15 Cafe Rooftop Jakarta yang Unik dan Berpemandangan Indah

15 Cafe Rooftop Jakarta yang Unik dan Berpemandangan Indah
Cafe Rooftop Jakarta, photo by Manual Jakarta/Liandro N. I. Siringoringo

Pilihan cafe di Jakarta dengan fasilitas rooftop memang memiliki daya tarik tersendiri. Selain menawarkan pemandangan indah yang mampu memikat mata, kamu juga berkesempatan untuk bisa menikmati hidangan yang tersedia sambil diselimuti udara segar dari atas ketinggian. Suguhan latar belakang yang menakjubkan ini pun biasanya didukung pula dengan desain eksterior cafe yang mampu membuat setiap pengunjungnya betah untuk duduk berlama-lama di sini. Kalau kamu sedang mencari tempat hangout seru dan benar-benar mendukung untuk diabadikan ke dalam sebuah potret, cek kelima belas rekomendasi cafe rooftop Jakarta berikut ini, yuk!

Cafe Rooftop di Jakarta Pusat

1. Cloud Lounge & Dining

Cloud Lounge & Dining, photo by Cloud Lounge

Salah satu cafe rooftop Jakarta yang wajib kamu sambangi adalah Cloud Lounge & Dining. Berlokasi tepat di puncak tertinggi Altitude The Plaza lantai 49, setiap pengunjung yang datang ke sini berkesempatan untuk bisa melihat panorama 360 derajat kota Metropolitan dari sudut paling indah yang pernah ada. Terdapat pula iringan live band setelah matahari terbenam yang akan membuat ambience di sekitar terasa semakin menakjubkan.

Cloud Lounge menyediakan hidangan big plate berupa masakan Indonesia dan internasional, serta minuman beralkohol dan non-alkohol. Meski setiap hidangan yang ada di sini dibanderol dengan harga cukup pricey, namun pengalaman bersantap yang kamu dapatkan dijamin terasa sepadan dengan uang yang dikeluarkan. Jangan lupa untuk melakukan reservasi terlebih dahulu, ya!

Alamat: Altitude The Plaza, Lantai 49 Jl. MH Thamrin Kav. 28 – 30, Thamrin
Jam operasional: Setiap hari (18:00 - 00:00)
Kisaran harga: Di atas Rp200.000 per orang

2. Langit Seduh

Langit Seduh, photo by Amos PLS

Cafe Rooftop Jakarta yang sudah sempat viral di media sosial ini memang terbukti punya pemandangan langit ibu kota dengan ambience yang menyenangkan. Meski punya tempat yang nggak terlalu luas, tapi Langit Seduh benar-benar cocok untuk dijadikan opsi kalau ingin nongkrong di akhir pekan bersama teman-teman. Paling penting, ada banyak pilihan spot foto yang bisa kamu manfaatkan di setiap sudutnya.

Apalagi, cafe ini juga didukung dengan suguhan live music akustik yang rutin diisi oleh berbagai musisi lokal Jakarta. Nggak heran kalau Langit Seduh selalu diramaikan oleh anak-anak muda, bahkan hingga waiting list! Perlu dicatat, pastikan kamu mengenakan baju yang rapi dan jangan memakai sendal kalau ingin diizinkan masuk, ya. Rangkaian kreasi main course dari Langit Seduh meliputi Nasi Goreng Kecombrang, Sirloin Steak, sampai Chicken Burger.

Alamat: 1O1 Urban Hotel, Lantai 11, Sekar Jagad Rooftop Jl. Taman Kebon Sirih I No. 3 - 4, Tanah Abang, Jakarta Pusat
Jam operasional: Setiap hari (15:00 - 21:00)
Kisaran harga: Rp100.000 - Rp200.000 per orang

3. La Vue

La Vue, photo by marriottbonvoyasia.com

Berlokasi di hotel The Hermitage lantai 9, La Vue Rooftop Bar menawarkan lanskap 360 derajat pusat kota Jakarta yang tak tertandingi. Kamu bisa datang ke sini menjelang sore hari hingga saat langit berubah menjadi gelap untuk bisa mendapatkan momentum sunset terbaik. Suasananya yang romantis juga memungkinkan kamu untuk bisa menyeruput koktail dengan pasangan sambil ditemani latar belakang gedung perkantoran yang berdiri dengan megahnya.

