10 Kolam Renang di Bali, Asyik untuk Mengisi Waktu Libur!

10 Kolam Renang di Bali, Asyik untuk Mengisi Waktu Libur!
Kolam Renang di Bali, photo by balirescentre

Mengisi waktu liburan di Bali memang menyenangkan. Selain mampu meredakan stres, kita juga bisa mengisi ulang energi sebagai bekal untuk melanjutkan aktivitas yang lebih produktif. Pulau Dewata pun menjadi salah satu destinasi berlibur yang sangat menjanjikan. Pasalnya, daerah yang satu ini memiliki banyak sekali tempat wisata unggulan yang tak terhitung jumlahnya, mulai dari yang populer sampai yang hidden gem. Nah, kalau kamu sedang ingin menyegarkan tubuh dan pikiran sejenak dengan cara berendam, rekomendasi kolam renang di Bali berikut ini bisa jadi pilihan kamu untuk melepas penat.

10 Kolam Renang di Bali

1. Citraland Waterpark

Citraland Waterpark, photo by wisatala.com

Citraland Waterpark merupakan taman rekreasi air keluarga yang terletak di daerah Denpasar, Bali. Berdiri di atas lahan seluas 6000 meter persegi, kolam renang di Bali ini mengusung konsep bajak laut di mana setiap sudut interior dan eksteriornya diwarnai dengan elemen kapal bandit.

Beberapa permainan seru yang tidak boleh kamu lewatkan adalah papan seluncur meliuk dengan kecepatan tinggi dan wahana Adventure Gallery yang memungkinkan pengunjung anak-anak untuk menjelajah kapal bajak laut, bermain dengan fasilitas ember tumpah, serta aneka permainan seru lainnya. Citraland Waterpark Bali juga menyediakan kolam refleksi yang dilengkapi water action (semburan air) sehingga terasa seperti terapi pijat refleksi.

Di sini, kamu akan mendapatkan pelayanan yang baik, ketersediaan tempat parkir yang masih memadai meskipun ramai, dan area taman yang luas. Tidak perlu khawatir soal kebersihan karena ada petugas yang sigap menjaga kebersihan, bahkan dalam situasi padat. Keluarga bisa dengan nyaman bermain di kolam renang karena ada petugas yang fokus dan menggunakan peluit untuk situasi darurat. Meskipun harga tiket selama libur akhir tahun naik, tapi Citraland Waterpark memberikan kupon ice cream sebagai bonus. Seru!

Alamat: Perumahan CitraLand, Jl. Cargo Permai, Ubung Kaja, Kec. Denpasar Utara, Kota Denpasar, Bali 80116
Tiket masuk: Rp50.000 per orang

2. Waterbom Bali

Waterbom Bali, photo by Klook

Mencari kolam renang di Bali yang menyuguhkan petualangan air paling mendebarkan? Saatnya untuk mengunjungi taman rekreasi air nomor satu di Asia, Waterbom Bali. Dengan luas sekitar 3,8 hektar, Waterbom Bali dikelilingi oleh beragam flora dan fauna yang kaya akan keindahan alami Pulau Dewata, lengkap dengan 22 perosotan yang dibangun dengan standar keamanan internasional di seluruh area taman.

Kolam renang ini menawarkan banyak sekali permainan seru dan menantang yang dapat memacu adrenalin, mulai dari The Climax yang merupakan perosotan vertikal paling curam di Asia, Smashdown yang memungkinkan kamu berseluncur dengan kapsul setinggi 26 meter, hingga Tailspin sepanjang 140+ meter untuk pengalaman berkendara dengan ban yang menegangkan. Kamu yang ingin lebih santai juga bisa mengelilingi rimbunnya taman tropis sembari berenang melintasi Lazy River yang cenderung tenang. Tersedia pula beragam pilihan restoran dan kedai makanan ringan untuk mengisi perut setelah puas meluncur.

Area Waterbom Bali yang luas mungkin membuatmu nyasar jika baru pertama kali ke sini. Tapi, tak perlu khawatir karena para staff di Waterbom Bali sangat ramah dan siap membantu jika kamu nyasar atau butuh bantuan. Kalau datang di akhir pekan dari rumah atau kost di Bali, sebaiknya beli tiket secara online dan datang lebih awal untuk menghindari antrean panjang. Jangan lupa juga untuk top up gelang pembayaran dengan jumlah yang cukup, karena di dalam, transaksi non-tunai menjadi pilihan utama. Meski ada loket top up, lebih baik tiba dengan persiapan yang matang.

