10 Tempat Makan Siang di Bandung, Nikmat dan Bikin Nagih

10 Tempat Makan Siang di Bandung, Nikmat dan Bikin Nagih
Tempat Makan Siang di Bandung, photo by Instagram @/dailah.bdg

Berbicara tentang kuliner Kota Kembang, belum lengkap rasanya kalau nggak membahas tentang tempat makan siang di Bandung yang paling enak dan digandrungi oleh masyarakat luas. Selain menjanjikan cita rasa yang lezat dan otentik, sebagian besar dari restoran makan siang yang ada di Bandung juga relatif murah dengan pilihan menu yang beraneka ragam dan cocok untuk dijadikan destinasi kuliner bersama orang-orang tercinta. Gulir ke bawah untuk mendapatkan rekomendasi lengkapnya, yuk.

10 Tempat Makan Siang di Bandung

1. Kedai Nyonya Rumah

Kedai Nyonya Rumah, photo by Nana Setiawan

Berdiri sejak tahun 1999, Kedai Nyonya Rumah menjadi restoran legendaris yang menyajikan makanan otentik khas Nusantara. Eksistensi tempat makan siang di Bandung ini sudah diakui oleh masyarakat luas lantaran selain mampu menyajikan aneka hidangan yang nikmat, ambience dari Kedai Nyonya Rumah benar-benar menawarkan suasana asri, teduh, dan lekat dengan alam. Cocok untuk jadi lokasi berwisata kuliner bareng keluarga.

Seluruh menu makanan yang ada di sini terdiri dari hidangan Indonesia dan western. Setidaknya ada beberapa menu yang paling direkomendasikan di sini. Pertama, kamu bisa coba Nasi Rawon Buntut dengan perpaduan kuah rawonnya yang kental dan kaya akan rempah, lengkap pakai sayur tauge, perkedel, telur asin, dan emping.

Kedua, ada Galangan Chicken Thigh yang terdiri dari banyak sekali komponen makanan, mulai dari steak ayam dengan mashed potato, bola jamur yang dibalut tepung roti, serta cream sauce. Steak ayamnya bertekstur lembut, juicy, dan smoky dengan bumbu marinasi yang meresap hingga ke dalam. Wajib coba kalau makan siang di sini!

Alamat: Jl. Naripan No. 92C, Naripan, Bandung
Jam buka: Senin - Selasa (10:00 - 21:30), Rabu (10:00 - 22:00), Kamis (10:00 - 21:30), Jumat - Sabtu (10:00 - 22:00), Minggu (10:00 - 21:30)
Kisaran harga: Rp50.000 - Rp100.000 /orang

2. Dailah Sajian Nusantara

Dailah Sajian Nusantara, photo by Instagram @/dailah.bdg

Tempat makan siang di Bandung yang satu ini juga cocok banget untuk makan bareng keluarga ataupun rekan sekantor. Sesuai namanya, Dailah Sajian Nusantara merupakan sebuah restoran yang menawarkan hidangan otentik Indonesia berdasarkan resep-resep legendaris. Atmosfer restoran ini begitu lekat dengan sentuhan modern, ukurannya pun sangat luas karena terbagi menjadi dua lantai dan dilengkapi ruangan VIP.

Beberapa menu favorit pengunjung Dailah meliputi Rahang Tuna, Ayam Tiga Rasa, Soto Tangkar, dan Siongsira. Nah, kalau kamu adalah penggemar tuna, wajib banget cobain Rahang Tuna Bakar dengan tekstur dagingnya yang tebal dan lembut, serta disajikan bersama kondimen berupa pesto kemangi, green oil, pickle bawang merah, dan sambal colo-colo.

Sementara untuk kamu yang suka berkesperimen dengan sajian makanan, pilihan menu Siongsira yang merupakan masakan berkuah berisikan daging brisket super kenyal mampu menyajikan rasa yang benar-benar flavorful dan nagih di lidah. Ini karena Siongsira dipadukan bersama tomat hijau, cabe rawit merah, daun salam, daun jeruk, dan juga sereh.

