget, kan?

Alamat: Jl. Golf Raya No. A3, Arcamanik, Bandung
Jam buka: Senin - Minggu (08:00 - 23:00)
Kisaran harga: Di bawah Rp50.000 /orang

5. Eureka Coffee and Kitchen

Eureka Coffee and Kitchen, photo by Budi Mulyono

Eureka Coffee and Kitchen merupakan sebuah cafe murah di Bandung yang punya interior dan eksterior apik berestetika Jepang. Begitu masuk ke dalam cafe ini, kamu akan dimanjakan dengan konsep bangunannya yang clean dan penuh keindahan arsitektural sehingga cocok banget untuk dijadikan spot foto.

Meski masih termasuk baru, tetapi Eureka sudah berhasil menarik minat anak muda untuk nongkrong berlama-lama sambil menyesap kopi dengan harga terjangkau di sini. Untuk minuman kopinya dibanderol mulai dari Rp20 ribu - Rp30 ribuan, sementara makanan berat untuk brunch, seperti Thai Chicken Cruffle, Se’i Steak Sandwich, dan Nasi Kuning, bisa kamu pesan di bawah Rp60 ribu.

Alamat: Jl. Lengkong Kecil No.68, Paledang, Kec. Lengkong, Kota Bandung, Jawa Barat 40261
Jam buka: Senin - Minggu (08:00 - 23:00)
Kisaran harga: Di bawah Rp50.000 /orang

6. Xing Long Kopi

Xing Long Kopi, photo by Instagram @/hangout.oui

Sekitar 15 menit berjalan kaki dari Universitas Kristen Maranatha, kamu akan menemukan Xing Long Kopi yang menjadi tempat nongkrong andalan bagi anak-anak kampus di sekitar sini. Kedai kopi ini memang terlihat sangat sederhana jika dilihat dari luar, tetapi kamu dijamin akan langsung terkagum-kagum kalau sudah memasukinya. Xing Long Kopi mengadaptasi interior ala Tiongkok dengan pola-pola chinoiserie yang memanjakan mata.

Tempatnya pun super comfy buat nongkrong sambil nugas karena punya tempat duduk lesehan dan tersedia colokan di mana-mana. Seluruh makanan dan minuman yang tersedia di Xing Long Kopi juga halal, no pork no lard. Rangkaian menu main course seperti Ayam Geprek, Katsu Curry, dan Beef Gyudon bisa kamu dapatkan hanya dengan membayar Rp29 ribu - 36 ribu.

Alamat: Jl. Terusan Babakan Jeruk No. 109 (Lantai 2), Sarijadi, Bandung
Jam buka: Senin - Minggu (08:00 - 23:00)
Kisaran harga: Di bawah Rp50.000 /orang

7. Bento Kopi

Bento Kopi, photo by budalrek

Bento Kopi adalah salah satu hidden gem Bandung yang berdiri di tengah area persawahan sehingga mampu menyajikan semilir angin sejuk dari segala arah. Tempatnya pun sangat luas dengan bukaan lebar yang memungkinkan cahaya masuk secara maksimal.

Meski demikian, kamu nggak akan kepanasan karena sudah ada pendingin ruangan di bagian dalam. Plus, ada dukungan internet dan stop kontak di setiap meja untuk kamu yang ingin WFC. Seluruh makanan dan minuman di Bento Kopi dibanderol murah meriah di bawah Rp20 ribuan yang sudah termasuk PPN. Sebut saja Roti Bakar, Indomie, Rice Bowl Bento, hingga artisan tea dan kopi.

Alamat: Jl. Mengger, Sukapura, Kec. Dayeuhkolot, Kabupaten Bandung, Jawa Barat 40267
Jam buka: Senin - Minggu (09:00 - 01:00)
Kisaran harga: Di bawah Rp50.000 /orang

8. Sankyodai Cafe

@arendellene Ngopi murah karena pake kupon dari PergiKuliner!! Pls cobain juga biar hemat di akhir bulan👍🏻 #temukandipergikuliner #PergiKuliner #cafebandung #kulinerbandung #kopibandung #workfromcafe #sankyodaicoffee ♬ OMG - NewJeans


Ngopi santai di Sankyodai Cafe cuma bayar Rp25 ribuan saja, lho! Koleksinya tersedia cukup lengkap, mulai dari espresso based, ice coffee, milk based, hingga manual brew. Sementara untuk makanan beratnya ada Chicken Katsu, Chicken Curry, Gyudon, sampai Saikoro. Sankyodai Cafe punya ambience super homey lantaran dikelilingi oleh tumbuhan hijau yang asri dan menenangkan. Lokasi cafe di Dago ini pun cukup tersembunyi karena berada di area penginapan, jadi cocok buat kamu yang ingin bekerja dengan kondusif di sini.

