10 Manfaat Yoga Bagi Kesehatan, Simak di Sini!

10 Manfaat Yoga Bagi Kesehatan, Simak di Sini!
Photo from Pexels/Gustavo Fring

Yoga menjadi salah satu olahraga yang digemari oleh banyak orang, khususnya wanita. Selain umumnya tidak membutuhkan properti apa pun selain matras yoga, olahraga yang satu ini juga bisa dilakukan oleh anak-anak hingga dewasa, serta memiliki banyak manfaat kesehatan yang luar biasa. Apa saja sih, manfaat yoga? Cek selengkapnya di artikel ini ya!

Apa Itu Olahraga Yoga?

Photo from Pexels/Prasanth Inturi

Yoga adalah jenis olahraga yang berasal dari India yang menggabungkan aspek fisik, mental, dan spiritual untuk mencapai keseimbangan dan kesejahteraan seseorang secara keseluruhan. Olahraga yoga dapat mencakup berbagai elemen, mulai dari gerakan tubuh (asana), pernapasan (pranayama), dan meditasi.

Asana adalah istilah yang mengacu pada posisi tubuh yang khas dalam praktik yoga. Asana melibatkan gerakan dan peregangan tubuh untuk meningkatkan fleksibilitas, kekuatan, dan keseimbangan. Dalam asana, kamu bisa menemukan banyak variasi dalam berbagai tingkat keterampilan, untuk mencapai tujuan kesehatan yang berbeda pula.

Selanjutnya, Pranayama, yaitu latihan pernapasan yang dirancang untuk mengendalikan aliran energi dalam tubuh. Dengan mengatur pernapasan pada pranayama, berbagai manfaat bisa kamu dapatkan seperti rasa stres yang berkurang hingga peningkatan konsentrasi.

Oh ya, selain komponen fisik, yoga juga melibatkan dimensi mental dan spiritual. Meditasi adalah bagian integral dari praktik yoga yang bertujuan untuk menenangkan pikiran, untuk membantu mengurangi stres, meningkatkan kejernihan mental, dan meningkatkan kesejahteraan secara keseluruhan.

Ada berbagai aliran dan gaya yoga, masing-masing menekankan aspek yang berbeda dari praktik ini. Misalnya, Hatha Yoga dan Vinyasa Yoga menekankan pada asana dan pranayama yang kini banyak dilakukan oleh orang-orang. Nggak heran, kalau yoga telah menjadi olahraga yang populer di seluruh dunia sebagai cara untuk meningkatkan kesehatan fisik dan mental, serta mengejar pertumbuhan spiritual dan kebahagiaan pribadi.

Lalu sebenarnya, apa saja sih, manfaat yoga sehingga banyak orang berminat melakukan olahraga ini?

10 Manfaat Yoga yang Bisa Kamu Rasakan

Meningkatkan Fleksibilitas

Photo from Shutterstock

Salah satu manfaat paling terkenal dari yoga adalah peningkatan fleksibilitas. Melalui peregangan yang terencana dan perlahan, yoga membantu meregangkan otot-otot dan jaringan ikat, memungkinkan rentang gerakan yang lebih luas dalam tubuh. Hal ini sangat penting untuk mencegah cedera, meningkatkan mobilitas, dan menjaga keseimbangan tubuh.

Bahkan, menurut jurnal yang diterbitkan oleh National Library of Medicine berjudul Impact of 10-weeks of yoga practice on flexibility and balance of college athletes, ditemukan bahwa latihan yoga yang teratur dapat meningkatkan form serta teknik pada olahraga angkat beban, dan meminimalisir cedera otot akibat mengangkat beban yang terlalu berat.

Meningkatkan Kekuatan Tubuh

Photo from Kompas Health

Berbagai posisi yoga melibatkan penggunaan berbagai kelompok otot, dari otot inti hingga otot kaki dan lengan. Beberapa contoh di antaranya adalah pose yoga seperti headstand yang mengandalkan otot perut, lengan, dan pundak, atau pose seperti triangle pose yang mengandalkan otot tubuh bagian bawah. Nah, dengan rutin berlatih yoga, kamu dapat mengembangkan kekuatan fisik secara keseluruhan, membantu menjaga postur tubuh yang baik dan meningkatkan daya tahan otot.