Alamat: Jl. Cisangkuy No. 60, Cisangkuy, Bandung
Jam buka: Senin - Minggu (11:00 - 22:00)
Kisaran harga: Rp50.000 - Rp100.000 /orang

3. Goda Nusantara

Goda Nusantara, photo by Instagram @/goda.nusantara

Rekomendasi tempat makan siang di Bandung berikut ini punya konsep warteg yang aesthetically pleasing, lho, namanya Goda Nusantara. Lokasinya sedikit tersembunyi di tepi jalan yang teduh dan syahdu sehingga bisa jadi tempat nongkrong yang nyaman bersama teman-teman, walaupun ukuran tempat makan ini memang cukup kecil.

Layaknya sebuah warteg rumahan, kamu yang ingin makan siang di sini bisa langsung memilih aneka lauk dan sayur yang tersedia di etalase. Harganya pun murah meriah, rangkaian lauk seperti Sapi Kering Balado, Krecek Tahu, Kekian Udang, Cumi Asin, atau Ceciwis bisa kamu dapatkan mulai dari Rp6 ribu - Rp20 ribuan saja.

Sementara menu yang nggak boleh kamu lewatkan adalah Nasi Bakar Cumi Asin Pete yang terdiri dari nasi liwet bercita rasa gurih dalam balutan daun pisang yang dibakar bersama cumi dan ditumis dengan ragam bawang, cabai, dan pete. Terbayang bagaimana nikmatnya?

Alamat: Jl. Sultan Agung No. 9, Trunojoyo, Bandung
Jam buka: Senin - Minggu (11:00 - 20:00)
Kisaran harga: Rp50.000 - Rp100.000 /orang

4. R.M. Sinar Gakong

R.M. Sinar Gakong, photo by R.M. Sinar Gakong

Tepat di sebelah Goda Nusantara, kamu akan menemukan Rumah Makan Sinar Gakong yang menjual aneka chinese food bergaya Hongkong, no pork no lard. Area makannya dibuat semi outdoor sehingga para pengunjung bisa menyantap hidangan sambil diselimuti angin sepoi-sepoi dari tepi jalan.

Seluruh staf yang ada di sini juga dikenal ramah dan informatif, lho, nggak heran kalau selalu dijadikan tempat makan siang di Bandung yang paling diminati oleh warga sekitar. Rangkaian menu R.M Sinar Gakong sangat bervariasi, mulai dari Ayam GorTep Kungpao, Nasi Goreng LV, Sapo Tahu Gakong, Fuyunghai, sampai Lele Fillet GorTep Saus Tauco.

Untuk sajian makan siang, sangat disarankan bila kamu memesan Cakue Isi. Menu ini disajikan dengan unik bersama saus mayo wijen sangrai dan saus bangkok. Bagian dalamnya terdapat filling ayam udang cincang yang meaty banget, ditambah kondimen berupa bihun goreng yang gurih dan renyah. Dijamin nagih!

Alamat: Jl. Sultan Agung No. 9, Trunojoyo, Bandung
Jam buka: Senin - Minggu (11:00 - 21:00)
Kisaran harga: Di bawah Rp50.000 /orang

5. Set N Rise

Set N Rise, photo by hypebeast.com

Buat kamu yang suka makan-makanan Jepang, yuk, cobain tempat makan siang di Bandung berikut ini. Set N Rise merupakan kedai Yakitori dan eclectic bar berkonsep lifestyle-based yang menyediakan makanan khas Yakitori dan aneka snack ala Jepang. Desain interiornya membawa sentuhan vintage Japanese bar yang cenderung hangat dan begitu lekat dengan penggunaan elemen kayu. Nyaman banget untuk mengisi perut di tengah hari.

Premium Japanese Food persembahan dari Set N Rise masih dibanderol dengan harga yang cukup terjangkau, yaitu berkisar Rp30 ribuan saja. Ada menu Thigh Bowl dengan nasi berbumbunya yang pulen dipadukan dengan potongan ayam dan telur setengah matang. Keseluruhan menu ini menghasilkan taste yang juicy dan lumer di mulut. Sementara untuk camilannya, wajib pesan Yakitori Thigh & Skin dengan aroma dan rasanya yang smoky, tapi tetap lembut dan nggak alot. Yuk, coba!

