21 Wisata Terbaru di Bandung 2023, Patut Dikunjungi!

21 Wisata Terbaru di Bandung 2023, Patut Dikunjungi!
Tempat Wisata Terbaru di Bandung, photo by Cove

Suasana sejuk Bandung bikin sebagian besar orang gak bisa move on. Kota Kembang alias Bandung sering banget menjadi pilihan untuk berwisata. Jaraknya yang hanya 2 – 3 jam dari Jakarta membuat kota ini dinobatkan sebagai short escape warga Ibukota. Nah, kalau kamu termasuk salah satu yang senang berkunjung ke Bandung, artikel mengenai tempat wisata terbaru di Bandung wajib banget baca rekomendasi Cove berikut ini.

21 Wisata Terbaru Bandung

1. Kampung Korea (Little Seoul Bandung)

Kampung Korea (Little Seoul Bandung), photo by IntipSeleb

Tak perlu jauh-jauh ke Negeri Gingseng, kini kamu bisa mendatangi Little Seoul Bandung alias Kampung Korea untuk merasakan vibes dari negara yang penuh dengan Oppa-Oppa. Dibuat sebagai versi mini Korea karena desainnya dibuat dengan semirip mungkin.

Lokasi wisata Kampung Korea di Bandung sangat strategis. Kamu bahkan dengan mudah mengaksesnya menggunakan transportasi umum. Dekat dengan Stasiun Bandung, Kampung Korea bisa kamu tempuh dengan jarrah 3 – 4 kilometer saja. Selain melihat versi mini bagaimana bentuk dari Negeri Gingseng, di Little Seoul Bandung kamu bisa mencicipi ragam kuliner Korea dengan rasa autentik. Tak hanya itu, kamu bisa menjajal mengenakan pakaian tradisional Korea, yakni Hanbok. Bisa digunakan buat photoshoot kece, deh!

Alamat: Jl. Banten No.7, Kebonwaru, Kec. Batununggal, Kota Bandung, Jawa Barat 40272
Jam Buka: Senin – Jumat (09.00 – 21.00), Sabtu – Minggu (08.00 – 22.00)
Tiket Masuk: Mulai dari Rp20.000

2. Kampung Dago Pojok

Kampung Dago Pojok, photo by PRFM News

Kalau kamu senang melihat kesenian khususnya mural, Kampung Dago Pojok perlu banget dimasukkan ke dalam listmu. Daya tarik dari Kampung Dago Pojok terlihat dari seni yang bisa kamu temui tiap langkah menyusuri jalan di Kampung Dago Pojok.

Ternyata mural yang ada di Kampung Dago Pojok ini bukan mural biasa, loh! Mural yang dibuat di sepanjang jalan Kampung Dago Pojok dan rumah warga sekitar dibuat menggunakan teknologi augmented reality (AR). Sehingga karya-karya yang dibuat bisa dilihat secara tiga dimensi menggunakan ponsel pintar milikmu.

Di samping melihat karya-karya, kamu bisa menyaksikan pertunjukkan seni tradisional, seperti wayang, calung, hingga tari jaipong. Supaya wisata semakin seru, ada kelas workshop yang bisa diikuti oleh kamu karena ada seniman ternama yang akan mengajarimu.

Alamat: Jl. Dago Pojok No.95, Dago, Kecamatan Coblong, Kota Bandung, Jawa Barat 40135
Jam Buka: Senin – Minggu (08.00 – 22.00)
Tiket Masuk: Gratis

3. The Great Asia Africa

The Great Asia Africa, photo by Tiket.com

Mirip dengan Little Seoul Korea, The Great Asia Africa merupakan miniature negara-negara di Asia Afrika. Kamu bisa merasakan pengalaman dan suasana dari berbagai negara hanya dengan datang ke satu tempat. Selain terkenal dalam satu tahun kebelakang ini, The Great Asia Africa sangat instagramable buat kamu yang senang foto-foto dengan berbagai latar.

