10 Inspirasi Desain Kamar Tidur Elegan, Tren di 2023!

10 Inspirasi Desain Kamar Tidur Elegan, Tren di 2023!
Desain Kamar Tidur, photo by freepik/dit26978

Berencana merombak desain kamar tidur, namun belum menemukan ide cemerlang tentang konsep dan penataan ruang pada bagian dalam? Saat ini, kamu telah berada di halaman yang tepat untuk mendapatkan referensi. Keberadaan kamar tidur sejatinya merupakan ruangan paling pribadi di mana kamu akan menghabiskan sebagian besar waktu berkualitasmu di sini, termasuk beristirahat dan relaksasi.

Itulah mengapa sebaiknya kamu perlu menciptakan atmosfer yang nyaman agar mampu memperoleh energi kembali saat beraktivitas di pagi hari, salah satunya adalah dengan mendekorasi kamar tidur sesuai preferensi dan karakteristik masing-masing. Nah, untuk mempermudah kamu, Cove telah mengumpulkan inspirasi desain kamar tidur terbaik dan sedang tren di tahun 2023.

10 Inspirasi Desain Kamar Tidur

1. Kombinasi Tekstur Japandi

Kombinasi Tekstur Japandi, photo by amazon.com

Japandi merupakan desain yang menggabungkan antara estetika minimalis Jepang dengan fungsionalitas Skandinavia yang modern. Tren Japandi pertama kali muncul pada tahun 2017, tetapi saat ini gaya interior tersebut sudah mulai dibangkitkan kembali. Inspirasi desain kamar tidur Japandi di atas terlihat sangat menarik berkat adanya permainan tekstur untuk menambahkan sentuhan tiga dimensi.

Penataan tempat tidur dibuat senyaman mungkin dengan tumpukan komposisi pola yang lembut dari elemen selimut dan sarung bantal. Sementara itu, bagian dindingnya dicat dengan rona netral yang berpadu sempurna bersama head board kayu dan lampu gantung dengan unsur boho. Menarik sekali, bukan?

2. Minimalis dengan Set Furnitur Kayu

Minimalis dengan Set Furnitur Kayu, photo by Cove Tripuri

Apakah kamu memiliki luas kamar yang cenderung kecil? Desain kamar tidur dengan padu padan warna lembut seperti ini bisa kamu tiru. Untuk memaksimalkan ruang, terapkan juga set furnitur yang memiliki banyak ruang penyimpanan agar tidak terlalu memakan banyak tempat.

Adanya indirect lighting atau sistem pencahayaan tersembunyi di balik furnitur juga dapat semakin mempercantik tampilan interior ruangan, terutama bila kamu ingin menciptakan impresi hangat ke dalam kamar. Jika kamu ingin mengintip lebih lanjut bagaimana tata letak perabot dan fasilitas yang tersedia dari inspirasi kamar di atas, kamu bisa mengunjungi unit kost eksklusif Cove Tripuri yang lokasinya ada di daerah Kebon Jeruk, Jakarta Barat.

3. Desain Biophilic yang Dekat dengan Alam

Desain Biophilic yang Dekat dengan Alam, photo by prettylittlething.com

Dalam ruang lingkup desain arsitektur, istilah biophilic merujuk pada gaya desain yang begitu erat dengan lingkungan hijau, sehingga dalam penerapannya akan memanfaatkan berbagai unsur alam. Biophilic dapat diaplikasikan melalui pola ornamen maupun finishing interior, seperti bukaan yang lebar, adanya panel berlubang, hingga tanaman hias di dalam ruangan.

Desain biofilik diprediksi semakin populer dan menjadi salah satu konsep paling diperhitungkan di tahun 2023. Contohnya seperti ide desain berikut ini, yang mampu menghadirkan oasis hijau di tengah tanaman eksotis berwarna senada. Unsur organik juga diketahui dapat membantu meningkatkan kualitas udara dalam ruangan.

4. Semi Industrial yang Minimalis

Semi Industrial yang Minimalis, photo by Cove Oemah P’Adi

Ingin memberikan sedikit sentuhan desain kamar industrial, namun tetap tidak ingin terlalu mendominasi? Aplikasikan saja lemari pakaian terbuka dengan rangka besi hitam seperti inspirasi berikut ini. Selain memberikan kesan rapi dan minimalis, kamar dengan lemari terbuka juga mampu menciptakan kesan luas pada ruangan, terutama bila kamu berencana hanya mengisi kamar tidur dengan beberapa perabot penting.

Campuran warna-warna lembut seperti putih, cokelat muda, dan biru juga mampu menambah kenyamanan ruangan secara keseluruhan. Nah, jika kamu ingin memiliki kamar dengan desain semi industrial di atas, Cove Oemah P’Adi adalah jawaban tepat untuk kamar tidur yang menjanjikan kenyamanan dan rasa lapang pada ruangan.

