16 Jajanan Enak di Bandung yang Harus Kamu Coba

16 Jajanan Enak di Bandung yang Harus Kamu Coba
Jajanan Enak di Bandung, Photo by Freepik

Bandung merupakan kota yang sering menjadi tujuan wisata banyak orang. Selain karena banyak tempat menarik untuk dikunjungi, Bandung juga menjadi surga kuliner. Berbagai jajanan enak di Bandung bisa memanjakan lidah dan perut. Kalau kamu main ke Bandung, tidak afdol rasanya kalau tidak membeli berbagai jajanan di sana. Ini dia 16 jajanan enak di Bandung yang harus kamu coba!

Jajanan Asin

Mie Kocok Bandung

Mie Kocok Bandung, Photo by Idntimes.com

Pertama, jajanan enak di Bandung yang tidak bisa terlewatkan ketika pergi ke kota ini adalah mie kocok. Jika kamu penggemar mie, mie kocok bandung harus kamu coba. Bahan-bahan mie kocok antara lain mie, sayuran, serta kikil sapi yang dicampur dengan kuah gurih dan hangat.

Di Bandung, ada banyak penjual mie kocok, mulai dari pedagang kaki lima sampai kedai-kedai atau restoran. Rasanya yang enak membuat mie kocok memiliki banyak penggemar.

Deskripsi Rasa Mie Kocok

Mie kocok Bandung mempunyai citarasa yang gurih, dengan mie kuning yang disajikan dalam kuah kaldu sapi. Kondimennya ditambah dengan kikil, taoge, bakso, jeruk nipis, taburan seledri, daun bawang, hingga bawang goreng. Semua kondimen ini menambah rasa gurih yang berpadu dengan kuah kaldu.

Kisaran Harga:  Mulai dari RP15.000 untuk satu porsi

Batagor

Batagor, Photo by Kompas.com

Selanjutnya, jajanan khas dari bandung adalah batagor. Jajanan ini memang asli dari Bandung, yaitu olahan dari bakso tahu atau siomay yang digoreng, lalu dibalur bumbu kacang atau disiram bumbu kuah jika kamu pesan batagor kuah.Batagor sendiri merupakan singkatan dari bakso tahu goreng. Bahan dasar dari batagor adalah olahan ikan tenggiri dengan tepung tapioka.

Di Bandung, kamu akan dengan mudah menemukan batagor. Mulai dari batagor yang dijual oleh pedagang kaki lima di pinggir jalan, sampai dijual di restoran. Saat ini, batagor juga banyak tersedia dalam bentuk mentah atau frozen food. Sehingga kamu bisa membawanya pulang dan menggoreng sendiri di rumah. Pokoknya, kalau ke Bandung, wajib mencoba jajanan enak ini. Untuk mendapatkan satu porsinya, kamu tidak perlu mengeluarkan biaya yang mahal.

Deskripsi Rasa Batagor

Batagor akan terasa nikmat kalau disajikan selagi hangat. Siraman bumbu kacangnya menambah gurih dan kecap manis melengkapi rasanya. Kamu juga bisa menambah dengan perasan jeruk nipis dan cabai untuk sensasi rasa pedas yang menyegarkan. Jika kondimennya terbuat dari ikan tenggiri asli, aroma dan rasa khas ikannya akan terasa berpadu dengan bumbu kacang.

Kisaran Harga:  Mulai dari RP10.000 per porsi
🔍

Seblak

Seblak, Photo by inews.com

Jajanan enak yang bisa kamu temukan di Bandung selanjutnya adalah seblak. Makanan ini sedang hits di kalangan anak muda. Rasa gurih dengan berbagai toping yang dicampur dengan kuah pedas. Toping-toping yang ada dalam seblak pun semakin bervariasi. Mulai dari kerupuk, bakso, telur, sosis, sayuran, makaroni, ceker ayam, dan masih banyak lagi yang bisa kamu pilih.

Memang, di kota lain juga sudah banyak yang menjual seblak. Bahkan sekarang ada inovasi seblak instan yang bisa dibeli secara online di marketplace. Tapi ada sensasi lain ketika makan seblak di kota asalnya. Rasanya pasti lebih nikmat dan khas. Harga seblak sangat bervairasi. Biasanya tergantung jenis dan jumlah toping yang dipilih.

