5 Tempat Pemandian Air Panas di Bali Paling Favorit

5 Tempat Pemandian Air Panas di Bali Paling Favorit
Pemandian Air Panas di Bali, photo by Kintamani.id

Bali memang tidak pernah ada habisnya dalam menyuguhkan tempat liburan yang menarik untuk disambangi, mulai dari area pegunungan, pantai, candi, hingga pura yang penuh dengan nuansa spiritual semuanya ada di sini. Bahkan, untuk kamu yang sedang mencari tempat paling nyaman untuk relaksasi juga bisa hunting pemandian air panas di sini, lho. Selain mampu meredakan stres, mandi air hangat diketahui mampu membantu meningkatkan kualitas tidur. Nah, apa saja deretan tempat pemandian air panas di Bali yang paling recommended? Simak ulasannya di bawah ini!

5 Pemandian Air Panas di Bali

1. Batur Natural Hot Spring

Batur Natural Hot Spring, photo by tripadvisor

Bertempat di Desa Pekraman Batur, Kecamatan Kintamani, Batur Natural Hot Spring menjadi tempat pemandian air panas di Bali yang paling favorit bagi para wisatawan lantaran airnya berasal dari sumber mata air panas alami Gunung Batur. Kolam pemandian ini dikenal memiliki temperatur yang cukup tinggi, bahkan bisa mencapai 50 derajat celcius. Meski demikian, sumber air panas tersebut telah dialirkan ke 3 buah kolam pemandian yang ada di bawahnya, sehingga menjadikan suhu air tersebut turun sekitar 37 hingga 40 derajat celcius untuk kenyamanan berendam.

Batur Natural Hot Spring juga berlokasi tepat di tepi Danau Batur. Kelebihan ini membuat para pengunjung bisa berkesempatan untuk berendam dengan tenang sambil ditemani oleh latar belakang eksotis dari danau terbesar yang ada di Pulau Dewata tersebut. Selain menjanjikan rasa hangat, kualitas airnya pun benar-benar jernih dengan banyak pancuran yang akan membuat pengalaman berendam kamu semakin menyenangkan.

Lokasi: Toya Bungkah Kintamani Desa Pekraman Batur, Songan B, Kec. Kintamani, Kabupaten Bangli, Bali 80612
Tiket masuk: Dewasa Rp50 ribu/orang, Anak Rp35 ribu/orang, Dewasa asing Rp190 ribu/orang

2. Espa Yeh Panes

Espa Yeh Panes, photo by booking.com

Tempat pemandian air panas di Bali selanjutnya tidak boleh kamu lewatkan yaitu Espa Yeh Panes. Letaknya yang berada tepat di tepi aliran Tukad Yeh Ho dan dikelilingi oleh pepohonan rindang membuat keseluruhan atmosfer yang tersaji di dalamnya benar-benar teduh, cocok untuk jadi salah satu opsi healing di Bali. Espa Yeh Panes berdiri di atas lahan seluas satu setengah hektare dengan fasilitas utama berupa kolam pemandian air panas berskala umum dan privat.

Air panas di sini mengandung sulfur dan belerang sehingga dinilai baik untuk kesehatan kulit. Tarifnya pun murah meriah, yaitu hanya sekitar Rp15 ribu untuk kolam umum dan Rp25 ribu per jam untuk kolam privat. Pilihan kolam privat cocok untuk kamu yang ingin memiliki waktu berkualitas secara pribadi lantaran area kolamnya yang sudah dibuat tertutup, dilengkapi pula fasilitas pancuran dan ruangan khusus untuk bilas. Kolam VIP dengan jacuzzi yang dilengkapi bubble blower dihargai sekitar Rp40 ribu per jam bagi WNI dan Rp100 ribu per jam bagi turis asing.