Alamat: Jl. Kartika Plaza, Tuban, Kec. Kuta, Kabupaten Badung, Bali 80361
Tiket masuk: Rp493.000 per orang (single day pass), Rp895.000 (two day pass)

3. Air Sanih

Air Sanih, photo by radarmukomuko

Air Sanih adalah sebuah objek wisata renang alami yang terletak di daerah Buleleng. Kolam renang di Bali ini menjadi istimewa lantaran lokasinya berseberangan langsung dengan Pantai Lovina, sehingga memungkinkan setiap pengunjung untuk dapat berenang di area kolam sambil disambut oleh panorama matahari terbenam dari garis pantai. Air Sanih juga dilingkupi dengan sumber mata air alami yang berasal dari sungai bawah tanah. Kualitas airnya pun jernih, tak heran bila berenang di sini akan terasa lebih menyegarkan.

Air Sanih menyediakan fasilitas yang cukup lengkap, mulai dari kedai makanan, toilet, loker, hingga kolam pemandian dewasa dan anak-anak. Ada banyak pepohonan rindang yang mengelilingi area di sekitar kolam sehingga suasananya benar-benar terasa teduh dan menenangkan. Kabar baiknya, harga tiket masuk di sini sangat murah meriah, yaitu mulai dari Rp5000 untuk anak-anak dan Rp10.000 untuk dewasa.

Serunya lagi, Air Sanih menyediakan area khusus untuk anak-anak dan dewasa, memastikan seluruh keluarga bisa menikmati momen bersama. Kedalaman kolamnya juga bervariasi, dengan penanda yang jelas di setiap sudutnya. Ini memungkinkan anak-anak untuk berenang dengan aman sesuai dengan kedalaman yang sesuai, sementara para orang tua bisa menikmati kolam dewasa dengan tenang. Selesai berenang, kamu bisa cobain lumpia yang jadi salah satu menu favorit di sini.

Alamat: Jalan Raja Air Sanih, Singaraja-Amlapura, Bukti, Kecamatan Kubutambahan, Kabupaten Buleleng, Bali 81172  
Tiket masuk: Rp5.000 per orang (anak-anak), Rp10.000 per orang (dewasa)

4. Kolam Renang Aria

Kolam Renang Aria, photo by trip.com

Kolam Renang Aria termasuk ke dalam kolam renang di Denpasar yang cenderung tenang lantaran tidak selalu diramaikan oleh pengunjung dan berlokasi di tengah perumahan. Objek wisata ini menawarkan suasana khas villa, di mana banyak sekali pepohonan rindang yang mengelilinginya. Kualitas air Kolam Renang Aria pun jernih dan tidak berbau kaporit dengan kedalaman yang dangkal. Cocok apabila kamu berencana ingin berenang sambil mengajak anak-anak di bawah usia 12 tahun. Poin plus lainnya, kolam renang ini buka selama 24 jam penuh.

Pada sore hari, kolam renang ini sering dijejali oleh anak-anak yang antusias berenang. Ideal dijadikan tempat untuk anak-anak belajar berenang, Kolam Renang Aria menyediakan kolam kecil dan kolam besar yang tidak terlalu dalam. Selama anak-anak berenang, kamu bisa duduk di tempat tunggu di sekitar kolam. Sebagai informasi, tidak diperbolehkan membawa makanan dan minuman dari luar di sini. Kalau mau jajan, kamu bisa pesan mi instan dengan telur dengan harga yang ramah di kantong, yaitu Rp10.000, dan pisang goreng atau tahu isi dengan harga Rp5.000 (3pcs).

Alamat: Jln. Tukad Badung Nomor 331, Renon, Denpasar Selatan, Denpasar, Bali
Tiket masuk: Rp15.000 per orang

5. Augi Sport Centre

Augi Sport Centre, photo by denpasarkota.go.id

Terletak 10 menit berkendara dari Plaza Renon, ada kolam renang Augi Sport Centre yang bisa dijadikan andalan untuk kamu berendam kala melepas penat. Gelanggang olahraga ini memang menawarkan fasilitas yang cukup lengkap, mulai dari kolam renang, pusat kebugaran, biliard, hingga area futsal untuk kamu yang hobi berolahraga.

Kualitas air kolam renang milik Augi Sport Centre dikenal bersih dan terawat, ada juga area kantin yang menawarkanhidangan kuliner murah meriah yang cukup lengkap. Buat kamu yang lebih senang berendam saat sepi, waktu yang paling direkomendasikan jika ingin berkunjung ke sini adalah saat hari kerja.

