11 Cara Bikin Dekorasi Kamar Aesthetic dengan Kesan Minimalis

11 Cara Bikin Dekorasi Kamar Aesthetic dengan Kesan Minimalis
Dekorasi Kamar Aesthetic

Kamar seringkali menjadi tempat paling favorit banyak orang. Tidak heran, karena ruangan ini sering digunakan untuk menghabiskan waktu dengan berbagai macam aktivitas. Makanya, supaya kamu betah berlama-lama di kamar, kamu membutuhkan dekorasi kamar aesthetic yang cantik dan juga nyaman.

Dengan menambahkan pernak-pernik dan barang-barang tertentu, kamu dapat membuat kamar kamu semakin aesthetic dan enak dipandang. Nah, hal apa saja yang bisa kamu terapkan untuk menerapkan desain dan dekorasi kamar aesthetic? Coba intip disini, yuk.

Cara Bikin Dekorasi Kamar Aesthetic

1. Ciptakan skema warna

Pilihan skema warna
Pilihan skema warna via HGTV.com

Sebelum kamu memulai dekorasi kamar aesthetic kamu, tentukan terlebih dahulu skema warna yang ingin kamu gunakan. Kalau kamu ingin memberikan kesan kamar aestetik dan minimalis, coba untuk berpegang pada dua pola warna. Misalnya, putih dan coklat.

Pemilihan warna yang juga akan membantu kamu dalam menata ruangan karena kamu akan mencari furnitur dan dekorasi kamar dalam pilihan pola warna tersebut.

2. Gunakan dinding kaca

Apabila kamu menginginkan kamar yang memiliki pencahayaan cerah, kamu bisa menggunakan dinding kaca untuk kamar kamu. Selain itu, penggunaan kaca akan memberikan kesan ruangan yang lebih ringan.

Dengan menggunakan kaca sebagai dinding, kamu akan mendapatkan kesan ruangan yang lapang. Hal ini karena kaca menciptakan ilusi seolah-olah tidak ada pembatas ruangan.

Kalau kamu mencari kamar dengan dinding kaca, Cove Hillcrest memiliki kamar loft dengan dinding yang terbuat dari bahan kaca, memberikan kesan kamar yang luas dan lapang, sehingga cocok untuk menunjang kegiatan belajar kamu.

3. Menambahkan dekorasi dinding

Dekorasi kamar dinding via Pinterest.com

Kamu bisa menunjukkan minat dan kepribadian kamu dengan cara menambahkan dekorasi dinding pada kamar kamu. Carilah dekorasi dinding yang kecil, lucu, dan unik. Misalnya seperti poster, art print, foto, atau lampu string.

Namun, jangan sampai kamu terlalu banyak menggantung dekorasi. Kamu tetap harus menyisakan ruang pada dinding dan hanya memajang sedikit dekorasi untuk memberikan kesan dekorasi kamar aestetik nan minimalis. Selain itu, hal ini juga dapat memberikan kesan kamar yang luas.

4. Wallpaper motif batu bata untuk kesan industrial

Cove W Suites

Desain yang memadukan dinding putih dengan dinding bata ekspos terlihat sangat serasi dan sangat cocok untuk kamu yang ingin memiliki kamar dengan kesan industrial.

Aplikasikan warna putih sebagai warna utama dinding kamar kamu, kemudian pilih satu dinding yang ingin kamu biarkan dengan mengekspos dinding batu bata. Namun, kamu juga bisa memilih untuk menggunakan wallpaper sticker dengan motif batu bata untuk pilihan yang lebih mudah.

Apabila kamu ingin memiliki kamar dengan dinding batu bata, kamu bisa intip Cove W Suites yang memiliki model dinding ekspos batu bata ini, nih. Kamar yang memiliki tema industrial ini cocok banget bagi kamu yang ingin merasakan sensasi tinggal di tengah kota.

5. Tambahkan tanaman untuk dekorasi natural

dekorasi tanaman di kamar via Pinterest.com

Berikan tanaman di kamar kamu sebagai dekorasi kamar aesthetic dan juga untuk memberikan kesan kamar yang terasa lebih hidup. Selain itu, tanaman juga dapat memberikan kesan ruangan yang segar dan natural.

Tapi, kalau kamu merasa tidak dapat mengurus tanaman asli  namun tetap ingin memiliki kesan hijau dari tanaman di kamar, kamu bisa memilih tanaman artifisial. Dengan begitu, kamu tetap bisa memiliki warna hijau natural di kamar tanpa harus memiliki komitmen tinggi dalam mengurusnya.

