10 Tempat Makan Seblak Bandung yang Paling Enak

10 Tempat Makan Seblak Bandung yang Paling Enak
Seblak Bandung, photo by thumb.intipseleb.com

Seblak adalah makanan tradisional Indonesia, tepatnya dari Jawa Barat, yang terbuat dari kerupuk basah dan menggunakan bumbu halus berupa bawang putih dengan kencur. Makanan khas Sunda yang terkenal dengan rasa pedas dan gurih ini muncul sejak tahun 1990-an dan hingga kini masih memiliki banyak penggemar.

Kalau kamu suka seblak dan lagi di Bandung, ada beberapa rekomendasi tempat makan seblak Bandung yang wajib kamu kunjungi. Rasa kencur dari bumbunya yang lezat pasti bikin kamu ketagihan. Simak, yuk, 10 rekomendasi tempat makan seblak Bandung yang paling enak berikut!

10 Tempat Makan Seblak Bandung

1. Seblak Sultan

Seblak Sultan, photo by Instagram/mimolette_1106

Sejak kemunculannya pertama kali sekitar 9 tahun yang lalu, Seblak Sultan berhasil menarik banyak penggemar seblak di Kota Kembang. Kamu bisa menikmati seporsi seblak dengan bumbu nikmati, beserta topping yang sangat beragam. Berbagai aneka topping yang bisa kamu pilih di antaranya ada makaroni, cireng, bakso, siomay, sosis, pentol, ceker, cilok, hingga tulangan ayam. Level pedasnya juga bisa dipilih sehingga bisa disesuaikan dengan seleramu.

Alamat: Jl. Sultan Agung No.10, Citarum, Kec. Bandung Wetan, Kota Bandung, Jawa Barat 40115
Jam buka: Setiap hari pukul 10.00 - 22.00 WIB
Harga: Di bawah Rp50.000/porsi

2. Seblak Bunda

Seblak Bunda, photo by Instagram/foodgallerybdg

Ada yang spesial dari Seblak Bunda, yaitu isiannya yang beragam berupa tulang, kikil sapi, ceker ayam, mie, bakso, batagor, kerupuk, dan masih banyak lagi. Kalau kamu lagi ingin menyantap makanan yang pedas dan enak, maka Seblak Bunda bisa dijadikan pilihan menarik. Enaknya pas mantap!

Alamat: Gang 10 Jl. H. Kurdi II No.4, Karasak, Kec. Astanaanyar, Kota Bandung, Jawa Barat 40243
Jam buka: Senin-Sabtu pukul 10.00 - 18.00 WIB
Harga: Mulai dari Rp10.000

3. Warung Seblak Mahda

Warung Seblak Mahda, photo by akcdn.detik.net.id

Seblak Mahda Hot berlokasi tersembunyi di dalam gang, tapi para pecinta seblak Bandung ini selalu rela antra untuk menyantapnya. Nama Mahda sendiri berasal dari singkatan Mamah Dada. Meskipun tempat jualannya sederhana, rasa seblaknya istimewa karena bumbunya yang medok. Kamu juga bisa pilih berbagai topping sesuai selera mulai dari telur ceplok, batagor, siomay, dumpling, ceker, hingga tulang.

Alamat: Gg. Kretek I No.73/208c, RT.05/RW.03, Padasuka, Kec. Cibeunying Kidul, Bandung, Jawa Barat 40125
Jam buka: Setiap hari pukul 11.00 - 20.00 WIB
Harga: Di bawah Rp50.000/porsi

4. Seblak Teh Ida

Seblak Teh Ida, photo by Instagram/kulinerteruz

Meskipun lokasinya agak hidden di dalam sebuah gang, Seblak Teh Ida tetap viral karena rasanya yang mengagumkan. Salah satu seblak paling enak di Bandung ini juga unik karena menyediakan varian seblak cobek. Kamu juga bisa pesan seblak versi mentah kalau mau dibawa pulang ke rumah. Untuk aneka topping-nya, Seblak Teh Ida menawarkan pilihan berupa siomay, batagor, otak-otak, jamur enoki, mie, dan sebagainya. Kalau suka, kamu juga bisa request kangkung untuk campuran sayurannya.

Alamat: Jl. Braga, Gang Apandi No.30, RT.04/RW.08, Braga, Kec. Sumur Bandung, Bandung, Jawa Barat 40111
Jam buka: Selasa-Minggu pukul 10.00 - 19.00 WIB
Harga: Di bawah Rp50.000/porsi

5. Seblak Janda

Seblak Janda, photo by Instagram/seblak__janda

Nggak hanya namanya saja yang unik, Seblak Janda juga memberikan sensasi makan seblak enak yang berbeda. Tersedia dua pilihan level pedas andalan di sini, yaitu Pisah Ranjang dan Talak Tiga. Kombinasi rasa pedas dan aroma kencur menjadi daya tarik bagi pengunjung yang datang. Seblak Janda juga menawarkan 40 jenis paduan seblak, mulai dari batagor kering, kerupuk kering warna warni, sayuran, tulang, cakar ayam, dilok, bakso, hingga kikil.

