Wisata di Braga: Lokasi, Fasilitas, dan Daya Tariknya

Wisata di Braga: Lokasi, Fasilitas, dan Daya Tariknya
Wisata di Braga, photo by id.wikipedia.org

Kawasan Braga adalah salah satu ikon khas Kota Bandung. Kawasan ini menjadi daerah Bandung yang terkenal di kalangan para wisatawan. Hampir setiap hari tempat ini ramai dikunjungi. Keunikan jalan ini membuat orang berbondong-bondong datang ke sini. Apa sebenarnya yang membuat wisata di Braga sangat menarik? Simak penjelasannya di sini ya!

Lokasi dan Akses Menuju Jalan Braga

Jalan Braga terletak tidak jauh dari Alun-Alun Kota Bandung. Sangat mudah untuk menuju lokasi Jalan Braga. Kalau kamu memakai kendaraan pribadi dari arah Jakarta, perjalanan bisa semakin singkat melalui Tol Cipularang. Jarak dari Jakarta menuju kawasan ini adalah 3 jam perjalanan. Namun kalau kamu berangkat dari sekitaran Bandung, lokasinya sejalan dengan Jalan Asia Afrika.

Harga Tiket dan Jam Buka

Kawasan Braga lebih dikenal sebagai kawasan wisata terpadu. Berlokasi di Jalan Braga Nomor 99-101. Kalau kamu sekadar ingin bersantai menikmati suasana Braga, tidak dikenakan biaya tiket masuk karena kawasan ini termasuk kawasan umum. Kawasan Braga terbuka selama 24 jam.

Beberapa tempat yang bisa kamu masuki bisa memakai tiket salah satunya adalah bioskop yang ada di dalam mall dengan harga tiket paling murah Rp35.000. Khusus untuk bioskop, hanya buka dari pukul 12.00-23.00 WIB ya.

Fasilitas

Kawasan Braga adalah kawasan hiburan sekaligus menjadi pusat perbelanjaan di Kota Bandung. Apalagi kalau weekend, tempat ini selalu ramai dikunjungi muda-mudi yang berlalu lalang. Suasananya memang menyenangkan walaupun ramai.

Tempat Nongkrong Asyik

Tempat Nongkrong Asyik, photo by review.bukalapak.com

Kawasan Braga memang selalu ramai didatangi masyarakat, khususnya anak muda. Di sepanjang jalan Braga, kamu akan menemukan berbagai macam tempat wisata kuliner, baik yang khas Bandung maupun kuliner luar negeri. Tempat-tempatnya nyaman untuk nongkrong bersama teman. Tidak heran kalau di Braga selalu ramai didatangi anak muda, apalagi kalau weekend.

Tempat Wisata Sejarah

Wisata Sejarah, photo by bandungyuk.com

Jalan Braga memang sudah ada sejak zaman dulu. Awalnya tempat ini bernama "Bragaweg" atau "Ngabaraga" yang artinya banyak bergaya. Kamu akan menikmati lampu-lampu khas khas Eropa dan bangunan-bangunan kuno. Kebanyakan tempat di sini, seperti restoran, toko, kantor, dan lainnya memiliki arsitektur khas Eropa. Pemandangan itu terlihat menarik dengan penggabungan furniture modern.

Memang ada banyak bangunan peninggalan zaman penjajahan yang masih bagus bahkan dipakai sampai sekarang. Hal itu menjadi ciri khas tersendiri yang membuat Braga memiliki daya tarik untuk dikunjungi.

Tempat Wisata Kuliner

Tempat Wisata Kuliner, photo by galamedia.pikiran-rakyat.com

Kebanyakan cafe di sini menyajikan berbagai menu minuman, khususnya kopi. Tapi tidak sedikit juga yang menyajikan berbagai makanan, mulai dari makanan berat hingga ringan, makanan lokal hingga western. Untuk harga sangat bervariasi. Tersedia juga makanan murah yang harganya pas di kantong akhir bulan, tetapi rasanya tetap juara.

Selain makanan yang ada di cafe-cafe, kamu juga bisa menikmati makanan yang dijual di pinggir jalan Braga. Misalnya ada bacang legend Braga yang sering viral di media sosial. Kalau mau beli bacang itu, kamu harus datang cepat-cepat karena antreannya panjang sekali. Bahkan tidak jarang pembelinya kehabisan walaupun sudah antre. Walaupun hanya bacang yang dijual di gerobak, tetapi penggemarnya banyak sekali.

Ada juga es krim Cantina yang viral karena pernah dikunjungi oleh Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil. Es Krim ini ada di pinggir jalan. Kamu akan mudah menemukannya. Antreannya tidak pernah sepi. Selain itu, ada pula yang menjual jajanan pinggir jalan lain seperti cimol, batagor, es cendol, dan lain-lain.

