20 Rekomendasi Tempat Wisata di Bandung Seru dan Menarik

20 Rekomendasi Tempat Wisata di Bandung Seru dan Menarik
Tempat Wisata di Bandung, photo by Travel Promo

Selain memiliki aneka kuliner yang lezat, Bandung merupakan salah satu kota dengan destinasi wisata terbaik yang bisa kamu kunjungi bersama keluarga saat liburan. Ada banyak sekali pilihan tempat wisata di Bandung yang saat ini sedang hits dan menarik untuk dikunjungi. Mulai dari wisata sejarah, wisata alam, hingga wisata edukasi yang unik dan menarik.

Nah, apabila kamu memiliki rencana untuk berlibur ke Bandung, berikut ini adalah rekomendasi tempat wisata di Bandung yang bisa kamu kunjungi!

Tempat Wisata di Bandung yang Wajib Kamu Kunjungi

1. Tebing Keraton

Tebing Keraton, photo by Ngetrip My ID

Tebing Keraton adalah salah satu tempat wisata di Bandung yang sangat indah dan wajib untuk kamu kunjungi. Tempat wisata Tebing Keraton terletak di kawasan Dago, Bandung yang dimana pengunjung dapat menikmati pemandangan hamparan hutan yang hijau dan diselimuti oleh kabut tebal yang indah.

Tidak hanya itu saja lho, kamu juga bisa menikmati pemandangan matahari terbit atau sunrise di pagi hari. Usahakan supaya datang sebelum pukul 05.00 WIB supaya kamu bisa melihat pancaran cahaya matahari yang naik secara perlahan melalui sela-sela pepohonan.

Nah, bagi para wisatawan yang ingin menginap, terdapat sebuah lokasi camping ground yang bisa kamu gunakan hanya dengan membayar Rp150.000 saja. Harga tersebut sudah include biaya retribusi kebersihan, tenda, sarapan ringan, hingga lampu penerangan. Sangat seru, bukan?

Alamat: Puncak Kordon, RT.2/RW.10, Ciburial, Kec. Cimenyan, Bandung Barat, Jawa Barat.
Jam Buka: Setiap hari (05.00 - 21.00)
Nomor Telepon: (022) 2515895
Biaya Masuk: Rp15.000 per orang (WNI), Rp76.000 (WNA)

2. The Great Asia Africa

The Great Asia Africa, photo by Trivindo

Nah, untuk kamu yang ingin mengunjungi tempat wisata di Bandung yang unik, kamu bisa mencoba mengunjungi The Great Asia Africa yang berada di kawasan Lembang, Bandung. Tempat wisata yang satu ini menyajikan sebuah panorama yang hampir menyerupai suasana di negara Asia dan Afrika.

Saat ini, di The Great Asia Africa sudah ada beberapa landmark ikonik seperti miniatur Tembok China, hingga bangunan dan budaya bernuansa Korea hingga Jepang. Ada banyak kegiatan lain yang bisa kamu lakukan di tempat wisata ini, seperti menikmati kuliner dari berbagai negara, menikmati wahana kereta santai, hingga membeli oleh-oleh untuk dibawa pulang. Menarik ya?

Alamat: Puncak Kordon, RT.2/RW.10, Ciburial, Kec. Cimenyan, Bandung Barat, Jawa Barat.
Jam Buka: Senin - Minggu (09.00 - 18.00)
Biaya Masuk: Rp50.000 per orang.

3. Jembatan Gantung Rengganis

Jembatan Gantung Rengganis, photo by Travel Kompas

Rekomendasi tempat wisata di Bandung yang bisa kamu kunjungi selanjutnya adalah Jembatan Gantung Rengganis. Nah, tahukah kamu bahwa jembatan tersebut merupakan salah satu jembatan terpanjang se-Asia Tenggara? Dengan panjang sekitar 370 meter dan ketinggian 70 meter di atas jurang akan memberikan sebuah sensasi tersendiri bagi siapa saja yang mengunjunginya. Jembatan ini tentu akan menjadi sebuah spot foto yang sangat menarik bagi kamu yang berani untuk melewatinya.

