20 Rekomendasi Wisata Kuliner Bandung yang Populer

20 Rekomendasi Wisata Kuliner Bandung yang Populer
Wisata Kuliner Bandung, photo by Instagram/paskalfoodmarket

Bandung dikenal memiliki berbagai destinasi wisata menarik, mulai dari wisata alam hingga buatan. Selain itu, Bandung juga menjadi kota favorit wisata kuliner di tanah air. Wisata kuliner Bandung memang enggak pernah mengecewakan.

Bukan tanpa alasan Kota Kembang menjadi salah satu tujuan wisata kuliner paling disukai. Bandung tampil dominan sebagai kota wisata kuliner dengan banyaknya makanan khas lokal yang menggugah selera.

Nah, kalau kamu lagi di Bandung, setidaknya ada 20 rekomendasi wisata kuliner yang enak dan populer untuk kamu cobain. Yuk, simak informasi selengkapnya yang sudah dirangkum Cove berikut ini!

1. Waroeng Setiabudhi

Serabi Waroeng Setiabudhi, photo by GenPi.co JABAR

Bandung memiliki banyak kudapan khas yang enak dan legendaris, salah satunya serabi. Kamu wajib, nih, cobain serabi yang dijual di Waroeng Setiabudhi. Sudah berjualan sejak tahun 1923, serabi di Waroeng Setiabudhi sudah enggak perlu diragukan lagi soal kualitas dan rasanya.

Serabi sendiri ada banyak jenisnya, seperti Serabi Solo, Serabi Kalibeluk, Serabi Laklak, dan Pinukuik. Di Bandung, serabi bisa disuguhkan asin dan manis. Panganan khas Jawa Barat ini juga sudah banyak dimodifikasi (fusion) dengan variasi pilihan rasa yang kekinian.

Berikut ini beberapa rekomendasi menu di Waroeng Setiabudhi

  • Surabi Ayam Mayonaise, memiliki keunikan dari mayonaise yang  dibuat sendiri dengan suwiran ayam yang melimpah di dalam surabi.
  • Surabi Fla Durian, memiliki rasa durian yang harum dan manis. Meski tidak memakai potongan durian asli, namun rasanya tidak jauh berbeda.
  • Surabi Craby Patty, surabi yang ditumpuk seperti burger membuat satu porsi bisa mengenyangkan perut.
Alamat: Jl. Setiabudhi No.175, Setiabudhi, Bandung
Jam Buka: Setiap hari (14.00-22.00)
Harga Makanan: < Rp50.000 per orang

2. Batagor Hanjuang Astina

Batagor Hanjuang Astina, photo by Instagram/candlelightdindin

Jajanan pinggir jalan Bandung memang enak-enak, salah satu yang wajib kamu cobain adalah Batagor Hanjuang Astina. Wisata kuliner Bandung ini populer banget dengan bumbunya yang lezat dan khas.

Memang ada banyak, sih, yang jualan batagor di Bandung. Tapi, Batagor Hanjuang Astina punya rasa dan aroma yang berbeda dari batagor lainnya. Sungguh sangat menggoda!

Kamu bisa mampir ke Batagor Hanjuang Astina saat berwisata di Kota Kembang bersama teman dan keluarga. Dalam satu porsi, kamu bisa menikmati 6 batagor yang disiram bumbu kacang yang gurih.

Alamat: Jl. Astina No.5, Pamoyanan, Kec. Cicendo, Bandung
Jam Buka: Senin-Sabtu (09.00-21.00)
Harga Makanan: < Rp50.000 per orang

3. Paskal Food Market

Paskal Food Market, photo by Instagram/paskalfoodmarket

Kamu lagi cari tempat kuliner untuk nongki? Yuk, mampir ke Paskal Food Market.

Salah satu wisata kuliner Bandung ini cocok banget kamu kunjungi setelah seharian lelah berkeliling menjelajahi Kota Kembang. Tersedia hingga 1100 menu yang bisa kamu pilih sesuai selera, seperti Sate Maulana Yusuf dan Toko Bola Ubi.

Suasana kulineran di Paskal Food Market semakin menyenangkan karena, pada hari-hari tertentu, ada live music-nya juga, lho. Hati-hati saja dalam memilih menu bagi kamu yang Muslim karena di sini juga dijual berbagai makanan non halal.

