10 Inspirasi Desain Kamar Warna Coklat untuk Kesan Elegan

10 Inspirasi Desain Kamar Warna Coklat untuk Kesan Elegan
Inspirasi Desain Kamar Warna Coklat, photo by Cove Maple

Apakah kamu termasuk orang yang menggemari kamar dalam nuansa warm tone terutama coklat? Inspirasi desain kamar warna coklat memang selalu menarik perhatian lantaran warnanya yang cenderung netral dan sangat cocok untuk dipadukan ke dalam elemen apa pun. Menurut Color Psychology, rona coklat merupakan warna bersahaja yang memberikan kehangatan dan rasa nyaman. Coklat juga begitu identik dengan karakteristik seperti bumi, rumah, dan keluarga.

Keberadaan kamar tidur memang menjadi salah satu aspek yang sangat krusial bagi sebuah tempat tinggal. Inilah mengapa setiap orang yang mendiami suatu hunian perlu menaruh perhatian lebih terhadap kamar tidur mereka. Sebab, selain berstatus sebagai tempat yang paling personal, sebuah kamar tidur hendaknya didesain semenarik mungkin agar sang penghuni bisa beristirahat dengan nyaman.

Ditambah lagi, saat ini banyak sekali orang yang berlomba-lomba untuk melakukan make over pada kamar pribadi mereka. Hal ini semata-mata agar tempat peristirahatan tersebut bisa mendorong produktivitas yang lebih dalam aktivitas sehari-hari. Nah, untuk kamu yang sedang mencari ide kamar berpalet hangat, inspirasi desain kamar warna coklat berikut bisa kamu ikuti.

Inspirasi Desain Kamar Warna Coklat untuk Kesan Elegan

Dinamis dengan Coklat Terang

Dinamis dengan Coklat Terang, photo by beccainteriors

Inspirasi desain kamar warna coklat yang pertama adalah hasil dari kombinasi rona earty tone yang masih menjadi primadona, yaitu coklat dan putih. Kedua warna ini memang selalu dapat memberikan kesan yang cozy sekaligus dinamis. Kamu bisa mengaplikasikan dinding dengan palet berwarna putih, untuk kemudian disandingkan dengan elemen berwarna coklat terang, mulai dari bantal, selimut, karpet, hingga meja kerja.

Kamar sejatinya adalah tempat yang dapat mengekspresikan seperti apa karakteristikmu. Jadi, tak ada salahnya untuk menyelipkan sebuah tema yang cocok guna merepresentasikan interior di kamar tidur. Untuk tema bohemian, kamu bisa mengaplikasikannya pada lampu kamar dengan unsur rotan, ataupun karpet bermotif.

Baca Juga: 12 Kombinasi Dua Cat Warna Untuk Kamar Yang Lebih Modis

Harmonisasi Warna Monokrom

Harmonisasi Warna Monokrom, photo by Renovating Our Victorian Home

Gaya interior dalam unsur monochromatic tidak harus selalu berpedoman pada rona hitam dan putih saja, lho. Kamu selalu bisa berkreasi dengan mengombinasikan palet warna lainnya yang mampu memberikan impresi berbeda, seperti inspirasi desain kamar warna coklat yang satu ini.

Pada bagian dinding, cobalah untuk memadukan coklat gelap yang berani dengan sedikit tone berwarna putih pada bagian atas. Kemudian, buatlah batasan khusus di antara dua warna tersebut dengan sebuah lis dinding.

Jika kamu memiliki kamar tidur dengan plafon tinggi, manfaatkan space yang ada dengan aplikasi lampu gantung minimalis. Tema monokrom dari inspirasi desain kamar warna coklat ini sangat cocok untuk kamu yang lebih menyukai suasana tentram dan damai.

Panel Kayu pada Plafon

Panel Kayu pada Plafon, photo by Christina Kim Interior Design

Selain dinding dan furnitur, plafon kamar juga dapat menjadi statement yang menarik untuk digubah secara berbeda. Cobalah pertimbangkan aplikasi panel kayu untuk mengalirkan palet coklat pada kamar tidurmu. Plafon yang terbuat dari kayu dikenal mampu meredam suhu udara yang ada di sekitarnya, baik itu panas ataupun dingin.

Selain itu, sentuhan ceiling kayu juga dapat memberikan getaran netral yang tak lekang oleh waktu. Kamu hanya perlu menarik sejumlah furnitur dan dekorasi bernuansa kekayuan yang solid demi menghidupi keseluruhan interior kamarmu.

Aransemen Bohemian yang Kontras

Aransemen Bohemian yang Kontras, photo by Urban Outfitters

Bohemian style umumnya memang selalu identik dengan warna coklat, tak terkecuali dalam hal interior ruangan. Dekorasi kamar bergaya bohemian cenderung didominasi oleh barang-barang yang tidak konvensional, namun tetap terlihat santai. Ini dapat terlihat dari desain kontras yang dihadirkan pada permainan pola dan tekstur elemen di sekitarnya.

Mulai dari penerapan karpet persia, dekorasi dinding makrame, hingga bantal dan selimut dengan pattern eksotis, semua bisa kamu tonjolkan untuk menjadi focal point dalam atmosfer boho-chic. Masukkan juga sejumlah koper vintage sebagai elemen menarik di bawah tempat tidurmu.