Alamat: Patengan, Rancabali, Bandung, Jawa Barat.
Jam Buka: Senin - Minggu (09.00 - 18.00)
Biaya Masuk: Rp25.000 per orang (Kategori 1), Rp100.000 per orang (Kategori 2), Rp200.000 per orang (Kategori 3).

4. Jungle Milk

Jungle Milk, photo by Travel Kompas

Bagi kamu yang memiliki jiwa petualang, tidak ada salahnya untuk mencoba camping di sebuah tempat wisata di Bandung yang bernama Jungle Milk. Tempat wisata ini memiliki konsep camping ground private yang jumlah pengunjungnya terbatas. Yup! Untuk mencegah keramaian, Jungle Milk hanya bisa menerima sekitar 65 orang pengunjung atau sekitar 25 tenda per harinya.

Untuk harga tiket camping sendiri dimulai dari harga Rp125.000 per orangnya. Nah, perlu diketahui bahwa kamu harus menyiapkan alat-alat camping sendiri seperti tenda, matras, kompor, dan lainnya karena Jungle Milk tidak menyediakan peralatan tersebut. Sangat menarik, ya?

Alamat: Genteng, Jayagiri, Kecamatan Lembang, Bandung, Jawa Barat.
Jam Buka: Senin - Minggu (09.00 - 17.00)
Nomor Telepon: 0821-1696-7759
Biaya Masuk: Mulai dari Rp125.000 per orang.

5. Nimo Highland

Nimo Highland, photo by Travel Kompas

Salah satu cara terbaik untuk menghilangkan penat dan menyegarkan pikiran adalah dengan cara mengunjungi tempat dengan pemandangan yang indah. Salah satu tempat wisata di Bandung lainnya adalah Nimo Highland yang bisa kamu jadikan sebagai tempat untuk healing dan menghilangkan rasa lelah.

Selain menikmati indahnya suasana di Nimo Highland, kamu juga bisa menikmati berbagai jenis wahana berbeda seperti paralayang, ATV, berkuda, hingga menikmati camping ground yang indah dan berwarna warni. Yuk, ajak keluargamu ke Nimo Highland!

Alamat: Banjarsari, Pangalengan, Bandung, Jawa Barat.
Jam Buka: Senin - Jumat (09.00 - 17.00), Sabtu & Minggu (04.30 - 18.00)
Nomor Telepon: 0812-2499-9186
Biaya Masuk: Rp35.000 per orang, Rp5.000 untuk mobil, Rp3.000 untuk motor

6. Cakrawala Sparkling Nature Restaurant

Cakrawala Sparkling Nature, photo by Trivindo

Cakrawala Sparkling Nature Restaurant merupakan kombinasi antara tempat wisata dengan restoran yang memiliki desain unik dan menarik. Konsep bangunan dengan kaca warna-warni dan atap yang terbuka menjadikan tempat ini sangat instagramable dan sangat jarang sekali ada restoran yang dibangun dengan konsep seperti ini. Ada banyak sekali spot-spot foto keren yang bisa kamu gunakan untuk berswafoto bersama keluarga.

Alamat: Jl. Pagermaneuh No.57, Lembang, Bandung.
Jam Buka: Senin - Minggu (08.30 - 22.00)
Nomor Telepon: 0852-2066-8609
Biaya Masuk: Rp5.000 untuk mobil, Rp3.000 untuk motor.
Harga Makanan: Mulai dari Rp40.000 per orang.

7. Lembang Park and Zoo

Lembang Park and Zoo, photo by Klook

Lembang Park and Zoo adalah salah satu tempat wisata di Bandung yang dibangun di atas lahan seluas 20 hektar. Salah satu keunikan dari kebun binatang ini adalah konsepnya yang modern dan mengusung gaya Eropa yang unik dan indah. Taman-tamannya juga ditata dengan baik dan artistik, lho. Bikin kamu bisa puas menikmati pemandangan hewan dan tanaman yang ada di kebun binatang tersebut.