Alamat: Jalan Pasir Kaliki Nomor 25-27, Kelurahan Jeruk, Kecamatan Andir, Bandung
Jam Buka: Setiap hari (10.00-23.30)
Harga Makanan: < Rp50.000 per orang

4. Sudirman Street Bandung

Sudirman Street Bandung, photo by Instagram/sudirmanstreetfood_bandung

Nih, buat kamu yang suka jajanan. Sudirman Street Bandung menghadirkan berbagai pilihan kuliner lezat seperti Bakso Goreng Pandu, Dapoor Jojo, Dapur Sotoku, serta berbagai kuliner Cina dan Indonesia lainnya yang bisa kamu pilih sesuai selera.

Salah satu kuliner kaki lima di Bandung ini sudah berdiri sejak 7 tahun lalu, tepatnya pada tahun 2015. Mengusung konsep layaknya food court, Sudirman Street Bandung menawarkan banyak stand makanan yang cocok buat para pemburu kuliner.

Alamat: Jl. Jend. Sudirman No.107, Karanganyar, Kec. Astanaanyar, Bandung
Jam Buka: Setiap hari (10.00-22.00)
Harga Makanan: < Rp50.000 per orang

5. Seblak Oces

Seblak Oces, photo by Instagram/seblakoces_bandung

Kamu yang suka makanan pedas pastinya sudah enggak asing lagi dengan seblak, kan? Makanan yang terdiri dari kerupuk udang atau ikan yang disiram dengan air panas dan diberi bumbu serta aneka topping ini memang punya cita rasa khas yang ngangenin.

Nah, di Bandung, ada banyak, nih, tempat makan seblak yang enak. Salah satu yang bisa kamu cobain adalah Seblak Oces. Opsi wisata kuliner Bandung ini memang hanya menggunakan gerobak aluminium untuk menjajakan seblaknya, tapi tampilannya cukup modern, kok. Apalagi rasanya, bikin nagih!

Seblak Oces memiliki rasa yang gurih dan sedikit rasa manis. Setiap level memiliki tingkat kepedasan yang berbeda. Ada banyak varian kondimen yang bisa kamu pilih, mulai dari kerupuk batagor, siomay, bakso, tulang, dan lainnya. Satu porsi lumayan besar, sehingga bisa membuat perut kenyang.

Alamat: Alfamart, Jl. Purnawarman No.22, Babakanciamis, Bandung
Jam Buka: Setiap hari (10.00-18.30)
Harga Makanan: < Rp50.000 per orang

6. Nasi Kalong

Nasi Kalong, photo by PergiKuliner

Rekomendasi wisata kuliner Bandung yang enak dan populer selanjutnya adalah Nasi Kalong. Aneka masakan di sini siap memanjakan lidah dan mengobati rasa kangen-mu dengan masakan rumah.

Cukup dengan nasi hangat, berbagai aneka lauk lezat di Nasi Kalong pasti bakal bikin kamu ketagihan. Aneka lauk khas rumahan yang bisa kamu temukan di sini termasuk Semur Jengkol, Oseng Buncis, hingga Telur Balado.

Di sini, kamu bisa memilih sendiri menu makanan sesuai selera. Paling banyak orang memilih nasi merah dengan bumbu rempah di dalamnya. Rempahnya sangat terasa. Di sini juga ada rendang yang memakai presto untuk memasaknya. Tekstur rendang disini empuk dengan bumbu yang meresap. Ada juga lauk lain yang bisa dipilih seperti ayam goreng wijen, madu, dan lainnya. Semua makanan di sini tidak memakai MSG lho!

Alamat: Jl. LLRE Martadinata No. 102, Riau, Bandung
Jam Buka: Minggu-Jumat (19.30-00.00), Sabtu (19.30-01.00)
Harga Makanan: < Rp50.000 per orang

7. Yoghurt Cisangkuy

Yoghurt Cisangkuy, photo by Instagram/yoyaku_id

Mau yang seger? Mampir, kuy, ke Yoghurt Cisangkuy! Enggak kalah sama sejumlah cafe Bandung lainnya, Yoghurt Cisangkuy menawarkan tempat nyaman dengan aneka tanaman yang membuat suasana jadi sejuk.

