Kapan Waktu Olahraga yang Baik? Ini Jawabannya!

Kapan Waktu Olahraga yang Baik? Ini Jawabannya!
Photo from Planet Fitness

Olahraga adalah kegiatan penting dalam menjaga kesehatan fisik dan mental. Namun, pertanyaan yang sering muncul adalah, "Kapan waktu terbaik untuk berolahraga?" Beberapa orang berpendapat bahwa pagi adalah waktu terbaik, sementara yang lain lebih suka berolahraga pada sore atau malam hari.

Sebenarnya, berdasarkan riset yang diterbitkan oleh National Library of Medicine, tidak ada waktu terbaik untuk berolahraga, selama kamu fokus untuk rutin berolahraga demi menjaga tubuh agar tetap sehat. Meskipun demikian, ada beberapa kelebihan dan kekurangan dari masing-masing waktu berolahraga yang mungkin bisa menjadi pertimbangan kamu. Apa saja itu? Cek selengkapnya di bawah ini, ya!

Olahraga di Pagi Hari

Photo from Self

Olahraga di pagi hari memiliki beberapa kelebihan yang dapat memberikan manfaat bagi tubuh dan kesehatan kamu.

Berikut beberapa kelebihan dari melakukan olahraga di pagi hari:

  1. Peningkatan Mood dan Konsentrasi: Saat kamu berolahraga di pagi hari, tubuh akan melepaskan hormon endorfin yang dapat meningkatkan suasana hati dan konsentrasi. Hal ini tentunya dapat membantu kamu memulai hari dengan semangat yang baik serta fokus yang tinggi.
  2. Meningkatkan Disiplin Diri: Berolahraga di pagi hari membutuhkan kedisiplinan yang tinggi. Melakukan olahraga di pagi hari dapat membantu kamu mengembangkan kebiasaan yang baik, serta membawa dampak positif pada berbagai aspek kehidupan kamu.
  3. Penurunan berat Badan: Jika tujuan kamu untuk menurunkan berat badan, berolahraga di pagi hari juga bisa membantu, lho. Saat kamu berolahraga sebelum sarapan, tubuh cenderung membakar lebih banyak lemak sebagai sumber energi karena kadar gula darah yang masih rendah.
  4. Meningkatkan Kualitas Tidur: Olahraga di pagi hari dapat membantu mengatur ritme sirkadian tubuh sehingga dapat tidur lebih baik di pagi hari. Hal ini, karena aktivitas fisik di pagi hari akan membantu tubuh merasa lebih cepat lelah pada malam hari. Hasilnya, kamu dapat terhindar dari insomnia dan dapat memiliki waktu tidur yang cukup.
  5. Meningkatkan Kesehatan Kardiovaskular: Berolahraga di pagi hari dapat meningkatkan kesehatan kardiovaskular. Menurut penelitian yang diterbitkan oleh AHA Journals pada tahun 2019, ditunjukkan bahwa berolahraga pagi dapat mengurangi tekanan darah, meningkatkan kapasitas aerobik dengan signifikan, dan meminimalisir risiko penyakit kardiovaskular.

Meskipun berolahraga di pagi hari memiliki banyak manfaat, ada beberapa kekurangan pula yang perlu kamu perhatikan:

  1. Risiko Cedera: Saat tubuh masih dalam kaku setelah tidur, berolahraga pagi meningkatkan risiko cedera lebih besar jika kamu melewati pemanasan yang cukup. Oleh sebab itu, pastikan kamu melakukan pemanasan yang cukup, ya.
  2. Kurang Energi: Beberapa orang mungkin merasa kurang bertenaga di pagi hari, terutama jika mereka tidak sarapan. Tentunya, hal ini bisa mempengaruhi kinerja olahraga dan membuat kamu merasa lebih lemah.

Jika kamu ingin berolahraga di pagi hari, terdapat jenis-jenis olahraga yang cocok dilakukan pada pagi hari di antaranya adalah bersepeda, kardio, atau yoga.

Olahraga di Siang Hari

Photo from Eat This Not That

Beberapa orang lebih menyukai berolahraga di siang hari, mulai dari jam 10 hingga jam 2 siang. Sama seperti berolahraga di pagi hari, pemilihan waktu siang hari untuk berolahraga juga memiliki kelebihan dan kekurangannya sendiri. Apa saja?

