15 Tempat Wisata di Dago Patut Dikunjungi di Musim Liburan!

15 Tempat Wisata di Dago Patut Dikunjungi di Musim Liburan!
Wisata di Dago, photo by Mytrip123

Berlibur ke Bandung, khususnya kawasan Dago memanglah pilihan tepat untuk menikmati suasana yang jauh dari hiruk pikuk kota. Kalau kamu butuh referensi tempat wisata di Dago, artikel ini sangat pas buatmu karena Cove akan memberikan 15 rekomendasi tempat yang bisa didatangi saat liburan!

Tempat Wisata di Dago

1. Bukit Moko

Bukit Moko, photo by Daihatsu

Paling pas menikmati keindahan malam hari Bandung dari ketinggian. Salah satu tempat untuk melihatnya ialah dengan mendatangi Bukit Moko. Di atas ketinggian 1515 mdpl kamu dapat menyaksikan keindahan Bandung yang menakjubkan. Meski cukup tinggi, kamu bisa naik menggunakan kendaraan. Jadi, tak perlu khawatir ya! Cukup berhati-hati karena jalanan menuju Bukit Moko sedikit terjal.

Alamat: Cimenyan, Kec. Cimenyan, Kabupaten Bandung, Jawa Barat 40197
Jam Buka: Senin - Minggu (24 jam)

2. Tebing Keraton

Tebing Keraton, photo by Wisata IDN

Berada di area Taman Hutan Raya, kamu bisa menemukan Tebing Keraton. Lagi-lagi spot untuk menikmati Bandung dari ketinggian. Kamu bisa langsung melihat hamparan pepohonan dan bukit. Paling cocok ke Tebing Keraton saat matahari terbit karena sunrise di tempat ini terkenal sangat cantik. Di momen yang pas, kamu bisa banget mendapatkan hasil foto ciamik untuk dipajang di Instagram milikmu.

Alamat: Puncak Kordon, RT.2/RW.10, Ciburial, Kec. Cimenyan, Bandung Barat, Jawa Barat 40198
Jam Buka: Senin - Minggu (08.00 - 16.00)

3. Taman Hutan Raya Juanda

Taman Hutan Raya Juanda, photo by Wikipedia

Taman Hutan Raya Juanda, tempat wisata di Dago yang sangat cocok kamu datangi kalau ingin melihat hamparan pemandangan hijau dari pepohonan. Hutan Raya Juanda dapat dikatakan masih sangat asri sehingga pepohonan rimbun jelas terlihat. Apalagi suasana adem di tempat ini mampu membantu kamu menyegarkan pikiran.

Alamat: Thr Juanda (Goa Pakar), Ciburial, Kec. Cimenyan, Kabupaten Bandung, Jawa Barat 40198
Jam Buka: Senin - Minggu (08.00 - 16.00)

4. Lawangwangi Creative Space

Lawangwangi Creative Space, photo by Trax FM

Melihat-lihat karya seni lalu nongkrong di coffee shop? Semua bisa didapatkan dalam satu tempat kalau kamu pergi ke Lawangwangi Creative Space. Salah satu cafe di Dago ini merangkap sebagai art gallery yang menyimpan lukisan-lukisan menarik dan instalasi seni unik. Setelah menyusuri art gallery, kamu bisa langsung mengisi perut di cafe yang berada di lantai 2 dengan view pegunungan yang tak kalah menariknya!

Alamat: Jl. Dago Giri No.99, Mekarwangi, Kec. Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat 40391
Jam Buka: Senin - Minggu (11.00 - 21.00)

5. Mercusuar Cafe & Resto

Mercusuar Cafe & Resto, photo by TripAdvisor

Berkunjung ke restoran yang punya konsep kerajaan di Mercusuar Cafe & Resto. Di tempat ini kamu dapat melihat bangunan ala kastil Medieval dalam bentuk mini, tetapi tidak menghilangkan kemegahan kastil itu sendiri. Selain spot foto ala kastil, terdapat juga kapal phinisi mini yang sering jadi incaran pengunjung untuk mengambil gambar. Yap, selepas berfoto-foto kamu tentu dapat menikmati makanan yang tersedia di restorannya.