Alamat: Jl. Kolonel Matsuri No.171, Sukajaya, Kecamatan Lembang, Bandung.
Jam Buka: Senin - Minggu (09.00- 18.00)
Nomor Telepon: 0813-1349-8626
Biaya Masuk: Rp40.000 per orang saat Weekdays, Rp50.000 per orang saat Weekend

8. Orchid Forest Cikole

Orchid Forest Cikole, photo by Hotelier

Tahukah kamu bahwa dengan berwisata di tengah alam dapat membantu pikiranmu untuk menghilangkan rasa lelah dan stress? Nah, bagi kamu yang sedang ingin melepas rasa penat, tidak ada salahnya untuk mencoba mengunjungi tempat wisata di Bandung yang bernama Orchid Forest Cikole.

Sesuai dengan namanya, tempat wisata ini merupakan sebuah taman anggrek terluas di Indonesia, lho. Di dalamnya terdapat lebih dari 157 jenis tanaman anggrek dari berbagai negara di seluruh dunia. Anggrek tersebut juga tumbuh di atas hutan pinus yang rindang dan bisa membuat siapa saja terpana. Sungguh menarik, bukan?

Alamat: Genteng, Cikole, Kecamatan Lembang, Bandung.
Jam Buka: Senin - Minggu (09.00- 18.00)
Nomor Telepon: 0811-2221-284
Biaya Masuk: Rp50.000 per orang.

9. Little Seoul

Little Seoul, photo by Okezone Travel

Apakah kamu ingin menikmati suasana negara Korea yang indah dan menawan? Tidak perlu jauh-jauh, karena saat ini kamu bisa mengunjungi tempat wisata di Bandung yang bernama Little Seoul. Tempat ini sebetulnya adalah bagian dari Chingu Cafe, yang di luarnya terdapat sebuah replika dari Dongdaemun Street yang berada di Korea. Selain berfoto-foto, kamu juga bisa lho menikmati berbagai jenis makanan khas Korea seperti kimbap, jajangmyeon, dan lainnya.

Alamat: Jl. Sawunggaling No.10, Tamansari, Bandung
Jam Buka: Senin - Minggu (10.00 - 22.00)
Biaya Masuk: Gratis
Biaya Makanan: Mulai dari Rp30.000 per orang.

10. Rabbit Town

Rabbit Town, photo by INFAKTA

Nah, buat kamu pecinta kelinci, tidak lengkap rasanya jika kamu belum pernah berkunjung ke Rabbit Town. Tempat wisata di Bandung ini memiliki konsep yang menggabungkan wisata kuliner, kebung binatang, hingga lifestyle dengan spot-spot foto yang sangat indah dan menarik. Anak-anak bahkan juga bisa bermain langsung bersama kelinci di Amor Rabbit Town. Yuk, segera ajak anak dan seluruh keluarga bermain di Rabbit Town!

Alamat: Jl. Rancabentang, No.30-32 Ciumbuleuit, Bandung
Jam Buka: Senin - Minggu (10.00 - 20.00)
Nomor Telepon: (022) 644-04848
Biaya Masuk: Rp55.000 per orang

11. Ranca Upas

Ranca Upas, Photo by radarbandung.id

Memasuki wilayah Ciwidey, kamu akan sampai di Ranca Upas, salah satu tempat wisata di Bandung yang diminati masyarakat, terutama yang senang berkemah. Di sini terdapat penangkaran rusa yang menarik para wisatawan untuk datang. Berada di wilayah pegunungan, tidak heran jika di sini juga terdapat pemandian air panas alami. Di sini juga ada berbagai permainan outbound yang tidak kalah menarik. Kamu bisa ke sini dengan teman atau keluarga.

Alamat: Jl. Raya Ciwidey - Patengan No. KM. 11, Patengan, Kec. Rancabali, Bandung, Jawa Barat 40973
Jam Buka: 07.30-17.00
Biaya Masuk: Mulai dari Rp25.000

12. Taman Hutan Raya Djuanda

Taman Hutan Raya Juanda, Photo by travelspromo.com

Selanjutnya ada tempat wisata di Bandung yang menjadi favorit warga Bandung, yaitu Taman Hutan Raya Djuanda atau yang lebih dikenal dengan sebutan Tahura. Terletak di daerah Dago Pakar. Kamu bisa menikmati suasana hutan yang hijau dan asri tanpa perlu jauh-jauh keluar kota Bandung. Tempat ini masih satu area dengan Tebing Keraton. Di sini juga terdapat goa peninggalan Belanda dan Jepang yang fenomenal.

