10 Babi Guling Terenak di Bali, Wajib Dicoba!

babi guling terenak di bali
Babi Guling Terenak di Bali, photo from piesusubliman.com

Makan babi guling terenak di Bali merupakan salah satu hal yang wajib kamu coba saat liburan di Bali. Pasalnya, babi guling telah menjadi hidangan paling terkenal di kalangan wisatawan lokal maupun mancanegara.

Seperti namanya, Babi Guling adalah kuliner babi yang dimasak dengan cara diguling secara utuh di atas bara api. Di dalam tubuh babi ini biasanya sudah diisi daun singkong dan bumbu-bumbu yang membuatnya terasa lezat.

Penasaran seperti apa rasa babi guling terenak di Bali? Kamu bisa mengunjungi beberapa tempat yang menyediakan berikut ini!

Babi Guling Terenak di Bali

1. Babi Guling Bundaran Renon

Rekomendasi babi guling terenak di Bali yang pertama adalah Babi Guling Bundaran Renon. Tempat makan babi guling ini telah buka sejak tahun 1988 dan hingga kini tidak pernah sepi akan pembeli.

Babi Guling Bundaran Renon memiliki cita rasa yang khas. Satu porsinya berisi nasi, olahan daging babi yang cenderung basah, sosis babi, kerupuk babi, lawar, dan sate. Untuk harganya hanya berkisar antara Rp20.000-Rp40.000 saja per porsi.

Alamat: Jalan Raya Puputan No.212, Renon, Denpasar Selatan, Kota Denpasar, Bali
Jam Buka: 08.00-17.00 WITA
Kisaran Harga: Rp20.000-Rp40.000 per porsi.

2. Babi Guling Bu Oka

Jika kamu berada di daerah Ubud, Babi Guling Bu Oka dapat menjadi alternatif pilihan untukmu. Saat mencoba babi guling di sini, jangan lupa untuk mencoba kulit babinya yang menjadi menu favorit para wisatawan.

Meskipun menjadi salah satu tempat babi guling terenak di Bali, harga babi guling di sini masih tergolong terjangkau. Satu porsinya mulai dari Rp30.000 saja, tetapi kamu mungkin akan membayar lebih jika menambah beberapa varian menu.

Alamat: Jalan Suweta No.1 Ubud, Kecamatan Ubud, Kabupaten Gianyar, Bali
Jam Buka: 11.00-19.00 WITA
Kisaran Harga: Mulai dari Rp30.000 per porsi.

3. Warung Babi Guling Pak Dobiel

Bergeser ke wilayah Nusa Dua, terdapat Warung Babi Guling Pak Dobiel sebagai tempat makan babi guling terenak di Bali selanjutnya. Saking enaknya, warung babi guling ini tidak pernah sepi pengunjung, loh. Bahkan terkadang harus mengantre terlebih dahulu.

Hidangan babi guling Pak Dobiel menggunakan bumbu khusus yang otentik khas Bali, yaitu base genep. Tak heran jika di sini kamu bisa mencoba babi guling dengan rasa yang khas dan berbeda dari tempat-tempat lainnya.

Alamat: Jalan Srikandi No.9, Benoa, Kecamatan Kuta Selatan, Kabupaten Badung, Bali
Jam Buka: 10.00-16.00 WITA
Kisaran Harga: Mulai dari Rp40.000 per porsi.

4. Babi Guling Jero Kawan

Siapa yang tidak kenal dengan Babi Guling Jero Kawan? Rasa masakan babi gulingnya yang lezat dengan bumbu yang kuat telah terkenal di kalangan wisatawan lokal maupun mancanegara.

Seporsi Babi Guling Jero Kawan berisi daging babi guling, jeroan goreng, daun singkong, lawar, dan sambal hijau yang pedas. Selain itu, kamu juga bisa mencoba sup balung babi yang nikmat dengan daging yang empuk.

Waktu terbaik untuk mencoba Babi Guling Jero Kawan adalah saat sore hari menjelang petang. Sebab, tempat ini berlokasi di dekat area persawahan, jadi kamu bisa menikmati sunset sembari menyantap hidangan babi guling terenak di Bali ini.

Alamat: Jalan Raya Munggu No.6, Munggu, Kecamatan Mengwi, Kabupaten Badung, Bali
Jam Buka: 10.00-22.00 WIB
Kisaran Harga: Mulai dari Rp25.000 per porsi.

5. Babi Guling Candra

Babi Guling Candra merupakan salah satu babi guling terenak di Bali, khususnya di kawasan Kota Denpasar. Jika mampir ke tempat ini, kamu wajib mencoba menu favorit mereka, yaitu babi guling spesial yang berisi nasi putih hangat, olahan babi sepiring penuh, dan semangkuk sup babi.

Selain itu, Babi Guling Candra juga menawarkan olahan daging babi yang beragam. Mulai dari sati babi manis, daging suwir babi, kerupuk kulit, paru babi, usus babi, dan kulit babi yang renyah.

