8 Rekomendasi Tempat Piknik di Bali untuk Healing

8 Rekomendasi Tempat Piknik di Bali untuk Healing
Tempat Piknik di Bali, photo by freepik.com

Liburan di Bali adalah salah satu impian  orang-orang. Bali memang terkenal dengan banyak sekali tempat wisatanya, mulai dari pantai hingga pegunungan. Dari kota hingga desa, semua terlihat menarik untuk dikunjungi. Setelah penatnya bekerja setiap hari, tidak ada salahnya meluangkan waktu sejenak untuk healing ke Bali. Sekadar bersantai sambil piknik cantik pun bisa membuat pikiran kamu kembali segar.

Untuk kamu yang ingin healing dan menikmati pemandangan alam Bali yang indah, tidak perlu bingung. Berikut ini adalah 8 rekomendasi tempat piknik di Bali yang bisa kamu kunjungi!

Bukit Surga

Bukit Surga, photo by beritabali.com

Seperti namanya, Bukit Surga menjadi salah satu tempat piknik di Bali yang memberikan pemandangan alam yang indah. Bukit Surga berada di kawasan Karangasem yang asri dan sejuk. Tempat piknik yang satu ini jauh dari pemukiman warga, sehingga suasananya hening dan nyaman untuk bersantai.

Selain untuk piknik, kamu juga bisa camping di area Bukit Surga. Tidak perlu khawatir karena petugasnya menyediakan penyewaan alat-alat camping dengan lengkap. Selain itu, fasilitas lain seperti toilet pun sudah sangat memadai.

Selain itu, kamu juga bisa trekking melintasi hutan yang ada di kawasan Bukit Surga. Rutenya dari arah Bukit Cemara menuju Tenganan Pagringsingan dengan jarak sejauh 15 kilometer.

Alamat: Tanah Ampo, Bebandem, Karangasem, Kabupatèn Karangasem, Bali
Jam Buka: 07.00-18.00 WITA
Tiket Masuk: Rp15.000 dan Rp25.000-Rp35.000 (Jika mau camping)

Agro Puncak Bukit Lestari

Bergeser ke wilayah Bedugul, di sini kamu bisa berkunjung ke Agro Puncak Bukit Lestari untuk piknik. Bedugul memang sudah dikenal memiliki keindahan alam yang luar biasa. Tidak heran, banyak wisatawan lokal maupun mancanegara yang piknik ke sini.

Agro Puncak Bukit Lestari sendiri termasuk salah satu tempat wisata baru di Bedugul. Kamu bisa melihat keindahan Bedugul dari atas bukit. Udaranya segar sehingga cocok sekali untuk menjadi tempat piknik. Tempatnya luas dan berbentuk seperti terasering. Kamu juga bisa camping di sini, lho! Pihak pengelola menyediakan peralatan camping yang lengkap. Selain itu, fasilitas penunjang lain seperti kamar mandi bersih juga sudah ada.

Untuk keamanan, kamu tidak perlu khawatir karena di Agro Puncak Bukit Lestasi sudah ada pengawas yang siap siaga. Beberapa kegiatan seru yang bisa kamu lakukan di sini adalah memancing di danau, menaiki perahu, bersepeda, atau bersantai bersama teman dan keluarga.

Alamat: Banjar Bukit Catu, Candikuning, Baturiti, Kabupaten Tabanan, Bali
Jam Buka: 08.00-16.00 WITA
Tiket Masuk: Rp15.000

Bukit Asah

Bukit Asah, photo by ksmtour.com

Ingin piknik di atas tebing sambil menikmati pemandangan laut? Kamu bisa datang ke Bukit Asah yang ada di Kecamatan Karangasem. Tempat piknik yang satu ini dulunya adalah perkebunan kacang panjang. Kini menjadi salah satu tempat piknik di Bali yang memiliki pemandangan indah. Dari atas tebingnya, laut biru dan Pantai Virgin akan memanjakan mata kamu.

Tidak hanya itu, masyarakat desa sekitar Bukit Asah juga terkenal dengan keramahannya. Mereka sering membuat acara kumpul bersama. Akses jalan ke Bukit Asah dibuat sebaik mungkin untuk para wisatawan. Fasilitas penunjangnya juga sudah lengkap, mulai dari toilet, akses listrik, hingga tempat penyewaan tenda.

Alamat: Desa Adat Bugbug, Jalan Raya Bukit Asah, Sengkidu, Kecamatan Karangasem, Kabupaten Karangasem, Bali
Jam Buka: 24 jam
Tiket Masuk: Rp5.000

Kebun Raya Bedugul

Kebun Raya Bedugul, photo by blog.pigijo.com

Kali ini, rekomendasi tempat piknik di Bali yang tidak perlu naik ke bukit atau tebing. Ya, kamu bisa datang ke Kebun Raya Bedugul. Tempatnya yang berupa taman luas yang rapi, membuat siapa pun betah datang ke sini. Kamu tidak akan cepat merasa lelah karena tidak perlu menanjak. Udaranya juga tidak kalah segar dan pemandangan danaunya tidak kalah indah.

Kebun Raya Bedugul merupakan taman botani terbesar yang ada di Bali. Pengelolanya adalah Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) yang ada di bawah binaan Pusat Konservasi Tumbuhan Kebun Raya Bogor.

Pada akhir pekan, Kebun Raya Bedugul pasti ramai oleh orang-orang yang piknik dengan teman atau keluarga. Hamparan rumputnya yang luas sangat cocok menjadi tempat bermain anak-anak. Kamu juga bisa menggelar tikar di sana dan menyantap bekal makanan yang dibawa.