Sentuhan Industrial

Sentuhan Industrial, photo by Cove W Suites

Gaya industrial umumnya begitu lekat dengan ornamen ala gudang yang diaplikasikan bersama sejumlah material pendukung, mulai dari beton, besi, pipa, hingga susunan batu bata.

Nah, siapa yang menggemari hunian dengan interior ala industrial? Tidak melulu diterapkan pada ruangan berukuran luas, kamu juga bisa mewujudkannya lewat sebuah kamar berukuran minimalis, lho. Seperti unit Cove W Suites dengan dominasi warna coklat yang begitu memesona berikut ini. Kombinasi desain bata ekspos yang diimbangi dengan furnitur besi rupanya mampu melahirkan suasana homey yang nyaman untuk ditinggali.

Mural Abstrak pada Dinding

Mural Abstrak pada Dinding, photo by anewall.com

Bagaimana jika ingin menghadirkan sentuhan western pada sebuah kamar tidur? Kamu hanya perlu menaruh sejumlah rona cokelat yang berbeda di beberapa bagian, mulai dari bed cover, bantal tidur, dipan, lampu gantung, bean bag, hingga ornamen dekoratif lainnya.

Tak terkecuali kreasi mural abstrak berwarna peach yang digagas pada satu sisi dinding seperti inspirasi desain kamar warna coklat yang satu ini. Mengesampingkan kesan plain yang terlalu monoton, sang desainer memutuskan untuk memberi percikan mural demi terciptanya suasana western yang penuh kehangatan.

Scandinavian yang Modern

Scandinavian yang Modern, photo by homedecorbliss

Gaya scandinavian begitu identik dengan tema modern minimalis yang terkesan lapang dengan dominasi warna netral. Biasanya, aksen kecoklatan yang lebih muda juga turut diterapkan pada sejumlah elemen, baik itu furnitur, lantai, dinding, ataupun plafon. Satu hal yang harus diperhatikan, ruangan bergaya scandinavian umumnya sangat minim detail sehingga relatif lebih terang.

Itulah mengapa pemilihan dekorasi harus benar-benar memerhatikan fungsi dari pada detail-detail rumit. Seperti inspirasi berikut, yang memadukan warna coklat dan abu-abu muda untuk memberi kesan luas sekaligus bersih dengan pencahayaan alami.

Kesan Playful dengan Warna Vibran

Kesan Playful dengan Warna Vibran, photo by thesleepjudge.com

Perhatikan inspirasi desain kamar warna coklat berikut ini. Bagaimana jika palet netral dipadukan dengan warna yang mencolok untuk melahirkan impresi playful? Meski memiliki karakter warna yang berbeda, nyatanya kombinasi antara coklat dan merah bisa terlihat selaras dan terkesan lebih hidup.

Sentuhan warna merah yang berani tampak diterapkan pada beberapa furnitur, mulai dari lemari pakaian, kursi untuk bersantai, hingga dua buah lampu tidur. Sementara itu, dominasi warna coklat masih memegang kendali lewat selimut berpola horizontal dan aplikasi karpet permadani.

Dinding Coklat Besar

Dinding Coklat Besar, photo by thesleepjudge.com

Kamu adalah pecinta interior minimalis yang sangat menyukai kesederhanaan? Inspirasi desain kamar warna coklat yang satu ini bisa kamu sontek untuk diterapkan pada kamar tidurmu.

Kolaborasi dari warna krem dan coklat di setiap sudut ruangan menjadikan desain kamar ini semakin terlihat seimbang dan juga eye-catchy. Ditambah lagi, perabotannya yang tidak terlalu banyak juga berhasil memberikan kesan yang lebih luas. Satu statement yang menjadi focal point adalah kehadiran dinding kayu besar di belakang tempat tidur.

Baca Juga: 15 Inspirasi Desain Kamar Kost Minimalis, Dijamin Cozy!

Aplikasi Pola Geometris

Aplikasi Pola Geometris, photo by Cove Maple

Selain soal furnitur, pemilihan warna cat dinding juga menjadi salah satu aspek yang terpenting dalam sebuah kamar pribadi. Jadi, mulailah dengan membuat pola bercak estetis bernuansa coklat muda yang bisa diterapkan pada keseluruhan dinding. Kemudian, tambahkan ilustrasi berupa lengkungan tepat di bagian belakang headboard. Motif cat dinding seperti ini mampu membuat kamar pribadimu semakin atraktif.

Nah, di Cove Maple, kamu bisa menemukan hunian serba coklat seperti ini—lengkap dengan arsitekstur modern dari aksen kekayuan, lho. Selain didukung dengan fasilitas terlengkap, kamu juga tidak perlu pusing lagi memikirkan soal furnitur. Karena unit Cove Maple sudah tersedia dalam bentuk full furnished!

Tertarik untuk menyewanya? Segera lakukan book viewing sekarang juga di laman Cove Maple! Atau, hubungi tim Cove melalui WhatsApp untuk tanya-tanya informasi lebih lanjut.


Temukan kost eksklusif di Jakarta Selatan lainnya hanya di Cove