15 Cafe Outdoor Jakarta dengan Suasana Menenangkan

15 Cafe Outdoor Jakarta dengan Suasana Menenangkan
Cafe Outdoor Jakarta, photo by sikudharmawangsa

Berbicara tentang cafe di Jakarta memang nggak ada habisnya. Kita bisa menemukan beragam tempat nongkrong seru hampir di setiap sudut kota dengan mudah. Selain didukung hidangan nikmat yang bervariatif, rata-rata dari cafe atau kedai kopi yang ada di Kota Jakarta juga menyuguhkan pengalaman bersantap terbaik lewat desain arsitektur dan penataan furnitur yang sempurna. Jika kamu sedang mencari cafe outdoor Jakarta yang paling nyaman untuk berkumpul, intip rekomendasi di bawah ini, yuk!

Cafe Outdoor di Jakarta Barat

1. Titik Koma

Titik Koma, photo by Instagram @/kopititikkoma

Kehadiran cafe outdoor Jakarta yang baru saja launching pada bulan Maret 2023 ini sudah berhasil menarik perhatian banyak orang lantaran tempatnya yang estetik. Terletak di dalam Rumah Segi yang mengadaptasi konsep klasik ala tahun 70-an serta dominasi dinding terracota, Tiktik Koma seolah ingin membuat setiap pengunjungnya merasa sejuk dan damai dengan menghadirkan pepohonan hijau di ruang terbuka.

Menariknya lagi, seating area di bagian outdoor pun cukup luas dengan hamparan rumput dan tata letak furnitur yang juga bisa dijadikan tempat untuk berpiknik. Seluruh rangkaian minuman kopi dan non-kopi yang tersedia di sini dibanderol di bawah Rp50 ribuan saja, lho. Sangat ramah kantong, bukan? Jangan lupa untuk pesan signature dairy milk mereka, yaitu Ichigo Tiger Macchiato, ya.

Alamat: Jl. Tanjung Duren Utara V No. 246, Tanjung Duren, Jakarta Barat Jam operasional: Setiap hari (07.00 - 21.00)
Kisaran harga: Di bawah Rp50.000 per orang

2. Coffee Dia

Coffee Dia, photo by Instagram @/coffee.dia

Coffe Dia termasuk ke dalam salah satu cafe di Jakarta Barat yang nggak kalah menarik dengan tempat hangout lainnya. Berkonsep modern minimalis dengan padupadan warna putih dan cokelat kayu, rekomendasi cafe outdoor Jakarta yang satu ini benar-benar terkesan homey, clean, sekaligus Instagramable di setiap sudutnya. Pas banget untuk kamu yang ingin foto-foto!

Coffee Dia menawarkan dua pilihan area luar ruangan dengan tipe berbeda, yaitu smoking dan non-smoking. Daya tarik cafe ini terletak pada area outdoor non-smoking yang memiliki ambience taman terbuka hijau. Di sini, kamu juga bisa mengambil paket picnic set dengan jumlah minimum tiga orang untuk melakukan piknik santai di atas tikar. Selain menghadirkan kreasi kopi dan non-kopi, Coffee Dia punya serangkaian pilihan kue berupa slice cakes, madeleine, scones, cookies, sampai Korean cakes.

Alamat: Jl. Taman Daan Mogot I No.5, Tj. Duren Utara, Kec. Grogol petamburan, Kota Jakarta Barat
Jam operasional: Selasa - Minggu (08.00 - 20.00)
Kisaran harga: Rp50.000 - Rp100.000 per orang

3. Kopitagram

Kopitagram, photo by Instagram @/jkt.spot

Terletak di kawasan perumahan Tomang yang asri, Kopitagram menjamin suasana tenang dan tentram meskipun kamu tengah berada di ibu kota. Salah satu cafe outdoor Jakarta ini memiliki bangunan berkonsep minimalis industrial yang diselimuti aksen monokromatik. Kopitagram berdiri di atas lahan yang sangat luas dan terbagi menjadi tiga bagian, yaitu indoor, outdoor, dan rooftop berpanorama terbaik.