Lokasi dari The Great Asia Africa berada di dekat Farmhouse Susu Lembang. Tempat wisata ini menghadirkan keindahan landmark dari 7 negara dan 2 benua, yakni Indonesia, Thailand, Korea, Jepang, India, Timur Tengah, dan Afrika. Bagian dari negara-negara tersebut tentu saja punya suasana berbeda. Selain foto-foto, kamu bisa menyewa baju tradisional dari miniature negara yang kamu kunjungi. Bukan cuma digunakan untuk foto-foto, kamu bisa berkeliling mengenakan baju tradisional tersebut selama satu jam.

Alamat: Jl. Raya Lembang - Bandung No.71, Gudangkahuripan, Kec. Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat 40391
Jam Buka: Senin – Jumat (09.00 – 18.00), Sabtu – Minggu (08.00 – 18.00)
Tiket Masuk: Rp50.000 per orang

4. Noah’s Park

Lug’s Gravity Noah’s Park, photo by Kompas

Salah satu tempat wisata viral karena permainan Lug’s Gravitynya. Keseruan ini bisa kamu rasakan secara langsung dengan datang ke Noah’s Park di Bandung Barat. Lug’s Gravity ini menawarkan konsep olahraga berbasis gravitasi. Luge sebenarnya merupakan olahraga seluncur dengan menggunakan trek es. Karena di Bandung bukanlah kota bersalju, luge ini kemudian dimodifikasi lagi oleh Hadi Muhari yang terinspirasi dari Olimpiade Luge di Selandia Baru.

Lug’s Gravity yang adadi Noah’s Park Bandung akan melewati trek sejauh 750 meter. Sambil menyetir kamu bisa menikmati pemandangan hamparan pohon dari ketinggian. Apabila berjalan santai, kamu bisa menikmati pemandangan ini 7 – 9 menit. Sementara itu, jika pengendara ngebut bisa melintasi trek tersebut selama kurang lebih tiga menit. Noah’s Park tak hanya memiliki permainan Lug’s Gravity. Kamu dapat mencoba tiga permainan lainnya, yakni Gravity Kart, Gravity Drift Trike, dan Gravity Drift Kart.

Alamat: Jl. Sukanagara No.20, Pagerwangi, Kec. Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat 40391
Jam Buka: Senin – Minggu (09.00 – 17.00)
Tiket Masuk: Rp50.000 per orang

5. Orchid Forest Cikole

Orchid Forest Cikole, photo by Klook

Berada di daerah Cikole kurang afdol rasanya kalau tidak berkunjung ke Orchid Forest Cikole. Tempat wisata satu ini menawarkan pemandangan dari macam-macam spesies anggrek yang ada di Indonesia serta negara lain. Bahkan, Orchid Forest Cikole turut memamerkan jenis anggrek langka, yakni Anggrek Hitam.

Tempat wisata ini sangat cocok dikunjungi buat kamu para pecinta alam dan tanaman, Orchid Forest Cikole wajib banget kamu kunjungi di tahun 2023. Dengan wisata yang disajikan, tiket masuknya pun cukup terjangkau yakni Rp50.000 per orang. Tertarik melihat keindahan berbagai spesies anggrek? Jangan lupa kunjungi Orchid Forest Cikole ya!

Alamat: Genteng, Cikole, Kec. Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat 40391
Jam Buka: Senin – Jumat (09.00 – 18.00), Sabtu – Minggu (08.00 – 19.00)
Tiket Masuk: Rp50.000

6. Lembang Park and Zoo

Lembang Park and Zoo, photo by Travelspromo

Berkunjung ke kebun binatang memang sangat mengasyikkan. Lembang Park and Zoo menghadirkan 500 fauna berbeda yang bisa kamu lihat dan pelajari. Selain itu, kamu juga bisa foto-foto di spot cantik yang tersedia di Lembang Park and Zoo. Buat kamu yang mencari keseruan, di tempat wisata ini pun terdapat berbagai wahana permainan yang dapat kamu jajal.

Tempat paling unik di Lembang Park and Zoo adalah Bird Aviary. Ingin menguji adrenalin? Coba makan siang bersama singa. Nah, pecinta kucing pun gak akan ketinggalan karena di Lembang Park and Zoo ada café kucing di mana kamu bisa makan sekaligus bermain bersama kucing-kucing yang lucu.