Lokasi: H48F+9XC, Pitra, Penebel, Tabanan Regency, Bali 82181
Tiket masuk: Umum Rp15.000, Private Rp25.000, VIP Rp40.000 (WNI) & Rp100.000 (WNA)

3. Wisata Eka Tirta

Wisata Eka Tirta, photo by Diana Rianti

Daerah Tabanban memang memiliki banyak sekali tempat pemandian air panas, salah satunya adalah Wisata Eka Tirta yang dikelilingi oleh sejuknya hutan tropis di segala sisi. Tempat pemandian air panas di Bali ini menawarkan 2 buah kolam umum untuk berendam yang dilengkapi dengan pancuran air panas. Kolam pertama terletak di sebelah timur yang memiliki kedalaman sekitar satu meter, sementara kolam kedua terletak di sisi barat dengan kedalaman sekitar 60 cm.

Tersedia pula tujuh pondok kolam air panas untuk kamu yang ingin berendam dengan suasana yang lebih privat. Kolam pondokan ini bisa diisi maksimal hingga 5 orang dengan batas waktu berendam selama 30 menit di bawah area kolam yang tertutup, sehingga tidak akan terlihat dari luar. Suasananya yang cenderung tenang dan diselimuti udara segar langsung dari alam juga menjamin momen relaksasi yang bebas distraksi.

Lokasi: J5H8+6CJ, Jl. Raya Apuan Senganan - Baturiti, Apuan, Kec. Baturiti, Kabupaten Tabanan, Bali 82191
Tiket masuk: Dewasa Rp10.000, Anak-anak Rp5.000, Sewa pondok Rp20.000

4. BMAS Natural Hot Spring

BMAS Natural Hot Spring, photo by klook

Ada kolam renang di Bali yang menyuguhkan alternatif kolam pemandian air panas dengan tarif ekonomis Rp20 ribuan saja, namanya BMAS Natural Hot Spring. Di sini, tersedia 5 buah kolam berbeda yang terdiri dari 4 kolam air hangat dan 1 kolam reguler dengan air biasa yang super luas. Kualitas airnya pun benar-benar bersih dan terawat, bahkan suhunya dinilai jauh lebih panas jika dibandingkan dengan tempat pemandian air panas yang lainnya. BMAS Natural juga menyediakan beberapa gazebo gratis, ruang khusus bilas, dan kamar mandi tertutup dengan shower yang sangat panas. Tertarik untuk mencobanya?

Lokasi: Mount Batur Trek And Natural Hot Spring Toya bungkah, Central Batur, Kintamani, Bangli Regency, Bali 80652
Tiket masuk: Rp20.000

5. Toya Devasya

Toya Devasya, photo by atourin

Toya Devasya Hot Spring Waterpark menyediakan tempat pemandian air panas alami dari panas bumi Gunung Batur dengan pemandangan langsung Danau Batur yang menakjubkan. Cukup mengeluarkan Rp100 ribu per orang untuk tarif tiket masuk, kamu sudah bisa mandi air panas sepuasnya. Toya Devasya menawarkan 8 kolam air panas super besar yang menghadap ke arah danau. Di sini, kamu juga bisa menikmati beragam wahana seluncuran seru layaknya sedang berada di sebuah waterbom.

Kualitas kolamnya pun dikenal super higienis lantaran dikuras setiap hari. Toya Devasya berdiri di atas lahan seluas 2,5 hektare dengan fasilitas pelengkap berupa restoran, bar, spa, hingga beragam aktivitas olahraga air yang menegangkan. Cocok untuk jadi alternatif tempat wisata keluarga saat berlibur ke Bali.

Lokasi: Jalan Puri Bening (STA), Toya Bungkah Kintamani, Bali – Indonesia (80652)
Tiket masuk: Dewasa Rp100.000, Anak-anak di bawah 5 tahun Rp60.000

Berendam di kolam air panas alami selama 10 hingga 20 menit bisa memberikan manfaat yang sangat baik bagi kesehatan tubuhmu, mulai dari membantu menurunkan kadar gula darah hingga mengeluarkan segala toksin atau racun yang ada di dalam tubuh. Jadi, manakah tempat pemandian air panas di Bali yang akan kamu kunjungi?