Alamat: Desa Candikuning, Kecamatan Baturiti, Kabupaten Tabanan, Bali
Jam Buka: 08.00-16.00 WITA
Tiket Masuk: Rp20.000-Rp30.000

Karang Boma Cliff Uluwatu

Karang Boma Cliff Uluwatu, photo by balirentalcars.com

Beralih ke area Selatan Pulau Bali, kamu bisa piknik di Karang Boma Cliff Uluwatu. Daya tarik dari Karang Boma Cliff ini adalah tebingnya yang berada di ketinggian 97 mdpl. Dari atas sana, kamu bisa menikmati pesona alam yang terhampar di bawahnya. Birunya lautan dan gagahnya ombak akan membuat kamu terpesona dan ingin berlama-lama di sana. Tidak hanya itu, Karang Boma Cliff juga menjadi salah satu tempat terbaik untuk menyaksikan sunset di Bali.

Ada beberapa pura yang berdiri di Karang Boma Cliff, salah satunya adalah Pura Puncak Karang Boma. Sering kali diadakan acara adat dan pertunjukkan tari kecak yang bisa kamu saksikan.

Alamat: Pecatu, Kuta Selatan, Bali
Jam Buka: 24 Jam (Pertunjukkan 18.00-19.00 WITA)
Tiket Masuk: Rp10.000

Rumah Gemuk Bedugul

Rumah Gemuk Bedugul, photo by travel.kompas.com

Kalau ingin merasakan sensasi piknik di dalam kebun rumah kaca, kamu bisa datang ke Rumah Gemuk Bedugul. Pemandangan Danau Bratan dan Bukit Bedugul pun menjadi daya tarik tersendiri di Rumah Gemuk ini. Kamu tidak perlu bingung karena di sini tersedia dua paket piknik yang bisa dipilih.

Sebelum datang ke Rumah Gemuk Bedugul, pastikan untuk mengonfirmasi kedatangan terlebih dahulu melalui Instagram. Setelah itu, kamu hanya perlu datang, dan pihak pengelola akan menyediakan semua keperluan piknik sesuai dengan paket yang kamu pilih.

Adapun untuk paket piknik pertama, untuk dua orang dengan fasilitas snack, dua menu utama, dessert, dua minuman, dan air mineral gratis. Sedangkan paket kedua untuk empat orang dengan fasilitas snack, empat makanan utama, dua dessert, minuman, dan air mineral.

Alamat: Jalan Drupadi Nomor 2, Candikuning, Kecamatan Baturiti, Kabupaten Tabanan, Bali
Jam Buka: 10.00-18.00 WITA
Tiket Masuk: Paket 1 (Rp250.000) Paket 2 (Rp480.000)

Savana Tianyar

Savana Tianyar, photo by travel.okezone.com

Ingin mencoba suasana seperti di safari Benua Afrika? Kamu tinggal datang ke Savana Tianyar yang ada di Karangasem. Hamparan padang rumput dengan pemandangan Gunung Agung yang menjulang akan membuat kamu terpesona. Tempatnya sangat mirip dengan savana di Afrika. Tapi kamu tenang saja, tidak ada binatang buas di sini. Jadi, sangat aman untuk menjadi tempat piknik para pencinta alam.

Sejauh mata memandang, kamu akan melihat panorama padang rumput. Ketika musim kemarau, rerumputan akan bernuansa kuning. Ketika musim hujan, rerumputan itu akan berwarna hijau, sangat indah dan menarik. Di Savana Tianyar, terdapat Bukit Mangun yang di puncaknya berdiri sebuah Pura. Tempat yang eksotis dan sangat menenangkan untuk dikunjungi.

Alamat: desa Tianyar, Kecamatan Kubu, kabupaten Karangasem, Bali
Jam Buka: 06.15-18.00 WITA
Tiket Masuk: Gratis

Pantai Kedungu

Pantai Kedungu, photo by aeropay.app

Belum afdal liburan di Bali kalau belum piknik ke pantainya. Kali ini, ada Pantai Kedungu yang tidak kalah indah dari pantai-pantai lain di pulau Bali. Sangat cocok menjadi tempat untuk camping dan surfing. Pantai Kedungu memang menjadi salah satu pantai kesukaan para peselancar. Ombaknya besar-besar dan menggoda para peselancar.

Untuk pemandangannya, tidak perlu diragukan lagi karena Pantai Kedungu juga menjadi salah satu tempat menikmati sunset terbaik di Bali. Ada banyak sekali tempat untuk kamu duduk-duduk santai, bisa di tepi pantai atau di atas tebingnya. Tidak jauh dari pantai, ada juga air terjun di tebing karangnya. Pemandangan ini tentu tidak akan kamu temui di pantai lain. Jadi, Pantai Kedungu termasuk pantai dengan pemandangan yang lengkap.

Alamat: Banjar Kedungu, Desa Belalang, Kecamatan Kediri, Kabupaten Tabanan, Provinsi Bali
Jam Buka: 24 jam
Tiket Masuk: Rp2000-Rp5000

Itulah 8 rekomendasi tempat piknik di Bali yang bisa kamu datangi untuk healing. Pemandangan alam di Bali memang tidak ada duanya. Ada banyak tempat piknik yang menyuguhkan panorama alam. Siapa pun yang melihat keindahan alam Bali, akan merasakan sensasi ketenangan yang menyenangkan. Jadi, tempat piknik mana dulu yang akan kamu datangi?