5. Penggunaan Lengkungan ala Renaisans

Penggunaan Lengkungan ala Renaisans, photo by Rawaha/pinterest

Salah satu ciri khas desain interior Renaisans adalah penggunaan pola lengkungan, baik pada elemen dekoratif hingga ke bagian cat dindingnya. Lengkungan ini dapat membingkai keseluruhan furnitur di dalamnya sekaligus menjadi focal point yang mencolok untuk menarik perhatian pada area tertentu di dalam ruangan. Kamu bisa berman-main dengan warna-warna dingin dan sedikit sentuhan vibran untuk menciptakan atmosfer kamar yang tidak biasa. Tambahkan juga dekorasi dinding favoritmu, seperti art print, tanaman hias, dan lilin aromaterapi.

6. Mural Berkonsep Tropical

Mural Berkonsep Tropical, photo by Cove Ransha Stay

Saatnya lebih berani untuk membubuhkan mural atau wallpaper dinding dengan sentuhan tropikal! Desain kamar tidur seperti properti Cove Ransha Stay ini akan menambah suasana yang lebih hidup, rileks, dan segar pada keseluruhan ruang. Gunakan perpaduan warna dengan kategori bold seperti emerald, cokelat tua, dan kuning cerah sebagai aksen yang solid untuk dinding dengan dominan putih. Sebagai tips tambahan, buatlah pintu kaca geser berukuran besar agar kamarmu bisa bermandikan cahaya alami dan memiliki kesan yang sejuk. Cara ini juga dipercaya mampu meningkatkan suasana hati dan kualitas tidur.

7. Tren Warna Viva Magenta

Tren Warna Viva Magenta, photo by pinterest/@spacegarchitects

Institusi spesialis pewarnaan, Pantone, telah memilih Viva Magenta sebagai Color of The Year di tahun 2023. Warna ini disebut sebagai refleksi rasa yang berani dan memiliki semangat optimisme. Meski termasuk dalam kategori warna bold, namun Viva Magenta masih dapat dikombinasikan dengan palet netral untuk menonjolkan statement dalam semburat warna. Selain itu, Viva Magenta juga bisa dipadukan ke segala jenis interior, dari yang paling vintage hingga yang paling minimalis. Kamu hanya perlu memanfaatkan kain bertekstur lembut untuk menciptakan kesan yang lebih seimbang.

8. Permainan Palet Earthy Tone

Permainan Palet Earthy Tone, photo by Cove Griya Gilly

Desain kamar tidur warna cokelat memang selalu jadi andalan bagi sebagian orang yang menyukai estetika palet natural. Hal ini lantaran palet warna membumi memiliki impresi yang tak lekang oleh waktu. Kamu bisa meniru desain Cove Griya Gilly berikut ini dengan kombinasi skema warna cokelat untuk memberikan atmosfer yang hangat dan tenang. Jangan lupa untuk meletakkan nightstand atau meja nakas di sisi tempat tidur agar semakin cantik. Kamu pun dapat menambahkan berbagai pernak-pernik di atas permukaan meja, seperti lampu tidur, jam weker, vas bunga, dan barang-barang pribadi lainnya.

9. Kamar Loteng Unsur Monokromatik

Kamar Loteng Unsur Monokromatik, photo by Cove Putribulan

Bagaimana dengan desain kamar tidur berkonsep loteng? Ada kiat-kiat tertentu yang bisa dilakukan supaya kamar loteng impianmu tidak terkesan sempit, gelap, dan pengap. Salah satunya adalah dengan memastikan bahwa ruangan tersebut sudah dilengkapi jendela besar supaya cahaya alami yang masuk ke dalam ruangan dapat lebih maksimal.

Jangan takut untuk menerapkan warna-warna gelap seperti hitam. Karena kamarmu tetap akan terlihat cerah dan lapang apabila dipadukan dengan rona putih. Meski letaknya berada di loteng, tetapi kamu masih bisa memasukkan dekorasi kamar aesthetic yang menyenangkan, contohnya seperti bingkai foto, karya seni, tanaman hias, dan lain-lain. Namun, jangan terlalu banyak meletakkan barang di loteng agar tidak membuat ruangan semakin sesak.

Atmosfer kamar bernuansa cottage ini adalah unit properti milik Cove Putribulan yang bisa kamu temukan di daerah Dago Pakar, Bandung.

10. Floral yang Feminin Masih Digemari

Floral yang Feminin Masih Digemari, photo by furniturebydesign.nz

Inspirasi desain kamar tidur terakhir yang hingga kini masih digemari adalah ruangan dengan motif bunga. Di tahun 2023, estetika bunga begitu mencuri perhatian dalam setiap konsep desain interior, mulai dari biophilic hingga cottagecore. Cocok pula untuk kamu yang ingin menerapkan desain kamar loft bed untuk memaksimalkan ruang. Penerapan motif bunga ini dapat dieksplorasi ke dalam bentuk wallpaper dinding ataupun karpet berukuran lebar untuk menonjolkan sisi feminitas yang lembut pada ruangan.

Demikian kesepuluh desain kamar tidur yang menjadi trending di tahun 2023. Manakah yang berhasil mencuri perhatianmu?