Alamat: Jl. Taman Cibeunying Selatan No. 41, Cilaki, Bandung  
Jam buka: Senin - Minggu (11:00 - 23:00)
Kisaran harga: Di bawah Rp50.000 /orang

6. Sambal Bakar Mang Ujang

@rndysz cuma 10rb udah bisa makan kenyang disini 👌 #sambelbakar #sambalbakar #sambelbakarmangujang #kulinerbandung #kulinermurah #bandunghits #fyp ♬ original sound - Place to Go Bdg - rnd📍

Sambal Bakar Mang Ujang menjadi salah satu tempat wisata kuliner Bandung yang begitu populer dan sangat digandrungi untuk sekedar makan siang. Pasalnya, restoran ini dikenal sebagai pelopor sambal bakar pertama yang ada di Bandung. Aroma sambal goreng bercampur rempah bahkan sudah tercium dari kejauhan saat kamu melintas di depan rumah makan ini. Opsi menunya beraneka ragam dengan harga murah meriah yang pas untuk kantong mahasiswa.

Apalagi, Sambal Bakar Mang Ujang juga selalu punya promo khusus mahasiswa, lho. Dengan hanya menunjukkan kartu tanda mahasiswa atau KTM, kamu sudah bisa memilih 3 menu Nusantara serba Rp10 ribuan yang super worth it, mulai dari Lele Jaket, Ayam Hap, dan Kulit Krispi.

Saat tibanya makan siang, rumah makan ini nggak pernah sepi oleh pengunjung. Setidaknya ada tiga menu sambal bakar yang bisa kamu pilih saat bersantap siang di sini, mulai dari sambel gami, sambel goang, dan sambel jeletot. Sementara menu best seller dari Sambal Bakar Mang Ujang adalah wagyu dan cumi asinnya yang super gurih. Ada pula menu udang, nila, bebek, ceker, sampai telur barendo.

Alamat: Jl. Sasak Gantung No. 19, Lengkong, Bandung  
Jam buka: Senin - Minggu (11:00 - 21:00)  
Kisaran harga: Di bawah Rp50.000 /orang

7. Bajamba Kapau

Bajamba Kapau, photo by Instagram @/bajambakapau

Tempat makan siang di Bandung selanjutnya yang dijamin punya cita rasa nikmat dengan harga terjangkau jatuh kepada Kedai Nasi Bajamba Kapau. Ini adalah restoran Padang super lengkap dan terenak yang ada di Kota Bandung. Nggak tanggung-tanggung, setidaknya ada sekitar 50 varian menu makanan berbeda yang disajikan ke dalam wadah berukuran besar dan bisa langsung kamu pilih dari display bagian depan, antara lain ada Gulai Tunjang, Ayam Pop, Dendeng Batokok, Rendang Bebek, dan masih banyak lagi. Dijamin bakal kalap, deh!

Harganya pun terjangkau, yaitu berkisar antara Rp14 ribu - Rp55 ribuan saja. Area makan Bajamba Kapau juga termasuk luas dan bisa menampung banyak customer sekaligus. Nggak hanya itu, kamu juga bisa mencicipi aneka jajanan khas Sumatera Barat, seperti Sate Kapau, Lamang Bakar, Telur Dadar Kapau, sampai Bubur Kampiun yang menggugah selera.

Alamat: Jl. LLRE Martadinata No. 28A, Riau, Bandung
Jam buka: Senin - Minggu (08:00 - 21:00)
Kisaran harga: Di bawah Rp50.000 /orang

8. Iga Galabag

@kulinerkabandung IGA BAKAR PALING BARBAR DI BANDUNG . . Balik lagi kesini karna daging iga bakarnya emang empuk banget, ujurannya jumbo bisa buat 4-5 orang, bener2 worth it dengan harganya, makanya ini tempat ga pernah sepi rame terus walopun weekday dan ini kita dateng jam 2 siang, klo jam makan siang tuh lebih rame lagi. Kita cobain topping terbarunya yg disiram bawang, tomat, cengek domba sama bumbu kacang, rasanya jadi kaya makan sate maranggi mix sate madura, nikmat dimakan sama nasi, yg mau kesini aku saranin datengnya ramean ajak keluarga atau temen2 deh klo berdua soalnya bakal kebanyakan 😅👌🏼 . . 📌 IGA GALABAG 📍 Jl. Citarum No. 32, Bandung ⏰ 11.00 - 22.00 . . #kulinerbandung #igagalabag #igabakar #igajumbo #kulinerkabbandung #fyp #fypシ #fypシ゚viral #kulinerviral #bandunghits #kulinerhitsbandung #igabakarjumbo #sate #kulinerpedas #kulinertiktok ♬ original sound - Kulinerkabbandung - Kulinerkabandung

Nah, kalau pilihan tempat makan siang di Bandung yang satu ini memang lebih pas kalau kamu berencana mengajak keluarga dalam jumlah besar. Pasalnya, beberapa menu Iga yang ada di Iga Galabag disajikan ke dalam porsi dan topping yang sangat besar. Nggak ketinggalan aneka pilihan sambal, seperti sambal matah, goang, dan bawang yang bisa bikin Iga pesananmu semakin mantap. Luas tempat restoran ini juga benar-benar spacious dengan meja dan kursi yang sama banyaknya.