Alamat: Jl. A.H. Nasution No.45, Cigending, Kec. Ujung Berung, Bandung, Jawa Barat 40611
Jam buka: Setiap hari pukul 05.00 - 23.00 WIB
Harga: Mulai dari Rp16.000/porsi

6. Seblak Iyen

Seblak Iyen, photo by assets.promediateknologi.com

Tempat makan seblak Bandung yang sudah berjualan sejak tahun 2012 ini memiliki karakter yang kuat dan tentunya berbeda dari seblak-seblak lainnya. Kuahnya yang kuat dengan aroma kaldu ayam legit berpadu dengan aroma rempah-rempah yang hangat. Bumbu kuahnya yang pedas juga bisa kamu padukan dengan berbagai varian toping seperti siomay, batagor, dorokdok, dan tulang yang pasti enak.

Alamat: Jl. Cilengkrang II, Cionyam No.4, Palasari, Kec. Cibiru, Bandung, Jawa Barat 40615
Jam buka: Senin-Sabtu pukul 10.00 - 18.00 WIB
Harga: Di bawah Rp50.000/porsi

7. Seblak Syahrini

Seblak Syahrini, photo by cdn.nativeindonesia.com

Seblak Syahrini menghadirkan seblak dengan rasa pedas yang sangat terasa. Meskipun tempat makannya sederhana, tapi untuk rasa sudah nggak perlu diragukan lagi. Tersedia sekitar 30 pilihan topping yang bisa kamu pilih sesuai selera, mulai dari batagor, siomay, telur, cimol, basreng, bakso, kikil, hingga ceker ayam. Kamu juga bisa pilih level kepedasan sesuai keinginan.

Alamat: Jl. Pasundan No.120, Pungkur, Kec. Regol, Kota Bandung, Jawa Barat 40252
Jam buka: Rabu-Senin pukul 11.00 - 23.00 WIB
Harga: Di bawah Rp50.000/porsi

8. Seblak Abdul

Seblak Abdul, photo by cdn.idntimes.com

Selanjutnya ada Seblak Abdul yang berdiri dari tahun 2014 lalu. Memulai usahanya bermodalkan gerobak sederhana, sekarang Seblak Abdul sudah punya basis pelanggan setia sendiri. Enaknya di sini, kamu bisa pilih beberapa opsi seblak mulai dari cimol, siomay, mie, ceker, dan lain-lain. Untuk harganya juga bersahabat, dijamin hemat dan enak.

Alamat: Jl. Bapak Husen (Seberang RS Advent), Cihampelas, Bandung
Jam buka: Setiap hari pukul 10.00 - 20.00 WIB
Harga: Mulai dari Rp7.000/porsi

9. Seblak Oces

Seblak Oces, photo by cdn.nativeindonesia.com

Tempat makan seblak Bandung ini merupakan seblak kuah pertama di Kota Kembang yang berdiri sejak tahun 2012. Menariknya, Seblak Oces punya menu spesial dengan isian kerupuk warna warni, plus pilihan topping beragam. Kalau bingung pilih topping, kamu juga bisa pesan seblak kombinasi dengan isian super lengkap, mulai dari kerupuk, bakso, ceker, telur, hingga tulang.

Alamat: Alfamart, Jl. Purnawarman No.22, Babakanciamis, Sumurbandung, Bandung City, West Java 40117
Jam buka: Setiap hari pukul 10.00 - 18.45 WIB
Harga: Di bawah Rp50.000/porsi

10. Seblak Basah Deu’ Tjenghar

Seblak Basah Deu’ Tjenghar, photo by anakkota.com

Terakhir ada Seblak Basah Deu’ Tjenghar yang menyediakan berbagai pilihan topping, mulai dari siomay, bakso, kikil, tulang ayam, kwetiau, sosis, jamur, brokoli, jamur, hingga 5 jenis kerupuk. Salah satu tempat makan seblak Bandung terenak ini cenderung berkuah sehingga cocok buat kamu yang suka menyeruput kuah seblak segar dan pedas.

Alamat: Jl. Purnawarman No. 9 (Depan Braga Musik), Merdeka, Bandung
Jam buka: Setiap hari pukul 10.00 - 21.00 WIB
Harga: Mulai dari Rp9.000/porsi

Jadi, tempat makan seblak Bandung mana yang tertarik kamu datangi? Semuanya enak, kok, jadi nggak perlu khawatir mau makan di mana saja.


Kost Bandung Mulai dari Rp1,6 juta/bulan

Untuk kamu yang sedang mencari kost di Bandung, kamu bisa cek berbagai pilihan kost eksklusif dari Cove. Kamu bisa menemukan berbagai hunian dengan desain aesthetic, fasilitas lengkap, dan lokasi strategis sehingga akan memberikan kenyamanan yang maksimal.

Harga mulai dari Rp1,6 juta/bulan

Cek Sekarang!