7 Taman di Bandung yang Asyik untuk Santai Sambil Healing

7 Taman di Bandung yang Asyik untuk Santai Sambil Healing
Taman di Bandung, homecare24

Bandung merupakan sebuah daerah dataran tinggi di Jawa Barat yang dikenal memiliki kulitas udara yang sejuk dan dingin. Menurut data dari BPS Kota Bandung, per tahun 2020, luas ruang terbuka hijau atau RTH di Kota Bandung telah mencapai 2.048,97 hektare atau sebesar 12,25 persen dari luas wilayah. Meski terbilang minim, namun pilihan rekreasi berupa taman terbuka hijau masih bisa menjadi salah satu alternatif tempat wisata di Bandung yang paling menarik untuk dikunjungi, setidaknya demi bisa melepas penat sembari melakukan piknik kecil-kecilan bersama kerabat dekat. Nah, apa saja pilihan taman di bandung yang pas untuk dikunjungi? Intip rekomendasinya di bawah ini, yuk!

7 Taman di Bandung

1. Kiara Artha Park

Kiara Artha Park, photo by muhamad.satriaaa

Kiara Artha Park merupakan sebuah taman di Bandung dengan luas mencapai sekitar 2,9 hektar. Ini adalah pilihan ruang terbuka hijau yang menyajikan konsep taman kota modern dengan pertunjukan air mancur nan menakjubkan. Dancing fountain atau air mancur menari telah menjadi focal point yang paling menarik dari Kiara Artha Park Bandung. Kamu bisa menikmati atraksi air mancur berwarna-warni ini saat malam hari mulai pukul 18.30 hingga 20.30, bahkan setiap jamnya, kamu akan disuguhi dengan pertunjukkan yang berbeda-beda sambil diiringi alunan musik Sunda. Menarik sekali, ya?

Selain itu, kamu yang menyukai estetika budaya Korea juga bisa mengunjungi Kampung Korea yang merupakan sebuah bangunan ikonik dengan desain arsitektur khas Negeri Ginseng.  Mau melihat patung-patung setengah badan dari para inisiator Konferensi Asia Afrika? Kamu dapat melihatnya di dalam Taman Asia Afrika yang menampung beragam mahakarya pahatan tersebut.

Tidak berhenti sampai di sana, Lollipop's Playland & Cafe tersedia ke dalam berbagai suguhan aktivitas menyenangkan, mulai dari memanjat dinding hingga bermain trampolin. Kamu pun masih bisa menikmati fasilitas jogging track dan sepeda seluas 2,6 hektar. Itulah mengapa, Kiara Artha Park dinilai sebagai salah satu tempat liburan di Bandung yang ramah terhadap anak-anak dan keluarga.

2. Taman Lansia

Taman Lansia, photo by bersapedahan

Berjarak sekitar dua kilometer dari pusat kota Bandung, kamu akan menemukan destinasi kawasan terpadu yang bernama Taman Lansia. Letaknya yang berada dekat dengan Gedung Sate membuat taman di Bandung yang satu ini selalu diramaikan oleh pengunjung, baik dari dalam maupun luar Bandung. Keberadaan Taman Lansia bagaikan oase di tengah hiruk-pikuk perkotaan lantaran mampu menyuguhkan ruang terbuka hijau yang kaya akan beragam tumbuhan dan pepohonan rindang.

Suasananya yang asri dengan jalan setapak dari paving block dan deretan kursi panjang untuk bersantai membuat Taman Lansia selalu digemari untuk sekedar bersantai sambil menghirup udara segar. Selain itu, terdapat pula sebuah jembatan yang menghubungkan dua buah danau cantik, di mana pada bagian permukaan airnya banyak ditanami eceng gondok dengan bunga-bunga bermekaran.

Fasilitas umum di Taman Lansia juga cukup lengkap, mulai dari tempat duduk, toilet, tempat sampah, musala, koneksi internet, sampai wahana bermain anak juga tersedia di sini.

3. Taman Cikapayang Dago

Taman Cikapayang Dago, photo by homecare24

Atmosfer yang tenang dan syahdu akan langsung menyapa panca indera kamu saat berkunjung Taman Cikapayang. Salah satu rekomendasi taman di Bandung yang tematik ini memang kerap menjadi andalan bagi warga sekitar Dago untuk sekedar duduk-duduk santai di bawah pohon rindang. Beberapa pengunjung bahkan memanfaatkan taman ini untuk berolahraga ringan setiap harinya, seperti berlari ataupun bersepeda lantaran areanya yang cukup luas, bersih, dan hijau.

Sejumlah fasilitas yang tersedia di sini meliputi area duduk, tempat cuci tangan, hingga tempat sampah yang tertara rapih di setiap sudutnya. Saat akhir pekan, Taman Cikapayang biasanya lebih banyak dipenuhi oleh para pelancong yang baru saja berburu oleh-oleh khas Bandung di sekitar area taman. Tertarik untuk mampir?

