12 Cara Menghilangkan Noda di Baju, Gampang Banget!

12 Cara Menghilangkan Noda di Baju, Gampang Banget!
Noda di Baju, photo from Shutterstock

Noda yang menempel di baju memang sungguh mengganggu penampilan. Tidak hanya pada baju putih, baju berwarna atau bermotif sekalipun dapat rusak keindahannya jika terkena noda. Mulai dari noda makanan, noda darah, hingga noda makeup.

Nah, jika baju kamu terkena salah satu dari ketiga noda di atas, maka kamu datang pada artikel yang tepat! Pada artikel ini, Cove akan memberikan panduan lengkap cara menghilangkan noda di baju yang cepat dan efektif. Baca sampai habis untuk informasi lengkapnya, ya!

Cara Menghilangkan Noda Makeup di Baju

Gunakan Deterjen Cair

Photo from SehatQ

Salah satu cara yang paling mudah menghilangkan noda makeup di baju adalah dengan menggunakan detergen cair. Caranya, rendam baju dalam campuran air hangat dan deterjen cair, kemudian diamkan selama 10 menit. Setelah itu, langsung bilas menggunakan air hangat dan noda makeup pun akan hilang. Jika noda masih menempel, kamu bisa menggosok baju kamu sampai noda hilang, lalu bilas dengan bersih.

Manfaatkan Alkohol

Photo from Mother and Beyond

Alkohol yang biasa kamu gunakan untuk membersihkan luka juga bisa lho, kamu manfaatkan sebagai cairan pembersih noda makeup di baju kamu. Caranya juga gampang banget, kamu bisa merendam kain bersih dengan alkohol selama 2 menit. Lalu, tempelkan kain bersih tersebut pada baju yang terkena noda makeup, tanpa perlu menggosoknya. Setelah selesai, kamu bisa melanjutkan dengan mencuci baju seperti biasa.

Psst..cara ini juga bisa kamu aplikasikan untuk menghilangkan noda kuning di baju putih, lho.

Coba dengan Hairspray

Photo from Housewife How-Tos

Punya hairspray untuk styling rambut di rumah? Kosmetik yang satu ini, bisa kamu gunakan untuk menghilangkan noda makeup di baju. Semprotkan hairspray pada area baju yang terkena noda, lalu diamkan selama 10-15 menit. Kemudian, lanjutkan mencuci baju seperti biasa menggunakan air dingin. Noda makeup pun akan hilang dan baju kamu kembali bersih.

Oleskan Pasta Gigi

Photo from Kompas‌ ‌

Oleskan pasta gigi pada area baju yang terkena makeup, lalu gosok dengan lembut. Kemudian, cuci baju kamu seperti biasa menggunakan air dingin. Noda makeup akan hilang dengan sempurna!

Cara Menghilangkan Noda Darah di Baju

Andalkan Buah Lemon

Photo from Medical News Today

Noda darah di baju bisa saja muncul akibat nyamuk mati, darah menstruasi yang tembus, dan lainnya. Namun tak perlu pusing, untuk menghilangkan noda darah di baju, kamu bisa menggunakan lemon yang memiliki sifat asam. Pasalnya, lemon memiliki zat hidrogen peroksida yang mampu menyamarkan noda dan meluruhkan noda darah pada baju. Caranya juga mudah, kamu bisa menggosokkan bagian yang terkena noda dengan air perasan lemon, lalu cuci seperti biasa.

Coba dengan Baking Soda

Photo from Kontan

Jika noda darah sudah terlalu lama menempel di baju, noda bisa jadi lebih membandel dan sulit dihilangkan. Tapi tenang saja, kamu masih bisa mengandalkan baking soda yang dicampur dengan air sampai memiliki tekstur seperti pasta. Setelah pasta baking soda jadi, oleskan pasta pada bagian baju yang terkena noda lalu diamkan selama 30 menit.

Cara ini bisa diaplikasikan untuk menghilangkan noda di baju berwarna dan baju putih sekaligus. Keren, ya?

Manfaatkan Garam di Dapur

Photo from Liputan6

Garam yang ada di dapur kamu juga bisa menjadi salah satu cara untuk menghilangkan noda darah di baju. Caranya, rendam pakaian menggunakan deterjen seperti biasa, lalu oleskan sedikit garam pada bagian yang terkena noda. Larutan garam ini akan membantu meringankan noda darah dan membuatnya lebih mudah untuk dihilangkan ketika kamu menggosok/mengucek baju kamu.

Cara Menghilangkan Noda Saus di Baju

Oleskan dengan Sabun Cuci Piring

Photo from Kompas

Baju yang terkena noda saus merupakan kejadian yang cukup sering dialami. Kamu bisa menggunakan sabun cuci piring untuk menghilangkan noda yang menempel, caranya dengan gosokkan sabun cair atau sabun cuci piring ke bagian yang terkena noda. Lalu, kucek kain dengan lembut dalam gerakan melingkar, dan biarkan selama 10 menit sebelum kamu membilasnya secara menyeluruh.

Campuran Cuka Putih dan Sabun Cuci Piring

Photo from Kompas

Jika noda saus sudah membandel pada baju kamu, langkah yang bisa kamu lakukan untuk menghilangkan noda tersebut adalah dengan mencampurkan cuka putih dengan cairan sabun cuci piring. Setelah kedua cairan tersebut tercampur, oleskan pada bagian baju terkena noda, lalu diamkan selama 5-10 menit. Lanjutkan dengan mencuci pakaian seperti biasa, lalu noda pun akan luntur dengan mudah.

Campuran Tepung dan Sabun Cuci Piring

Photo from Sajian Sedap

Mencampurkan tepung dengan sabun cuci piring juga bisa lho, membantu hilangkan noda saus yang menempel di baju. Langkah yang perlu kamu lakukan adalah dengan mengoleskan tepung ke atas noda dan diamkan selama satu jam hingga minyak dari saus terserap. Lalu, oleskan sedikit sabun cuci piring pada noda, dan gosok seperti biasa.

Cara Menghilangkan Noda Tinta di Baju

Gunakan Soda Kue dan Air

Photo from Kontan

Cara efektif untuk menghilangkan noda tinta di baju adalah dengan mencampurkan soda kue dan air. Caranya juga cukup mudah, kamu bisa mencampurkan soda kue dan air dengan skala 1:1 sehingga bertekstur seperti pasta. Lalu, gunakan bola kapas yang ditepuk perlahan untuk menyerap noda, dan gosok pakaian seperti biasa menggunakan deterjen.

Aseton/Cairan Pembersih Kuteks

Photo from BP Guide

Aseton atau cairan khusus yang digunakan untuk membersihkan kuteks bisa kamu manfaatkan untuk membersihkan noda tinta. Caranya, teteskan sedikit aseton tepat di atas noda tinta, lalu tepuk secara perlahan baju yang terkena tinta menggunakan bola kapas. Lanjutkan dengan mengoleskan larutan garam untuk merendam baju selama 5-10 menit. Setelah kedua langkah ini kamu lakukan, noda tinta pun akan hilang dengan mudah.