15 Pilihan Tempat Sarapan di Bandung, Pas untuk Mengawali Hari!

15 Pilihan Tempat Sarapan di Bandung, Pas untuk Mengawali Hari!
Tempat Sarapan di Bandung, photo by IDN Times

Mengawali hari dengan sarapan bikin tubuh lebih bugar dan bersemangat dalam menjalani hari, apalagi di momen liburan. Kalau kamu sedang berlibur di Bandung, banyak banget loh tempat-tempat yang menjajakan pilihan sarapan khas. Berikut ini adalah beberapa pilihan tempat sarapan di Bandung yang sudah terkenal. Jadi, gak boleh kelewatan untuk kamu cicipi ya!

15 Tempat Sarapan di Bandung

1. Lotek Kalipah Apo

Lotek Kalipah Apo, photo by KSMtour

Menyambut pagi hari dengan seporsi Lotek khas Bandung memang sangat nikmat. Lotek dikenal juga dengan salad khas Indonesia karena bahannya terdiri atas sayur-sayuran yang kemudian disiram dengan bumbu kacang. Salah satu tempat makan lotek ternama dan buka sejak pagi hari ialah Lotek Kalipah Apo.

Warung Lotek Kalipah Apo sudah ada sejak tahun 1953. Bisa dikatakan, tempat makan yang satu ini termasuk legendaris. Saking terkenal dan legendarisnya, Lotek Kalipah Apo sampai dikunjungi oleh Gubernur Jawa Barat, loh! Selain menu Lotek, di tempat ini kamu bisa mencicipi menu lainnya seperti gado-gado, lontong kari ayam, laksa ayam, ataupun rujak.

Alamat: Jl. Kalipah Apo No.42, Karanganyar, Kec. Astanaanyar, Kota Bandung, Jawa Barat 40241
Jam Buka: Senin - Minggu (09.00 - 16.30), Kamis (Tutup)
Kisaran Harga: Mulai dari Rp24.000 per porsi

2. Kue Balok Cihapit Mang Udju

Kue Balok Cihapit Mang Udju, photo by DetikFood

Sarapan paling enak mencicipi camilan manis seperti Kue Balok, cocok untuk kamu yang tak terbiasa makan terlalu berat saat sarapan. Di Bandung, Kue Balok Cihapit Mang Udju salah satu yang paling terkenal. Berlokasi di Jalan Cihapit, Kue Balok milik Mang Udju buka mulai pukul 8 pagi.

Adonan kue balok di tempat ini punya tekstur lembut dan tidak memiliki aftertaste yang membuat kamu merasa serat. Nah, satu pcs kue balok milik Mang Udju bisa kamu nikmati dengan harga Rp2.500 saja.

Alamat: No Jl. Cihapit No.22, Cihapit, Kec. Bandung Wetan, Kota Bandung, Jawa Barat 40114
Jam Buka: Senin - Minggu (08.00 - 17.00)
Kisaran Harga: Mulai dari Rp2.500/pcs

3. Surabi Cihapit

Surabi Cihapit, photo by Qraved

Tak jauh dari Kue Balok Mang Udju, ada Surabi Cihapit yang juga sama terkenalnya. Surabi ini sering banget dianggap sebagai pancake ala Indonesia. Makanan ini memang jadi santapan wajib warga Bandung karena merupakan salah satu makanan khas daerah Kota Kembang tersebut.

Rasa Surabi juga bermacam-macam, ada surabi manis (kinca, coklat, kacang, pisang, kismis) dan asin (oncom, telur, ayam,sosis). Seporsi Surabi Cihapit dibanderol dengan harga mulai dari Rp3.000 aja per pcsnya.