Alamat: Jalan Teuku Umar No.140, Dauh Pari Kauh, Kecamatan Denpasar Barat, Kota Denpasar, Bali.
Jam Buka: 06.00-22.00 WITA
Kisaran Harga: Mulai dari Rp40.000 per porsi

6. Warung Babi Guling Made Sekar

babi guling terenak di bali
Warung Babi Guling Made Sekar, photo from pinterest

Warung Babi Guling Made Sekar adalah salah satu tempat makan babi guling terenak di Bali yang terkenal akan sambalnya. Di sini kamu bisa menikmati satu porsi babi guling yang berisi lawar, sayur, sup babi, dan nasi putih hangat.

Dari segi harga, Warung Babi Guling Made Sekar tergolong sangat terjangkau jika dibanding dengan tempat lain. Kamu hanya perlu membayar Rp20.000 untuk seporsi babi guling. Namun, kamu juga bisa menambah menu lain dengan harga mulai dari Rp4.000 saja.

Alamat: Jalan Raya Kuta No.29, Kelurahan Kuta, Kabupaten Badung, Bali
Jam Buka: 08.00-19.00 WITA
Kisaran Harga: Mulai dari Rp20.000 per porsi.

7. Babi Guling Bu Dayu

babi guling terenak di bali
Babi Guling Bu Dayu, photo from pinterest

Rekomendasi babi guling terenak di Bali selanjutnya adalah Babi Guling Bu Dayu. Tempat ini terkenal akan babi gulingnya yang fresh dan renyah karena jarak memasaknya yang tidak terlalu jauh dengan waktu menghidangkannya.

Selain babi guling, di Babi Guling Bu Dayu kamu juga bisa mencoba nasi campur, balung kuah, sate babi, dan babi rica. Tentunya harga dari menu-menu ini masih sangat terjangkau, yaitu mulai dari Rp5.000 saja.

Alamat: Jalan Raya Kuta No.116, Kelurahan Kuta, Kabupaten Badung, Bali
Jam Buka: 19.00-02.00 WIB
Kisaran Harga: Mulai dari Rp30.000 per porsi.

8. Babi Guling Krasan

Di deretan babi guling terenak di Bali selanjutnya terdapat Babi Guling Krasan. Tempat makan ini menyediakan menu babi guling yang super enak dan fresh. Kamu juga bisa memesan ekstra kulit babi yang super kriuk.

Selain dari segi rasa, Babi Guling Krasan juga terkenal akan tempatnya yang memiliki pemandangan tak kalah indah. Kamu bisa menemukan banyak sekali spot foto yang instagramable di sini karena Babi Guling Krasan berada di lokasi yang dikelilingi oleh area persawahan dan lengkap dengan gazebo.

Alamat: Jalan Raya Krasan, Sedang, Abiansemal, Kabupaten Badung, Bali
Jam Buka: 10.00-20.00 WITA
Kisaran Harga: Mulai dari Rp40.000 per porsi.

9. Babi Guling Pak Malen

Jika kamu sedang berada di Kawasan Kuta dan bingung mencari babi guling yang enak, kamu bisa mencoba Babi Guling Pak Malen. Tempat makan ini memiliki menu seporsi babi guling yang lengkap dengan nasi putih, uratan, kerupuk babi, sambal, dan lawar.

Dari segi harga, satu porsi Babi Guling Pak Malen dibanderol Rp40.000 rupiah saja. Kamu juga bisa memesan menu tambahan, seperti sup tulang babi atau aneka sate-satean dengan harga tertentu.

Alamat: Jalan Sunset Road No.554 Seminyak, Kecamatan Kuta, Kabupaten Badung, Bali
Jam Buka: 08.30-19.00 WITA
Kisaran Harga: Mulai dari Rp40.000 per porsi.

10. Babi Guling Sembung

babi guling terenak di bali
Babi Guling Sembung, photo from pinterest

Rekomendasi babi guling terenak di Bali yang terakhir adalah Babi Guling Sembung. Tempat makan babi guling yang satu ini memiliki harga yang cenderung lebih murah jika dibandingkan tempat lain. Kamu hanya perlu merogoh kocek sebesar Rp15.000 saja untuk satu porsi nasi babi guling biasa.

Babi Guling Sembung memberikan sensasi menikmati babi guling yang khas dengan resep dan bumbu yang dijaga dari tahun ke tahun. Menu yang disajikan pun lengkap dan memiliki cita rasa yang khas. Apakah kamu tertarik untuk mencobanya?

Alamat: Jalan Denpasar Gilimanuk, Dauh Peken, Kecamatan Tabanan, Bali
Jam Buka: 06.00-22.00 WITA
Kisaran Harga: Mulai dari Rp15.000 per porsi.

Itu dia rekomendasi babi guling terenak di Bali yang wajib kamu coba. Masing-masing tempat memiliki bumbu dan cita rasa khas yang menjadi daya tarik tersendiri. Kira-kira tempat makan babi guling mana yang akan kamu coba pertama kali?