Ketahui Tentang Jam Tidur yang Baik Berdasarkan Usia

Tahukah kamu, bahwa memenuhi jam tidur yang baik dapat mempengaruhi kesehatan kamu? Baca ulasannya di sini, yuk.

Ketahui Tentang Jam Tidur yang Baik Berdasarkan Usia
Pentingnya mendapatkan jam tidur yang baik, photo by bmmagazine.co.uk

Memenuhi jam tidur yang baik adalah hal yang dibutuhkan semua orang. Sebab, banyak sekali manfaat yang bisa kamu rasakan. Mulai dari menjaga berat badan ideal, mendukung perbaikan sel tubuh dan kinerja otot, sampai menurunkan stress, semuanya dimulai dari menerapkan kebiasaan tidur yang baik.

Namun, meskipun menerapkan jam tidur yang baik dapat memberikan segudang manfaat untuk kesehatan, masih ada sebagian orang yang tidak menerapkannya. Alasannya pun cukup beragam, mulai dari urusan pekerjaan hingga karena sedang stress. Padahal, kondisi seperti ini tidak boleh dibiarkan terlalu lama karena dampaknya bisa merugikan kesehatan tubuh baik dalam jangka dekat maupun jangka panjang.

Jam Tidur yang Baik Berdasarkan Usia

Jam tidur yang baik berdasarkan usia, photo by dfwchild.com 

Kebutuhan jam tidur orang pun berbeda-beda tergantung usia. Semakin bertambahnya usia, kebutuhan jam tidur seseorang menjadi berkurang. Berikut ini adalah jam tidur yang baik berdasarkan usia seseorang:

  • Bayi usia 0–3 bulan: 14–17 jam per hari.
  • Bayi usia 4–11 bulan: 12–15 jam per hari.
  • Bayi usia 1–2 tahun: 11–14 jam per hari.
  • Anak prasekolah usia 3–5 tahun: 10–13 jam per hari.
  • Anak usia sekolah usia 6–13 tahun: 9–11 jam per hari.
  • Remaja usia 14–17 tahun: 8–10 jam per hari.
  • Dewasa muda usia 18–25 tahun: 7–9 jam per hari.
  • Dewasa usia 26–64 tahun: 7–9 jam per hari.
  • Lansia usia dia atas 65 tahun: 7–8 jam per hari.

Manfaat Istirahat dan Memenuhi Jam Tidur yang Baik

Bukan hanya menghilangkan rasa kantuk, memenuhi jam tidur yang baik dapat membawa berbagai manfaat untuk kesehatan. Simak manfaatnya di bawah ini!

Meningkatkan konsentrasi dan produktivitas

Beristirahat yang cukup membuat kamu dapat berkonsentrasi dalam aktivitas, photo by Tameday

Dengan beristirahat secara cukup, kamu akan merasa tubuh lebih berenergi dan fit keesokan harinya. Selain itu, dengan memenuhi jam tidur yang baik akan menjaga fungsi otak. Hal ini akan membantu kamu untuk menjadi lebih produktif, lebih fokus, serta lebih berkonsentrasi dalam menyelesaikan aktivitas sehari-hari.

Meningkatkan suasana hati

Tidur yang cukup membuat suasana hati lebih baik, photo by Freepik

Memenuhi waktu istirahat dan tidur yang berkualitas juga dapat menyegarkan kembali pikiran dan suasana hati sehingga kamu lebih siap menjalani aktivitas dan menyelesaikan pekerjaan.

Saat kamu tertidur, otak memproses emosi dan pikiran agar dapat bereaksi dengan baik. Makanya, kalau kamu tidak mendapatkan tidur yang cukup, emosi atau suasana hati cenderung memberikan reaksi negatif.

BACA JUGA: 8 Tips Belajar Masak untuk Pemula yang Mudah Diikuti

Meningkatkan daya ingat

Tidur yang cukup membuat kamu dapat mengingat hal detail, photo by EasyUni

Dengan beristirahat atau tidur yang cukup, kamu akan mengingat hal-hal secara detail. Tanpa istirahat dan tidur yang cukup, kamu akan kesulitan untuk fokus dalam menerima informasi baru dan otak tidak akan memiliki cukup waktu untuk mengingat sesuatu dengan baik.

Memperkuat sistem kekebalan tubuh

Imunitas tubuh menjadi lebih kuat dengan istirahat yang cukup, photo by The Daily Meal

Tidur dan istirahat yang cukup juga berperan dalam meningkatkan daya tahan tubuh. Dengan imunitas yang kuat, tubuh mampu melawan berbagai infeksi kuman secara maksimal sehingga tidak mudah terserang penyakit.

Selain meningkatkan imunitas, tidur yang cukup dapat membantu tubuh untuk mencegah peradangan serta memperbaiki kerusakan jaringan akibat paparan radikal bebas, sinar matahari, dan polusi.

Menjaga berat badan ideal

Hormon nafsu makan teratur baik dengan istirahat cukup, photo by Healthline 

Tidur dan istirahat yang cukup juga bermanfaat untuk menjaga berat badan tetap ideal. Kekurangan tidur dapat mengganggu keseimbangan hormon yang mengatur nafsu makan dalam tubuh.

Makanya, orang yang kurang tidur cenderung memiliki nafsu makan lebih tinggi dan mengonsumsi lebih banyak kalori.

Penuhi Jam Tidur yang Baik Bersama Cove

Memilih tempat tinggal yang bisa membuat kamu beristirahat dengan optimal memang bisa membingungkan karena ada banyak pilihan. Lokasi, fasilitas, akses, harga, hingga interior yang terdapat di dalamnya pun bisa menjadi salah satu bahan pertimbangan. Tapi, kalau kamu ingin mendapatkan tempat tinggal yang aesthetic dan juga fungsional, sudah pasti kamu harus memilih Cove, dong.

Cove 2510 Urban Living, photo by Cove

Selain karena lokasi unit-unit Cove yang berada di tempat-tempat strategis, keindahan desain interior di dalam unit Cove serta fasilitasnya seperti kamar full furnished serta jasa bersih-bersih kamar akan membantu kamu untuk dapat beristirahat dengan lebih nyaman. Yuk, cek info selengkapnya dan segera book untuk lihat-lihat unit Cove!


Temukan kost eksklusif di Jakarta hanya di Cove!