Kamu bisa dengan bebas berfoto ria sambil ngobrol santai menikmati semilir angin yang berhembus dari segala arah. Tersedia pula fasilitas working space untuk kamu yang ingin ngopi sembari WFC. Selain tersedia variasi kopi signature, seperti Cappuccino Djakarta dan Creme Blue Latte, beberapa sajian makanan yang disediakan oleh cafe di Tomang ini meliputi Bakmi Ayam Jamur, Mac & Chizzu, dan Chic Burger.

Alamat: Jl. Kasturi No. 22, Tomang, Jakarta Bara
Jam operasional: Setiap hari (08:00 - 21:00)
Kisaran harga: Rp50.000 - Rp100.000 per orang

Cafe Outdoor di Jakarta Utara

4. Monsieur Spoon Riviera

Monsieur Spoon Riviera, photo by Instagram @/monsieurspoon

Kamu mungkin sudah sering menemukan Monsieur Spoon yang tersebar di berbagai mall Jakarta, tapi cabang Monsieur Spoon yang ada di Aloha PIK 2 ini benar-benar menyajikan atmosfer berbeda dengan sentuhan tropical ambience layaknya sedang berada di tepi pantai. Coba saja lihat betapa atraktifnya pemilihan ornamen dan desain furniture yang ada di area outdoor dari cafe ini. Unik sekali, bukan?

Monsieur Spoon Riviera merupakan salah satu cafe di Jakarta Utara yang menyajikan aneka croissant dan pastry otentik khas Perancis. Cocok untuk jadi tempat makan-makan cantik. Sementara itu, rekomendasi main course yang wajib kamu icip adalah Chicken Cordon Bleu dan Grilled Octopus.

Alamat: Aloha Pasir Putih Jl. Laksamana Yos Sudarso, Pantai Indah Kapuk, Penjaringan, Jakarta Utara
Jam operasional: Senin - Kamis (10.00 - 22.00), Jumat (10.00 - 24.00), Sabtu (07.00 - 24.00), Minggu (07.00 - 22.00)  
Kisaran harga: Rp100.000 - Rp200.000 per orang

5. Walking Drums

Walking Drums, photo by Ancol.com

Bagaimana dengan cafe outdoor Jakarta yang punya atmosfer a la Pulau Dewata? Walking Drums adalah sebuah cafe berkonsep luar ruangan yang letaknya berada tepat di tepi pantai Ancol. Bersantap sore di sini benar-benar akan memanjakan kamu saat berhasil melihat indahnya matahari terbenam, bahkan pengaturan sofa dan meja yang berjajar di pinggir pantai pun seolah sengaja ditata layaknya sebuah beach club.

Berhubung Walking Drums begitu lekat dengan suasana pantai, pilihan minuman seperti kelapa muda nan segar dijamin mampu memuaskan dahagamu. Nggak ketinggalan dengan deretan makanan Indonesia, Asia, dan internasional yang menggugah selera, seperti Nasi Goreng Kampoeng, Chicken Salad, dan Pizza Pepperoni.

Alamat: Taman Impian Jaya Ancol Jl. Lodan Timur, Ancol, Jakarta Utara  
Jam operasional: Senin - Selasa (10:00 - 22:00), Rabu - Jumat (08:00 - 22:00), Sabtu - Minggu (07:00 - 22:00)
Kisaran harga: Rp100.000 - Rp200.000 per orang

6. GIOI by The Farm

GIOI by The Farm, photo by Liandro N. I. Siringoringo/Manual Jakarta

GIOI by The Farm bisa menjadi pilihan kalau kamu berencana makan siang bersama keluarga di daerah PIK, sembari menikmati semilir angin yang berhembus dari segala arah. Bangunannya yang berwarna putih lengkap dengan desain bohemian dan kursi ayun menjadikan cafe berkonsep open-air ini terasa lebih segar.

