10 Cara Mengatasi Stres untuk Hidup yang Lebih Baik

10 Cara Mengatasi Stres untuk Hidup yang Lebih Baik
Cara Mengatasi Stres, photo by Freepik/jcomp

Banyaknya tekanan dari pekerjaan ataupun rutinitas harian yang mengharuskanmu untuk memforsir tubuh dan pikiran secara terus-menerus dapat berpotensi menimbulkan stres. Gangguan kesehatan fisik dan mental pun mau tidak mau akan senantiasa mengintai bila kamu tidak berusaha untuk melepaskan diri dari jeratan ini. Oleh karena itu, beberapa cara mengatasi stres perlu dilakukan agar kamu bisa terhindar dari berbagai penyakit klinis tahap lanjut yang tidak diinginkan. Apalagi, serangan gejala ini juga tidak mengenal usia dan status sosial, semua orang sangat berisiko mengalaminya.

Sulit tidur, cemas berlebih, hingga kehilangan motivasi merupakan tanda-tanda stres yang kerap ditemukan. Mungkin kamu sering bertanya-tanya terhadap diri sendiri. Bagaimana cara mengatasi stres secara menyeluruh? Ada banyak siasat sederhana yang bisa kamu lakukan untuk menenangkan pikiran sejenak. Tentu hal ini tidak akan bekerja dengan baik apabila kamu tidak sungguh-sungguh dalam menunaikannya. Jadi, pastikan untuk memahami dengan benar dan lakukan segera kiat-kiat berikut ini!

10 Cara Mengatasi Stres

1. Kelola Waktu Bermedia Sosial

Kelola Waktu Bermedia Sosial, photo by Unsplash/Adem AY

Siapa bilang bahwa media sosial bisa menjadi salah satu cara mengatasi stres yang paling ampuh? Mungkin dengan berselancar di media sosial, kamu bisa menemukan banyak hiburan dari konten-konten yang tersebar di dalamnya. Padahal yang sebenarnya terjadi, justru kamu tengah memupuk permasalahan baru yang belum disadari.

Peneliti dari University of Arkansas telah memperingatkan bahwa anak muda yang menghabiskan lebih dari 300 menit di media sosial per hari berpotensi 2,8 kali lebih mungkin mengalami depresi dalam waktu enam bulan. Berbanding terbalik dengan orang yang mampu mengelola waktu bermedia sosial dengan durasi maksimal kurang dari 2 jam per hari. Selain itu, mereka yang cenderung kecanduan dapat mengganggu produktivitas harian dan laju interaksi dengan orang-orang di sekitar.

2. Tetap Terhubung dengan Orang Terdekat

Tetap Terhubung dengan Orang Terdekat, photo by Pexels/Ketut Subiyanto

Sejatinya, manusia merupakan makhluk sosial yang akan selalu hidup berdampingan dengan manusia lainnya. Kita tidak akan bisa hidup sendiri karena memerlukan hubungan timbal balik yang saling membutuhkan. Dengan melakukan interaksi, secara tidak langsung kamu akan merasa didukung untuk tetap semangat menjalani masa-masa sulit. Tetaplah terhubung dengan keluarga, sahabat terdekat, dan orang-orang yang mengenalimu dengan baik.

Tidak bisa bertemu secara langsung? Kamu bisa memanfaatkan aplikasi pesan instan, media sosial, ataupun surat elektronik untuk tetap terhubung dengan mereka. Mungkin membuat janji temu untuk sekedar bicara empat mata dan melakukan beragam kegiatan menyenangkan juga bisa menjadi opsi terbaik.

3. Latih Pernapasan Dalam

Latih Pernapasan Dalam, photo by Freepik/lifeforstock

Terdengar mudah? Nyatanya tidak sesederhana itu. Menarik nafas secara mendalam adalah cara mengatasi stres yang bagus untuk mengurangi hormon stres dalam darah sekaligus mampu berkontribusi meningkatkan kesehatan. Karena ketika kamu merasa stres, sering kali laju pernapasan akan menjadi dangkal dibarengi dengan munculnya kontraksi otot yang berlebih.

Menurut The American Institute of Stress, orang yang melakukan pernapasan perut selama 20-30 menit per hari mampu membantu mengurangi rasa stres dan gangguan kecemasan. Hasilnya, kamu pun akan lebih rileks dalam menjalani hari. Lalu, bagaimana cara melakukannya?

Pertama-tama, ambil posisi duduk atau berdiri dengan nyaman, kemudian tutup mata dan tarik kedua siku sedikit ke belakang agar posisi dada agak membusung. Kedua, mulailah menarik napas dalam-dalam melalui hidung dan tahan dalam 5 hitungan. Terakhir, hembuskan napas perlahan melalui hidung.

Teknik pernapasan dalam akan memberikan sensasi pijatan lembut yang terasa di sekitar perut dan organ saluran cerna. Saat bernapas dalam-dalam, udara yang masuk melalui hidung kemudian akan memenuhi paru-paru kamu sepenuhnya, sehingga perut bagian bawah menjadi naik.

4. Lakukan Hobi atau Aktivitas Menyenangkan

Lakukan Hobi atau Aktivitas Menyenangkan, photo by Freepik/lifestylememory

Menghabiskan waktu dengan melakukan hobi adalah salah satu cara mengatasi stres sederhana yang kerap dilakukan oleh banyak orang, baik itu melukis, memasak, membuat kerajinan tangan, membaca buku, ataupun staycation di akhir pekan diketahui dapat meningkatkan suasana hati atau hormon dopamin.