Alamat: Jl. Sabang No.65, Cihapit, Kec. Bandung Wetan, Kota Bandung, Jawa Barat 40113
Jam Buka: Senin - Minggu (07.00 - 10.00)
Kisaran Harga: Mulai dari Rp3.000/pcs

4. Roti Bakar Gempol

Roti Bakar Gempol, photo by Detik

Roti Bakar Bandung memang sangat terkenal, tak terkecuali dengan Roti Bakar Gempol. Roti Gempol menggunakan roti gandum sehingga lebih mengenyangkan untuk sarapan. Teksturnya sangat berserat dan dibakar hingga garing di luar, tetapi tetap lembut di dalamnya. Tentu saja kamu bisa pilih berbagai rasa dari manis sampai asin. Saat menyantap Roti Bakar Gempol, paling nikmat didampingi kopi panas. Karena cocok banget buat sarapan, kamu bisa datangi Roti Bakar Gempol yang buka mulai pukul 7 pagi ini.

Alamat: Jl. Gempol Wetan No.14, Citarum, Kec. Bandung Wetan, Kota Bandung, Jawa Barat 40115
Jam Buka: Senin - Minggu (07.00 - 21.00)
Kisaran Harga: Mulai dari Rp17.000 per porsi

5. Kupat Tahu Gempol

Kupat Tahu Gempol, photo by Tribun

Masih di Jalan Gempol, melipir sedikit kamu akan menemukan Kupat Tahu Gempol yang nikmat banget untuk jadi teman sarapan. Kupat tahu ini sudah ada sejak tahun 1965 dan menjadi salah satu tempat legendaris untuk menyantap sarapan di Bandung! Keistimewaan dari Kupat Tahu di Gempol konon karena kupatnya padat dan lembut. Apalagi ditambah tahu goreng, saus kacang, dan kerupuk pink yang khas. Lengkap!

Alamat: Jl. Gempol Kulon No.53, Citarum, Kec. Bandung Wetan, Kota Bandung, Jawa Barat 40115
Jam Buka: Senin - Minggu (06.00 - 12.00)
Kisaran Harga: Mulai dari Rp20.000 per porsi

6. Bubur Ayam Mang H. Oyo

Bubur Ayam Mang H. Oyo, photo by Pergi Kuliner

Siapa yang suka banget sarapan dengan bubur ayam? Kali ini ada Bubur Ayam Mang H. Oyo di Bandung yang buka sejak pukul 6 pagi. Di Bubur Ayam Mang Oyo, kamu akan disajikan bubur ayam dengan isian lengkap, mulai dari cakwe, telur, hingga ati ampela. Tenang aja, Mang Oyo juga menyediakan bubur customized kok!

Uniknya, tekstur bubur milik Mang Oyo ini tidak terlalu kental. Bahkan, jika mangkuk di balik bubur tidak akan tumpah. Ajaib bukan? Kalau kamu penasaran kebenarannya, jangan sampai kelewatan untuk coba sendiri ya!

Alamat: Jl. Sultan Tirtayasa No.49b, Citarum, Kec. Bandung Wetan, Kota Bandung, Jawa Barat 40115
Jam Buka: Senin - Minggu (06.00 - 15.00)
Kisaran Harga: Mulai dari Rp13.000 per porsi

7. Nasi Kuning Sumur Bandung

Nasi Kuning Sumur Bandung, photo by Galamedia

Buat kamu yang suka sarapan dengan makanan berat seperti Nasi Kuning, di Bandung ada tempat makan bernama Nasi Kuning Sumur Bandung yang kerap didatangi wisatawan untuk sarapan. Hanya buka dari pukul 5 - 10 pagi, makanya kamu harus cepat-cepat datang ke tempat ini.

Nasi Kuning Sumur Bandung terkenal sebagai tempat sarapan di Bandung yang punya berbagai macam topping. Kalau dihitung-hitung, topping yang disediakan di Nasi Kuning Sumur Bandung mencapai 10. Banyak banget kan?

