Super Praktis, Berikut Cara Merapikan Tempat Tidur!

Super Praktis, Berikut Cara Merapikan Tempat Tidur!
Cara Merapikan Tempat Tidur, photo by Pexels

Merapikan tempat tidur adalah kebiasaan yang memberikan sejumlah manfaat, lho. Kalau kamu rajin merapikan tempat tidur, kualitas tidurmu bisa meningkat dan stres pun menurun. Cara merapikan tempat tidur juga nggak susah, kok. Yuk, simak cara merapikan tempat tidur yang super praktis berikut!

Cara Merapikan Tempat Tidur

1. Singkirkan Selimut, Bantal, dan Barang di Tempat Tidur

Singkirkan Selimut, Bantal, dan Barang di Tempat Tidur, photo by Pexels

Pertama-tama, kamu perlu menyingkarkan semua barang yang ada di atas tempat tidur terlebih dahulu, termasuk bantal dan selimut. Tujuannya adalah agar kamu dapat merapikan seprai dengan lebih mudah nantinya.

Kalau kamu meletakkan smartphone, buku, laptop, atau barang-barang lainnya di atas tempat tidur, pindahkan ke tempat lain seperti meja belajar atau meja kerja. Letakkan juga bantal, selimut, dan bed cover di tempat yang bersih agar bisa kamu pasang lagi nanti setelah seprai dirapikan, ya.

2. Tarik dan Rapikan Seprai

Tarik dan Rapikan Seprai, photo by Rukita

Setelah tempat tidur kosong dari barang-barang di atasnya, kamu bisa lanjutkan cara merapikan tempat tidur dengan menarik dan merapikan seprai. Kamu bisa membersihkan seprai dengan cara memukul permukaan seprai menggunakan sapu lidi khusus untuk tempat tidur.

Jika semua kotoran yang ada pada seprai sudah dibersihkan, kamu bisa kibas seprai hingga menutupi permukaan kasur. Setelah itu, baru, deh, kamu bisa tarik sudut seprai dari sisi bagian kepala untuk diselipkan di bawah kasur. Lanjutkan sampai sisi lainnya hingga seprai terpasang dengan sempurna.

3. Atur Kembali Selimut

Atur Kembali Selimut, photo by Rukita

Jika seprai sudah terpasang dengan sempurna, kamu bisa atur kembali selimut atau bed cover ke tempatnya. Menata ulang selimut atau bed cover akan membuat tempat tidur lebih rapi. Caranya bisa dengan menutupi seluruh kasur atau dilipat, sesuaikan saja dengan preferensi kamu.

Untuk menutupi seluruh kasur, kamu cukup menghamparkan selimut atau bed cover agar meng-cover seluruh permukaan tempat tidur. Sedangkan kalau mau dilipat, kamu bisa coba lipat seliput sekitar 30 cm di bagian atas tempat tidur agar penempatannya tampak lebih rapi.

4. Bersihkan Permukaan Selimut

Bersihkan Permukaan Selimut, photo by Pexels

Kamu juga perlu membersihkan permukaan selimut agar tidak ada kotoran yang ada pada tempat tidur. Langkah ini akan membuat tempat tidur lebih rapi. Kamu bisa gunakan sapu lidi untuk menyingkirkan kotoran pada permukaan selimut atau memanfaatkan vacuum cleaner agar debu dari selimut bisa dibasmi secara tuntas.

Kalau bagian pinggir selimut nggak bisa dimasukkan ke kasur, usahakan agar sisi-sisi selimut yang menjuntai tampak rapi dan balance, ya. Atau, kamu juga bisa lipat selimut seukuran setengah kaki dan letakkan di bagian bawah tempat tidur.

5. Susun Bantal dan Guling dengan Rapi

Susun Bantal dan Guling dengan Rapi, photo by Pexels

Terakhir kamu hanya perlu menyusun bantal dan guling dengan rapi. Kalau kamu hanya punya satu bantal dan satu guling, kamu bisa susun keduanya dengan posisi bersebelahan. Kalau kamu punya empat bantal, kamu bisa susun dengan posisi agak tegak dan bersandar. Nggak perlu bingung, kamu bisa susun bantal dan guling dengan posisi yang menurutmu paling nyaman.

Itu tadi info cara merapikan tempat tidur yang simple dan super praktis. Nggak ada alasan lagi, deh, buat malas merapikan tempat tidur. Semoga bermanfaat!