Pusat jajanan yang dijadikan tempat nongkrong anak muda ini sudah berdiri sejak tahun 1976, lho. Berbagai menu lezatnya seperti Strawberry Yoghurt Juice, Lychee Special Yoghurt Juice, hingga Grape Yoghurt Juice bisa kamu nikmati di sini.

Alamat: Jl. Cisangkuy No. 66, Desa Citarum, Kecamatan Bandung Wetan, Bandung
Jam Buka: Setiap hari (08.00-20.30)
Harga Makanan: < Rp50.000 per orang

8. Burangrang Dapur Indonesia

Burangrang Dapur Indonesia, photo by Instagram/dusun_bambu

Membawa suasana Ubud ke Lembang, Burangrang Dapur Indonesia menyuguhkan experience menikmati hidangan lezat ditemani indahnya pemandangan gunung. Restoran ini berada di ketinggian 1.500 mdpl, membuat udaranya dingin dan menyejukkan, cocok untuk menikmati wisata kuliner Bandung di akhir pekan.

Menariknya, di sini kamu makan bancakan. Bancakan adalah cara menikmati makanan bersama-sama dalam satu wadah. Enggak perlu nunggu acara syukuran atau selamatan, Burangrang Dapur Indonesia menyediakan menu bancakan hanya dengan merogoh kocek Rp65.000 per orang.

Alamat: Jl. Kolonel Masturi KM 11, Lembang, Bandung
Jam Buka: Setiap hari (07.00-22.00)
Harga Makanan: Rp50.000-Rp100.000 per orang

9. Mie Rica Kejaksaan

Mie Rica Kejaksaan, photo by Instagram/gedeinperut

Buat kamu pecinta bakmi, wajib cobain Mie Rica Kejaksaan, nih. Salah satu kuliner mi legendaris di Bandung ini sudah berdiri sejak tahun 1960, lho.

Kamu bisa makan puas karena porsinya besar. Kalau masih kurang, kamu bahkan bisa pesan 1 porsi ditambah setengah lagi. Tapi, bakmi yang dijual di sini non halal, ya. Menunya ada Mie Rica, Mie Caciang, Mie Casao, Mie Baso Udang Goreng, hingga Mie Ayam.

Alamat: Jl. Kejaksaan No.7, Braga, Bandung
Jam Buka: Setiap hari (08.00-17.00)
Harga Makanan: < Rp50.000 per orang

10. Mih Kocok Bandung Mang Dadeng

Mih Kocok Bandung Mang Dadeng, photo by Instagram/vico.kuliner

Kurang sempurna rasanya kalau mencari wisata kuliner Bandung tanpa mention Mih Kocok Bandung Mang Dadeng. Cita rasanya begitu spesial karena menggunakan bumbu spesial yang merupakan rahasia keluarga. Mih Kocok Bandung Mang Dadeng dibuat dengan 27 macam bumbu rempah.

Salah satu menu andalannya adalah Mi Kocok Spesial Sum-sum. Satu porsi Mi Kocok Spesial Sum-sum terdiri dari mi yang berwarna agak kekuningan, beberapa potong kikil, sumsum, daun bawang, tauge, dan seledri, dengan kuah kaldu yang agak keruh. Rasanya menyegarkan, apalagi jika ditambah perasan jeruk nipis.

Alamat: Jl. K.H. Ahmad Dahlan No.67, Palasari, Bandung
Jam Buka: Setiap hari (09.00-22.00)
Harga Makanan: < Rp50.000 per orang

Cuankie Serayu

Cuankie Serayu, photo by Kaltim.tribunnews.com

Kalau kamu liburan di Bandung, jangan sampai melewatkan tempat makan cuanki yang satu ini. Tempat favorit para wisatawan untuk mencoba cuanki khas Bandung yang nikmat dan gurih. Tempat makan ini khusus menjual cuanki dan batagor ya. Tempatnya memang tidak terlalu besar, namun bersih dan rapi. Selalu ramai dikunjungi para pemburu kuliner khas Bandung.

Cuanki Serayu disebut-sebut sebagai cuanki paling enak dan orisinil di Bandung. Memiliki isian yang beraneka ragam dengan kuah yang gurih. Kaldu kuahnya sangat terasa dengan cuanki dan siomay yang kenyal dan lezat. Porsinya besar mengenyangkan.