4. Taman Balai Kota

Taman Balai Kota, photo by hargatiket.net

Tidak hanya diisi oleh kantor wali kota saja, namun kawasan Balai Kota Bandung ternyata juga dikelilingi oleh sebuah ruang publik berbentuk ruang terbuka hijau. Lokasinya yang strategis dan berada di pusat kota membuat Taman Balai Kota selalu dipadati oleh pengunjung terutama saat akhir pekan. Taman di Bandung ini pun dinilai ideal untuk menjadi tempat diskusi, bersantai, piknik, ataupun sekadar duduk-duduk sambil menikmati sejuknya alam terbuka.

Salah satu aspek ikonik dari Taman Balai Kota yang berhasil mencuri perhatian adalah keberadaan labirin hijau. Ini adalah rangkaian tumbuhan hijau yang dibentuk menyerupai wahana bermain labirin dengan desain yang berliku. Ada pula spot romantis berupa monumen gembok cinta di mana kamu bisa menuliskan sesuatu di atas gembok, untuk kemudian dikaitkan pada konstruksi besi yang telah tersedia. Unik sekali, ya?

5. Taman Hutan Raya Ir. H. Djuanda

Tahura-Djuanda, photo by traveloka

Taman Hutan Raya Ir. H. Djuanda atau yang biasa disebut dengan Tahura Djuanda merupakan sebuah kawasan konservasi alam sekunder terpadu yang berdiri di atas lahan seluas 526.98 hektar. Setidaknya, ada lebih dari 2.500 pohon di Tahura Djuanda yang didominasi oleh pohon pinus, bambu, dan aneka tumbuhan herbal seperti teklan yang tumbuh subur di dalam kawasan ini. Saking asrinya, setiap pengunjung bahkan bisa dengan mudah menemukan beragam spesies fauna unik, seperti musang, kera, tupai, burung kepodang, ketilang, hingga ayam hutan, lho.

Tahura Djuanda bisa kamu raih hanya dengan 5 menit berkendara dari Dago Pakar. Saat menginjakkan kaki di sini, kamu akan benar-benar merasakan sejuknya kualitas udara berkat kekayaan flora dan fauna di sekitarnya. Terlebih dagi, kamu juga bisa menjelajahi lima buah objek wisata alam yang disuguhkan oleh Tahura Djuanda, mulai dari Gua Belanda, Gua Jepang, Tebing Keraton, serta Curug Omas dan Curug Dago yang merupakan air terjun dengan panorama menakjubkan.

6. Taman Cibeunying

Taman Cibeunying, photo by pikiran-rakyat.com

Kamu yang gemar mengoleksi tanaman hias wajib ke sini! Taman Cibeunying telah dikenal lama sebagai surga belanja tanaman hias dengan harga yang terjangkau. Ada banyak sekali aneka tanaman hias berkualitas terbaik yang dijajakan oleh kios-kios yang ada di sini, mulai dari kaktus, bunga anggrek, tanaman palem, dan lain-lain.

Sementara itu, area tamannya biasa dimanfaatkan oleh warga sekitar untuk sekedar jogging, bermain badminton, menyewa sepeda, sampai hunting sarapan pagi dan jajanan enak. Terdapat pula sebuah joglo berukuran 10 x 10 meter yang berada di bagian tengah taman. Bangunan Joglo ini sering digunakan oleh sejumlah komunitas untuk melakukan pertemuan sambil duduk lesehan. Setiap sudut Taman Cibeunying selalu terawat dan terjaga kebersihannya, sehingga cocok dijadikan sarana untuk ‘healing’.

7. Taman Vanda

Taman Vanda, photo by tourbandung.id

Satu lagi rekomendasi taman di Bandung yang wajib kamu kunjungi, yaitu Taman Vanda. Lokasinya yang strategis dan terletak hanya 600 meter saja dari Jalan Braga membuat Taman Vanda sangat mudah untuk dijangkau. Ruang terbuka hijau tematik ini dikenal dengan fasilitas air mancurnya yang ikonik.

Saat malam hari, sekitar 20 titik lubang air akan memancarkan atraksi air mancur yang berwarna-warni sehingga terlihat lebih eksotis. Tak ketinggalan dengan penerapan rangkaian tanaman hias yang semakin menambah kesan sejuk pada area Taman Vanda. Di sini, kamu bisa menyegarkan kembali pikiran dengan cara bersantai sejenak di depan air terjun ataupun berjalan-jalan sambil mengelilingi taman.

Itulah deretan taman di Bandung yang bisa dijadikan sarana untuk ‘refreshing’. Sebelum melakukan sebuah aktivitas di dalam taman, pastikan untuk tetap memerhatikan aturan yang berlaku dan jaga selalu kebersihan selama kamu berada di sana, ya. Bagaimanapun, semua orang memiliki hak yang sama untuk dapat menikmati fasilitas taman dengan maksimal.