Deskripsi Rasa Seblak

Seblak memiliki rasa yang bervariasi, tergantung campuran bahan yang dipakai. Namun ciri khas dari seblak adalah bumbu kencurnya. Untuk tingkat kepedasan, kamu bisa menentukan sesuai selera. Seblak juga bisa disajikan dalam bentuk kering, nyemek, maupun berkuah. Tekstur seblak biasanya kenyal dan gurih.

Kisaran Harga:  RP15.000–Rp30.000 untuk satu porsi

Lumpia Basah

Lumpia Basah, photo by Kompas.com

Jajanan enak di Bandung selanjutnya adalah lumpia basah. Lumpia basah memang agak jarang ditemukan di kota-kota selain Bandung. Jadi, kalau kamu main ke Bandung, tidak ada salahnya untuk mencoba makanan enak ini.

Ciri khas dari lumpia basah Bandung adalah menjadikan bengkoang sebagai bahan dasarnya. Kemudian ada pula tambahan telur dan taoge yang membuat rasanya semakin enak. Bahkan terkadang di beberapa tempat, kamu juga bisa menambahkan toping lain seperti daging ayam yang dipotong kecil-kecil atau ati ampela.

Deskripsi Rasa Lumpia Basah

Lumpia basah memiliki cita rasa yang kaya dengan bumbu kencurnya. Biasanya dibuat langsung di hadapan pembelinya, sehingga rasanya segar dan hangat. Terdiri dari kulit lumpia yang diolesi tepung kanji dan gula merah. Lalu ditambahkan isiannya. Aroma kencur dan bawang putih menambah gurih lumpia basah. Jika kamu suka pedas, bisa menambahkan dengan cabai agar ada sensasi pedasnya.

Kisaran Harga:  RP10.000–Rp20.000 untuk satu porsi
15 Pilihan Tempat Sarapan di Bandung, Pas untuk Mengawali Hari!
Sebelum keliling Bandung, jangan lupa untuk awali harimu dengan datang ke 15 pilihan tempat sarapan di Bandung berikut ini!

Cuanki

Cuanki, Photo by Bandungmu.com

Kalau kamu berkunjung ke Bandung, kamu akan menemukan banyak penjual cuanki. Ada yang bilang bahwa cuanki adalah singkatan dari “cari uang jalan kaki”. Memang di Bandung sendiri, terutama di daerah pusat seperti alun-alun, ada banyak pedagang kaki lima yang menjual cuanki. Biasanya sajiannya berisi siomay, tahu goreng, tahu putih, bakso, dan terkadang ditambah mie instan.

Satu porsi cuanki sangat cukup untuk mengenyangkan perut. Harganya pun cukup murah. Cuanki bisa menjadi opsi jika kamu merasa lapar. Selain itu, cuanki juga banyak dijual di kedai atau restoran-restoran. Cuanki bisa didapatkan dengan harga mulai dari Rp.10.000 untuk satu porsinya.

Deskripsi Rasa Cuanki

Cuanki memiliki rasa yang berbeda dari bakso pada umumnya, meskipun kondimennya mirip. Cuanki memiliki rasa yang segar dan gurih yang tidak membosankan. Rasa gurih itu dari kecap asin yang ditambahkan sebagai bumbu. Bila kamu suka pedas, bisa ditambahkan dengan kuah cabai sesuai selera.

Kisaran Harga:  Mulai dari Rp10.000 untuk satu porsi

Cilok

Cilok, Photo by Kompas.com

Cilok sudah dikenal sebagai jajanan yang berasal dari Bandung. Cilok merupakan singkatan dari aci dicolok. Bahan dasar cilok adalah tepung tapioka yang dikukus, lalu disajikan dengan berbagai pilihan bumbu, seperti bumbu kacang atau sambal goang. Bahkan saat ini, banyak juga cilok yang memiliki berbagai varian isian, seperti ayam, telur, atau sosis. Seiring dengan perkembangan zaman, semakin banyak juga variasi cilok.

Jika jalan-jalan ke kota Bandung, kamu bisa dengan mudah menemukan orang berjualan cilok. Biasanya mereka berjualan menggunakan gerobak dorong. Namun tidak sedikit pula restoran atau tempat makan yang menyajikan cilok sebagai salah satu menunya. Kamu bisa membeli cilok dengan harga yang murah dalam satu porsinya.

