8 Kolam Renang di Bandung yang Cocok untuk Refreshing

8 Kolam Renang di Bandung yang Cocok untuk Refreshing
Kolam Renang di Bandung, photo by wahoowaterworld.co.id

Berjalan-jalan menyusuri tempat wisata di Bandung memang bisa menjadi alternatif liburan yang menjanjikan. Pasalnya, daerah yang dijuluki sebagai Kota Kembang ini menawarkan beragam daya tarik yang menakjubkan, mulai dari panorama alamnya yang memukau, banyaknya factory outlet yang menjadi surganya belanja, hingga pilihan kuliner daerahnya yang menggugah selera. Iklim Bandung yang jauh lebih sejuk dibandingkan dengan kota-kota lain pun semakin membuat daerah yang satu ini cocok untuk melepas stres, termasuk apabila kamu ingin menghabiskan waktu dengan berenang. Nah, rekomendasi kolam renang di Bandung berikut ini wajib banget masuk bucket list untuk kamu yang hobi berenang.

8 Kolam Renang di Bandung

1. Wahoo Waterworld

Wahoo Waterworld, photo by wahoowaterworld.co.id

Wahoo Waterworld merupakan objek wisata air terbesar di Jawa Barat yang baru saja resmi dibuka pada akhir Maret 2023 lalu. Berlokasi di Kota Baru Parahyangan, Kabupaten Bandung Barat, Wahoo Waterworld berdiri di atas lahan seluas 10 hektar dengan menghadirkan 13 wahana air berstandar internasional yang dijamin menyenangkan dan cocok untuk segala usia. Tidak heran bila sejak peresmiannya, kolam renang di Bandung ini langsung viral di media sosial dan ramai dikunjungi wisatawan.

Beberapa wahana terbaik yang dimiliki oleh Wahoo Waterworld meliputi papan seluncur dengan roller coaster air dari ketinggian 15 meter dan panjang lintasan 120 meter, seluncuran berbentuk gua besar dengan sejumlah putaran, atraksi permainan air dengan 8 perosotan menyenangkan, kolam arus yang mengelilingi area waterpark, hingga wave pool yang bisa membuat kamu merasakan sensasi terombang-ambing di tengah ombak.

Selain area untuk berenang, ada banyak sekali pilihan tempat makan yang menyajikan hidangan lezat khas Indonesia, Asia, dan Barat yang bisa kamu pesan di sini. Tersedia pula fasilitas pelengkap berupa musholla, ruang bilas dan ganti, area loker digital, hingga tempat pembelian souvenir untuk kenang-kenangan. Lengkap banget, kan?

Alamat: Jl. Pancatengah Nomor 1, Kota Baru Parahyangan, Bandung 40553
Jam buka: Setiap hari (09.00 - 17.00)
Tiket masuk: Weekday Rp90.000, Weekend Rp125.000

2. Blue Sky Pool

Blue Sky Pool, photo by Instagram @/blueskypool.bdg

Blue Sky Pool terletak di kawasan Cisarua Lembang yang dikelilingi oleh hamparan perbukitan hijau dan menghadap ke arah lembah. Lokasinya berada tepat di tepi tebing sehingga memungkinkan kamu untuk berenang sambil menikmati sejuknya alam bebas dari atas ketinggian. Suasananya cenderung tenang dan sepi, jadi cocok untuk kamu yang memang ingin me time atau meluangkan waktu sendirian.

Kualitas air kolam dari Blue Sky Pool benar-benar jernih, segar, dan tidak berbau kaporit. Fasilitas yang tersedia di sini juga cukup lengkap, mulai dari pool daybed, loker, ruang ganti, hingga toilet bersih. Mau berendam sejenak di kolam air hangat? Kamu bisa menikmati fasilitas Jacuzzi yang telah disediakan untuk sekedar relaksasi sekaligus melepas stres.

Alamat: Pasirhalang, Cisarua, West Bandung Regency, West Java 40551
Jam buka: 08.00 - 20.00
Tiket masuk: Dewasa - weekday Rp50.000 dan weekend Rp70.000, Anak-anak - weekday Rp30.000 dan weekend Rp50.000

3. Margacinta Park

Margacinta Park, photo by Nelly Fitriani S

Sebagian besar dari kamu mungkin sudah nggak asing lagi dengan eksistensi kolam renang di Bandung yang satu ini. Margacinta Park adalah taman wisata air yang menawarkan aneka wahana waterpark terbaik yang ada di Kecamatan Buahbatu. Mulai dari wahana ember tumpah, papan seluncur dengan berbagai ketinggian, kolam arus, pelampung angsa, hingga kolam air hangat yang menenangkan, semuanya bisa kamu nikmati saat berenang di sini.

Tersedia juga tempat penyewaan ban seharga Rp25.000 untuk ban single dan Rp40.000 untuk ban double. Kalau ingin duduk-duduk santai sambil menyantap bekal makanan yang dibawa dari rumah, kamu bisa menyewa gazebo yang ada di setiap sudut kolam renang untuk dipakai beristirahat.

Alamat: Jl. Margacinta No.98, Cijaura, Kec. Buahbatu, Kota Bandung, Jawa Barat 40287
Jam buka: 08.00 - 17.00
Tiket masuk: Weekday Rp50.000, Weekend Rp70.000

4. Sampoerna Sports Club

Sampoerna Sports Club, photo by Adhi Rachdian

Tak hanya menyediakan fitness centre dan lapangan futsal, namun kompleks olahraga Sampoerna juga menawarkan area kolam renang yang cukup luas dan cocok untuk kamu yang ingin sekedar refreshing sambil belajar renang. Air kolam di sini juga dikenal bersih dan hangat sehingga mampu meningkatkan peredaran darah sekaligus memperbaiki pola tidur. Terdapat pula kanopi yang menutupi area kolam renang agar setiap pengunjung yang datang tetap bisa berenang dengan nyaman. Sampoerna Sports Club menyediakan fasilitas toilet, tempat bilas, musholla, hingga area kantin untuk bersantap siang.