Alamat: Jl. Kolonel Masturi No.171, Sukajaya, Kec. Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat 40391
Jam Buka: Senin – Jumat (09.00 – 17.00), Sabtu – Minggu (08.00 – 18.00)
Tiket Masuk: Rp40.000 per orang

7. Bukit Jamur Rancabolang Ciwidey

Bukit Jamur Rancabolang Ciwidey, photo by IDN Times

Tempat ini dinamakan Bukit Jamur bukan semata-mata karena tumbuh banyak jamur. Melainkan karena lokasi dari Bukit Jamur Rancabolang Ciwidey berada di daerah dataran tinggi sehingga tanahnya sangat subur untuk ditanami jenis tanaman apapun.

Suasana Bukit Jamur Rancabolang Ciwidey cocok banget buat jadi spot foto romantis kalau kamu pergi membawa pasangan. Keunikan dari Bukit Jamur Rancabolang Ciwidey karena terdapat pohon cemara yang menjulang tinggi dan berbentuk layaknya jamur.

Alamat: Sugihmukti, Pasirjambu, Bandung Regency, West Java 40972
Jam Buka: Senin – Minggu (08.00 – 17.00)
Tiket Masuk: Gratis

8. Kiara Artha Park

Kiara Artha Park, photo by Liputan6

Ruang terbuka publik dengan tema taman kota yang sekaligus menjadi tempat wisata terbaru di Bandung. Kiara Artha Park terletak di daerah Kiaracondong, banyak wisatawan yang sengaja datang ke tempat ini karena masih baru.

Daya tarik dari Kiara Artha Park sendiri terlihat dari banyaknya spot instagramable. Pertunjukkan air mancur yang menari-nari paling ditunggu-tunggu oleh pengunjung. Air mancur menari ini hanya ada pada jadwal tertentu. Pastikan kamu mengecek jadwalnya ya!

Serunya dari Kiara Artha Park, pengunjung yang punya anabul boleh membawa hewan peliharaan mereka selama mematuhi aturan, yaitu menggunakan pampers hewan supaya tidak buang air sembarangan. Selain itu, ada berbagai wahana permainan yang bisa kamu coba di Kiara Artha Park.

Alamat: Jl. Banten, Kebonwaru, Kec. Batununggal, Kota Bandung, Jawa Barat 40272
Jam Buka: Senin – Minggu (10.00 – 21.00)
Tiket Masuk: Mulai dari Rp35.000

9. Fairy Garden by The Lodge

Fairy Garden Bandung, photo by Tribun Jabar

Berwisata ke negeri dongeng? Siapa takut. Kamu bisa temukan jenis wisata tersebut di Fairy Garden by The Lodge, Bandung. Tempat wisata ini memiliki berbagai bentuk bangunan yang mirip seperti negeri dongeng sungguhan. Tak hanya dari bangunan, para petugas dari Fairy Garden by The Lodge pun mengenakan pakaian ala peri untuk menambah vibes negeri dongeng semakin nyata.

Fairy Garden memiliki 4 tema berbeda untuk wisatanya. Ada Art Fairy, Book Fairy, Flower Fairy, dan Woodland Fairy. Selain 4 tema berbeda, terdapat 6 wahana yang bisa kamu coba untuk seru-seruan. Kalau kamu datang ke Fairy Garden, jangan lupa foto-foto di berbagai spot instagramable di tempat ini.

Alamat: Jl. Maribaya No.KM. 3, RW.9, Cibodas, Kec. Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat 40391
Jam Buka: Senin – Kamis (09.00 – 17.00), Jumat – Minggu (08.00 – 20.00)
Tiket Masuk: Rp35.000 per orang dan Rp50.000 per orang untuk tiket terusan

10. Rabbit Town

Rabbit Town Bandung, photo by Detik Travel

Rabbit Town berarti ada banyak kelinci dong di dalamnya? Jawaban atas pertanyaan tersebut adalah iya. Kamu bisa temukan dan bermain bareng kelinci-kelinci yang lucu di arena Amor Rabbit Town. Tempat wisata ini menggabungkan tiga konsep sekaligus, yakni antara wisata kuliner, fashion, dan kebun binatang. Kalau kamu pergi bersama keluarga pasti setiap anggota keluarga akan senang karena berkeliling sesuai dengan kesukaan masing-masing.