Alamat: Serayu St No.2, Cihapit, Bandung Wetan, Bandung
Jam Buka: 11.00-19.00 WIB
Harga makanan: Rp20.000

Kehidupan Tak Pernah Berakhir

Kehidupan Tak Pernah Berakhir, photo by sintiaastarina.com

Satu lagi tempat makan unik di Bandung, yaitu tempat makan bernama Kehidupan Tak Pernah Berakhir. Di sini, khusus menyediakan makanan untuk para vegetarian. Tapi jangan salah, menu makanan di sini ada banyak sekali dan rasanya lezat. Meskipun restoran khusus vegan, tapi di sini juga menyediakan "daging". Tentu saja daging yang terbuat dari bahan-bahan non hewani.

Alamat: Jl. Pajajaran No. 63, Pasir Kaliki, Cicendo, Bandung
Jam Buka: 07.00-21.00 WIB
Harga makanan: Mulai dari Rp20.000

Lereng Anteng Panoramic Coffee

Wisata kuliner yang satu ini berada di ketinggian kota Bandung. Tempat ngopi yang cukup hits di kota kembang ini. Lereng Anteng terletak di kawasan Punclut, sehingga menawarkan suasana ngopi di alam bebas. Udara dingin Bandung bisa kamu nikmati dengan secangkir kopi hangat. Cocok datang ke sini untuk nongkrong bareng teman atau pasangan.

Alamat: Kampung Jl. Pagermaneuh, RT.03/RW.07, Pagerwangi, Kec. Lembang, Kabupaten Bandung Barat
Jam Buka: 09.00-21.00 WIB
Harga makanan: Rp15.000-Rp50.000

Kapal Raksasa Pinisi Resto

Kapal Raksasa Pinisi Resto, photo by dolanyok.com

Sedikit bergeser ke pinggiran kota Bandung, kamu bisa datang ke tempat wisata kuliner unik berbentuk kapal pesiar. Terletak di pinggir situ Patenggang, membuat pemandangan di sekitar restoran tidak kalah cantik. Cocok untuk menghabiskan waktu di sini bersama keluarga atau orang-orang tersayang.

Alamat: Patengan, Rancabali, Bandung Regency, West Java
Jam Buka: 08.00-17.00 WIB
Harga makanan: Mulai dari Rp20.000

Sate Jando

Sate Jando, photo by pergikuliner.com

Di belakang gedung Sate yang megah itu, ada tempat area yang menjual sate jando dengan rasa super lezat. Lapaknya memang di pinggir jalan, tetapi orang selalu ramai datang ke sini, terutama pada jam istirahat. Jando adalah bagian lemak sapi yang memiliki tekstur kenyal dan gurih. Di sini, sate jando dihidangkan dengan lontong dan bumbu kacang yang lezat. Menikmati sate jando di pinggir gedung Sate menciptakan sensasi tersendiri bagi para penikmat kuliner. Bisa menjadi opsi untuk kamu sarapan pagi di Bandung.

Sate jando di sini sangat gurih dan kenyal. Bumbu kacangnya sedikit lebih cair dan ada nuansa pedas. Ukuran dagingnya juga besar-besar. Ditambah lontong, semakin nikmat. Satu porsi dapat 10 tusuk dengan lontong sudah sangat membuat perut kenyang.

Alamat: Jl. Hayam Wuruk (Belakang Gedung Sate), Gedung Sate, Bandung
Jam Buka: 07.00-20.00 WIB
Harga makanan: Rp25.000

Suis Butcher

Suis Butcher, photo by pergikuliner.com

Kali ini ada rekomendasi tempat makan steak di daerah Bandung yang bisa kamu coba. Tempat makan ini sudah menyajikan steak sejak tahun 90-an. Jadi, bisa dibilang Suis Butcher adalah tempat makan steak paling tua di Kota Bandung. Tempatnya legendaris dan tetap eksis sampai saat ini. Tidak ada salahnya kamu mencoba tempat legendaris satu ini.

Di sini menyajikan berbagai macam steak dan menu lainnya. Kamu bisa memesan Salsom, Beef Schnitzel, Rib Barbeque, Beef Cordon Bleu, dan lainnya.