Alamat: Kompleks Tahura, Jl. Ir. H. Juanda No.99, Ciburial, Kec. Cimenyan, Bandung, Jawa Barat
Jam Buka: 08.00-16.00
Biaya Masuk: Rp17.000

13. Dusun Bambu

Dusun Bambu, Photo by traveloka.com

Dusun Bambu bisa menjadi opsi yang tepat untuk berlibur bersama keluarga. Di sini, kamu bisa merasakan budaya tradisional masyarakat Sunda. Selain itu, bagi kamu yang senang camping, Dusun Bambu juga menyediakan fasilitasnya. Tentu suasana camping akan lebih berkesan daripada menginap di hotel biasa. Di sini kamu juga bisa bersepeda dan jogging dengan suasana alam yang sangat asri di sekitar kaki gunung Burangrang.

Alamat: Jl. Kolonel Masturi No.KM. 11, Kertawangi, Kec. Cisarua, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat 40551
Jam Buka: 09.00-17.00
Biaya Masuk: Rp50.000
Biaya Makanan: Rp15.000-Rp120.000

14. Dago Dreampark

Dago Dreampark, Photo by pinhome.id

Masih di kawasan Dago, kamu bisa mengunjungi Dago Dreampark. Area wisata seluas 11 hektar ini memiliki sekitar 29 wahana hiburan yang bisa dinikmati. Dago Dreampark buka setiap hari, sehingga kamu bisa datang kapan saja. Untuk wahana yang ingin dinaiki, ada biaya tambahan yang harus kamu keluarkan. Namun kalau kamu tidak ingin menaiki berbagai wahana yang ada, kamu masih bisa tetap menikmati suasana alam yang masih asri dan sejuk serta mencoba berbagai makanan yang dijual di foodcourt.

Alamat: Mekarwangi, Jl. Dago Giri No.Km. 2.2, Pagerwangi, Kec. Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat 40135
Jam Buka: 09.00-17.00
Biaya Masuk: Rp30.000-Rp40.000

15. Kebun Begonia

Kebun Begonia, Photo by sikidang.com

Selanjutnya, bagi kamu yang senang dengan suasana taman yang dipenuhi bunga-bunga, Kebun Begonia bisa menjadi tempat yang cocok untuk dikunjungi. Hamparan bunga yang indah akan memanjakan mata kamu. Di sini juga kamu bisa memetik berbagai jenis buah dan sayuran untuk dimakan di tempat. Tidak hanya itu, kamu bisa menunggangi kuda keliling Taman Begonia. Ada juga kebun kelinci yang bisa kamu beri makan. Taman Begonia ini bisa menjadi salah satu tempat wisata yang ramah anak, sehingga kamu bisa datang ke sini bersama keluarga.

Alamat: Jl. Maribaya No.120 A, Langensari, Kec. Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat 40391
Jam Buka: 08.00-17.00
Biaya Masuk: Rp25.000
Biaya Makan: Rp7.500-Rp50.000

16. Museum Geologi

Museum Geologi, Photo by orami.co.id

Selanjutnya, Museum Geologi bisa menjadi salah satu pilihan tempat wisata di Bandung yang cocok untuk kamu yang senang belajar tentang bumi. Di sini, kamu akan melihat banyak sekali replika fosil hewan-hewan purba, material gunung berapi, berbagai macam batuan dan mineral, sampai proses evolusi manusia.  Kamu akan mendapatkan banyak sekali wawasan baru jika berkunjung ke Museum Geologi. Sangat cocok untuk mengunjungi museum ini bersama anak dan keluarga. Anaka-anak pasti akan sangat antusias. Namun karena lingkungannya yang luas, usahakan untuk memakai alas kaki yang nyaman, ya!