Alamat: Jl. Sumur Bandung, Lb. Siliwangi, Kecamatan Coblong, Kota Bandung, Jawa Barat 40132
Jam Buka: Senin - Sabtu (05.00 - 10.00)
Kisaran Harga: Mulai dari Rp10.000 per porsi

8. Sate Jando Gasibu

Sate Jando Gasibu, photo by Orami

Siapa sih yang tidak tahu Sate Jando Gasibu dengan antrean mengular setiap harinya? Sate Jando ini terbuat dari lemak sapi dengan tekstur lembut dan rasanya yang nikmat. Jadi, bukan daging ayam, kambing, atau sapi ya. Namun, bagi kamu yang kurang menyukai tekstur lemak, di Sate Jando Gasibu tetap menyediakan daging ayam, kambing, dan sapi, kok!

Alamat: Jl. Hayam Wuruk, Citarum, Kec. Bandung Wetan, Kota Bandung, Jawa Barat 40115
Jam Buka: Selasa - Jumat (09.00 - 21.00), Sabtu - Senin (06.30 - 21.00)
Kisaran Harga: Mulai dari Rp25.000 per porsi

9. Soto Ahri Bandung

Soto Ahri, photo by Tribun

Udara Kota Bandung memang dingin, jadi cocok buat menyantap sarapan hangat dan berkuah seperti Soto Ahri. Tempat sarapan di Bandung kali ini berada di kawasan Buah Batu. Soto Ahri sekaligus menjadi soto legendaris yang wajib kamu cicipi ketika berkunjung ke daerah ini.

Soto Ahri ini menyajikan olahan soto khas dari Garut yang akan memanjakan lidah setiap penikmatnya. Kamu bisa mulai mendatangi Soto Ahri untuk sarapan di Bandung mulai dari pukul 7 pagi ya!

Alamat: Jl. Kayuagung II No.16, Turangga, Kec. Lengkong, Kota Bandung, Jawa Barat 40264
Jam Buka: Senin - Minggu (07.00 - 21.00)
Kisaran Harga: Mulai dari Rp25.000 per porsi

10. Batagor Haji Yunus

Batagor Haji Yunus, photo by Pegi-Pegi

Batagor alias Baso Tahu Goreng merupakan makanan khas dari Kota Bandung. Bisa disantap kapanpun, tak terkecuali di pagi hari sebagai sarapan. Batagor Haji Yunus menyugukan 2 jenis batagor sekaligus, yakni batagor kering dan batagor basah. Tentu aja Batagor Kering punya tekstur garing. Sementara itu, batagor basah cenderung lembut dan chewy.

Selain dari dua jenis batagor berbeda, saat mencicipinya kamu akan ditawarkan level kepedasan berbeda juga. Buat kamu yang suka pedas, jangan lupa pesan level tertinggi supaya makin nikmat!

Alamat: Jl. Raya Kopo No.68, RT.10/RW.01, Babakan Asih, Kec. Bojongloa Kaler, Kota Bandung, Jawa Barat 40232
Jam Buka: Senin - Minggu (07.00 - 21.00)
Kisaran Harga: Mulai dari Rp4.000/pcs

11. Yogurt Cisangkuy

Yogurt Cisangkuy, photo by Uncov

Sarapan di Bandung dengan menu sehat seperti Yogurt Cisangkuy emang paling enak, deh! Hidangan yogurt untuk sarapan selain karena sehat juga lebih ringan. Nah, di Yogurt Cisangkuy, kamu akan menemukan berbagai rasa pilihan, tidak hanya plain. Sarapan Yogurt cocok untuk kamu yang ingin mencicipi makanan lainnya, karena Yogurt tidak terlalu mengeyangkan.