Saat pergi ke Rabbit Town jangan lupa untuk mengambil foto di spot instagramable, seperti Princess Worid, Love Light, Magical Forest, dan La La Land. Jangan takut kelaparan saat berkunjung ke tempat wisata ini karena kamu akan menemukan deretan kuliner khas Bandung yang dijajakan langsung. Enaknya lagi wisata ke Rabbit Town gratis sehingga tidak menguras kantongmu.

Alamat: Jl. Rancabentang No.30-32, Ciumbuleuit, Kec. Cidadap, Kota Bandung, Jawa Barat 40142
Jam Buka: Senin – Jumat (10.00 – 20.00), Sabtu – Minggu (09.00 – 20.00)
Tiket Masuk: Gratis

11. Dago Dreampark

Dago Dreampark, photo by Wisatainfo

Dago gak pernah kehabisan tempat wisata yang patut untuk dikunjungi. Kamu pasti familiar kan dengan film “UP” dengan ikon rumah dan balon. Di Dago Dreampark kamu akan menemukan replika rumah ikonik tersebut. Berdiri di atas lahan seluas 11 hektar, Dago Dreampark menyajikan puluhan wahana menarik yang bisa kamu nikmati.

Dago Dreampark buka setiap hari dengan tiket masuk seharga Rp40.000 per orangnya. Apabila kamu ingin memainkan wahana yang tersedia, Dago Dreampark mengenakan biaya tertentu yang dihitung per wahana. Meski wahana berbayar, tetap seru kok! Apalagi didukung oleh suasana sejuk kawasan Dago yang membuat kamu gak kepanasan.

Alamat: Mekarwangi, Jl. Dago Giri No.Km. 2.2, Pagerwangi, Kec. Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat 40135
Jam Buka: Senin – Minggu (08.00 – 18.00)
Tiket Masuk: Rp40.000

12. The Parlor Hills

The Parlor Hills, photo by Piknik Asyik

Kalau kamu sedang mencari tempat wisata di Bandung yang sempurna untuk keluarga dengan anak-anak, maka The Parlor Hills bisa dipilih. Tempat wisata ini menyediakan fasilitas cukup lengkap, mulai dari area parkir, toilet, wahana bermain, cafe, smoking area, dan spot foto. Daya tarik utamanya adalah wahana rekreasi untuk anak-anak, seperti rumah balon, kolam bola, gokart, dan banyak lagi. Bahkan orang dewasa pun bisa ikut bermain, lho. Cafe ini juga menawarkan menu masakan Indonesia dan western yang lezat, serta paket menu khusus anak-anak.

Alamat: Jl. Rancakendal Luhur No.9, Ciburial, Cimenyan, Bandung.
Jam Buka: Senin – Jumat (10.00 – 20.00 WIB), Sabtu – Minggu (08900 – 22.00 WIB)
Tiket Masuk: Dewasa mulai dari Rp75.000 per dan, anak-anak mulai dari Rp65.000 per jam.

13. Trizara Resort Lembang Bandung

Trizara Resort, photo by Rovers Adventure Indonesia

Destinasi glamping unik dan mewah yang terletak 15 km dari Bandung ini menawarkan pemandangan alam yang indah, taman hijau, dan udara sejuk. Dengan 47 tenda yang berbeda, kamu bisa pilih tipe kamar sesuai kebutuhan. Setiap tenda yang dibanderol dengan harga berkisar antara Rp1,4-1,9 juta per malam ini dilengkapi fasilitas mewah seperti kamar mandi pribadi dan internet gratis. Di sini, kamu bisa melakukan berbagai aktivitas seperti jogging, paintball, yoga, serta menikmati api unggun di malam hari. Trizara Resort Glamping menggabungkan kenyamanan hotel bintang dengan pengalaman camping yang nggak terlupakan di alam terbuka.

Alamat: Jl. Pasir Wangi, Gudangkahuripan, Lembang, Bandung Barat.
Jam Buka: 24 jam.
Tiket Masuk: Mulai dari Rp887.000 per malam.