Alamat: Jl. Diponegoro No.57, Cihaur Geulis, Kec. Cibeunying Kaler, Kota Bandung, Jawa Barat 40122
Jam Buka: 10.00-14.00
Biaya Masuk: Rp5.000

17. Farmhouse Lembang

Farmhouse Lembang, Photo by nativeindonesia.com

Lagi-lagi Lembang memiliki tempat wisata yang unik dan menarik untuk dikunjungi. Farm House Lembang adalah sebuah theme park yang memberikan suasana peternakan ala Eropa. Di sini, banyak bangunan yang sengaja dibuat bergaya Eropa yang bisa menjadi spot foto menarik. Kamu juga bisa memakai kostum tradisional Belanda yang unik. Jika kamu lapar, di tempat ini ada restoran yang menyediakan berbagai makanan. Kamu juga bisa menukar voucher masuk dengan segelas susu segar.

Alamat: Jl. Raya Lembang No.108, Gudangkahuripan, Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat
Jam Buka: 08.00-18.00
Biaya Masuk: Rp30.000
Biaya Makan: Rp35.000-Rp100.000

18. Kiara Artha Park

Kiara Artha Park, Photo by bandungyuk.com

Kalau kamu mencari tempat wisata dengan harga yang murah meriah, Kiara Artha Park bisa menjadi pilihan yang cocok. Ruang terbuka publik ini memberikan berbagai fasilitas yang menyenangkan untuk mengisi waktu liburan. Di sini, kamu bisa menaiki trem berkeliling taman. Selain itu, kamu juga bisa menyewa sepeda atau motor listrik kalau ingin berkeliling sendiri. Ada juga berbagai spot makanan yang akan memanjakan perut jika kamu lapar. Menjelang malam, pertunjukan air mancur akan membuat kamu terpukau. Tidak heran jika dari anak muda sampai orang dewasa, senang menikmati liburan di Kiara Artha Park.

Alamat: Jl. Banten, Kebonwaru, Kec. Batununggal, Kota Bandung
Jam Buka: 08.00-22.00
Biaya Masuk: Rp10.000
Biaya Makan: Rp15.000-Rp100.000

19. Kawah Putih

Kawah Putih, Photo by panduanwisata.id

Kali ini, rekomendasi tempat wisata di Bandung yang harus dikunjungi adalah Kawah Putih. Tempat eksotis dengan kawah kehijauan yang selalu berkabut putih ini menjadi daya tarik para turis. Sejak dulu, pesona dari Kawah Putih memang tidak pernah memudar. Jika ke sini, kamu harus memakai pakaian tebal atau jaket, karena suhu bisa mencapai 8 derajat celcius.

Alamat: Jl. Raya Soreang Ciwidey, Ciwidey, Bandung, Jawa Barat 40973
Jam Buka: 08.00-17.00
Biaya Masuk: Rp20.000-Rp105.000

20. Trans Studio Bandung

Trans Studio Bandung, Photo by pinhome.id

Terakhir, tempat wisata di Bandung yang cocok untuk dikunjungi bersama teman atau keluarga adalah Trans Studio Bandung. Taman hiburan yang memiliki luas sekitar 4,2 hektar ini menyediakan berbagai wahana yang menarik untuk dicoba. Kamu tidak perlu kepanasan karena wahana bermain di Trans Studio Bandung disediakan indoor.

Alamat: Jl. Gatot Subroto No.289, Cibangkong, Kec. Batununggal, Kota Bandung, Jawa Barat 40273
Jam Buka: 10.00-18.00
Biaya Masuk: Rp160.000-Rp280.000
Biaya Makan: Rp50.000-Rp100.000

Kost Nyaman dengan Fasilitas Lengkap di Bandung

Cove Cherry Homes berlokasi di Sukajadi. Hanya 7 menit berkendara dari gerbang tol Pasteur. Sehingga memudahkan untuk akses ke mana saja. Fasilitas yang disediakan oleh Cove Cherry Homes ini sangat lengkap, mulai dari ruang bersama, ruang makan, lobi, dapur, keamanan, dispenser, dan WiFi.

Mulai dari Rp1,6 jutaan/bulan

Selengkapnya mengenai Cove Cherry Homes