Alamat: Jl. Dr. Setiabudi No.10, Isola, Kec. Sukasari, Kota Bandung, Jawa Barat 40154
Jam buka: 07.00 - 17.00
Tiket masuk: Weekday Rp40.000, Weekend Rp45.000

5. Karang Setra Waterland

Karang Setra Waterland, photo by ticmpu.id

Rekomendasi kolam renang di Bandung selanjutnya adalah Karang Setra Waterland. Tempat rekreasi air ini menjadi salah satu yang paling melegenda lantaran sudah diresmikan sejak tahun 1954 oleh Presiden Soekarno. Karang Setra memiliki luas area kurang lebih 4 hektar yang sudah termasuk beragam wahana air menyenangkan, mulai dari kolam naga dengan papan luncur sepanjang 15 meter, ember tumpah raksasa, hingga kolam arus yang bisa kamu manfaatkan untuk bersantai di atas ban sambil menyusuri kolam.

Ada pula fasilitas kolam renang berstandar olimpiade yang biasa digunakan oleh para perenang profesional untuk berlatih. Dengan segala keunggulan ini, tidak heran bila Karang Setra masih sangat digemari untuk menjadi tempat rekreasi keluarga.

Alamat: Jl. Sirnagalih No 15, Gegerkalong, Kecamatan Sukasari, Kota Bandung
Jam buka: 08.00 - 16.00
Tiket masuk: Weekday Rp40.000, Weekend Rp45.000

6. Ciwalini Ciwidey

Ciwalini Ciwidey, photo by vilamurahciwidey.com

Mencari tempat pemandian air panas yang mampu menyegarkan kembali kondisi tubuh dan pikiran? Kamu bisa mengunjungi kolam renang Ciwalini Ciwidey yang menawarkan sensasi berendam dalam air panas dengan dikelilingi oleh hamparan kebun teh nan asri. Ada banyak sekali aneka permainan seru yang wajib kamu coba bila berkunjung ke sini, mulai dari flying fox, motor cross, ATV, sampai bersepeda. Ciwalini Ciwidey memiliki sumber air panas alami yang berasal dari Pegunungan Patuha sehingga dipercaya mampu memberikan manfaat bagi kesehatan.

Alamat: Jl. Raya Ciwidey - Patengan Tenjolaya Ciwidey, Patengan, Kec. Rancabali, Kabupaten Bandung, Jawa Barat 40972
Jam buka:
07.00 - 16.00
Tiket masuk:
Rp45.000

7. Eldorado

Eldorado, photo by eldorado.co.id

Eldorado menjadi daftar ketujuh dari kolam renang di Bandung yang paling diminati sebagai destinasi liburan bersama keluarga dan orang-orang terkasih. Pasalnya, selain menjamin kualitas air kolam yang bersih dan terawat, Eldorado juga menawarkan 3 buah kolam renang sekaligus dengan ukuran dan kedalaman yang berbeda. Kamu yang ingin berendam air hangat juga bisa menggunakan fasilitas Jacuzzi yang memiliki temperatur maksimal sekitar 40 derajat.

Kolam renang Eldorado biasanya tidak begitu ramai sehingga akan terasa lebih privat, cocok untuk kamu yang tidak terlalu suka keramaian. Fasilitas ruang bilas di sini sangat nyaman dengan pilihan shower air hangat dan dan dingin. Tersedia pula loker penyimpanan untuk menyimpan barang bawaan dengan aman serta ruang ganti baju terpisah.

Alamat: Jl. Dr. Setiabudi No.438, Gudangkahuripan, Kec. Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat 40154  
Jam buka: 08.00 - 16.00 (Senin tutup)
Tiket masuk: Dewasa Rp65.000, Anak-anak Rp45.000, Pengantar (tidak berenang) Rp35.000

8. Pesona Nirwana Waterpark

Pesona Nirwana Waterpark, photo by Wisata App

Berlokasi di jalur wisata Ciwidey, salah satu kolam renang di Bandung ini memang selalu digandrungi oleh warga sekitar maupun pelancong luar kota saat akhir pekan. Pesona Nirwana Waterpark adalah taman rekreasi air yang memiliki luas sekitar 4000 meter persegi dan menampung cukup banyak wahana permainan menarik.

Letaknya pun bersebelahan langsung dengan sisi tebing yang meninggi sehingga terlihat begitu menyatu dengan alam. Beberapa wahana yang akan kamu temui di Pesona Nirwana Waterpark meliputi kolam arus, bak air hangat, ember tumpah, perosotan, hingga water slider spiral berkecepatan tinggi yang cocok untuk kamu para adrenaline junkie.

Alamat: Kampung Legok Jeunjing Desa Panyirapan, Jl. Terusan Cibako, Panyirapan, Kec. Soreang, Kabupaten Bandung, Jawa Barat 40915
Jam buka: 09.00 - 17.00
Tiket masuk: Rp60.000 per orang

Pilihan kolam renang di Bandung ini bisa dijadikan sebagai tujuan berlibur saat waktu senggang. Apalagi, rata-rata dari kolam renang tersebut juga terletak di tengah alam hijau sehingga mampu menawarkan efek relaksasi tersendiri.