10 Inspirasi Desain Kamar Loft Bed yang Bisa Ditiru

10 Inspirasi Desain Kamar Loft Bed yang Bisa Ditiru
Desain kamar loft bed di Cove Hillcrest

Memiliki ruang tidur berukuran kecil membuat kamu harus lebih kreatif dalam menata segala perabotan yang ada di dalamnya. Apalagi, kamar pribadi merupakan tempat peristirahatan yang sudah seharusnya dibuat senyaman mungkin. Salah satu alternatif yang bisa kamu pilih adalah dengan menggunakan loft bed atau tempat tidur tingkat yang tidak terlalu memakan banyak ruang. Jika kamu masih bingung dalam menatanya, inspirasi desain kamar loft bed di bawah ini akan memudahkan kamu dalam menemukan ide yang menarik.

Pada intinya, kamu harus memahami lebih dulu bahwa kunci memaksimalkan ruangan yang kecil ada pada tata letak furnitur yang efisien. Jangan sampai pemilihan barang yang salah justru akan membuat kamar kamu semakin terasa sempit. Selain itu, desain kamar loft bed yang ideal juga harus benar-benar mementingkan keamanan penghuninya. Oleh karena itu, ikuti pedoman berikut ini agar ranjang susun impian kamu terlihat menarik dari segala sisi.

Inspirasi Desain Kamar Loft Bed

Buat perpustakaan mini yang nyaman

Perpustakaan Mini di Kamar Loft Bed via Pinterest

Apakah kamu termasuk orang yang gemar mengisi waktu luang dengan membaca? Cobalah untuk menyulap area kolong tempat tidur dengan ruang baca minimalis seperti ini. Pada kedua sisi tempat tidur, kamu bisa membuat kabinet kayu yang saling berhadapan untuk memuat seluruh koleksi buku. Kemudian, tambahkan karpet lembut dan sejumlah bantal kecil untuk menyanggah tubuhmu.

Desain kamar loft bed seperti ini akan cocok untuk penghuni yang ingin membuat kesan lapang pada ruang tidur miliknya. Kendati tidak didukung oleh sebuah sofa ataupun kursi, perpustakaan mini dengan konsep ‘lesehan’ nyatanya tetap menjamin rasa cozy karena didukung oleh ornamen yang.

Untuk dekorasi dinding, kamu bisa meletakkan beberapa cermin bulat minimalis tanpa bingkai untuk menambahkan kesan artistik.

Kursi gantung bergaya bohemian

Kursi gantung gaya bohemian via Pinterest

Menyukai ragam furnitur bergaya boho? Aplikasi ayunan macrame ini dapat menjadi spot yang memikat untuk kamar tidurmu. Setelah seharian beraktivitas di luar rumah, pastinya akan menyenangkan saat merebahkan tubuh sejenak di sebuah kursi gantung ala bohemian ini. Seluruh otot tubuhmu seketika akan terasa rileks dengan sendirinya.

Selain ayunan macrame, kamu juga bisa menambahkan dekorasi lampu berbahan rotan serta karpet rajut berwarna senada untuk unsur boho yang lebih chic. Sementara itu, desain kekayuan yang dibuat layaknya anyaman pada area tidur berhasil memberikan statement yang menawan.

Masih terdapat ruang pada kolong tempat tidur? Masukkan lemari pakaian berukuran kecil, dan berikan space kurang lebih sebanyak 0,5 meter.

Multifungsi dengan kamar mandi dalam

Desain kamar loft bed di Cove Hillcrest

Bagaimana bila ingin menambahkan kamar mandi ke dalam ruang tidur yang kecil? Tentu saja elemen ini bukanlah hal yang mustahil untuk digagas. Jika kamarmu telah didesain membentuk persegi panjang, ini akan memudahkan kamu untuk mewujudkannya. Mulailah dengan membuat sebuah toilet mini minimalis yang menjorok ke area bawah tempat tidur.

Sementara pada bagian tepi, masukkan furnitur multifungsi yang dapat digunakan untuk menyimpan perlengkapan pribadi. Pastikan untuk tidak menaruh terlalu banyak barang agar senantiasa terlihat rapi dan bisa memberikan ilusi yang lebih luas.

Jika kamu sedang mencari kamar loft bed mungil yang sudah termasuk toilet, Cove Hillcrest bisa memenuhi semua checklist yang kamu butuhkan, lho! Dengan dukungan desain modern nan stylish, Cove menjamin tingkat kenyamanan yang ekstra untuk para penghuninya.

Baca juga: Yuk #PindahkeCove: Hunian coliving yang terjamin aman selama pandemi

Tanaman hias dalam unsur tropikal

Tanaman hias di kamar loft bed via Pexels (ksenia-chernaya)

Memiliki tanaman hias di area tidur dapat menjadi opsi yang sempurna untuk kamu yang gemar merawat beragam jenis tumbuhan. Melansir healthline, sebuah studi dari Sichuan Agricultural University menunjukkan bahwa hanya dengan melihat pot tanaman selama 3 menit dapat menimbulkan efek relaksasi pada orang dewasa sekaligus membantu menurunkan tekanan darah dan gangguan kecemasan.

Ini berarti, mengoleksi tanaman di dalam kamar bisa membantu kamu untuk lebih tenang setiap harinya. Karena saat proses fotosintesis, sebuah tanaman diketahui akan menyerap karbon dioksida dan melepaskan oksigen. Sehingga sirkulasi oksigen di dalam ruangan dapat meningkat.