Kelebihan olahraga di siang hari:

  1. Pemanasan Lebih Mudah: Saat berolahraga di siang hari, tubuh sudah lebih terjaga dan siap secara fisik dibandingkan dengan saat baru bangun tidur di pagi hari. Hal ini membuat tubuh lebih mudah melakukan pemanasan, sehingga dapat mengurangi risiko cedera.
  2. Cuaca Lebih Hangat: Beberapa daerah terutama di dataran tinggi memiliki suhu yang lebih hangat dibandingkan saat pagi dan malam hari. Hal ini membuat olahraga lebih nyaman dilakukan tanpa perlu kedinginan.
  3. Tingkat Energi Stabil: Kebanyakan orang memiliki tingkat energi yang lebih stabil di siang hari, setelah mengonsumsi sarapan dan menjalani aktivitas sehari-hari. Tentunya, hal ini dapat meningkatkan kinerja olahraga.

Adapun beberapa kekurangan berolahraga di siang hari sebagai berikut:

  1. Kurangnya Waktu: Bagi banyak orang, siang hari adalah saat di mana mereka sibuk dengan tuntutan pekerjaan dan komitmen lainnya. Hal ini dapat membuat waktu untuk berolahraga menjadi terbatas, apalagi bagi yang harus pergi ke kantor, kampus, atau tempat lainnya.
  2. Suhu Terlalu Panas: Di beberapa wilayah khususnya kota, suhu di siang hari bisa sangat panas, menjadikan olahraga di luar ruangan kurang nyaman dan tinggi risiko akan dehidrasi.
  3. Waktu Makan Siang: Makan siang biasanya merupakan waktu untuk makan makanan berat. Berolahraga setelah makan siang bisa membuat kamu merasa kekenyangan dan kurang nyaman, sehingga olahraga yang dilakukan pun tidak optimal.

Karena suhu yang tidak menentu dan bertepatan dengan makan siang, hindari olahraga dengan intensitas tinggi seperti angkat beban. Kamu bisa melakukan olahraga dengan intensitas ringan seperti Low Intensity Interval Training (LIIT) atau yoga.

Olahraga di Sore/Malam Hari

Photo from Buka Review

Olahraga di sore atau malam hari setelah beraktivitas menjadi pilihan banyak orang, karena masih memiliki jarak waktu yang masih cukup dengan jam tidur, tanpa mengganggu produktivitas di siang hari. Apa saja kelebihan dan kekurangannya?

Kelebihan olahraga di sore hari:

  1. Peningkatan Kinerja Fisik: Beberapa penilitan menunjukkan bahwa suhu tubuh dan kekuatan otot cenderung mencapai puncaknya pada sore atau malam hari. Oleh karena itu, berolahraga sore dapat meningkatkan kinerja fisik.
  2. Risiko Cedera Rendah: Kondisi tubuh yang sudah terbangun dan lebih hangat di sore/malam hari dapat membantu mengurangi risiko cedera. Dilansir dari The Washington Post, berolahraga di sore atau malam hari dianjurkan karena otot dan sendi lebih fleksibel, serta pemanasan yang diperlukan sebelum berolahraga lebih efisien.
  3. Mengurangi Stres: Olahraga di sore atau malam hari dapat berperan sebagai alat yang efektif untuk meredakan stres yang telah terakumulasi selama sehari. Hal ini dibuktikan dari penelitian yang diterbitkan oleh National Institutes of Health, berolahraga di sore atau malam hari menunjukkan bahwa berolahraga di sore atau malam hari dapat mengurangi stres, meningkatkan rasa bahagia, dan meningkatkan kualitas tidur.

Adapun kekurangan berolahraga di malam hari sebagai berikut:

  1. Dapat Mengganggu Tidur: Beberapa orang cenderung melakukan olahraga di sore atau malam hari pada 1-2 jam sebelum waktu tidur. Ternyata, hal ini justru dapat mengganggu waktu tidur kita, di mana tubuh dapat terlalu terstimulasi sehingga susah tidur. Oleh karena itu, jika kamu memilih berolahraga di malam hari, pastikan melakukannya maksimal 3 jam sebelum tidur, ya!

Jadi, dari ketiga waktu berolahraga di atas, mana yang menjadi pilihan kamu? Apa pun waktu yang kamu pilih, pastikan untuk tetap menjaga nutrisi tubuh tetap terpenuhi, memiliki waktu tidur yang cukup selama 7-8 jam perhari, menjaga tubuh tetap terhidrasi, serta melakukan olahraga dengan rutin 3-5 kali seminggu untuk hasil yang optimal seperti berat badan ideal terjaga, pertumbuhan otot terlihat, hingga kesehatan tubuh menyeluruh terjaga, ya!