Baca juga: 14 Kost Eksklusif Jakarta Selatan yang Super Aesthetic!

6. Kombinasikan warna-warna soft untuk kamar yang nyaman

Menggabungkan warna-warna soft dapat memberikan kesan kamar yang luas. Pilihan warna-warna ini juga dapat memberikan kesan kamar yang lebih cerah, karena warna soft cenderung lebih menyerap cahaya.

Kalau kamu ingin memiliki kamar dengan kombinasi warna-warna soft, kamu bisa menjadikan Cove Proklamasi sebagai pilihan tempat tinggal kamu, nih. Kamar yang menggabungkan tekstur dan warna soft ini memiliki lokasi tepat di tengah kota, sehingga cocok untuk kamu yang ingin tetap merasakan ketenangan namun tetap dekat dengan kantor kamu.

7. Kombinasikan warna putih dengan tekstur coklat kayu

Cove Central

Kebanyakkan dekorasi kamar aesthetic menggabungkan warna putih dengan tekstur coklat kayu. Perpaduan dua warna dan tekstur ini akan memberikan kesan ruangan yang segar dan luas, karena tidak ada banyak warna mencolok yang terlalu menarik perhatian kamu.

Kamu juga dapat menerapkan tips ini dengan menambahkan furnitur yang memiliki aksen kayu, karena furnitur yang kamu gunakan juga dapat berfungsi sebagai dekorasi kamar.

Kalau kamu ingin tinggal di kamar yang memiliki perpaduan tekstur ini, kamu bisa intip Cove Central, nih. Unitnya memadukan dinding putih dan dinding kayu, sehingga memberikan kesan kamar yang natural dan cantik.

8. Meja belajar minimalis

Cove Pejaten

Dekorasi kamar aestetik biasanya lebih banyak menggunakan furnitur dengan karakteristik minimalis yang lebih mementingkan fungsi daripada bentuk. Maka dari itu, kamu dapat memilih meja belajar minimalis yang praktis dan simple untuk ditambahkan di kamar kamu.

Selain itu, meja tamu yang sederhana dapat memberikan kesan yang aestetik, dan dapat meningkatkan produktivitas kamu karena kamu memiliki area kerja yang terpisah dari area beristirahat.

Nah, untuk merasakan kamar yang memiliki meja belajar minimalis yang nyaman, kamu bisa coba intip kamar Cove Pejaten, nih. Unit ini dilengkapi dengan meja belajar minimalis yang dapat kamu gunakan untuk bekerja atau nugas dengan fokus, dan juga dengan nyaman.

9. Pencahayaan kamar yang lembut

Pencahayaan lembut di kamar via Pinterest.com

Kamu dapat menambahkan beberapa lampu di setiap ujung kamar untuk penerangan pada malam hari. Pilihlah lampu yang memancarkan cahaya lembut untuk memberikan sentuhan dekorasi kamar aesthetic dan nyaman.

Untuk memberikan tampilan kamar yang lebih minimalis, kamu dapat membeli lampu belajar yang juga dapat kamu gunakan untuk menerangi meja kalian.

10. Taruh cermin panjang untuk membuat kamar aestetik

Cermin panjang untuk kesan ruangan yang luas via Pinterest.com

Daripada memasang cermin ke dinding, kamu bisa membiarkan cermin itu bersandar di dinding. Hal ini bukan hanya memberikan tampilan ruangan yang aestetik dan instagramable, tapi juga akan memantulkan cahaya dan membuat ruangan tampak lebih luas dan cerah.

Untuk memberikan kesan natural dan aestetik, kamu bisa memilih cermin yang berukuran penuh.

11. Menambahkan karpet yang empuk

Tambahkan karpet empuk

Untuk memberikan kesan kamar yang cozy, kamu dapat menambahkan karpet pada kamar tidur kamu. Penambahan karpet bukan hanya memberikan kesan nyaman pada kamar tidur kamu, tapi karpet juga dapat menghangatkan kaki dari dinginnya lantai kamar di pagi hari.

Selain itu, karpet juga dapat menambahkan elemen warna pada ruangan kamu karena bentuknya yang besar. Sebaiknya kamu memilih warna karpet yang ingin kamu jadikan sebagai warna utama dari tema kamar kamu.


Itulah beberapa tips yang bisa kamu terapkan untuk menambahkan dekorasi kamar aestetik di ruang tidur kamu. Selain melakukan dekorasi besar-besaran, kamu juga bisa mengubah dekorasi kecil di kamar kamu untuk memiliki kamar yang cantik dan nyaman untuk dihuni.