Alamat: Travelers Inn Jl. Aria Jipang No. 6, Dago Bawah, Bandung
Jam buka: Senin - Jumat (11:00 - 21:00), Sabtu - Minggu (09:00 - 23:00)  
Kisaran harga: Di bawah Rp50.000 /orang

9. Kawan Kopi

Kawan Kopi, photo by merdeka.com

Buat para pecinta kopi di Bandung, mungkin sudah nggak asing lagi dengan rekomendasi yang satu ini. Kawan Kopi berlokasi strategis di belakang Gedung Sate yang menjadi bangunan bersejarah paling ikonik bagi Kota Kembang. Bagi kamu yang ingin mencoba sajian kopi susu, kreasi kopi susu buatan Kawan Kopi terbilang sangat memfasilitasi pengunjung yang suka kopi strong ataupun yang tidak. Harganya pun sangat bersahabat mulai dari Rp17 ribu - Rp25 ribuan saja. Alhasil, cafe murah di Bandung ini pun selalu diramaikan oleh pengunjung, bahkan terpantau padat sekalipun itu hari kerja.

Alamat: Jl. Hayam Wuruk No. 30, Gedung Sate, Bandung
Jam buka: Senin - Minggu (08:00 - 23:00)  
Kisaran harga: Di bawah Rp50.000 /orang

10. Warkop 2 Lantai

Warkop 2 Lantai, photo by @acaffeinman

Cafe murah di Bandung yang satu ini punya design bangunan eye-catchy bernuansa putih dengan sentuhan minimalis modern, yaitu Warkop 2 Lantai. Tempatnya terbilang spacious yang terbagi menjadi dua area, yaitu indoor dengan fasilitas AC dan colokan, serta outdoor yang berpemandangan langsung jalanan kota. Setiap sudutnya terasa aesthetic dan cocok buat nongkrong seru, terutama di bagian tempat duduk area tribun dengan latar belakang rumah kaca. Sajian kopi, teh, dan mocktails dari Warkop 2 Lantai berkisar antara Rp15 ribu - Rp18 ribuan saja.

Alamat: Jl. Soekarno Hatta No.423, Bandung
Jam buka: Senin - Minggu (08:00 - 24:00)
Kisaran harga: Di bawah Rp50.000 /orang

11. Bahagia Kopi

@bagsirf Coffee shop cozy di Braga! Suasananya homey + bisa minta difotoin pake polaroid juga! ✨ #coffeeshopbandung #ngopidibandung #cafecozydibandung #bahagiakopi #aestheticcafe #coffeecorner #fyp ♬ original sound - 🪼

Untuk kamu yang berencana menjelajah tempat wisata di Braga, jangan lupa mampir ke Bahagia Kopi untuk melepas dahaga kamu, ya. Cafe murah di Bandung ini punya suasana yang cenderung tentram sekalipun berada di tepi jalan yang sibuk. Tempatnya pun cukup luas dengan interior yang begitu kental akan estetika vintage klasik di era 90-an. Selain tersedia aneka kopi signature mulai dari Rp20 ribuan, kamu juga bisa memesan kreasi Bagel Sandwich senilai Rp35 ribu - Rp50 ribu yang menjadi menu andalan dari cafe ini.

Alamat: Jl. Braga No. 61, Braga, Bandung
Jam buka: Senin - Jumat (07:00 - 21:00), Sabtu - Minggu (07:00 - 21:30)  
Kisaran harga: Di bawah Rp50.000 /orang

12. Kopi Eyang Ciumbuleuit

@ginawidiav Adem banget tempatnya🍃🪴⛅️ #kulinerbandung #coffeshopbandung #cafedibandung #explorebandung #placetogobandung #cafemurahbandung #kopieyang #ciumbuleuit ♬ original sound - Ginawidiav

Datang ke sini akan membawa kamu seperti sedang mengunjungi rumah nenek yang ada di kampung halaman. Pasalnya, konsep bangunan Kopi Eyang Ciumbuleuit didominasi dengan material kekayuan yang begitu lekat dengan atmosfer tempo dulu, bahkan tempat ini juga dikelilingi oleh pekarangan hijau yang sangat luas, sejuk, dan teduh di saat yang bersamaan.