Alamat: Jl. Cisangkuy No.66, Citarum, Kec. Bandung Wetan, Kota Bandung, Jawa Barat 40115
Jam Buka: Senin - Minggu (08.00 - 17.00)
Kisaran Harga: Mulai dari Rp35.000 per porsi

12. Lontong Kari Kebon Karet

Lontong Kari Kebon Karet, photo by Gastronomy Aficionado

Tempat sarapan di Bandung selanjutnya ialah Lontong Kari Kebon Karet. Seperti namanya, lontong ini menyajikan makanan menggunakan kuah kari yang punya cita rasa khas. Saat mencicipinya, kamu pasti akan ketagihan. Nah, lontong kari ini datang juga dengan tambahan topping telur dan kacang yang semakin menambah kelezatan rasanya.

Alamat: Jl. Otto Iskandar Dinata Jl. Kb. Karet No.28/5C, Babakan Ciamis, Kec. Sumur Bandung, Kota Bandung, Jawa Barat 40171
Jam Buka: Senin - Minggu (06.00 - 18.00)
Kisaran Harga: Mulai dari Rp25.000 per porsi

13. Soto Ojolali

Soto Ojolali, photo by Pergi Kuliner

Kalau kamu berpikir ini adalah makanan khas Jawa Tengah atau Jawa Timur, jawabannya salah! Soto Ojolali memang punya nama yang terkesan Jawa, cita rasanya berbanding terbalik karena sangat menggambarkan soto khas Bandung. Dinamakan begitu agar orang-orang tidak lupa dengan cita rasa soto yang satu ini.

Soto ini punya kuah bening yang menyegarkan. Ditambah dengan potongan daging sapi, irisan lobak, taburan kacang kedelai, serta daun kemangi. Jangan lupa tambahkan perasan jeruk limau agar kuah soto semakin segar.

Alamat: Jl. Cibadak No.79, Karanganyar, Kec. Astanaanyar, Kota Bandung, Jawa Barat 40241
Jam Buka: Senin - Minggu (09.00 - 21.00)
Kisaran Harga: Mulai dari Rp30.000 per porsi

14. Ketupat Sayur Padang Uda Pero

Ketupat Sayur Padang Uda Pero, photo by Yummy Advisor

Tak susah kok mencari Ketupat Sayur Padang sebagai menu sarapan di Bandung. Kamu cukup datangi Ketupat Sayur Padang Uda Pero di kawasan Dago. Ketupat sayur Padang yang satu ini punya cita rasa gurih dengan rempah-rempah khas Padang yang sangat kuat. Ditambah lagi dengan irisan nangka dan telur sebagai topping menambah kenikmatan sajian menu satu ini.

Alamat: Jl. Ir. H. Juanda No.189, Dago, Kecamatan Coblong, Kota Bandung, Jawa Barat 40135
Jam Buka: Senin - Minggu (05.30 - 09.00)
Kisaran Harga: Mulai dari Rp11.000 per porsi

15. Kolak Campur Ibu Sari

Kolak Campur Ibu Sari, photo by Youtube

Mencari kolak untuk sarapan di Bandung? Ada, kok! Tak harus menikmati kolak di bulan tertentu seperti saat puasa, karena di Bandung ada Kolak Campur Ibu Sari yang berjualan setiap harinya. Sarapan ringan satu ini cocok untuk mengisi perut di pagi hari. Tak hanya kolak, di Kolak Campur Ibu Sari juga tersedia menu lain seperti bubur sumsum dan candil. Ketiganya memang sangat cocok untuk dipadukan saat sarapan dengan cita rasa manis gurih.

Alamat: Jl. Karawitan No.15, Turangga, Kec. Lengkong, Kota Bandung, Jawa Barat 40264
Jam Buka: Senin - Jumat (07.00 - 18.00), Sabtu - Minggu (07.00 - 17.00)
Kisaran Harga: Mulai dari Rp10.000 per porsi

Lihat daftar di atas jadi gak bingung lagi, deh, saat memilih tempat sarapan di Bandung. Apalagi, variasinya banyak banget mulai dari makanan ringan, sedang, hingga berat yang bisa disesuaikan dengan keinginanmu.