Dengan adanya kolam renang untuk dewasa dan anak-anak, lapangan futsal, dan fasilitas gym, Augi Sport Centre memenuhi berbagai kebutuhan rekreasi dan olahraga. Tersedia pula warung di dalamnya, memudahkan kamu untuk membeli minuman dan makanan tanpa harus meninggalkan area Sport Centre. Coba datang pada sore hari kalau kamu mau suasana lebih sepi, khususnya bagi yang ingin menghindari keramaian pengunjung atau anak-anak yang sedang les renang. Kamu juga bisa datang ke sini bawa mobil karena parkirannya cukup luas.

Alamat: Jl. Tukad Badung XVI No.18A, Renon, Denpasar Selatan, Kota Denpasar, Bali 80226  
Tiket masuk: Rp20.000 per orang

6. Splash Water Park

Spash Water Park, photo by Spash

Splash Water Park adalah taman rekreasi air milik Finns Recreation Club yang didesain khusus untuk kamu para pecinta wahana ekstrim. Ada banyak sekali permainan seru yang bisa kamu coba di sini, mulai dari perosotan spiral berukuran raksasa, papan seluncur Giant Racer dengan ketinggian lima lantai, hingga Super Bowl yang merupakan mangkuk raksasa berbentuk pusaran yang memungkinkan kamu terputar dengan kecepatan tinggi sebelum akhirnya meluncur ke bawah.

Rasakan juga pengalaman eksklusif berenang di Splash Water Park dengan menikmati fasilitas berupa daybed hingga cabana untuk bersantai sejenak bersama teman-teman. Setiap pengunjung yang memegang tiket Splash Water Park Day Pass sudah bisa mengakses fasilitas daybed sepanjang hari. Apabila kamu berencana mengadakan perayaan khusus bersama sejumlah rombongan, langsung saja lakukan reservasi dengan tim Splash untuk mendapatkan paket eksklusifnya.

Splash Water Park menawarkan pengalaman bermain air yang lebih santai dibandingkan dengan taman air besar lainnya. Wahana-wahananya tidak terlalu ekstrem, membuatnya cocok untuk keluarga. Jarak untuk mencapai wahana juga tidak jauh, jadi kamu bisa memantau anak-anak bermain sambil duduk santai. Untuk lokasinya sendiri berseberangan dengan waterpark, sehingga memudahkan akses, baik dengan berjalan kaki atau pindah parkir. Sebagai informasi, harga tiket masuknya bervariasi. Ada yang seharga Rp300.000 dan sudah termasuk 1 jam bowling, 1 jam bermain trampolin, serta voucher spa senilai Rp100.000.

Alamat: Jl. Pantai Berawa, Tibubeneng, Kec. Kuta Utara, Kabupaten Badung, Bali 80361  
Tiket masuk: Rp200.000 (WNI), Rp300.000 (WNA)

7. Amarta Regis Pool

Amarta Regis Pool, photo by Amarta Regis

Kolam renang di Bali selanjutnya yang wajib kamu coba adalah Amarta Regis Pool. Kualitas kolam di sini benar-benar luas, jernih, dan didukung dengan fasilitas yang cukup memadai. Setidaknya terdapat 6 jumlah lintasan renang dengan panjang kolam 25 meter dan start blok yang cukup tinggi dari atas permukaan air, sehingga sangat cocok untuk siapa saja yang gemar melakukan olahraga akuatik. Selesai berenang, kamu bisa duduk-duduk di dalam gazebo ataupun berburu makanan ringan di area kantin yang tersedia.

Amarta Regis Pool sangat direkomendasikan bagi kamu yang ingin belajar renang karena tempat ini menyediakan banyak praktek kelas renang, lho. Selain menyediakan harga tiket yang terjangkau, Amarta Regis Pool juga menyediakan voucher di mana kamu bisa langsung membeli 10 tiket dan mendapatkan satu tiket gratis. Di sini juga ada guru les renang yang siap membantu, menjadikannya tempat yang cocok untuk berolahraga renang, bukan hanya untuk berendam.

Alamat:  Jl. Bukit Sari street No.168, Padangsambian, Kec. Denpasar Bar., Kota Denpasar, Bali 80117  
Tiket masuk: Rp25.000 (dewasa), Rp20.000 (anak-anak)

8. Gumuh Sari Rekreasi

Gumuh Sari Rekreasi, photo by tiket.com

Gumuh Sari Rekreasi adalah tempat liburan keluarga yang menawarkan berbagai fasilitas rekreasi menarik, mulai dari kolam renang, pusat kebugaran, playground, lapangan futsal, hingga restoran. Berbicara tentang area kolam renang, di sini tersedia 3 jenis kolam untuk anak-anak dan dewasa yang sudah dilengkapi dengan wahana papan seluncur serta dikelilingi oleh taman rimbun yang asri. Ada banyak gazebo di setiap sudut kolam yang bisa dimanfaatkan untuk beristirahat sambil menyantap makanan. Kolam renang Gumuh Sari juga dikenal terawat dan memiliki fasilitas loker, area bilas, hingga tempat untuk berganti pakaian yang memadai.

