10 Inspirasi Desain Kamar Industrial, Unik dan Dinamis

10 Inspirasi Desain Kamar Industrial, Unik dan Dinamis
Inspirasi Desain Kamar Industrial, photo by Cove Nara

Desain kamar industrial kini semakin digemari oleh banyak orang. Pasalnya, gaya interior ini menampilkan beragam komponen struktural yang begitu identik dengan kesan unfinished ala bangunan setengah jadi. Dulu, konsep industrial memang hanya bisa ditemukan pada bangunan komersial saja. Namun seiring berjalannya waktu, banyak orang yang mulai menerapkan tema tersebut untuk ruangan personal dari hunian mereka.

Umumnya, orang yang menggemari desain kamar industrial begitu lekat dengan karakteristik santai, berani, apa adanya, dan terkesan artsy. Inilah mengapa kamar industrial selalu terlihat tematik dari berbagai sisi. Sejumlah elemen yang menjadi ciri khas dari desain industrial adalah alumunium, pipa, kayu, beton, besi, dinding bata ekspos, hingga komposisinya yang terkesan dibuat terbuka.

Jika kamu berencana melakukan make over untuk kamar tidurmu, yuk, intip kesepuluh inspirasi desain kamar industrial yang unik sekaligus edgy berikut ini.

10 Inspirasi Desain Kamar Industrial

Tema Gelap dengan Dinding Bata Ekspos

Tema Gelap dengan Dinding Bata Ekspos, photo by home-designing

Jika kamu adalah penggemar warna hitam, maka inspirasi desain kamar industrial yang satu ini bisa kamu tiru untuk ruang tidurmu. Dominasi warna gelap yang tersebar secara menyeluruh membuat setiap sudutnya benar-benar menggemakan impresi yang modern sekaligus maskulin.

Pada bagian headboard, terdapat susunan batu bata hitam yang dibuat memanjang hingga ke plafon, tak ketinggalan dengan elemen dekoratif berupa empat buah rak melayang dengan material kekayuan.

Nah, salah satu focal point yang paling menarik adalah kehadiran kursi gantung berpalet monokrom di samping tempat tidur. Ini dapat menjadi alternatif tempat bersantai untuk sekedar membaca buku sambil menatap pemandangan di luar jendela.

Baca Juga: 10 Inspirasi Desain Kamar Loft Bed yang Bisa Ditiru

Rak Buku Metal

Rak Buku Metal, photo by Annalena design studio

Selain bata ekspos, salah satu elemen yang identik dengan desain kamar industrial adalah keberadaan metal atau logam. Inspirasi yang satu ini menunjukkan sebuah rak buku terbuka dengan material logam yang begitu minimalis. Cocok untuk kamu yang menginginkan kesan lapang pada ruangan.

Rak buku yang didesain terbuka juga dapat bermanfaat sebagai pembatas antar ruangan. Tentu saja furniture ini akan menjadi ide yang brilian untuk desain rumah berkonsep mezzanine. Dengan begitu, kamu tetap bisa mendapatkan privasi yang lebih, meski kamar tidur tersebut terhubung dengan ruangan utama di bagian bawah.

Industrial dengan Nuansa Cokelat

Industrial dengan Nuansa Cokelat, photo by Cove W Suites

Tidak memiliki ruang tidur yang begitu luas, bukan berarti kamu tidak bisa mewujudkan tema industrial yang sempurna. Inspirasi desain kamar industrial di atas adalah perpaduan yang ideal dari palet cokelat terang hingga ke yang paling gelap.

Sentuhan bata merah ekspos pada dinding bagian belakang, serta kehadiran lemari terbuka dengan rangka besi, nyatanya mampu menciptakan konsep industrial yang begitu dinamis. Tambahkan juga sebuah jendela berukuran sedang untuk menjaga sirkulasi udara tetap baik.

Nah, kamu bisa menemukan kamar tidur ini di unit Cove W Suites yang letaknya berada tepat di daerah Tebet, Jakarta Selatan.

Ornamen Sepeda yang Menggantung

Ornamen Sepeda yang Menggantung, photo by home-designing

Punya barang-barang antik yang bisa dijadikan sebagai dekorasi kamar industrial? Tak selalu dalam ukuran kecil, nyatanya kamu tetap bisa memajang koleksi kesayanganmu meski dalam ukuran yang cukup besar, lho. Seperti inspirasi sepeda gantung yang satu ini.

Kamar dengan space yang luas mungkin terlihat jauh lebih memungkinkan, namun bukan berarti kamu tidak dapat bereksplorasi dengan benda-benda lainnya. Manfaatkan bagian dinding dengan berbagai ornamen vintage untuk mempercantik ruangan.

Kesan industrial juga nampak terlihat dari dinding bata ekspos berwarna putih yang dibuat teratur secara menyeluruh. Alhasil, kamar ini terlihat jauh lebih terang, walaupun area tempat tidur memiliki palet yang lebih gelap.