La Vue terbagi menjadi dua area tempat duduk, yaitu area sofa panjang dengan minimum pembelian sebesar Rp1 juta dan area standing chair tanpa minimum pembelian. Selain menyuguhkan signature cocktail dan kreasi wine, kamu juga bisa memesan menu a la carte mereka, seperti Nasi Goreng Wagyu, Beef Lasagna, hingga Crispy Calamari.

Alamat: The Hermitage, a Tribute Portfolio Hotel, Jakarta 9th floor Jl. Cilacap no 1 Menteng Jakarta Pusat 10310
Jam operasional: Setiap hari (16:00 - 23:00)
Kisaran harga: Rp100.000 - Rp200.000 per orang

Cafe Rooftop di Jakarta Selatan

4. Costess

Costess, photo by Instagram @/costess.bar

Bagi kamu yang berkantor di daerah Setiabudi, mungkin sudah nggak asing lagi dengan cafe rooftop Jakarta berikut ini. Costess Cafe & Bar merupakan sebuah tempat hangout luar ruangan yang terletak di lantai 17 dari Cyber 2 Tower. Panorama city view yang spektakuler lengkap dengan gemerlap lampu-lampu indah khas gedung pencakar langit bisa kamu nikmati di sini, apalagi jika kamu berhasil mengambil meja bar tepat di tepi kaca berukuran besar.

Bahkan, Costess juga punya atmosfer cakrawala yang menakjubkan saat tibanya matahari terbenam. Cocok untuk kamu yang gemar bersosialisasi bersama rekan kantor selepas pulang kerja. Ada berbagai ramuan minuman berkualitas yang disuguhkan di sini, termasuk anggur, koktail, bir, wiski, dan lain-lain. Sementara untuk menu makanannya terdapat Aglio Olio sampai Okonomiyaki Chicken.

Alamat: Cyber 2, Lantai 17. Jl. HR Rasuna Said, Kuningan, Jakarta Selatan
Jam operasional: Senin - Jumat (11:00 - 24:00), Sabtu - Minggu (15:00 - 01:00)
Kisaran harga: Rp100.000 - Rp200.000 per orang

5. Peron SkyCafe

Peron Skycafe, photo by Instagram @/peronatyello

Berlokasi di lantai 9 dari Yello Hotel, ada sebuah cafe rooftop Jakarta yang asyik untuk jadi tempat menyeruput kopi sembari ditemani cahaya lampu yang berpendar dengan cantik dari ketinggian kota Jakarta, yaitu Peron SkyCafe. Sesuai namanya, cafe ini mengadaptasi konsep layaknya sebuah peron di stasiun kereta api dengan penataan meja dan kursi yang dibuat senyaman mungkin.

Kamu yang berencana untuk menggelar acara spesial tertentu, seperti perayaan ulang tahun, gathering komunitas, maupun meeting bersama rekan kerja juga bisa mengambil tempat ini sebagai opsi. Menu Teriyaki Cheese Bun menjadi hidangan yang wajib kamu pesan kalau berkunjung ke Peron SkyCafe.

Alamat: Yello Hotel Manggarai Jakarta, Lantai 9 Jl. Minangkabau No. 9, Tebet, Jakarta Selatan
Jam operasional: Senin - Minggu (17:00 - 24:00)
Kisaran harga: Rp100.000 - Rp200.000 per orang

6. KOBAin Coffee

Kobain Coffee, photo by Instagram @/kobaincoffee

Nah, kalau cafe rooftop Jakarta yang satu ini memang sudah menjadi salah satu yang paling hits di daerah Tebet sejak resmi dibuka pada Desember 2022 lalu. Kobain Coffee terletak strategis di area rooftop Gedung Sarana Square yang dikelilingi panorama gedung-gedung berukuran tinggi di sekitar Casablanka dan Kuningan. Dengan dukungan space yang cukup luas, kamu pun bisa lebih bebas memilih tempat duduk yang menyuguhkan pemandangan city lights terbaik.