Aktivitas Seru di Braga

Hunting Foto

Hunting Foto, photo by piknikwisata.com

Kalau kamu jalan-jalan ke kawasan Braga, belum afdal rasanya kalau tidak hunting foto. Tempatnya yang estetik dengan ciri khasnya membuat siapa pun terpesona. Ada banyak sekal spot yang menarik dan instagramable. Semua sudut seakan memiliki keindahannya tersendiri. Jadi jangan heran kalau kesini, kamu melihat banyak orang membawa kamera atau sedang berfoto ria di pinggir jalan.

Tempat untuk Belanja

Tempat untuk Belanja, photo by tripadvisor.co.id

Kawasan Braga juga bisa menjadi tempat untuk belanja. Di sini, ada mall bernama Braga CityWalk yang bisa kamu kunjungi jika ingin belanja. Seperti mall pada umumnya, ada banyak outlet di dalamnya. Begitu pula dengan tempat hiburan seperti bioskop dan tempat karaoke.

Nah, kalau kamu ingin mencari cenderamata yang khas dan unik, kamu bisa mendatangi Galeri Tatarah, Rumah Seni Rapih, atau Sin Sin Art Shop. Semuanya ada di kawasan jalan Braga.

Tempat untuk Bersantai

Tempat untuk Bersantai, photo by blog.tiket.com

Sebenarnya, kawasan Braga bisa menjadi tempat untuk liburan dengan budget super hemat. Kamu cukup datang dan bersantai di bangku yang ada di sepanjang trotoar jalan Braga pun sudah sangat menyenangkan. Menikmati suasana ramainya Braga. Melihat setiap momen yang di sekitar.

Braga seperti memiliki kesan tersendiri yang bisa membuat suasana menjadi romantis. Tanpa mengeluarkan biaya yang mahal untuk liburan, Braga sudah bisa membuat hati merasa puas.

Berburu Macam-Macam Kuliner

Kuliner di Braga, photo by balitteknologikaret.co.id

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, kawasan Braga sangat kaya dengan tempat wisata kuliner. Di sini, kamu bisa menemukan berbagai hidangan bakkery lezat dan hangat, mulai dari roti, sandwich, hingga kue-kue. Ada pula berbagai macam eskrim. Kalau kamu ingin makanan berat, beberapa restoran menyediakan makanan berat mulai dari makanan khas sunda, western, hingga Jepang. Kalau kamu mencari kopi yang enak, ada banyak cafe yang bisa kamu masuki. Kalau kamu ingin berhemat, jajanan di pinggir jalan pun ramai dan tidak kalah enak.

Wisata di Sekitar Braga

Museum Konferensi Asia Afrika

Museum Konferensi Asia Afrika, photo by kemlu.co.id

Tempat wisata pertama yang bisa dikunjungi tidak jauh dari kawasan Braga adalah Museum Konferensi Asia Afrika. Hanya sekitar 500 meter dari jalan Braga, Museum ini bisa kamu datangi. Bangunan bersejarah ini menjadi saksi bisu Konferensi Asia Afrika pada tahun 1955 lalu. Sangat cocok dikunjungi oleh semua kalangan.

Lokasi: Jl. Asia Afrika No.65, Braga, Kec. Sumur Bandung, Kota Bandung, Provinsi Jawa Barat
Tiket Masuk: Gratis
Jam Buka: 09.00-12.00 WIB, 13.00-15.00 WIB

Masjid Agung Bandung

Masjid Agung Bandung, photo by tripadvisor.co.id

Selanjutnya, masih bisa dijangkau dengan berjalan kaki, kamu bisa mengunjungi ikon kota Bandung, yaitu Masjid Agung Bandung. Ada banyak sekali pengunjung yang datang ke masjid ini. Di sekitar halamannya juga sering ada pedagang-pedagang kuliner yang bisa kamu nikmati. Suasananya cukup asri dan sejuk. Menyenangkan sekali untuk duduk-duduk di pelatarannya sambil menikmati suasana sekitar.

Lokasi: Jl. Alun-Alun Timur, Balonggede, Kec. Regol, Kota Bandung, Jawa Barat
Tiket Masuk: Gratis
Jam Buka: 24 jam

Alun-Alun Kota Bandung

Alun-Alun Kota Bandung, photo by mytrip123.com

Tepat di samping Masjid Agung, ada Alun-Alun Kota Bandung yang membentang hijau. Alun-alun ini juga menjadi salah satu destinasi yang banyak dikunjungi warga lokal maupun luar kota. Di sini juga kamu bisa hunting foto karena pemandangannya yang indah.

Lokasi: Jl. Alun-Alun Timur, Balonggede, Kec. Regol, Kota Bandung, Jawa Barat
Tiket Masuk: Gratis
Jam Buka: 24 jam

Nah itulah sedikit penjelasan mengenai tempat wisata di Braga yang menarik untuk dikunjungi. Kalau kamu ke Bandung, jangan lupa untuk berkunjung ke kawasan Braga, salah satu tujuan utama para wisatawan. Keindahan dan keunikannya akan membuat kamu jatuh cinta pada kota Bandung dan ingin kembali lagi.