Deskripsi Rasa Cilok

Cilok akan disajikan dengan bumbu kacang yang menambahkan cita rasa unik ketika dikunyah. Pada umumnya, hal yang membedakan rasa cilok adalah isiannya. Jika kamu memakan isian ayam, maka rasa yang mendominasi adalah potongan ayam yang gurih. Jika isiannya keju, maka akan terasa campuran kenyalnya cilok dengan asinnya keju.

Kisaran Harga:  Mulai dari Rp5.000 untuk satu porsi

Cireng

Cireng, Photo by Fimela.com

Bandung atau Jawa Barat memang terkenal dengan segala jenis makanan olahan tepung kanji. Selain cilok yang sudah disebutkan di atas, ada juga cirang atau singkatan dari aci digoreng. Cireng memiliki tekstur yang unik dan menggoda untuk dimakan. Bagian luarnya tampak garing dan renyah. Namun di bagian dalam, terasa kenyal dan gurih. Sangat cocok disajikan dengan berbagai cocolan seperti sambal, saos, bahkan bumbu rujak.

Cireng bisa kamu temukan dengan mudah di Bandung. Ada banyak pedagang kaki lima yang menjual cireng. Biasanya satu paket dengan gorengan lain. Selain itu, di tempat makan atau restoran juga terkadang cireng menjadi salah satu menu pelengkapnya.

Deskripsi Rasa Cireng

Cireng memiliki rasa yang gurih dengan tekstur yang unik dan menggoda untuk dimakan. Bagian luarnya tampak garing dan renyah. Namun di bagian dalam, terasa kenyal. Sangat cocok disajikan dengan berbagai cocolan seperti sambal, saos, bahkan bumbu rujak.

Kisaran Harga:  Mulai dari Rp1.000 untuk satu potong atau bisa mencapai Rp20.000 untuk satu porsi

Basreng (Bakso Goreng)

Basreng, photo by info.goorita.com

Bakso goreng ini sedang sangat digandrungi oleh anak-anak muda. Bahannya terbuat dari bakso daging ikan tenggiri yang diiris dan digoreng hingga kering. Di Bandung, kamu bisa menemukan basreng dengan mudah. Bahkan sekarang, ada banyak sekali orang yang menjual basreng di media sosial. Makanan khas Bandung ini sudah dikenal pasar dengan luas.

Deskripsi Rasa Basreng

Basreng memiliki cita rasa yang gurih dengan tekstur yang renyah dan terkadang agak keras. Tambahan bumbu-bumbu seperti asin, pedas, keju, atau daun jeruk menambah citarasanya. Kalau basreng yang terbuat dari ikan tenggiri, akan tercium aroma ikannya yang khas.  

Kisaran Harga: Rp4.5000/Kg

Cimol

Cimol, photo by food.indozone.id

Masih dengan makanan yang terbuat dari aci atau tepung kanji, kali ini ada yang disebut cimol. Makanan satu ini mudah sekali ditemukan di kota Bandung, baik di pinggir jalan, di sekolah, maupun di foodcourt mall. Perbedaan cimol dengan cilok adalah proses memasaknya yang digoreng. Belakangan, ramai varian cimol yang lain seperti cimol bojot yang dibuat setengah matang.

Deskripsi Rasa Cimol

Cimol memiliki rasa yang gurih dari bumbu-bumbu yang dicampurkan dengannya, seperti bumbu asin, balado, pedas, keju, kacang, daun jeruk, atau yang lainnya. Cimol paling enak dimakan ketika masih hangat agar bumbunya menempel dan teksturnya tidak keras.

Kisaran Harga: Mulai dari Rp5.000

Tahu Susu Lembang

Tahu Susu Lembang, photo by tempatwisatadibandung.info

Satu lagi jajanan yang bisa menjadi oleh-oleh dari Bandung adalah tahu susu lembang. Ada banyak gerai tahu susu yang bisa kamu temukan, terutama di kawasan Lembang dan sekitarnya. Selain itu, di toko oleh-oleh juga banyak. Harganya terjangkau dengan rasa yang lezat.

Deskripsi Rasa Tahu Susu Lembang

Tahu susu lembang memiliki rasa yang lebih gurih dan tekstur yang lebih lembut. Isiannya juga padat, sehingga tidak akan koping ketika menggigitnya. Paling nikmat dinikmati ketika masih hangat dengan cabai rawit.