Kobain Coffee menyediakan menu hidangan yang bervariasi untuk menemani waktu bersantaimu yang berkualitas, mulai dari Spaghetti Carbonara, Ramen Blackpepper, dimsum, hingga minuman signature berupa Koba Aren, Cheese Cake, Klepon, dan Choco Rock.

Alamat: Sarana Square, Rooftop Jl. Tebet Barat IV No. 20, Tebet, Jakarta Selatan Jam operasional: Senin - Kamis (10:00 - 22:00), Jumat - Minggu (10:00 - 24:00)
Kisaran harga: Rp50.000 - Rp100.000 per orang

7. Hause Rooftop

Hause Rooftop, photo by team-curious.com

Bergeser ke daerah Setiabudi, kamu akan menemukan sebuah cafe di Jakarta Selatan tercantik yang tidak hanya dikelilingi oleh gugusan gedung pencakar langit saja, tetapi juga aneka tanaman hijau yang tumbuh dengan rimbun. Hal ini membuat Hause Rooftop memiliki daya pikat tersendiri yang jarang kamu temukan di tempat lainnya.

Makanan dan minuman yang tersedia di sini berasal dari bahan-bahan segar yang diambil langsung dari kebun pribadi, sebut saja Salmon Dabu Dabu, Roast Beef Sandwich, dan Organic Red Fried Rice. Meski masih berada di lantai 6 dari MD Place Tower 2, pemandangan skyscaper yang memanjakan matamu di Hause Rooftop juga nggak kalah hebat dengan cafe rooftop Jakarta lainnya yang menawarkan pengalaman serupa.

Nah, berjarak sekitar 650 meter dengan Hause Rooftop, kamu akan menemukan unit kost eksklusif bergaya klasik persembahan dari Cove, yaitu Cove Nine. Tempat tinggal ini merupakan pilihan tepat untuk para profesional muda yang memiliki mobilitas tinggi di daerah Jakarta Selatan. Semua kamar sudah tersedia dalam bentuk fully-furnished. Nggak ketinggalan dengan fasilitas gedung berupa keamanan 24 jam, parkir kendaraan, hingga area rooftop untuk bersantai sambil menghirup udara segar.

Alamat: MD Place Tower 2, 6th Floor, Jl. Setiabudi Selatan No.7, Jakarta 12910
Jam operasional: Minggu - Kamis (09:00 - 24:00), Jumat - Sabtu (09:00 - 02:00)
Kisaran harga: Rp100.000 - Rp200.000 per orang

Cafe Rooftop di Jakarta Timur

8. Skyhook Coffee

Skyhook Coffee, photo by Instagram @/skyhookcoffee

Daerah Jakarta Timur juga punya deretan cafe berkonsep rooftop yang wajib kamu sambangi, nih, namanya Skyhook Coffee Rooftop House and Kitchen. Desain arsitekturnya yang serba putih membuat keseluruhan cafe ini terasa aesthetic dan Instagramable. Kamu yang berencana membawa kendaraan juga nggak perlu khawatir karena Skyhook punya area parkir yang cukup luas. Hampir setiap meja dan kursi juga dilengkapi colokan yang memadai.

Menariknya lagi, Skyhook juga menyediakan fasilitas photobox dengan beragam template menarik, kamu hanya perlu membayar Rp25 ribuan saja untuk bisa berfoto ria di sini. Semua menu yang ditawarkan oleh cafe rooftop Jakarta ini juga sangat ramah kantong, bahkan kreasi kopi dan milkshake-nya dibanderol Rp20 ribuan saja, lho. Cocok untuk kamu yang ingin nongkrong hemat!