Kamu bisa mengambil tempat duduk di area outdoor jika ingin ditemani kicauan burung dan kupu-kupu yang beterbangan. Kopi signature di sini dibanderol mulai dari Rp25 ribuan, sama terjangkaunya dengan pilihan makanan berat seperti Nasi Ayam Sambal Penyet, Yamin Manis Bakso, dan Japanese Chicken Curry Rice yang berkisar antara Rp35 ribu - Rp37 ribu saja.

Alamat: Jl. Gunung Batu No. 2A, Ciumbuleuit, Bandung
Jam buka: Senin (09:00 - 21:00), Rabu - Minggu (09:00 - 21:00), Selasa Tutup
Kisaran harga: Di bawah Rp50.000 /orang

13. Sincere Cafe

Sincere Cafe, photo by @acaffeinman

Meski punya tempat yang sangat mungil, tetapi Sincere Cafe masih sangat cocok untuk jadi tempat nongki-nongki cantik sambil mencicipi beragam dessert otentik. Cafe murah di Bandung ini punya interior yang manis dengan dominasi warna putih gading lengkap dengan elemen dekorasi ala cafe di Negeri Ginseng. Nah, salah satu menu andalan Sincere Cafe adalah Yello Chizu yang merupakan cheesecake bertekstur lembut dengan hint sour yang pas. Ada juga Matcha Mille Crepes yang begitu lumer di mulut dan punya cita rasa yang nggak terlalu strong. Keduanya dihargai Rp39 ribuan saja.

Alamat: Paskal Hypersquare, Blok A No. 37 Jl. Pasir Kaliki No. 25 - 27, Pasir Kaliki, Bandung
Jam buka: Senin - Minggu (08:00 - 21:00)
Kisaran harga: Di bawah Rp50.000 /orang

14. Moist Soft Pancake

@bilameal yg keju enak bgtt!! #moistpancake #kulinerbandung #dessertbandung ♬ original sound - ruto lover #1

Satu lagi pilihan cafe murah di Bandung yang highly recommended dan wajib kamu sambangi, namanya Moist Soft Pancake. Yup, sesuai namanya, tempat makan ini menyajikan aneka pancake super puffy dengan berbagai varian rasa, mulai dari choco, berry, cheese, banana, sampai peanut. Saking empuknya, pancake gubahan Moist ini mungkin juga akan mengingatkan kamu dengan tekstur dorayaki. Rasanya jangan diragukan lagi! Harga satuan pancake Moist adalah Rp12 ribu, tetapi kalau mau borong lima buah, kamu cukup membayar Rp55 ribu saja.

Alamat: Jl. Nanas No. 10, Riau, Bandung
Jam buka: Senin - Minggu (09:00 - 21:00)
Kisaran harga: Di bawah Rp50.000 /orang

15. Kopi Kyomi

@tempatmain Kyomi Space ✨ Salah satu kafe di Bandung yg menurut gue tenang dan adem. Letaknya agak masuk gang, tapi space buat parkirnya lumayan luas. Kalau ke sore deh.. biar dapet cahaya matahari, jadi vibes jepangnya lebih kerasa. . #rekowmendasijijah #jijahjalanjalan #bandunghits #bandung #explorebandung #jijahmakanmakan #cafebandung ♬ Sial - Mahalini

Kopi Kyomi masuk ke dalam deretan cafe murah di Bandung yang mengambil konsep interior oldies bernuansa Jepang. Letaknya pun cukup tersembunyi dan jauh dari keramaian lantaran berada di dalam gang, bahkan bisa dibilang cenderung sepi. Kesan homey yang nyaman bisa langsung kamu rasakan saat ngopi sambil ngemil di sini. Bertandang ke Kopi Kyomi saat sore hari sangat direkomendasikan jika kamu ingin mendapat ambience yang hangat. Harga minuman kopi di sini dipatok mulai dari Rp18 ribu - Rp35 ribu. Masih sangat pas di kantong, bukan?

Alamat: Jl. Ir. H. Juanda No. 130, Dago Bawah, Bandung
Jam buka: Senin - Minggu (08:00 - 22:00)
Kisaran harga: Di bawah Rp50.000 /orang

Semua pilihan tempat di atas benar-benar terjangkau, bukan? Jadi, sudah menentukan mana cafe murah di Bandung yang akan kamu kunjungi dalam waktu dekat?