Salah satu keunikan Gumuh Sari Rekreasi adalah keindahan pemandangan alamnya yang tetap dijaga. Parkirnya juga luas dan nyaman jadi cocok dikunjungi kalau bawa kendaraan. Di samping arena bermain air, Gumuh Sari Rekreasi juga menyediakan permainan anak-anak yang mendukung keseruan selain bermain air. Ada juga halaman untuk game outdoor kalau kamu ke sini ramean dan ingin mengadakan kegiatan liburan. Pilihan makanan dan minumannya pun enak, jadi kamu bisa bersantap dulu, deh, sebelum pulang ke rumah.

Alamat: Jl. Tegal Gumuh No.9, Darmasaba, Kec. Abiansemal, Kabupaten Badung, Bali 80352  
Tiket masuk: Rp35.000

9. Tirta Arum Swimming Pool

Tirta Arum Swimming Pool, photo by tripadvisor

Ternyata, ada kolam renang di Bali yang menawarkan fasilitas kolam renang bertaraf olimpiade dengan track mencapai 50 meter, lho, yaitu Tirta Arum Swimming Pool. Kedalaman kolam di sini cukup bervariasi, mulai dari 1,3 meter hingga 2,5 meter dengan 9 buah lintasan sehingga cocok untuk berlatih renang. Airnya pun sangat bersih dan tidak berbau. Menariknya lagi, tarif tiket masuk Tirta Arum Swimming Pool dibanderol dengan harga yang terlampau murah, yaitu hanya sekitar Rp7.500,- saja. Sangat terjangkau, bukan? Kamu tidak akan menemukan kolam renang semurah ini di tempat rekreasi yang lain.

Tirta Arum Swimming Pool menawarkan suasana kolam yang hening dengan sentuhan pedesaan yang khas. Secara keseluruhan, berenang di sini cukup menyenangkan, terjangkau, dan luas. Tapi, perlu diingat bahwa kolam ini disediakan khusus bagi atlet pada pagi hari sekitar pukul 6-8 pagi, dan baru dibuka untuk umum setelah pukul 9 pagi, ya. Selain kolam renang untuk dewasa, ada juga menyediakan kolam renang khusus untuk anak-anak. Dengan suasana yang tenang dan suasana pedesaan, Tirta Arum Swimming Pool cocok untuk berenang dan bersantai.

Alamat: Jl. Sutomo, Blahkiuh, Kec. Abiansemal, Kabupaten Badung, Bali 80352
Tiket masuk: Rp7.500

10. Praja Raksaka

Praja Raksaka, photo by Reka Wibawa

Rekomendasi kolam renang di Bali yang terakhir jatuh kepada Praja Raksaka. Karena letaknya yang berada di dalam kompleks TNI, taman rekreasi air Praja Raksaka memang dibuat khusus layaknya kolam olimpik seukuran orang dewasa. Kedalamannya mencapai sekitar 1,4 sampai 2,0 meter dengan 6 buah lintasan. Kolam renang ini juga sudah mengantongi standar Nasional dan Internasional sehingga menjadi lokasi yang dirasa sempurna untuk mengasah skill renang dengan macam-macam gaya. Kelengkapan fasilitas kolam renang Praja Raksaka terdiri dari kamar ganti, tempat bilas, ruang tunggu, hingga kantin mini.

Praja Raksaka sempurna bagi kamu yang ingin berlatih renang, baik dalam jarak dekat maupun jauh. Kolam renang ini punya panjang yang cukup, jadi memang cocok buat kegiatan lomba renang. Sesuai untuk latihan dan kompetisi, kolam ini mungkin kurang cocok bagi kamu yang hanya ingin berendam atau cebur-cebur. Setelah berenang, kamu bisa menggunakan fasilitas shower yang tersedia, baik yang terbuka maupun yang terpisah per gender. Kebersihan kolam renang yang sangat dijaga bikin lingkungannya nyaman dan aman.

Alamat: Pedungan, Denpasar Selatan, Denpasar City, Bali 80221  
Tiket masuk: Rp15.000

Demikian kesepuluh pilihan kolam renang di Bali yang bisa jadi andalan untuk berlibur ataupun melatih kemampuan berenang. Semua rekomendasi tadi memiliki fasilitas unggulan yang mampu memanjakan setiap pengunjung setianya. Jadi, manakah tempat rekreasi air yang berhasil menarik perhatianmu?