14. Lengkong Culinary Night

Lengkong Culinary Night, photo by Pasjabar

Lengkong Culinary Night merupakan destinasi kuliner malam yang populer di Bandung untuk mengisi malam minggu. Terletak di sepanjang Lengkong Kecil, tempat ini menawarkan berbagai pilihan kuliner, termasuk street food dan makanan berat. Lokasinya mudah diakses dari Alun-Alun Kota Bandung dan kawasan Braga. Di sini, kamu bisa menikmati berbagai jajanan seperti telur gulung, sempol, cimol, dan lainnya dengan harga sekitar Rp10.000-an saja. Selain kuliner, Lengkong Culinary juga memiliki coffee shop dengan live music malam.

Alamat: Jl. Lengkong Kecil No.30, Paledang, Kec.Lengkong, Bandung.
Jam Buka: Sekitar pukul 6 sore hingga malam hari.
Tiket Masuk: Gratis (hanya perlu membayar untuk makanan dan minuman yang kamu pesan).

15. Tebing Keraton

Tebing Keraton, photo by Pinhome

Tebing Keraton merupakan destinasi wisata yang menawarkan pemandangan matahari terbit spektakuler dan alam yang indah. Terletak di Taman Hutan Raya Bandung, tempat ini menawarkan udara segar, hutan hijau yang menenangkan, dan jalur trekking untuk petualangan alam. Matahari terbit di Tebing Keraton begitu cantik dengan background langit berubah warna. Selain itu, kamu bisa mencicipi hidangan lokal di Warung Taru untuk merasakan budaya kuliner Bandung. Ingat, kamu bakal banyak jalan kaki dan naik turun tangga, jadi pastikan kondisi fisikmu prima, ya.

Alamat: Kampung Ciharegem Puncak, Desa Ciburial, Dago, Bandung Utara.
Jam Buka: Disarankan datang pagi sebelum pukul 05.30 WIB untuk sunrise.
Tiket Masuk: Rp11.000 (lokal), sekitar Rp76.000 (WNA), parkir motor Rp5.000, mobil Rp10.000.

16. Chinatown Bandung

Chinatown Bandung, photo by Wisata Milenial

Chinatown Bandung, juga dikenal sebagai Kampung Pecinan Bandung, adalah destinasi budaya yang bakal membawamu ke budaya Tionghoa masa lalu. Tempat ini menawarkan pengalaman fotogenik dengan nuansa Tionghoa yang khas, termasuk Museum Chinatown yang menjelaskan sejarah kedatangan suku Tionghoa di Indonesia, Infinity Room yang dirancang untuk foto artistik, sewa kostum Tionghoa, dan kelenteng untuk ibadah. Selain itu, kamu bisa nikmati makanan Tionghoa halal dan berbelanja di pasar tradisional dengan beragam barang aksesori dan pakaian Tionghoa.

Alamat: Jalan Kelenteng Nomor 41, Bandung.
Jam Buka: Setiap hari pukul 10.00 WIB untuk sunrise.
Tiket Masuk: Rp10.000 (weekday), Rp20.000 (weekend). Parkir motor Rp5.000, mobil Rp10.000.

17. Bukit Senyum

Bukit Senyum, photo by Atourin

Bukit Senyum dikenal karena pemandangan alamnya yang eksotis. Terletak di tengah hutan pinus, bukit ini menawarkan panorama perkebunan teh hijau dan bukit-bukit yang memanjakan mata. Di sini, kamu bisa berfoto di menara gardu pandang dan bersantai di hammock warna-warni dengan background bukit hijau. Untuk mencapai gardu pandang, kamu harus melewati jembatan bambu yang indah dengan view hutan pinus di sekitarnya yang memberikan kesan tenang dan sejuk. Fasilitas yang disediakan termasuk area parkir, musala, toilet, gazebo, dan pos keamanan.

Alamat: Kp. Pasir Manggu Desa, Cipada, Cikalong Wetan, Bandung Barat.
Jam Buka: 24 jam sehari.
Tiket Masuk: Sekitar Rp10.000 per orang.