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa orang yang memiliki hobi cenderung tidak mudah mengalami suasana hati yang buruk, stres, maupun depresi. Bahkan, kegiatan yang mengharuskanmu untuk pergi ke luar rumah juga mampu membuat tubuh dan pikiran menjadi rileks. Hal ini dikarenakan hobi berperan penting dalam membentuk rasa puas dan kebebasan tanpa harus merasa tertekan sedikitpun.

5. Menghabiskan Waktu di Alam Terbuka

Menghabiskan Waktu di Alam Terbuka, photo by Freepik/jcomp

Sebuah studi yang dimuat dalam jurnal Frontiers in Psychology, menyebutkan bahwa berinteraksi dengan alam selama 20 menit dapat membantu menurunkan kadar hormon stres. Ini berarti, kawasan hijau seperti taman dan kebun raya bisa menjadi solusi sederhana untuk mengurangi dampak negatif kesehatan.

Bahkan, penelitian terbaru yang dilakukan oleh tim interdisipliner Universitas Cornell, menemukan bahwa hanya diperlukan waktu 10 menit saja di alam terbuka bagi mahasiswa untuk merasa lebih bahagia dan mengurangi efek stres, baik secara fisik maupun mental. Jadi, saat kamu tengah merasa suasana hatimu sedang buruk, segera habiskan waktu dengan menghirup udara segar di ruang terbuka hijau terdekat yang bisa kamu singgahi.

6. Berani Katakan Tidak dan Buatlah Batasan

Berani Katakan Tidak dan Buatlah Batasan, photo by Freepik/cookie studio

Cara mengatasi stres selanjutnya adalah berani mengatakan tidak dan buatlah batasan. Apakah kamu termasuk orang yang sulit untuk mengatakan tidak dengan permintaan tolong orang lain? Bila kamu tidak mampu mengatur batasan maksimal untuk dirimu sendiri, hal tersebut sangat mungkin dapat memicu stres lantaran kurangnya waktu untuk bisa menyenangkan dirimu sendiri, entah itu untuk sekedar melakukan me time, perawatan diri, ataupun beristirahat yang cukup. Itulah mengapa kamu harus berani mengatakan ‘tidak’ untuk hal-hal yang dapat berpotensi menambah bebanmu. Saatnya untuk kendalikan hidupanmu sendiri demi kesehatan mental yang jauh lebih baik.

7. Lakukan Olahraga Ringan

Lakukan Olahraga Ringan, photo by Freepik/benzoix

Menggerakan tubuh secara konsisten dipercaya mampu menenangkan pikiran sekaligus mengurangi stres. Hal ini dikarenakan aktivitas fisik dapat membantu merangsang produksi neurotransmitter otak yang disebut endorfin, sehingga kondisi tubuhmu akan terasa lebih rileks setelah bergerak. Olahraga ringan atau menjadi salah satu kegiatan yang paling direkomendasikan oleh profesional kesehatan, mulai dari berjalan kaki, lari, yoga, hingga bersepeda. Kamu juga bisa melakukan workout tanpa alat di rumah.

8. Meditasi

Meditasi, photo by Freepik/Partystock

Meditasi adalah salah satu cara mengatasi stres yang baik untuk kesehatan fisik dan mental. Dengan melakukan meditasi, kamu juga akan terlatih untuk mengendalikan emosi serta mengurangi pikiran negatif. Itulah mengapa kegiatan meditasi selalu berfokus pada ketenangan jiwa dan raga.

Kamu bisa memulainya dengan cara duduk yang tenang, pejamkan mata, lalu tarik napas perlahan-lahan berulang kali. Fokuskan pikiran hanya kepada laju pernapasan dan apa yang kamu rasa dari seluruh anggota tubuhmu. Bila sulit berkonsentrasi, alunan musik meditasi yang lembut mungkin bisa membantumu untuk lebih fokus.

Jika kamu adalah seorang pemula, lakukan meditasi dengan sesi singkat selama 5 menit terlebih dahulu. Bila sudah terbiasa, kamu dapat memperpanjang sesi meditasimu secara bertahap, mulai dari 10, 15, bahkan hingga 30 menit. 4-5 kali dalam seminggu sudah cukup untuk bisa mendapatkan hasil yang maksimal.

9. Rutin Merawat Diri

Rutin Merawat Diri, photo by Freepik/Jcomp

Sesibuk apa pun dirimu, jangan lupa menyisihkan waktu untuk merawat diri sendiri. Semakin rajin kamu melakukannya, maka beban pikiran pun akan berkurang secara perlahan, baik itu sekedar menghirup udara segar, membaca buku, berlatih yoga, spa, sampai rutin melakukan skincare pagi dan malam, semuanya perlu untuk menjadi perhatian demi kehidupan yang lebih baik.

10. Mengonsumsi Makanan Sehat

Mengonsumsi Makanan Sehat, photo by Pexels/Ella Olsson

Cara mengatasi stres yang terakhir adalah dengan menjaga pola makan dan hindari menu hidangan yang dapat beresiko meningkatkan stres, entah itu kafein, minum-minuman beralkohol, makanan siap saji, hingga makanan dengan kandungan gula yang tinggi. Mulailah memperbanyak konsumsi buah, sayuan, ikan, kacang-kacangan, dan air putih yang cukup sebanyak 2 liter per hari.

Itulah kesepuluh cara mengatasi stres yang bisa dengan mudah kamu praktikkan di rumah. Semoga bermanfaat!