Bentangan Tali pada Tempat Tidur Gantung

Bentangan Tali pada Tempat Tidur Gantung, photo by home-designing

Berbeda dari tempat tidur pada umumnya yang memiliki kaki pada bagian dipan, inspirasi desain kamar industrial berikut ini justru terlihat berani dengan mewujudkan konsep tempat tidur yang tergantung di langit-langit. Terdapat empat buah bentangan tali berukuran besar yang menjadi penyangga utama di setiap sudutnya.

Material beton nampak mengelilingi kamar tidur yang semakin menegaskan suasana industri. Pada bagian belakang kasur, beton tersebut kemudian dijadikan alternatif tempat untuk meruh beberapa buku, pigura, maupun ornamen dekoratif lainnya.

Bentuk Loft Bed untuk Memaksimalkan Ruang

Bentuk Loft Bed untuk Memaksimalkan Ruang, photo by Cove Hillcrest

Bagaimana cara memaksimalkan space kamar yang terbatas? Kamu bisa coba mengadaptasi desain kamar loft bed agar area bawah tempat tidur bisa kamu gunakan untuk fungsi lainnya, mulai dari kamar mandi pribadi, lemari pakaian, meja belajar, hingga rak serbaguna. Sementara itu, dominasi warna kelabu tampak memenuhi seluruh aspek ruangan.

Ini adalah salah satu kamar dari Cove Hillcrest yang letaknya ada di daerah Karawaci, Tangerang. Desain industrialnya yang trendy dijamin akan mampu membuat kamu betah untuk tinggal dalam jangka waktu yang lama di sini. Ditambah lagi, kamu juga bisa menikmati indahnya panorama kota dari jendela besar yang terdapat di sisi ruangan.

Kombinasi Metal dan Tempat Tidur Troli

Kombinasi Metal dan Tempat Tidur Troli, photo by Kuda Photography

Bosan dengan alas tidur yang memiliki desain monoton? Inspirasi yang satu ini menerapkan tempat tidur troli sebagai titik fokus menawan untuk desain kamar industrial. Layaknya sebuah pabrik tak terpakai, material logam berkarat nampak mendominasi di sejumlah sisi ruangan, mulai dari bagian dinding hingga ke lantai. Sang pemilik juga menambahkan sebuah partisi bergaya venetian sebagai bentuk pemisah antar kedua ruangan.

Dinding Beton dan Headboard Berlubang

Dinding Beton dan Headboard Berlubang, photo by Vudu Motion

Inspirasi desain kamar industrial lainnya datang dari sebuah ruang tidur dengan dominan dinding beton ekspos. Meski dikelilingi oleh warna yang cenderung gelap, terdapat sebuah roster berukuran besar yang dapat berkontribusi untuk menerima cahaya alami dari sinar matahari. Dengan begitu, kamar tidur akan terhindar dari kelembapan berkat adanya sirkulasi udara yang baik.

Beralih ke sisi kiri, terdapat sebuah lemari pakaian yang didesain tersembunyi. Hal tersebut membuat kamar tidur yang satu ini terkesan luas dan lapang. Tak ketinggalan dengan aplikasi lantai kayu untuk mengalirkan impresi hangat pada ruangan.

Industrial Minimalis

Industrial Minimalis, photo by EliasKababie

Apa jadinya bila desain kamar industrial berkolaborasi dengan sentuhan minimalis? Kamu dapat mengambil inspirasi dari tata ruang berikut ini. Singkirkan di dalam kepalamu bahwa konsep industrial harus selalu dipenuhi oleh ornamen antik yang menonjol untuk memperkuat tema.

Karena, kamu bisa bereksplorasi seminimal mungkin dengan memadukan dua warna monokrom untuk menjadi palet utama di ruang tidurmu. Jangan lupa juga untuk menyulap tempat tidurmu dengan kanopi berlogam hitam yang menakjubkan.

Baca Juga: 10 Inspirasi Desain Kamar Warna Coklat untuk Kesan Elegan

Menonjol dengan Merah Muda

Menonjol dengan Merah Muda, photo by Cove Nara

Bila kamar industrial umumnya selalu identik dengan permainan warna gelap, maka lain halnya dengan inspirasi desain kamar industrial yang satu ini. Aplikasi rona merah muda pada bagian selimut membuat kesan industrial di area paling privasi ini terasa lebih cerah, feminin, sekaligus menawan. Kamu juga bisa meniru desain di atas untuk memberikan impresi industrial yang lebih lembut.

Nah, inspirasi desain kamar industrial ini adalah salah satu unit populer milik Cove, yaitu Cove Nara. Selain didukung dengan interior indah yang menyegarkan mata, Cove Nara juga menghadirkan hunian yang nyaman untuk ditinggali karena telah dilengkapi dengan sederet fasilitas terbaik, mulai dari kamar mandi dalam, televisi, meja kerja, AC, hingga lemari pakaian.

Bagaimana? Tertarik untuk menyewanya? Lakukan book viewing sekarang juga dengan mengunjungi laman Cove Nara! Kamu juga bisa hubungi tim Cove melalui WhatsApp untuk informasi lebih lanjut.


Temukan kost eksklusif di Jakarta Selatan lainnya hanya di Cove!