Kisaran Harga: Mulai dari Rp30.000

Jajanan Manis

Es Cendol

Es Cendol, Photo by Liputan6.com

Es cendol adalah minuman khas yang terbuat dari tepung beras. Disajikan dengan santan dan gula merah cair. Minuman ini sangat cocok untuk cuaca panas. Meskipun di kota lain juga banyak penjual es cendol, namun di Bandung ada ciri khas tersendiri. Kamu bisa menemukan penjual es cendol di pinggir jalan atau di restoran-restoran.

Jika kamu berkunjung ke Bandung, tidak ada salahnya untuk mencoba kelezatan es cendolnya. Ketika Bandung di siang hari terasa panas, es cendol akan menjadi pelepas dahaga yang menyegarkan. Harganya pun cukup terjangkau sehingga bisa dinikmati oleh semua kalangan masyarakat.

Kisaran Harga: Mulai dari Rp 10,000 per gelas

Awug

Awug, Photo by Resepaku.com

Selanjutnya, kamu juga harus mencoba kelezatan awug jika berkunjung ke Bandung. Awug adalah makanan yang terbuat dari tepung beras, gula merah, dan kelapa. Pembuatannya adalah dengan cara dikukus menggunakan aseupan atau sejenis alat untuk menanak berbentuk kerucut.

Awug merupakan salah satu makanan tradisional khas sunda. Rasanya mirip dengan kue putu, namun bentuknya yang seperti tumpeng membuat awug menjadi makanan yang unik. Tekstur awug pun terasa lebih lembut. Jika kamu menemukan penjual awug di Bandung, sebaiknya kamu membeli dan merasakan enaknya makanan yang satu ini.

Deskripsi Rasa Awug

Rasanya mirip dengan kue putu, namun bentuknya yang seperti tumpeng membuat awug menjadi makanan yang unik. Tekstur awug pun terasa lebih lembut. Jika kamu menemukan penjual awug di Bandung, sebaiknya kamu membeli dan merasakan enaknya makanan yang satu ini.

Kisaran Harga:  RP5.000 atau Rp10.000 untuk satu porsi

Pisang Bolen

Pisang Bolen, photo by loveusaha.com

Kalau liburan ke Bandung, jangan sampai melewatkan pisang bolen yang menjadi salah satu oleh-oleh khas kota ini. Pisang bolen memiliki banyak sekali penggemar, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Kamu akan mudah menemukan pisang bolen di pusat-pusat oleh-oleh khas Bandung.

Deskripsi Rasa Pisang Bolen

Pisang bolen adalah pisang yang dibalut pastry dengan tekstur yang empuk. Rasanya manis dan lezat. Aroma pisangnya menggugah selera siapa saja yang ada di dekatnya. Tidak heran kalau semua kalangan menyukai jajanan yang satu ini.

Kisaran Harga: Mulai dari Rp30.000

Kue Balok

Kue Balok, photo by ayobandung.com

Kue balok juga jadi salah satu jajanan yang ramai di Bandung. Kamu akan menemukan kedai-kedai kue balok yang harganya murah dan tempatnya nyaman buat nongkrong. Awalnya, kue balok ini viral gara-gara sinetron Preman Pensiun yang menjadikan kota Bandung sebagai latar tempatnya. Dari sanalah kue balok jadi salah satu jajanan favorit masyarakat Bandung.

Deskripsi Rasa Kue Balok

Kue Balok mempunyai cita rasa yang manis dengan berbagai varian rasa yang bisa kamu pilih. Teksturnya lembut dan bisa juga dipesan setengah matang agar lebih lumer. Dimakan selagi hangat akan terasa lebih nikmat dan wangi.

Kisaran Harga: Rp25.000-Rp40.000

Jajanan dengan Pilihan Rasa Manis dan Asin

Surabi

Surabi, Photo by Superapps.Kompas.com

Jajanan khas Bandung selanjutnya adalah surabi. Makanan ini sudah ada sejak zaman dulu kala, namun popularitasnya tidak terkalahkan oleh makanan-makanan modern. Dulu, surabi disajikan dalam bentuk polos atau ditambah taburan oncom saja. Tapi saat ini, semakin banyak varian rasa surabi yang unik, seperti surabi daging sapi, daging ayam, ikan tuna, keju, telur, bahkan ada juga burger surabi. Ada juga varian surabi dengan rasa manis seperti kacang coklat atau gula merah.