Menu andalan dari GIOI adalah Salmon Lodeh dengan rasa kuahnya yang creamy dan lembut. Ada juga hidangan premium berupa Seafood Paella, yaitu makanan khas Spanyol yang terlihat mirip seperti nasi goreng, lalu ditaburi aneka seafood seperti lobster, calamari, dan scallop.

Alamat: Jalan Orchestra Beach X, Penjaringan, Golf Island Jakarta Utara
Jam operasional: Setiap hari (10.00 - 23.00)
Kisaran harga: Rp100.000 - Rp200.000 per orang

Cafe Outdoor di Jakarta Selatan

7. Los Medellin

Los Medellin, photo byInstagram @/los.medellin

Kamu anak Jakarta Selatan sudah tahu belum, kalau di daerah ini ada cafe berkonsep outdoor yang punya atmosfer meneduhkan a la Puncak, Bogor, lho, namanya Los Medellin. Begitu berhasil menginjakkan kaki di sini, kamu akan disambut dengan limpahan greenery super luas berupa pepohonan rindang, tanaman hias, dan rerumputan hijau yang asri. Kamu bisa mengajak teman-teman dalam jumlah besar untuk sekedar melepas penat di Los Medellin.

Uniknya, seluruh makanan yang tersedia di sini disajikan ke dalam paper food atau box kertas, meskipun kamu menyantapnya secara dine in. Harganya pun murah meriah karena hanya dibanderol Rp30 ribuan saja. Chicken Karage Sambel Ijo dengan topping teri Medan menjadi menu favorit pelanggan setia.

Alamat: Jl. AMD Manunggal V No.53B, RT.2/RW.10, Petukangan Utara, Kec. Pesanggrahan, Jakarta Selatan
Jam operasional: Setiap hari (08.00 - 23.00)  
Kisaran harga: Rp50.000 - Rp100.000 per orang

8. Deloret

Deloret, photo by Instagram @/deloret.id

Satu lagi rekomendasi cafe outdoor Jakarta di ruang terbuka hijau yang wajib kamu sambangi bersama para sahabat, yaitu Deloret Resto, Bar & Cafe. Pekarangannya yang sangat luas dan didominasi oleh tumbuhan hijau membuat Deloret cocok untuk jadi tempat pertemuan yang menyenangkan. Bahkan, kamu juga bisa mendapatkan latar belakang menakjubkan berupa gedung pencakar langit secara langsung.

Nggak berhenti sampai di sana, Deloret juga memiliki suguhan live music yang menarik setiap hari Jumat dan Sabtu. Lokasinya yang berada persis di tepi Jl. Pangeran Antasari membuat cafe ini selalu diramaikan oleh pengunjung. Kreasi hidangan yang tersedia di Deloret meliputi Beef Pesto, Salmon Teriyaki, hingga Japanese Curry Rice.

Alamat: Jl. Pangeran Antasari No.39, RT.10/RW.1, Cilandak Bar., Kec. Cilandak, Kota Jakarta Selatan
Jam operasional: Senin - Minggu (10.00 - 22.00)
Kisaran harga: Rp100.000 - Rp200.000 per orang

9. SIKU

SIKU, photo by M.Nikhlah

Siku berdiri di atas sebuah sudut jalan dari kawasan pemukiman Dharmawangsa yang tenang dan sepi. Pilihan cafe outdoor Jakarta ini punya atmosfer yang super homey sekaligus ramah anak, terutama pada area luar ruangannya yang memang dilapisi dengan rumput sintetis dan penataan meja semi-picnic.

Nasi Cumi Pedas dan Miso Burger menjadi sajian makanan yang wajib kamu pesan di Siku. Mau menyelenggarakan acara spesial seperti gathering komunitas, arisan, bridal shower, ataupun acara ulang tahun? Siku juga memiliki space khusus yang dapat mendukung setiap event penting kamu, lho.

Selain membuka tempat makan yang family friendly, cafe ini juga memiliki studio khusus untuk kalian yang ingin mengikuti kelas zumba, yoga, piloxing, pound fit, ataupun belly dance. Semua kelas tersebut akan dipandu oleh instruktur bersertifikat. Tertarik untuk mengikutinya?