Alamat: Jl. Pusdiklat Depnaker No.23, RW.6, Pinang Ranti, Kec. Makasar, Jakarta Timur, DKI Jakarta 13560  
Jam operasional: Senin - Jum’at (09.00 – 02.00), Sabtu & Minggu (09.00 – 02.00)  
Kisaran harga: Rp50.000 - Rp100.000 per orang

9. This is HUD

This is HUD, photo by pergikuliner

Kalau coffee shop super cozy yang satu ini memang sudah menjadi tempat nongkrong andalan bagi para generasi muda di Jakarta Timur. Terbagi menjadi tiga lantai, This is HUD punya area outdoor berkonsep rooftop bernuansa kelabu yang benar-benar nyaman untuk ngobrol sambil nugas atau kerja. Pelayanannya pun dikenal ramah sekalipun tempatnya tengah dipadati oleh pengunjung. Menu Spaghetti Carbonara dengan teksturnya yang creamy di setiap gigitan punya tempat tersendiri bagi pelanggan setia This is HUD.

Alamat: Jl. Raya Jatiwaringin No. 13, Makasar, Jakarta Timur
Jam operasional: Senin - Minggu (08:00 - 23:00)  
Kisaran harga: Di bawah Rp50.000 per orang

Cafe Rooftop di Jakarta Utara

10. Kopi Se-Indonesia

Kopi Se-Indonesia, photo by arsitag

Apa jadinya kalau interior coffee shop yang biasanya lekat dengan nuansa monokromatik, kini dibuat lebih colorful ala cafe-cafe cantik nan Instagramable? Saatnya untuk mampir ke Kopi Se-Indonesia cabang Kelapa Gading yang satu ini! Memadukan gaya interior kontemporer, industrial, modern, dan tropical sekaligus, desain bangunan Kopi Se-Indonesia benar-benar sukses memikat mata.

Terbagi menjadi lima lantai, cafe ini mengusung tema yang berbeda-beda di setiap lantainya. Lantai satu adalah area coffee shop, lantai dua coworking space, lantai tiga game room, lantai empat smoking room, dan lantai lima adalah area rooftop-nya. Menarik sekali, ya? Cocok untuk jadi tempat menghabiskan waktu bersama para sahabat sambil menyesap Affogato Baileys.

Alamat: Ruko Graha Boulevard Timur, Blok ND1 No. 23 Jl. Boulevard Timur Raya, Kelapa Gading, Jakarta Utara  
Jam operasional: Senin - Minggu (08:00 - 23:00)  
Kisaran harga: Rp50.000 - Rp100.000 per orang

11. Rempah Sunda

Rempah Sunda, photo by Rempah Sunda

Bosan dengan menu hidangan cafe yang begitu-begitu saja? Coba datang ke Rempah Sunda yang lokasinya ada di PIK ini, yuk. Sesuai namanya, cafe di Jakarta Utara ini menyuguhkan aneka hidangan otentik Sunda dengan cita rasa asli yang penuh permainan racikan rempah. Cocok untuk menjadi tempat bersantap bersama keluarga.

Rempah Sunda terbagi menjadi tiga lantai. Saat menginjakkan kaki di lantai pertama, kamu akan disambut dengan deretan menu prasmanan mulai dari Rp15 ribuan saja. Sementara di lantai dua dan tiga adalah area indoor dan outdoor dengan fasilitas rooftop. Variasi masakan Sunda yang bisa kamu temui di sini, yaitu Sop Ikan Bajak Laut, Gurame Asam Manis, sampai Nasi Ulam Rempah Sunda.

Alamat: Rukan Beach View Block C26, Golf Island PIK Jakarta, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 14470
Jam operasional: Senin - Jumat (10:00 - 22:00), Sabtu & Minggu (10:00 - 00:00)
Kisaran harga: Rp100.000 - Rp200.000 per orang

12. Terrahaus

Terrahaus, photo by Leowardistudio

Meski ukuran rooftop Terrahaus nggak terlalu luas, bukan berarti kamu nggak bisa duduk-duduk santai sambil menghirup udara segar dengan nyaman di sini. Terrahaus mengusung konsep collaborative space di mana kamu bisa menemukan deretan tenant berbeda dalam di satu tempat yang sama. Tenant tersebut meliputi Fudgy Bro, Selective Coffee Roasters, dan Little Bali sebagai brand F&B yang menjual makanan dan minuman ringan, serta Photograms yang bisa kamu manfaatkan untuk mengabadikan momen bersama teman dalam sebuah photobox.