Alamat: Jl. Lembah Pakar Timur 2 No.7, Ciburial, Kec. Cimenyan, Kabupaten Bandung, Jawa Barat 40198
Jam Buka: Senin - Minggu (09.00 - 21.00)

6. Bird & Bromelia Pavilion

Bird and Bromelia Pavilion, photo by Native Indonesia

Mengamati 50 spesies burung dari jarak dekat dengan mengunjungi Bird & Bromelia Pavilion. Tempat wisata di Dago yang berikut ini memang penuh edukasi. Tak hanya mengamati, untuk kamu yang berani dan pecinta hewan diperbolehkan loh memegang dan memberi makan burung tersebut. Tentunya dengan makanan yang telah disediakan ya!

Alamat: Jl. Akaza Utama No.9, Mekarwangi, Kec. Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat 40391
Jam Buka: Senin - Minggu (09.00 - 17.00)

7. Selasar Sunaryo Art Space

Selasar Sunaryo Art Space, photo by Art & Market

Mau liburan yang beda? Coba pergi ke Selasar Sunaryo Art Space dan silakan melihat-lihat berbagai karya seni indah dipajang di sana. Tak hanya pameran karya seni, Selasar Sunaryo Art Space juga memiliki perpustakaan tersembunyi yang menyimpan 1500 arsip di dalamnya.

Alamat: Jl. Bukit Pakar Timur No.100, Ciburial, Kec. Cimenyan, Kabupaten Bandung, Jawa Barat 40198
Jam Buka: Selasa - Minggu (10.00 - 17.00)

8. WOT Batu

WOT Batu, photo by Wikipedia

Siapa yang sering scroll social media dan melihat tempat estetik ini di Bandung? WOT Batu menawarkan karya seni instalasi dari batu yang sangat menawan. Instalasi ini dibuat oleh seniman Sunaryo, berisi 135 batu yang ditanam dan ditata secara konseptual. Kamu akan menemukan bentuk unik nan menakjubkan. Tak jarang, beberapa pengunjung yang datang mengambil foto di area dekat batu. Namun, perlu diingat jangan sampai merusak instalasi tersebut ya!

Alamat: Jl. Bukit Pakar Timur No.98, Ciburial, Kec. Cimenyan, Kabupaten Bandung, Jawa Barat 40198
Jam Buka: Selasa - Minggu (10.00 - 12.30) dan (14.00 - 16.30)

9. Dago Dreampark

Dago Dreampark, photo by Traveloka

Wisata seperti Dago Dreampark dengan konsep family friendly ini sangat cocok disambangi bersama keluarga. Banyaknya permainan dan tempat yang bisa dieksplor menjadikan liburanmu semakin seru. Ada spot selfie, permainan adventure, wahana extreme, hingga area selfie extreme yang bikin deg-degan. Semuanya bisa didapatkan hanya dengan berkunjung ke satu tempat aja, loh!

Alamat: Jl. Dago Giri KM. 2,2, Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat, Indonesia, 40135
Jam Buka: Senin - Minggu (09.00 - 17.00)

10. Angkringan De Blank On

Angkringan De Blank On, photo by Qraved

Makan angkringan with a view merupakan julukan yang pas untuk wisata di Dago berikut ini. Angkringan De Blank On bukanlah angkringan biasa. Angkringan dengan konsep modern ini menjajakan makanan khas Indonesia yang bisa kamu nikmati. Tempatnya pun luas dengan bangunan dua tingkat dan menghadap pemandangan cantik. Saat malam tiba, terdapat lampu-lampu cantik yang dinyalakan semakin menambah menarik tempat ini.

Alamat: Jl. Baru Laksana No.75, Pagerwangi, Kec. Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat 40391
Jam Buka: Senin - Minggu (08.00 - 21.00)

11. Curug Dago

Curug Dago, photo by Kompas

Wisata alam dengan datang ke Curug Dago sekaligus menjadi solusi untuk menyegarkan pikiran. Mendengarkan suara gemericik air sesampainya di lokasi sangatlah menenangkan. Meskipun sedikit berbeda, Curug Dago hanya memiliki ketinggian sekitar 12 meter. Kamu pun bisa bermalam di Curug Dago karena terdapat penginapan di area sekitarnya.