Salah satu menu yang paling direkomendasikan di Iga Galabag adalah Iga Konro Jumbo. Saking besarnya, hidangan ini bisa dimakan antara 4 - 6 orang sekaligus, lho. Dagingnya mudah banget dicopot dari tulang dan punya tekstur tebal, empuk, serta lumer di mulut. Nikmat untuk disantap bersama nasi hangat dan cah kangkung yang punya rasa asin, sedikit manis, dan juga pedas dalam satu suapan.

Alamat: Jl. Citarum No. 32, Citarum, Bandung
Jam buka: Senin - Minggu (11:00 - 22:00)
Kisaran harga: Rp50.000 - Rp100.000 /orang

9. Ayam Goreng Saritem

Ayam Goreng Saritem, photo by Ribka Tiara Salim

Siang hari yang panas memang paling enak kalau menyantap olahan ayam goreng sambil menyeruput es teh. Nah, kamu bisa coba rumah makan Ayam Goreng Saritem yang sudah dikenal dengan menu ayam goreng telurnya yang dicelup ke dalam telur sebanyak dua kali saat proses penggorengan ini. Menu paket Ayam Goreng Spesial Saritem dibanderol seharga Rp33 ribuan yang terdiri dari nasi hangat, daging ayam, rumput tetangga, dan perkedel jagung.

Rasa gurih dari ayam goreng akan semakin menyatu bila dicampur bersama bumbu hitam yang cenderung manis dan basah sebagai pelengkap. Sambalnya pun tipe sambal mentah yang akan cocok untuk lidah para pecinta pedas. Menariknya lagi, setiap pengunjung bahkan bisa dengan bebas refill teh tawar, nasi, dan sambal, lho. Jangan lupa mampir, ya!

Alamat: Jl. Kebon Jati No. 204, Andir, Bandung
Jam buka: Senin - Minggu (11:00 - 21:00)  
Kisaran harga: Di bawah Rp50.000 /orang

10. Warung Nasi Ibu Imas

Warung Nasi Ibu Imas, photo by Kompas

Warung Nasi Ibu Imas adalah salah satu rumah makan Sunda paling terkenal dan melegenda yang ada di Kota Kembang lantaran sudah berdiri sejak tahun 1980-an. Nggak hanya jadi primadona bagi warga asli Bandung, tetapi para pelancong dari luar kota yang sedang berlibur ke Bandung juga hampir nggak pernah melewatkan peluang untuk bisa menyantap menu masakan yang ada di sini.

Alhasil, Warung Nasi Ibu Imas pun hampir selalu diramaikan pengunjung saat tibanya jam makan siang. Saking antrenya, sang pemilik akhirnya memutuskan untuk membuka 4 cabang sekaligus yang lokasinya masih saling berdekatan, hanya terhalang beberapa bangunan saja.

Salah satu menu andalannya adalah Karedok Leunca dengan ciri khasnya yang sangat pedas, rasanya pun segar, sedikit manis, dan ada sentuhan pahit yang menggugah selera. Sementara deretan lauk Nusantara lainnya meliputi Sop Kikil, Ayam Bakar, Pepes Tahu, Sayur Asem, sampai Selada Air Goreng. Harga menu di Warung Nasi Ibu Imas cukup bervariatif, mulai dari Rp3.000 hingga Rp63.000.

Alamat: Jl. Balonggede No.67 / 48 / 38 / 93, Balonggede, Kec. Regol, Kota Bandung, Jawa Barat
Jam buka: Senin - Minggu (07:00 - 23:30)
Kisaran harga: Di bawah Rp50.000 /orang

Selain dijamin mengenyangkan, hampir seluruh daftar tempat makan siang di Bandung tadi dibanderol dengan harga yang pas di kantong. Jadi, mau makan siang di mana esok hari?