Alamat: Jl. Darmawangsa X No. 120A Kebayoran Baru - Jakarta Selatan
Jam operasional: Minggu - Kamis (08.00 - 22.00), Jumat dan Sabtu (08.00 - 00.00)  
Kisaran harga: Rp100.000 - Rp200.000 per orang

Cafe Outdoor di Jakarta Pusat

10. Talaga Sampireun

Talaga Sampireun, photo by Talaga Sampireun

Dalam bahasa Sunda, Talaga Sampireun diartikan sebagai rumah singgah. Inilah yang membuat kenapa akhirnya tempat makan di Jakarta Pusat ini dikenal punya sensasi bersantap dengan nuansa pedesaan. Desain arsitektur Talaga Sampireun mengadaptasi warisan tanah Jawa Barat yang begitu khas dengan air terjun dan saung-saungnya.

Berdiri di atas lahan yang sangat besar membuat Talaga Sampireun mampu menampung ratusan pengunjung sekaligus. Terdapat 16 saung terapung berkapasitas besar dan treehouse cafe yang hanya ada di cabang Menteng. Jika ingin berkunjung ke bagian kafenya, silakan pesan Sate Kuah Manis untuk menu utama dan Pisang Goreng Wijen sebagai makanan penutup.

Alamat: Jl. Prajurit KKO Usman dan Harun Jl. Kramat Kwitang No.12, RT.8/RW.1, Senen, Kec. Senen, Kota Jakarta Pusat  
Jam operasional: Senin - Jumat (10.00 - 21.00), Sabtu & Minggu (10.00 - 22.00)  
Kisaran harga: Rp100.000 - Rp200.000 per orang

11. Taman Kelingan Eatery & Space

Taman Kelingan, photo by Instagram @/diarycoffeejkt

Sejak resmi dibuka pada bulan Juli 2023 lalu, Taman Kelingan benar-benar sukses menawarkan ambience teduh dan syahdu layaknya sedang berada di rumah nenek. Ada banyak suara kicauan burung dengan limpahan pepohonan rindang tepat di bawah area meja dan kursi cafe.

Jumlah tempat duduk di area outdoor-nya memang tidak cukup menampung banyak orang, tetapi justru di situlah letak kenyamanannya. Kamu jadi bisa dengan tenang menghirup udara segar saat tengah duduk bersantai di sini. Taman Kelingan menyuguhkan aneka Mie Ayam Original dan Yamin dengan harga Rp30 ribuan saja.

Nah, sekiar 5 menit berkendara dari Taman Kelingan, ada sebuah kost eksklusif berfasilitas lengkap yang bisa kamu pertimbangkan untuk menjadi rumah kedua yang aman dan nyaman, yaitu Cove Schone River. Hunian ini terletak strategis di daerah Menteng dan berjarak hanya 600 meter saja dari stasiun MRT Dukuh Atas! Cocok untuk kamu yang punya mobilitas tinggi.

Alamat: Jl. Yusuf Adiwinata No.39, Gondangdia, Kec. Menteng, Kota Jakarta Pusat
Jam operasional: Rabu - Minggu (12.00 - 20.00)  
Kisaran harga: Di bawah Rp50.000 per orang

12. Cork & Screw

Cork & Screw, photo by uniongroupjakarta.com

Beberapa dari kamu mungkin sudah nggak asing lagi dengan Cork & Screw Country Club yang lokasinya ada di daerah Senayan ini. Selain menawarkan area outdoor dengan sejumlah daybad di tepi kolam renang yang begitu khas, kamu juga bisa bersantai sejenak sambil menikmati pemandangan lapangan golf dan pepohonan rindang di sekitarnya. Macam-macam menu yang dihidangkan di Cork & Screw meliputi Nasi Wagyu Beef Maranggi Satay, Classic Burger, Duck Confit, sampai pilihan minuman beralkohol dengan kualitas premium.