Alamat: Jl. Boulevard Raya Blok PA1 No. 19, Kelapa Gading, Jakarta Utara, Jakarta. Kelapa Gading, Jakarta Utara
Jam operasional: Senin - Minggu (08:00 - 23:00)  
Kisaran harga: Rp50.000 - Rp100.000 per orang

Cafe Rooftop di Jakarta Barat

13. Rooftop West

Rooftop West, photo by rooftopwest.com

Sudah tahu belum, kalau di AKR Tower juga ada sebuah tempat makan yang punya fasilitas rooftop terbaik di Jakarta Barat, lho, namanya Rooftop West. Berkat areanya yang terbilang luas, tempat ini mampu menampung hingga 350 pengunjung. Mereka juga terbuka dengan segala acara pertemuan yang melibatkan banyak orang, baik itu acara ulang tahun yang menyenangkan hingga pesta pernikahan berskala intimate. Tersedia pula ruangan VIP dengan 65″ smart TV dan sound system untuk kamu yang ingin mengadakan special event secara lebih privat di sini.

Rooftop West menyajikan kreasi makanan dan minuman internasional khas Spanyol, Italia, dan negara-negara mediterania lainnya. Sebut saja Escargot Bruschetta, Grilled Pork Ribs, hingga Beef Broschette. Untuk kamu yang lebih terbiasa dengan masakan Asia, jangan khawatir. Sebab, di sini juga tersedia Nasi Goreng Kampung, Tom Yum Soup, dan Ayam Bakar Kecap.

Alamat: AKR Tower Gallery West Lt 7, Jl Panjang 5, 11530 Kebon Jeruk, Jakarta Barat  
Jam operasional: Senin - Kamis (11:00 - 02:00), Jumat - Minggu (11:00 - 03:00), Minggu (11:00 - 02:00)
Kisaran harga: Rp100.000 - Rp200.000 per orang

14. Upstairs Coffee

Upstairs Coffee, photo by Della Ayu

Mau cari tempat hangout bareng teman untuk sekedar menghabiskan waktu di sore hari? Saatnya ngopi santai sembari diselimuti lanskap langit biru dari area rooftop Upstairs Coffee. Kamu bisa pilih untuk duduk di area standing chair, kursi panjang, bean bag, ataupun meja dengan kursi sesuai dengan preferensi masing-masing.

Bagian rooftop-nya yang terbagi menjadi dua lantai juga membuat Upstairs Coffee terasa jauh lebih luas. Menu main course yang paling direkomendasikan adalah Fish & Chips dan Carcoal Chicken Sambal Bawang.

Alamat: Jl. Kembang Kerep No. 21, Puri, Jakarta Barat  
Jam operasional: Senin - Minggu (09:00 - 22:00)
Kisaran harga: Rp50.000 - Rp100.000 per orang

15. Mahato Rooftop Cafe

Mahato Rooftop Cafe, photo by Instagram @/mahato.id

Rekomendasi cafe rooftop Jakarta selanjutnya adalah Mahato Rooftop Cafe yang eksteriornya didominasi oleh warna biru putih nan unik a la Santorini. Meski terlihat sederhana, namun Mahato masih punya latar belakang berupa gedung pencakar langit yang bisa kamu lihat dari kejauhan.

Letaknya yang berada di sekitar kampus Binus Syahdan pun membuat salah satu tempat makan di Binus Kemanggisan ini selalu dipenuhi oleh mahasiswa sekitar kampus. Suguhan live music yang dipersembahkan saat sore hingga malam hari bisa kamu nikmati di sini sambil mencicipi Gyudon Sambal Matah dan segelas Osaka Mahato Coffee yang menjadi favorit banyak orang.

Alamat: Jl. Kyai H. Taisir No.2 B, RW.11, Palmerah, Kota Jakarta Barat  
Jam operasional: Senin - Minggu (12:00 - 00:00)  
Kisaran harga: Di bawah Rp50.000 per orang

Menghabiskan waktu luang dengan menyantap hidangan sederhana sambil dikelilingi kilauan yang berpendar dari pusat kota bisa membuat tubuh dan pikiranmu sedikit lebih rileks. Jadi, manakah cafe rooftop Jakarta yang berencana kamu singgahi setelah ini?