Alamat: Jl. L. L. R.E. Martadinata No.201, Cihapit, Kec. Bandung Wetan.
Jam Buka: 11.00-22.00 WIB
Harga makanan: Rp50.000-Rp100.000

Warung Sitinggil

Selanjutnya, ada Warung Sitinggil yang juga tidak boleh dilewatkan jika kamu sedang berwisata kuliner di Bandung. Ada di kawasan Dago, membuat tempat makan satu ini sangat strategis. Tempatnya yang ada di perbukitan, membuat pemandangan alam bisa kamu nikmati ketika makan di sini. Suasananya memberikan ketenangan dan menyejukkan mata. Sitinggil sendiri berarti di atas tanah, karena memang tempatnya ada di ketinggian.

Di sini, menyajikan berbagai makanan berat seperti nasi goreng, nasi timbel, dengan lauk ayam, tumis, dan lainnya yang ditawarkan dengan harga terjangkau. Makanan di sini memiliki citarasa yang kaya dengan bumbu rempah pilihan. Rasanya enak dengan porsi yang pas. Sejuknya udara Dago menambah kenikmatan makanan di sini.

Alamat: Mekarwangi, Jl. Dago Giri No.90, Mekarwangi, Kec. Lembang, Kabupaten Bandung Barat
Jam Buka: 12.00-22.00 WIB
Harga makanan: Under Rp50.000

Mie Merapi

Mie Merapi, photo by anekawisata.com

Untuk para pencinta mie, jangan lewatkan sajian mie unik yang ada di kawasan Bandung ini. Di sini, ada tiga macam kuah yang lezat, mulai dari kuah kari, kampung, dan merapi. Tentu saja paling banyak dicari adalah kuah merapi yang merah dan pedas. Ada banyak pula toping yang melengkapi hidangan mie di sini. Tentu itu menjadi keunikan tersendiri yang membuat mie merapi tidak pernah sepi pengunjung.

Alamat: Jl. Pahlawan No.43, Cikutra, Kec. Cibeunying Kidul, Kota Bandung
Jam Buka: 10.00-22.00 WIB
Harga makanan: Rp20.000

Nasi Goreng Mafia

Selanjutnya, pencinta kuliner Bandung pasti sudah tidak asing dengan nasi goreng Mafia. Tempat makan satu ini memiliki menu andalan berupa nasi goreng dengan tingkat kepedasan yang beragam. Mulai dari level 0-5. Setiap menu juga memiliki citarasa yang unik. Harganya terjangkau dan lokasinya strategis. Tidak heran kalau tempat ini sudah memiliki banyak cabang di kota Bandung.

Beberapa menu yang bisa kamu coba di Nasi Goreng Mafia antara lain Preman (campuran kencur dan sayuran), Gangster (campuran bumbu rempah dan rawon), Triad (campuran ebi dan cabai merah), Yakuza (campuran kikil dan cabai hijau), Good Father (campuran kecap kedelai dan bawang merah).

Alamat: Jalan Dipati Ukur 51, Food Court BIP, dan di Jalan Setiabudi No. 171 B.
Jam Buka: 10.00-22.00 WIB
Harga makanan: Under Rp50.000

Batagor Riri

Batagor Riri, photo by anekawisata.com

Batagor adalah salah satu makanan khas Bandung yang jadi jajanan favorit banyak orang, termasuk wisatawan. Salah satu tempat makan batagor yang enak di Bandung adalah batagor Riri. Di sini, selalu banyak orang yang datang dan rela antre demi mendapatkan satu porsi batagor yang lezat. Batagor Riri juga bisa dijadikan oleh-oleh. Jadi, jangan sampai terlewatkan ya!

Batagor di sini memiliki isian yang lengkap dan berukuran besar. Tahu dan ikannya banyak, sehingga tidak hanya rasa tepung. Bumbu kacangnya kental dan sedikit pedas. Bisa ditambahkan kecap manis sesuai selera. Sistem gorennya bagus, sehingga tidak membuat batagor oily.

Alamat: Jl. Dr. Djunjunan No.47, Pamoyanan, Kec. Cicendo, Kota Bandung
Jam Buka: 11.00-20.00
Harga makanan: Under Rp50.000

Nah, itulah 20 rekomendasi tempat wisata kuliner di Bandung yang bisa kamu coba. Membicarakan kuliner di kota satu ini memang seakan tidak ada habisnya. Setiap sudut selalu ada saja kuliner menarik yang sayang untuk dilewatkan.