Meningkatkan Postur Tubuh

Photo from NewTown Gym

Yoga memberi perhatian khusus pada kesadaran akan postur tubuh. Melalui fokus pada postur yang benar dalam setiap pose, kamu akan belajar untuk menjaga posisi tulang belakang yang baik dan mengurangi tekanan pada tulang dan sendi. Nah, dengan melakukan yoga secara rutin, secara tidak langsung dapat membantu mengurangi risiko masalah postur seperti kyphosis dan lordosis, lho. Keren banget, ya?

Mengurangi Rasa Stress dan Cemas

Photo from Shutterstock

Melakukan olahraga yoga menurut penelitian dapat mengurangi rasa stress dan cemas. Hal ini karena yoga dapat menurunkan hormon kortisol, hormon yang diproduksi oleh tubuh saat merasa stress dan cemas. Yoga juga memberimu waktu untuk melakukan refleksi yang tidak selalu tersedia dalam aktivitas sehari-hari. Pada suasana ini, kamu dapat merenung, meredakan pikiran berlebih, dan menciptakan ruang untuk memproses emosi dan stress.

Meningkatkan Sirkulasi Darah

Photo from Chicago Vein Institute

Beberapa pose yoga seperti peregangan dan inversi dapat membantu meningkatkan sirkulasi darah. Efeknya, darah membawa lebih banyak oksigen dan nutrisi ke berbagai sel, sehingga tubuh dapat mengeluarkan limbah dan zat racun dengan optimal.

Mengatasi Nyeri Punggung

Photo from Health Grades

Sering merasakan back pain atau nyeri punggung? Well, yoga yang dilakukan dengan rutin dapat membantu keluhan kamu yang satu ini, lho. Melakukan berbagai pose yoga dapat meningkatkan peregangan pada tulang belakang dan memperbaiki postur tubuh. Nggak heran, kalau yoga juga dipercaya dapat meredakan nyeri kronis akibat beberapa kondisi seperti cedera, arthritis, bahkan nyeri akibat sakit kepala.

Mengurangi Kram Perut Akibat Menstruasi

Photo from Clear Blue

Kram atau nyeri perut saat menstruasi adalah hal lumrah yang dialami oleh perempuan setiap bulan. Siapa sangka, melakukan yoga dengan rutin juga dapat mengurangi gejala pra-menstruasi ini, lho! Banyak posisi yoga dan latihan pernapasan dalam yoga dapat memberikan bantuan dalam meredakan ketidaknyamanan selama periode menstruasi. Kamu bisa melakukan Pigeon Pose dan Child’s Pose pada yoga untuk mengurangi rasa sakit kram perut.

Menjaga Kulit tetap Awet Muda

Photo from News Week

Meskipun yoga tidak memiliki kemampuan ajaib untuk menghentikan penuaan alami sepenuhnya, banyak praktisi dan penelitian telah menunjukkan bahwa yoga dapat berkontribusi pada proses penuaan yang lebih sehat dan lambat. Hal ini karena yoga dapat membantu kita mengontrol stress, menjaga fleksibilitas dan postur, hingga meningkatkan kualitas pernapasan.

Photo from Healthy Tips

Yoga dapat membantu dalam usaha menurunkan berat badan, meskipun pengaruhnya mungkin berbeda dari jenis olahraga seperti bersepeda atau latihan intensitas tinggi lainnya. Hal ini karena beberapa jenis yoga seperti Vinyasa, Hatha, atau Power Yoga mampu membakar kalori dalam tubuh serta meningkatkan metabolisme. Nah, jika kamu ingin fokus menjaga berat badan ideal, kamu bisa mengimbangi yoga dengan olahraga kardio juga angkat beban, ya!

Mendorong Pola Makan Sehat

Photo from Shutterstock

Yoga dapat berperan penting dalam mendorong pola makan sehat dengan membantu meningkatkan kesadaran, mengurangi stres, dan membangun hubungan yang lebih baik dengan tubuh dan makanan. Hal ini karena yoga mengajarkan kita untuk menjadi lebih sadar dan terhubung dengan momen yang sedang dijalani, yang juga berlaku saat makan. Dengan lebih memperhatikan makanan yang kamu konsumsi, kamu dapat merasakan sensasi kenyang dan lapar, mengidentifikasi rasa makanan, dan menghargai pengalaman makan dengan lebih baik.

Banyak banget ya, manfaat dari olahraga yoga? Bagi kamu yang ingin mencoba olahraga ini dan masih pemula, jangan ragu untuk memulai, ya! Ada banyak fasilitas dan tutorial yoga gratis yang bisa kamu temukan baik offline atau pun online. Yuk, semangat jalani pola hidup sehat.