Tanaman yang berada di dalam ruangan harus benar-benar terawat agar tidak cepat layu. Kuncinya adalah dengan memilih jenis tumbuhan yang sesuai dan jangan terlalu sering disiram. Kumpulan pot ini juga dapat menjadi elemen yang menyegarkan mata bila diletakkan di bagian bawah loft bed sebagai pemanis.

Interior dinding dengan aksen bold

Interior dinding beraksen bold via Instagram/fururoom

Belakangan ini, palet berwarna netral masih menjadi tren yang mendominasi dalam kategori interior hunian. Hal ini dikarenakan warna-warna hangat cenderung tidak mencolok dan mudah dipadu-padankan. Namun, apa jadinya bila sebuah desain kamar loft bed mengadopsi palet warna yang lebih berani?

Inspirasi yang satu ini menerapkan garis vertikal pada partisi ruangan guna memberi kesan yang lebih tinggi. Rona teal green pun turut diaplikasikan pada kedua sisi dinding. Sementara itu, detail kekayuan nampak terlihat dari bagian kerangka loft bed hingga lantai ruangan.

Untuk lorong tempat tidur, dekorasi berupa bean bag berwarna kontras dapat menjadi pilihan yang tepat. Ditambah dengan tiga buah lampu spot light yang akan menambah pengalaman menonton.

Baca juga: 11 Cara Bikin Dekorasi Kamar Aesthetic dengan Kesan Minimalis

Modern minimalis ala scandinavian

Minimalist scandinavian via Pinterest

Desain interior bergaya scandinavian lebih disukai oleh banyak orang lantaran karakteristik elegan yang ditawarkannya. Konsep perabotan dari desain ini biasanya cenderung minim detail dan lebih mengutamakan fungsi. Selain itu, tata letak furniturnya juga benar-benar menjunjung tinggi kebebasan ruang gerak sang penghuni. Tak ketinggalan dengan dominasi warna netral yang menyertainya.

Inspirasi ranjang susun yang satu ini mengambil sejumlah ciri khas dari gaya scandinavian. Kamu hanya perlu membubuhkan perabotan minimalis yang mampu menghidupkan ruang kosong di bawah kasurmu, mulai dari sofa single, layar monitor, hingga meja dan kursi berwarna natural.

Tempat tidur queen size yang melegakan

Desain kamar loft bed di Cove Prima

Siapa bilang bahwa kamar berkonsep ranjang susun hanya akan cocok bila diterapkan dalam mode kasur single? Padahal, loft bed dengan kasur queen size justru akan terlihat sempurna bila diterapkan pada kamar yang dihuni oleh dua orang. Selain dapat menghemat ruang, kamu juga bisa lebih dekat dengan roommate-mu.

Jika kamu tengah mengidamkan jenis kamar seperti ini, jangan khawatir! Sebab, Cove Prima menyediakan tipe kamar loft bed dengan kasur queen size yang bisa didiami oleh dua orang sekaligus. Kamu juga akan mendapatkan kesempatan emas untuk tinggal di sebuah Co-living bergaya modern dengan segudang fasilitas eksklusif.

Dua pasang ranjang dengan set storage

Dua pasang ranjang dan set storage via Unsplash/Andrea Davis

Mencari inspirasi ranjang susun yang dapat ditempati oleh dua orang? Cobalah intip detail menarik dari kamar tidur dengan dominasi rona putih ini. Sang pemilik justru terlihat berani dalam mengaplikasikan palet berwarna gelap pada loft bed miliknya. Terang saja, hal ini membuat tampilan furnitur tersebut jauh lebih menonjol ketimbang benda-benda lain yang berada di sekitarnya.

Bagian dipan kasur mengusung model storage yang dapat digunakan untuk menyimpan barang-barang personal. Ini merupakan ide cemerlang untuk kamu yang ingin menghemat space ruangan tanpa perlu lemari tambahan.

Baca juga: Coliving: konsep hunian yang memberi banyak keuntungan untuk freelancer

Aplikasi tanaman hias berukuran besar

Tanaman besar di kamar loft bed via Pinterest

Kamu selalu bisa menyisipkan tanaman hias dalam ukuran besar di kamar tidurmu. Elemen dekorasi ini tentu saja akan menjadi titik fokus yang sangat memukau pada bagian sudut ruangan. Ragam opsi tumbuhan yang bisa kamu pilih, mulai dari monstera, palem kuning, lidah mertua, hingga kaktus bunga.

Loft bed dengan detail kayu ini bisa menjadi inspirasi untuk kamu yang ingin menimbulkan suasana hangat pada ruangan. Jika kamu ingin menciptakan ruang pribadi di area atnas loft bed, tambahkan sofa dengan warna senada agar seluruh interior ruangan terlihat selaras.

Fungsional dengan lemari dan pantry

Fungsional dengan lemari & pantry via Pinterest

Apa jadinya bila sebuah loft bed terdapat pantry kecil yang mampu menampung segala keperluan memasak dari sang penghuni? Meski ruangan ini terasa cukup sempit, nyatanya desain ranjang susun yang diterapkan mampu menciptakan kesan minimalis yang sesuai dengan fungsinya. Bahkan, bufet mini yang melekat langsung di bawah tempat tidur dapat menampung sebuah mesin cuci berukuran kecil untuk mempermudah rutinitas pemiliknya.

Nah, itu dia deretan inspirasi desain kamar loft bed yang bisa ditiru untuk ruang tidur pribadi. Apakah ada yang berhasil menyita perhatianmu? Ingatlah bahwa untuk mewujudkan desain ranjang susun yang ideal adalah tentang bagaimana kamu sebagai penghuni dapat mengatur tata letak furnitur yang tepat.