Bertambahnya varian surabi menandakan bahwa makanan ini bisa mengikuti perkembangan zaman. Tidak heran kalau surabi memiliki banyak sekali peminat. Surabi sangat nikmat jika disajikan untuk sarapan atau camilan di malam hari. Kamu bisa merasakan kehangatan surabi di tengah dinginnya udara Bandung.

Deskripsi Rasa Surabi

Surabi Bandung terkenal dengan rasa asin. Dulu, toping surabi adalah oncom. Sekarang, seiring dengan berkembangnya zaman, semakin banyak varian toping surabi, mulai dari abon, telur, keju, dan lain-lain. Surabi yang dimasak di tungku, akan memiliki aroma yang khas dibanding surabi yang dimasak di kompor biasa.

Kisaran Harga:  RP5.000-Rp10.000 per porsi

Bandros

Bandros, Photo by Okezone.com

Selanjutnya, jajanan enak dari Bandung yang tidak boleh dilewatkan adalah bandros. Bahan dasar jajanan ini adalah tepung beras dan kelapa parut. Penyajiannya bisa dibuat manis maupun asin. Jajanan ini juga termasuk makanan tradisional yang popularitasnya tidak lekang oleh waktu.

Saat ini, inovasi bandros semakin banyak. Pedagang-pedagang kreatif mulai menyajikan bandros dengan berbagai pilihan toping atau isian. Tidak heran jika makanan ini kembali tren. Kamu bisa menemukan penjual bandros mulai dari pedagang kaki lima sampai di kedai atau foodcourt.  Untuk membeli bandros, kamu bisa mendapatkan harga mulai dari Rp10.000 sampai Rp20.000 untuk satu porsinya.

Deskripsi Rasa Bandros

Bandros memiliki citarasa yang gurih dengan tekstur garing di luar dan lembut di dalam. Ada parutan kelapa yang menambah kelezatan bandros ketika digigit. Aromanya harum dan menggoda. Untuk bandros asin, bisa ditambahkan bumbu pedas untuk menambah cita rasa. Sementara jika bandros manis, biasanya ditambahkan dengan taburan gula putih. Bandros lebih enak dinikmati selagi masih hangat.

Kisaran Harga:  RP10.000-Rp20.000 per porsi

Itulah 16 jajanan enak di Bandung yang harus kamu coba ketika mengunjungi kota kembang ini. Berwisata ke Bandung tanpa mencoba jajanannya, rasanya seperti ada yang kurang. Gimana? Sudah ada rencana liburan ke Bandung belum? Kalau sudah, ayo list jajanan enak di Bandung yang mau kamu coba!

Cove Cherry Homes

Berbicara mengenai Bandung, kamu sudah tahu belum, kalau di kota ini, ada kost dengan fasilitas nyaman dan dekat dengan berbagai tempat kuliner Bandung? Kost ini bernama Cove Cherry Homes, sangat cocok untuk mahasiswa yang senang eksplor kota Bandung.

Cove Cherry Homes

Cove Cherry Homes berlokasi di Sukajadi, daerah yang dekat ke berbagai spot di Kota Bandung. Hanya 7 menit berkendara dari gerbang tol Pasteur. Dekat dengan Universitas Kristen Maranatha, NuArt Sculpture Park dan berbagai spot kuliner lokal yang bisa kamu sambangi di akhir pekan.

Fasilitas yang disediakan oleh Cove Cherry Homes ini sangat lengkap, mulai dari ruang bersama, ruang makan, lobi, dapur, keamanan, dispenser, dan WiFi. Berbagai pilihan kamar pun tersedia dengan furnitur yang sudah lengka, sehingga kamu bisa memilih kamar sesuai dengan kebutuhan.

Fasilitas sudah selengkap ini, lokasi juga sangat strategis. Menarik untuk jadi hunian kamu kan? Kalau kamu tertarik untuk tinggal di Cove Cherry Homes, tunggu apa lagi? Ayo lakukan book viewing sekarang juga untuk survei, lalu pilih kamar terbaikmu!