Alamat: Senayan Avenue Pintu IX, Jl. Asia Afrika, Gelora, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 10270
Jam operasional: Setiap hari (07.00 - 01.00)  
Kisaran harga: Rp100.000 - Rp200.000 per orang

Cafe Outdoor di Jakarta Timur

13. Coverage Backyard

Coverage Backyard, photo by dellaayu90

Jakarta Timur juga punya tempat hangout estetik super cantik dengan arsitektur bernuansa tropical yang bersih dan sejuk. Kamu wajib datang ke Coverage Backyard untuk merasakan langsung atmosfer menyenangkan yang ada di sini.

Coverage Backyard terdiri dari dua lantai dan terbagi menjadi area indoor dan outdoor. Paling spesial tentu saja area outdoor-nya yang sangat spacious dan punya banyak spot foto. Terdapat pula tipe tempat duduk berbentuk tribun untuk kamu yang hanya ingin brunch santai sembari menikmati sepiring Lava Cake atau Banana Split.

Alamat: Komplek Cipinang Indah 2 Jl. Parkit I Blok X No. 1 - 2, Pondok Bambu, Jakarta Timur
Jam operasional: Senin - Jumat (08:00 - 22:00), Sabtu - Minggu (08:00 - 23:00)  
Kisaran harga: Rp100.000 - Rp200.000 per orang

14. Sudut Timur

Sudut Timur, photo by Instagram @/suduttimur.id

Sudut Timur merupakan sebuah cafe hidden gem yang terletak persis di tepi Sungai Ciliwung dengan mengadaptasi sentuhan industrial. Karena dibangun di atas tanah yang berlereng, setiap pengunjung yang datang harus melalui sejumlah tangga terlebih dahulu untuk bisa menggapai cafe ini. Penerapan tumbuhan hijau di sisi kanan dan kiri pun membuat atmosfer di sekitar Sudut Timur terasa semakin adem.

Menjelang malam hari, kamu akan berkesempatan untuk melihat indahnya sunset dari kejauhan. Seluruh menu makanan dan minuman yang ada di Sudut Timur benar-benar ramah kantong, yaitu di bawah Rp50 ribuan saja. Untuk masakan utamanya ada Mie Ayam, Dori Sambal Matah, Bakso Aci, sampai Nasi Ayam Truffle, sementara variasi makanan pencuci mulutnya meliputi Brulee, Cireng, dan Wings Platter.

Alamat: Jl. Eretan II No.101, Balekambang, Kec. Kramat jati, Kota Jakarta Timur
Jam operasional: Senin - Kamis (12:00 - 21:00), Jumat - Minggu (12:00 - 21:30)
Kisaran harga: Rp50.000 - Rp100.000 per orang

15. Halaman Pertama

Halaman Pertama, photo by Instagram @/caesarenodswr

Rekomendasi cafe outdoor Jakarta berikut ini punya tempat ngopi seru yang berdiri di atas lahan berukuran luas. Didominasi warna serba putih, menjadikan Halaman Pertama terasa semakin Instagramable. Pemandangan matahari terbenam yang memesona juga bisa dinikmati oleh pengunjung saat sore hari.

Menariknya lagi, ada fasilitas self photo studio yang bisa kamu manfaatkan dengan hanya membayar Rp20 ribu saja per orangnya. Ragam hidangan utama yang tersedia di Halaman Pertama, yaitu Meat Ball Pasta, Mie Goreng, sampai Fried Chicken Steak.

Alamat: Jl. Raya PKP No. 2, Ciracas, Jakarta Timur
Jam operasional: Senin - Minggu (09:00 - 23:00)  
Kisaran harga: Rp100.000 - Rp200.000 per orang

Keunggulan cafe berkonsep ruang terbuka adalah kemampuannya dalam menawarkan nuansa yang berbeda dibanding cafe indoor. Kamu bisa menikmati lingkungan alami seperti taman atau rooftop berpemandangan indah untuk bisa menghirup udara segar. Jadi, cafe outdoor Jakarta manakah yang akan kamu kunjungi dalam waktu dekat?