Alamat: Jl. Dago Pojok, Dago, Kecamatan Coblong, Kota Bandung, Jawa Barat 40135
Jam Buka: Senin - Minggu (08.00 - 17.00)

12. Dago Tea House

Dago Tea House, photo by Wisata IDN

Kalau beruntung, kamu dapat menyaksikan pertunjukan di Dago Tea House, salah satu Taman Budaya Jawa Barat. Di dalamnya kamu dapat melihat interior zaman penjajahan yang sangat khas. Buka setiap hari, kamu bisa masuk ke Dago Tea House dengan membayar Rp1.000 saja, loh!

Alamat: Jl. Bukit Dago Selatan No.53A, Dago, Kecamatan Coblong, Kota Bandung, Jawa Barat 40135
Jam Buka: Senin - Minggu (09.00 - 22.00)

13. Dago Bakery Punclut

Dago Bakery Punclut, photo by Camera Wisata

Tempat unik lainnya saat kamu ingin berwisata di Dago bisa mulai mengunjungi Dago Bakery Punclut yang ikonik. Restoran yang sekaligus menyajikan keunikan desain berupa arsitektur kastil berwarna gelap kerap dijadikan wisata selfie oleh para pengunjung. Saking uniknya, beberapa orang tertarik melakukan foto prewedding di tempat ini. Selepas puas mengambil gambar, bisa datang deh ke area resto yang tak kalah keren karena menyajikan pemandangan pegunungan dan nuansa sejuk.

Alamat: Punclut, Jl. Pagermaneuh No.57, Pagerwangi, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat 40391
Jam Buka: Senin - Minggu (10.00 - 20.00)

14. Jurnal Risa Coffee Dago

Jurnal Risa Coffee Dago, photo by Sikidang

Terkenal hingga luar Bandung, Jurnal Risa Coffee Dago menjadi salah satu destinasi wisata di Dago yang patut disambangi. Cafe ini memiliki area semi outdoor yang dipenuhi dengan tanaman sehingga terlihat sangat sejuk untuk dijadikan tempat nongkrong di Bandung. Popularitas dari Jurnal Risa Coffee Dago pun tak lepas dari pemiliknya yang merupakan seorang Youtuber dengan konten horor yang menarik.

Alamat: Jl. Sumur Bandung No.14, Lb. Siliwangi, Kecamatan Coblong, Kota Bandung, Jawa Barat 40101
Jam Buka: Senin - Minggu (08.00 - 21.00)

15. Dago Pakar

Dago Pakar, photo by Bankjim

Wisata di Dago yang tak boleh dilewatkan adalah berkunjung ke Dago Pakar. Tempat ini jadi favorit banyak orang karena sejuk dan punya banyak spot foto instagramable. Terdapat berbagai tempat unik juga bersejarah di area dekat Dago Pakar ini, seperti Gua Belanda dan Gua Jepang. Lebih dari itu, kawasan Dago Pakar pun memiliki curug, seperti Curug Dago, Curug Lalay, dan Curug Omas.

Alamat: Jl. Pakar Bar. No.23A, Ciburial, Kec. Cimenyan, Kabupaten Bandung, Jawa Barat 40198
Jam Buka: Senin - Minggu (08.00 - 22.00)

Kost Eksklusif di Dago Pakar

Cove Putribulan merupakan kost eksklusif yang dekat dengan berbagai tempat wisata di Dago. Sehingga lokasinya sangat strategis untuk menjangkau beberapa tempat sekaligus. Berada di dalam suatu perumahan, Cove Putribulan juga punya suasana tinggal yang menenangkan. Coliving ini menawarkan beberapa tipe kamar berbeda yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan. Masing-masingnya sudah dibuat full furnished dengan kasur, lemari, meja kerja, AC, dan nakas. Kemudian, ada juga fasilitas penunjang yang dapat digunakan bersama seperti area komunal dan dapur bersama.

Harga sewa mulai dari Rp1,8 juta per bulan

Selengkapnya tentang Cove Putribulan