18. D’Dieuland

D’Dieuland, photo by TravelsPromo

D'Dieuland adalah destinasi wisata baru di Bandung yang cocok untuk semua kalangan, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Ada banyak aktivitas outdoor serta spot foto Instagramable yang bisa kamu cobain. Kamu bisa menikmati pemandangan alam pegunungan, bermain di playground, mencoba flying fox, makanan di restoran unik, dan berfoto di jalanan yang dihiasi payung cantik.

Alamat: Pagerwangi, Lembang, Bandung Barat.
Jam Buka: Setiap hari (09.00 - 22.00WIB).
Tiket Masuk: Rp10.000 weekday, Rp15.000 weekend

19. Green Kenyot Cikahuripan

Green Kenyot Cikahuripan, photo by Sofyan Hotel

Green Kenyot Cikahuripan adalah destinasi wisata yang sering disebut sebagai "Green Canyon-nya Bandung" karena aliran air biru yang jernihnya diapit oleh tebing-tebing tinggi. Kata "Cikahuripan" berasal dari bahasa Sunda yang berarti "air pembawa kehidupan." Air di tempat ini juga dianggap memiliki sifat penyembuhan menurut kepercayaan masyarakat setempat. Kedalaman air di kawasan ini bervariasi, cocok untuk orang dewasa dan anak-anak.

Alamat: Kecamatan Saguling, Bandung Barat.
Jam Buka: Setiap hari (06.00 - 18.00WIB).
Tiket Masuk: Rp25.000 per orang.

20. Amazing Art World Bandung

Amazing Art World Bandung, photo by Wisata IDN

Amazing Art World Bandung menawarkan pengalaman unik berupa lukisan 3D dengan luas sekitar 15.500 meter persegi, menjadikannya salah satu museum lukisan 3D terbesar di dunia. Destinasi ini terdiri dari dua spot, yaitu indoor dan outdoor. Di dalam museum, kamu bisa menemukan berbagai lukisan 3D karya seniman Indonesia dan Korea yang memiliki berbagai zona dengan tema yang berbeda, seperti Animal Zone, Saurus Zone, Kingdom Zone, Aqua Zone, dan Fantasy Zone. Setiap sudutnya dirancang untuk menghasilkan foto kreatif yang tampak seperti manipulasi optik.

Alamat: Jl. DR. Setiabudi No. 293-295, Sukasari, Kota Bandung.
Jam Buka: Setiap hari (09.00 - 20.00 WIB).
Tiket Masuk: Rp55.000 (hari biasa), Rp75.000 (hari libur).

21. Stone Garden Citatah

Stone Garden Citatah, photo by Phinemo.com

Stone Garden Citatah adalah objek wisata dengan formasi batuan alam yang nggak beraturan. Situs ini menawarkan pengalaman unik dengan hamparan batuan yang membentuk taman alam alami, terbentuk sejak zaman Miosen, sekitar 20-30 juta tahun yang lalu, saat daerah ini merupakan dasar laut. Selain menikmati pemandangan batuan, kamu juga bisa menjelajahi Gua Pawon yang terletak di bawahnya dan melihat bukti peninggalan sejarah manusia. Tempat ini juga sering digunakan sebagai background pemotretan dan memiliki pemandangan alam yang memukau.

Alamat: Desa Gunung Masigit, Cipatat, Bandung Barat.
Jam Buka: Setiap hari (06.00 - 18.00 WIB).
Tiket Masuk: Rp14.000 (wisatawan domestik), Rp27.000 (wisatawan mancanegara).

Tempat wisata baru Bandung mana, nih, yang mau kamu kunjungi?


Kost Eksklusif Nyaman dan Strategis di Bandung

Bandung tak hanya punya banyak tempat wisata, tetapi juga kost-kostan untuk kamu huni. Cove merupakan kost eksklusif dengan fasilitas premium yang mendukung mobilitas harianmu. Dengan desain yang nyaman, Cove memiliki lokasi strategis yang dekat dengan universitas dan jalan tol. Fasilitas lengkap dengan kamar fully furnished, lobby, lounge, ruang makan, dapur, serta keamanan tinggi.

Harga mulai dari Rp1,6 juta per bulan

Cari Kost di Bandung